P. 1
06 Sensor

06 Sensor

|Views: 165|Likes:
Published by Endah Rahmawati

More info:

Published by: Endah Rahmawati on Oct 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/22/2015

pdf

text

original

Sensor

ES6

ES6 SENSOR
Tujuan percobaan 1. Mengetahui prinsip kerja dan karakteristik LDR (sensor cahaya). 2. Mengetahui prinsip kerja dan karakteristik thermistor NTC (sensor suhu). Alat dan bahan percobaan LDR NTC Multimeter Sumber cahaya/ lilin Sumber panas/dingin (filamen, es) Penggaris Termometer Teori Sensor adalah piranti yang digunakan untuk merubah besaran fisis menjadi besaran listrik berupa hambatan, beda potensial dan arus yang dapat diamati atau diukur menggunakan alat ukur atau digunakan utuk keperluan lain seperti pengendalian otomatis, dan lain-lain. Sensor telah banyak digunakan dalam teknologi yang kita gunakan sehari-hari misalnya sensor cahaya photodioda pada remote televisi dan sensor suhu pada AC. Aplikasi lain dari sensor dapat kita jumpai pada mobil, mesin, penerbangan, industri manufaktur dan robotika. Sensor tidak selalu sama dengan transduser, karena transduser mengkonversi suatu bentuk energi ke
By Endah Rahmawati

bentuk lainnya sedangkan sebuah sensor mengubah sinyal atau energi yang diterima ke dalam besaran listrik saja. Kepekaan sensor menunjukkan bagaimana perubahan output sensor terhadap perubahan kuantitas besaran yang diukur. Sebagai contoh, jika output sensor suhu thermistor berubah 5 ohm ketika perubahan suhu sebesar 10 ° C, maka sensitivitasnya adalah 0.5 ohm / ° C. Sensor mengukur perubahan-perubahan fisis yang sangat kecil karena itu harus memiliki kepekaan yang tinggi. Sensor juga berdampak pada apa atau keadaan yang mereka ukur, misalnya sebuah sensor suhu yang dimasukkan ke dalam cangkir berisi cairan panas, akan mendinginkan cairan sementara cairan memanaskan sensor. Memperhatikan hal tersebut maka sensor perlu dirancang untuk memiliki dampak yang kecil terhadap apa yang diukur. LDR (Ligth Dependent Resistor) Sebuah LDR terdiri dari sebuah piringan bahan semikonduktor dengan dua buah elektroda pada permukaannya. Dalam keadaan gelap atau dibawah cahaya yang redup, bahan piringan LDR hanya mengandung elektron bebas yang relatif kecil. Hanya tersedia sedikit elektron untuk mengalirkan muatan listrik, sehingga pada keadaam tersebut bahan menjadi konduktor listrik yang buruk.
ES6-1

Negative Temperature Coefficient (NTC) Percobaan 1 : LDR Gambar 1. Rangkaian percobaan LDR Prosedur percobaan 1. Semakin terang cahaya yang mengenai bahan. Thermistor memiliki dua buah kaki terminal sebagian besar thermistor memiliki hambatan yang nilainya semakin mengecil dengan bertambahnya suhu. thermistor dengan koefisien suhu yang positif (positive temperature coefficient). Dalam keadaan ini. dan semakin rendah pula hambatan listrik bahan LDR. NTC. Komponen ini sering kita jumpai dalam bentuk piringan atau butiran. Light Dependent Resistor (LDR) Thermistor Sebuah thermistor dibuat dari bahan semikonduktor. semakin banyak elektron yang tersedia. Jenis thermistor yang lain yaitu PTC. By Endah Rahmawati ES6-2 . dimana nilai hambatannya berbanding lurus dengan bertambahnya suhu. bahan bersifat sebagai konduktor yang baik. -T Gambar 2.Sensor ES6 Dengan kata lain. Thermistor jenis ini disebut sebagai thermistor koefisien suhu negatif (negative temperature coefficient) atau thermistor Ω Gambar 3. Dibawah cahaya yang cukup terang. Terdapat lebih banyak elektron bebas yang dapat mengalirkan muatan listrik. lebih banyak elektron dapat melepaskan diri dari atom-atom bahan semikonduktor ini. Buatlah rangkaian seperti gambar 3. nilai hambatan bahan sangat tinggi.

4. 3. Buatlah grafik dan . 3. Rangkaian percobaan NTC By Endah Rahmawati ES6-3 . Tempelkan thermistor dengan sumber pemanas. Analisa bagaimana pengaruh intensitas cahaya terhadap nilai hambatan LDR. Ukur hambatan thermistor pada saat suhu yang berbeda-beda. Tabel hasil percobaan : No 1 2 3 …. 2. 4. Tabel hasil percobaan : No 1 2 3 Jarak sumber cahaya r(cm) Hambatan R (ohm) Prosedur percobaan 1. 2.Sensor ES6 2. Analisis grafik yang anda buat. Catat hambatan pada ohmmeter untuk berbagai intensitas cahaya. suhu (oC) Hambatan (ohm) … Tugas 1. Buat rangkaian seperti pada gambar 4. Sinari sensor dengan cahaya dari sumber cahaya. Ulangi percobaan untuk intensitas cahaya yang berbeda 5. -T Ω Gambar 4. Percobaan 2 : Thermistor NTC Tugas 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->