P. 1
Materi Bahan Ajar ATMOSFER

Materi Bahan Ajar ATMOSFER

|Views: 2,593|Likes:
Published by Sutanta Waluya
Bahan Ajar
Bahan Ajar

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Sutanta Waluya on Oct 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

ATMOSFER

ATMOSFER...
A. Pengertian Atmosfer Atmosfer berasal dari kata atmo yang artinya udara dan sphere yang artinya lapisan. Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Di bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan.

Penampang Atmosfer Pada Bumi

B. Sifat-sifat atmosfer adalah sbb : bersifat dinamis dan elastis, tembus pandang terhadap semua radiasi, memiliki massa dan tekanan, tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau.

Komposisi Unsur-unsur Pada Atmosfer Bumi

Unsur-unsur yang terdapat dalam atmosfer : ~Nirtrogen, terdapat 78% dalam atmosfer. Berguna untuk pembuatan pupuk, ~Oksigen, terdapat 21% dalam atmosfer, sangat penting untuk pernafasan, ~Argon, 0,98%terdapat dalam atmosfer, ~Karbon Dioksida, memiliki jumlah 0,003%, untuk proses fotosintesis. ~Air (H2O, 0-7%) ~Ozon (O, 0-0,01%)

Lapisan Atmosfer
1. Troposfer 0 ± 12 km - Sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan di bumi. - Terjadi peristiwa-peristiwa cuaca - Terdiri atas: lapisan planetair 0 ± 1 km lapisan konveksi 1 ± 8 km lapisan tropopause 8 ± 12 - semakin tinggi, suhu semakin rendah - ketinggian di kutub ± 8 km, di daerah sedang ± 11 km, di ekuator ± 16 km - Tropopause adalah lapisan pembatas antara troposfer dengan stratosfer.

2. Stratosfer ( 12-60 km) 
Terdiri atas: lapisan isoterm, lapisan panas dan lapisan campuran teratas.  Terbentuk lapisan O3 (ozon) ketinggian 35 km.  Lapisan ozon yaitu lapisan pelindung dari pancaran sinar ultraviolet yang berlebihan.  Stratopause merupakan lapisan peralihan antara stratosfer dengan mesosfer  Pada ketinggian 50 km, suhu 5 °C.

3. Mesosfer ( 60 ± 80 km) 
Memiliki temperatur -50° sampai 70 °C  Merupakan lapisan pelindung bumi dari kejatuhan meteor 4. Termosfer (80 ± 100 km)  temperatur -40° sampai -5 °C  Molekul dan atom-atom udara mengalami ionisasi

5. Ionosfer ( 100 ± 800 km) 
Temperatur 0° sampai 70 °C  Seluruh atom udara mengalami ionisasi  Terdiri atas : - lapisan E (100-200 km) - lapisan F (200-400 km) Kedua lapisan diatas gelombang radio mengalami pemantulan, yaitu gelombang panjang dan pendek. - lapisan atom (400- 800 km)

6. Eksosfer (>800 km) 
Merupakan lapisan atmosfer paling luar  Pengaruh gravitasi sangat kecil  Benturan antar bagian udara jarang terjadi

LAPISAN ATMOSFER 

Manfaat Atmosfer : Manfaat atmosfer atau lapisan udara adalah sebagai berikut : memungkinkan terjadinya awan, diman udara mengandung uap air jika mengembun membentuk awan, dan selanjutnya menghasilkan uang. sarana berlangsungnya proses pembakaran, tanpa udara kita tidak dapat menyalakan api, bernafas dan lain sebagainya. menyebabkan suhu bumi tidak terlalu tunggi pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari. melindungi mahluk hidup dari sengatan sinar matahari. melindungi bumi dari hujan meteor. nitrogen dapat berfungsi sebagai bahan pembuatan pupuk kandang. karbon dioksida yang bermanfaat untuk proses fotosintesis pada tumbuhan

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->