P. 1
MANAJEMEN STRATEGI

MANAJEMEN STRATEGI

|Views: 681|Likes:
Published by arivai

More info:

Published by: arivai on Oct 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

MANAJEMEN STRATEGI

Disusun Oleh : Kelompok 1 : Arief Achmad Rivai Adhi Akhirudinsyah Denia Ilah Nursika Kelas Jurusan Fakultas : Reguler 1A : Sistem Informasi : Ilmu Komputer

UNIVERSITAS SUBANG
Jalan R.A. Kartini Km.3 Subang (0260) 411415

pengorganisasian. Husein Umar (1996:86) menyatakan bahwa manajemen strategik adalah suatu seni dan ilmu dalam hal pembuatan (formulating) penerapan (implementing). Stoner. Strategi memiliki kaitan yang erat dengan konsep perencanaan dan pengambilan keputusan. mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi nal yang membuat organisasi mampu mencapai obyektifnya. Menurut Pearce and Robinson (1997:20). Pengertian manajemen sendiri adalah proses perencanaan.F. Pengertian Manajemen Strategi Manajemen st ategis menurut Davi (2002: adalah Seni dan pengetahuan untuk merumsukan. Manajemen strategis menurut Hunger dan Wheelen (2003: adalah Serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. sehingga strategi berkembang menjadi manajemen strategi. . kepemimpinan dan pengawasan terhadap upaya-upaya yang dilakukan anggota organisasi dan penggunaan segala macam sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi. (James A. dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan strategis antar fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuannya di masa datang. manajemen strategi bisa diartikan sebagai sekumpulan keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahan. Glueck & Jauch (1991:6) menyebutkan bahwa manajemen strategi adalah arus keputusan dan tindakan yang mengarah pada perkembangan suatu strategi atau strategi strategi yang efektif untuk membantu mencapai sasaran perusahaan.MANAJEMEN ST ATE 1. 1992:8 .

serta system informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi. 4. Manajemen strategis di katakan efektif apabila memberi tahu seluruh karyawan mengenai sasaran bisnis. produksi/operasi. Dengan demikian dari definisi di atas dapat diketahui fokus manajemen strategis terletak dalam memadukan manajemen. Dari definisi tersebut terdapat empat (4) frasa penting berikut ini: 1. Manfaat manajemen strategis menurut David (2002:15) seperti : a. . khususnya dalam pengorganisasian. pemasaran. Manajemen strategi merupakan suatu proses 2.. 3. 2. Strategi digunakan untuk menyediakan costumer value terbaik guna mewujudkan visi organisasi. pesaing dan rencana produk. arah bisnis. Proses digunakan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi. penelitian dan pengembangan. Manajer dan karyawan adalah pelaku manajemen strategi. rasional pada pilihan strategis. keuangan/akunting. logis. Manajemen strategi adalah suatu proses yang digunakan oleh manajer dan karyawan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi dalam penyediaan costumer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi. Membantu oganisasi membuat strategi yang lebih baik dengan menggunakan pendekatan yang lebih sistematis. Pentingnya Manajemen Strategi Manajemen strategi sangatlah penting untuk diterapkan dalam berbagai hal.Pengertian manajemen strategi yang lebih rinci dinyatakan oleh Mulyadi (2001: 0). kemajuan kearah pencapaian sasaran dan pelanggan. Hal itu memungkinkan suatu organisasi untuk mengawali dan mempengaruhi aktivitas sehingga dapat mengendalikan tujuannya sendiri.

Kegagalan dalam merumuskan ukuran kinerja yang sesuai. Pemahaman yang lebih baik mengenai strategi pesaing g. dan data ramalan tentang operasi dan . data saat ini. yang biasanya dirumuskan dalam suatu program kerja tidak harus disusun. Meningkatkan kesadaran ancaman eksternal f. Meningkatnya produktivitas karyawan h. Sebaliknya. Tujuan utama dari proses adalah mencapai pengertian dan komitmen dari semua manajer dan karyawan. c. Proses menyediakan pemberdayaan individual. program-program kerja tersebut harus direncanakan pula dalam proses manajemen strategi dan bahkan harus dapat dirumuskan atau diidentifikasi ukuran kinerjanya. d. seringkali menjadi penyebab kegagalan organisasi dalam mencapai misinya. Dalam proses manajemen strategi. Proses sendiri adalah arus informasi melalui beberapa tahap analisis yang saling terkait menuju pencapaian tujuan atau cita-cita. arus informasi mencakup data historis. dan cakupannya luas. Mendatangkan laba e. berjangka panjang (berorientasi ke masa depan). Pemberdayaan adalah tindakan memperkuat pengertian karyawa mengenai efektivitas n dengan mendorong dan menghargai mereka untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan atihan inisiatif serta imajinasi. Oleh karena itu. Berkurangnya penolakan terhadap perubahan i. dalam manajemen strategi tidak berarti bahwa tindakan rinci dan spesifik. Namun demikian. Merupakan sebuah proses bukan keputusan atau dokumen.b. 3. strategi biasanya dirumuskan dalam kalimat yang kandungan maknanya sangat umum dan tidak merujuk pada tindakan spesifik atau rinci. Proses Manajemen Strategi Strategi pada hakikatnya merupakan rencana tindakan yang bersifat umum. Pemahaman yang lebih jelas mengenai hubungan prestasi penghargaan.

apakah akan memasuki pasar internasional. apakah akan melakukan merjer atau membentuk usaha patungan. mengenali peluang dan ancaman eksternal perusahaan. Perumusan strategi terdiri dari kegiatan-kegiatan mengembangkan misi bisnis. dan ketiga akan diperlukan umpan balik dari pelembagaan. Pertama. Implementasi strategi termasuk mengembangkan budaya mendukung strategi. Keputusan perumusan strategis mengikat suatu organisasi pada produk. keputusan strategis mempunyai konsekuensi berbagai fungsi utama dan pengaruh jangka panjang pada suatu organisasi. Manajemen strategi merupakan sebuah proses yang terdiri dari tiga kegiatan antara lain perumusan strategi.lingkungan bisnis. Strategi menetapkan keunggulan bersaing jangka panjang. menetapkan obyektif jangka panjang. menciptakan struktur oragnisasi .pasar. tinjauan ulang (review). memotivasi karyawan dan mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang dirumuskan dapat dilaksanakan. sumber daya. apakah memperluas operasi atau diversivikasi. bahwa perumusan dan implementasi strategi terjadi secara berurutan. menghasilkan strategi alternatif dan memilih strategi tertentu untuk dilaksanakan Isi perumusan strategi termasuk memutuskan bisnis apa yang akan dimasuki bisnis apa yang harus dihentikan. Implementasi strategi menuntut perusahaan untuk menetapkan obyektif tahunan. implementasi strategi dan evaluasi strategi. dan teknologi spesifik selama periode waktu tertentu. suatu perubahan pada sembarang komponen akan mempengaruhi beberapa atau semua komponen yang lain. memperlengkapi dengan kebijakan. dan evaluasi terhadap tahap-tahap awal proses ini. menetapkan kekuatan dan kelemahan internal. dan bagaimana menghindari pengambilalihan perusahaan pesaing. bagaimana mengalokasikan sumber daya. Kedua. Memandang manajemen strategi sebagai sebuah proses mengandung beberapa implikasi penting. Apapun yang akan terjadi.

intuisi p enting untuk membuat keputusan strategis yang baik. Proses manajemen strategis dapat diuraikan sebagai pendekatan yang obyektif.yang efektif. evaluasi strategi berarti usaha untuk memperoleh informasi ini. 3) mengambil tindakan korektif. 2) mengukur prestasi. logis. menyiapkan anggaran. divisi atau unit bisnis strategis. Semua strategi dapat dimodifikasi di masa depan karena faktor-faktor eksteral dan internal selalu berubah. Evaluasi strategi adalah tahap akhir dalam manajemen strategis. implementasi dan evaluasi terjadi di tiga tingkat hirarki dalam organisasi yang besar. Teknologi informasi dan globalisasi adalah perubahan eksternal yang mengubah bisnis dan masyarakat dewasa ini. Arus informasi yang cepat . Berdasarkan pada pengalaman. Para mana sangat jer perlumengetahui kapan strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik. Tiga macam aktivitas mendasar untuk mengevaluasi strategi adalah 1) meninjau faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi dasar strategi yang sekarang.Aktivitas perumusan startegi. Strategi implementasi berarti memobilisasi karyawan dan manajer untuk mengubah strategi yang dirumuskan menjadi tindakan. korporasi. mengubah arah usaha pemasaran. Proses manajemen strategis didasarkan pada keyakinan bahwa organisasi seharusnya terus-menerus memonitor peristiwa dan kecenderungan internal dan eksternal sehingga melaukan perubahan tepat waktu. Implementasi strategi sering disebut tahap tindakan manajemen strategis. mengembangkan dan memanfaatkan sistem informasi dan menghubungkan kompensasi karyawan dengan prestasi organisasi. dan fungsional. dan perasaan. Proses ini berusaha untuk mengorganisasikan informasi kualitatif dan kuantitatif dengan cara yang memungkinkan keputusan efektif diambil dalam kondisi yang tidak menentu. penilaian. Intuisi terutama bermamfaat untuk membuat keputusan dalam situasi yang amat tidak menentu atau sedikit preseden. sistematis untuk membuat keputusan besar dalam suatu organisasi.

Analysing the environment (Analisis Lingkungan)  Lingkungan Eksternal a.Ancaman Masuknya Pendatang Baru  Economies of scale (Skala Ekonomi)  Product Differentiation (Perbedaan Produk)  Capital Requirement (Kebutuhan Modal)  Switching Cost (Biaya Pengalihan) .menghilangkan batas negara sehingga orang dari seluruh dunia dapat melihat sendiri bagaimana cara hidup orang lain. Greenley (1989:16) menyatakan proses manajemen strategi terdiri dari empat (4) tahap utama : 1. pemasok.Faktor Sosial .Faktor Teknologi b. Lingkungan Umum . Dunia menjadi tanpa perbatasan dengan warga Negara global.Faktor Ekonomi .Faktor Politik dan Hukum . pembeli. pelanggan global. Keperluan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan menjadikan organisasi mengajukan pertanyaan kunci manajemen strategis seperti : ´Jenis bisnis apa yang harus kita lakukan? Apakah kita berada di bidang yang tepat? Apakah kita harus mengubah bentuk bisnis kita? Pesaing baru mana yang masuk dalam industri kita? Strategi apa yang harus kita lakukan? Bagaimana perubahan pelanggan kita? Apakah teknologi baru yang sedang dikembangkan dapat membuat kita keluar dari bisnis. produk pengganti. pemasok global. Gordon E. pesaing global. dan distributor global. diantara perusahaan. Lingkungan Industri Pendatang baru. .

penjualan & distribusi. pengalaman & belajar) . Capability (Kapabilitas) Pendekatan fungsional : keuangan & akuntansi. operasi dll.Tekanan Produk Pengganti Produk substitusi dengan Switching cost rendah. bahan baku. Intangible : teknologi. Sumber Daya Manusia b. subsidi. pelayanan lebih baik.  Lingkungan Internal a. inovasi. produknya unik. harga murah. dan reputasi. SDM. Pendekatan Value Chain : . iklan. pelayanan kepada pelanggan . pemasaran.Rivalitas Diantara Para Pesaing Persaingan merebut posisi melalui persaingan harga. dan kualitas lebih baik.Tawar Menawar Pembeli Kulitas lebih baik.Tawar Menawar Pemasok Didominasi sedikit perusahaan. . . indutri bkn pelanggan penting dapat melakukan integrasi ke hilir. Akses ke saluran distribusi  Kebijakan pemerintah  Lain-lain (keunggulan biaya. dan biaya murah. lokasi. perkenalan produk. Resources (Sumber Daya) Tangible : sumber daya keuangan dan sumber daya fisik dan organisasi.

pengadaan. karakter pasar. pengiriman dan pelayanan purna jual. perilaku konsumen. komitmen terhadap karyawan. dan administratif. . teknologi yang digunakan. (Penentuan arah)  Misi Menjelaskan kegunaan dan alasan mengapa suatu organisasi ada. pengemb. Tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang  Strategic Intent (Visi) Strech : Menciptakan aspirasi dan ambisi. penjualan. c.  Tujuan Perusahaan Apa yang hendak dicapai oleh organisasi. Core Competence (kompetensi inti) Kapabilitas = kompetensi jika : Valuable capabilities Rare capabilities Imperfectly imitable capabilities Nonsubstitutable capabilities 2. Ciri pokok produk yang ditawarkan. Aktivitas utama berkaitan dengan penciptaan fisik produk. yg dalam keadaan normal tidak mungkin. lingkungan dsb.  Aktivitas pendukung berkaitan dengan fungsi SDM. Foresight : Prediksi masa depan dengan mempertimbangkan kecenderungan teknologi. konsumen yang dituju. filosofi diri serta citra perusahaan yang diharapkan masyarakat. Planning direction. Teknologi.

Implementasi strategi 7.Cara atau jalan dimana para perencana strategi menentukan sasaran dan mengambil keputusan. Meneliti ancaman dan peluang 3. Memilih strategi 6. Beberapa tahapan penting yang dirumuskan.  Kemana sesungguhnya perusahaan hendak diarahkan ?  Ke arah mana perusahaan bergerak sekarang ini ?  Faktor-faktor lingkungan apa yang paling signifikan yang sedang dihadapi perusahaan saat ini ?  Apa saja yang dilakukan perusahaan untuk mencapai tujuannya secara lebih efektif untuk masa yang akan datang ? 4.- Leverage : Bagaimana menciptakan pengaruh yang lebih besar dengan sumberdaya yang dimiliki saat ini.. Meneliti kekuatan dan kelemahan 4. Menetapkan misi dan tujuan perusahaan 2. Mempertimbangkan alternatif strategi 5. Planning strategy. Implementing strategy. 3. yaitu : 1. Menurut Jauch dan Glueck (1998:6) proses manajemen strategi adalah: . Evaluasi strategi .

filosofi (phylosophy). 8. Merumuskan misi perusahaan. Struktur. 3. meliputi baik pesaing maupun faktor-faktor kontekstual umum. . SDM. 6. Mengembangkan sasaran tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan sasaran jangka panjang dan strategi umum yang dipilih. 2. Mengidentifikasi opsi yang paling dikehendaki dengan mengevaluasi setiap opsi yang ada berdasarkan misi perusahaan. 4. Mengembangkan profil perusahaan yang mencerminkan kondisi intern dan kapabilitasnya. Mengevaluasi keberhasilan proses strategik sebagai masukan bagi pengambilan keputusan yang akan datang. dan sistem imbalan. meliputi rumusan umum tentang maksud keberadaan (purpose). 9.Sementara itu proses manajemen strategi menurut Pearce dan Robinson (1997:20). 7. Menilai lingkungan ekstern perusahaan. teknologi. dan tujuan (goal). Mengimplementasikan pilihan strategik dengan mengalokasikan sumber daya anggaran yang menekankan pada kesesuaian antara tugas. mengandung sembilan tugas penting yaitu : 1. Menganalisis opsi perusahaan dengan mencocokkan sumber dayanya dengan lingkungan ekstern. Memilih seperangkat sasaran jangka panjang dan strategi umum (grand strategy) yang akan mencapai pilihan yang paling dikehendaki. 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->