OKRA jadi sebutan asing di daerah Jateng.

Karena masyarakat setempat biasa menyebut dengan okro atau gumbo. Sedang orang Jogja, menamai termemes. Okra muda amat lezat jadi bahan sup dan sayuran lain. Tapi (serat) okra tua, biasa dijadikan ‘sabun mandi’ di desa-desa. Itu dulu, karena serat okra memang memang lembut dan tak melukai kulit. Okra punya dua spesies. Yakni Abetmoschus esculentus dan . Tanaman ini diduga berasal dari Afrika. Termasuk famili Malvaceae atau kapas-kapasan. Terna berkayu ini tumbuh tegak maksimum setinggi 2 meter. Pertumbuhannya memerlukan banyak kalium. Sebagai komoditi ekspor, okra dimanfaatkan buah mudanya. Padahal biji okra, mengandung minyak dan bisa dijadikan pengganti biji kopi. Okra banyak diekspor ke Jepang. Tercatat pada tahun-tahun penutup abad 20, ekspor okra Indonesia ke Jepang mencapai 4.000 ton per tahun. Sentra produksi berada di daerah Jember, Jawa Timur. n mk Kacang Bindi Abelmoschus esculentus (L.) Moench Nama umum Indonesia: Kacang bindi, kopi arab, okra Inggris: Okra, lady's finger Pilipina: Okra

Kacang Bindi Klasifikasi Kingdom: Plantae (Tumbuhan) Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh) Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji) Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) Sub Kelas: Dilleniidae Ordo: Malvales Famili: Malvaceae (suku kapas-kapasan) Genus: Abelmoschus Spesies: Abelmoschus esculentus (L.) Moench

budidaya okra

di negara kita okra tidak terlalu dikenal. berwarna hijau atau merah keunguan. dan produksinya juga lebih rendah. Lahan yang akan ditanami diolah dan diberi pupuk dasar berupa pupuk kandang / kompos sebanyak 4 – 6 ton/ha. Benih yang . sekitar 6-7. Di Jepang. Lama perendaman sekitar 12 jam atau semalaman sebelum tanam. Selanjutnya tanah itu dibuat bedengan dengan lebar sekitar 100 cm dan panjang tergantung lahan. benihnya bisa langsung ditanam di lahan penanaman. Jarak antarbedengan adalah 25 cm. Namun. sayuran ini disebut okura dan biasa dijadikan makanan pelengkap. Bagian yang dibuat sayur dari tanaman ini adalah buahnya. okra masih bisa tumbuh. bersegi seperti buah belimbing. Sedangkan di India okra Syarat Tumbuh Lahan yang paling disukai okra adalah dataran tinggi di atas 800 m dpl dengan usia bisa mencapai 4 bulan. Pedoman Budidaya PENANAMAN Tanaman ini tidak memerlukan persemaian. Sedangkan lubang tanamnya berdiameter sekitar 20 cm dengan kedalaman sekitar 5 cm. Pada ketinggian 600 m dp1-800 m dpl. Benih yang akan ditanam adalah biji okra yang sudah tua dan sudah diseleksi terlebih dahulu dengan cara perendaman. dan mengandung musilane (lendir) dalam kadar tinggi sehingga enak untuk dibuat sup. Hanya saja usianya lebih pendek. Selain untuk seleksi. Sedangkan suhu optimal untuknya adalah 28-30°C. Manfaat lebih sering dimasak menjadi makanan kebanggaan.OKRA Family Malvaceae Deskripsi Tanaman ini berasal dari Asia dan sudah sangat dikenal di berbagai negara di Asia. perendaman berfungsi juga untuk mempercepat perkecambahan. berjumlah 5-8. Tanah yang dikehendakinya adalah yang ber-pH netral. Buah okra berbentuk memanjang sampai sekitar 12 cm. Artinya. yaitu masakan kari. yaitu 3 bulan.

Pemberantasannya dilakukan dengan menggunakan Dithane M-45. tetapi baik untuk benih. mungkin tak asing dengan jenis sayuran yang ini.com/2009/04/page/6/ Buah Okra Mungkin ada yang bertanya-tanya. Sedangkan serangan ulat daun menyebabkan daun berlubang-lubang besar dan kemudian habis karena dimakan olehnya. Dalam satu lubang tanam. dapat ditanam 5-6 benih.telah diseleksi dapat segera ditanam dengan jarak tanam 60 x 120 cm. bahkan ada varietas yang masa panennya mencapai 3-4 bulan. penyirarnan dilakukan dua kali sehari : pagi dan sore. Pengendaliannya dapat dilakukan dengan penyemprotan Dithane M45. Pemeliharaan Pada minggu pertama. Seminggu setelah tanam. Malaysia dan Singapura. perlu sering dilakukan penyiangan sekaligus pembumbunan paling sedikit sekali seminggu. tergantung keadaan tanah. dilakukan penyulaman. . penyiraman cukup dilakukan dua hari sekali atau sehari sekali. Pemupukan dilakukan 14 hari setelah tanam dengan menggunakan Urea dan KCl masing-masing sebanyak 100-130 kg/ha. Buah yang dipanen hanyalah buah berukuran sekitar 5-10 cm. Dan. dapat dilakukan penjarangan. Pencegahan serangan ulat daun ini dilakukan dengan penyemprotan campuran Sumition dan Agristik. http://ayobertani. berwarna kebiru-biruan. apa itu Okra ketika membaca postingan resep Gulai Kepala Ikan? Bagi yang tinggal di daerah kepulauan Riau. Panen dan Pasca Panen Okra dapat dipanen ketika berumur kurang lebih dua bulan setelah tanam atau 10 hari setelah bunganya muncul. berikut sedikit gambaran mengenai Okra. Ia menyerang daun setelah daun mulai lebar. Minggu-minggu selanjutnya. Serangannya ditandai dengan layunya tanaman karena akar menjadi busuk. Buah yang sudah terlalu tua atau terlalu besar tidak baik untuk dikonsumsi. Saat panen yang baik adalah pagi atau sore hari dengan interval 2 hari sekali. karena tanah harus selalu basah dan lembap saat awal pertumbuhannya. Tapi bagi anda yang belum pernah melihatnya.wordpress. Penyiraman tidak perlu dilakukan pada saat hari hujan. Sebaiknya bedengan tetap bersih dari gulma. Panen dapat berlangsung sampai dua bulan. Serangan belalang ditandai dengan adanya lubang-lubang pada daun. Untuk itu. Hama dan Penyakit Hama yang sering menyerang okra antara lain belalang dan ulat daun. dua minggu kemudian. Sumatra. clan berair. Penyakit yang sering menyerang okra pada masa pertumbuhan adalah sejenis cendawan.

Buah Okra mengandung banyak lendir. tumis. masakan buah Okra ini sangat populer. jika kita mau jajah desa milangkori. atau campuran “sambal goreng cabe”. Wajar saja. http://dapursehatku. nama ini memang terdengar asing di telinga kebanyakan kita. Manfaat lainnya.html Cerita Sukses Budi Daya Tanaman Okra OKRA? Makhluk apakah itu? Ya. karena nama tersebut tidak berasal dari kosa kata yang bisa ditemukan di bahasa lokal mana pun di Indonesia. karena Okra memiliki kandungan minyak dan protein yang berkualitas bagus. oseng-oseng. dapat dengan mudah menjumpai para petani yang sedang . Di beberapa negara seperti India. sehingga buah okra tidak cocok /sesuai untuk sayuran yang diberi air seperti sayur asem/sayur sop. Philiphina.blogspot. Okra berasal dari Jepang. Meskipun demikian. Saudi Arabia dan Eropa.com/2010_03_01_archive.buahnya mirip jarijari lentik penari Thailand sehingga tak berlebihan bila orang Amerika menjulukinya sebagai “Lady’s Finger” karena buahnya yang berbentuk silindris berujung runcing seperti jari wanita bangsawan. Srilangka. Ia bukan sejenis alat rumah tangga atau barang pabrikan lainnya hasil rekayasa teknologi canggih. Jika Anda mencarinya dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan WJS Poerwadarminta pasti tak pernah ketemu. melainkan sejenis tanaman sayuran.Tanaman Okra (Abelmochus esculentus) atau yang lebih dikenal kacang arab. Penggunaan Okra di Indonesia lebih cocok untuk sayur kari. biji dari buah tua Okra dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri minyak dan protein. Jepang. Pun hasil sawah itu tidak masuk dalam daftar menu yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia. melihat-lihat areal persawahan di Kecamatan Patebon atau Ngampel.

Tak heran jika beberapa petugas dari perusahaan agrobisnis itu aktif melakukan sosialisasi ke desa-desa. para penggarap lahan hutan juga siap memanfaatkan lahan yang tersedia untuk menanam apa pun yang cocok dengan peruntukan lahan. batangnya mirip tanaman tembakau. Semula tanaman tersebut hanya dihargai Rp 1. Sebagai Mediator Dari hektare demi hektare sejak awal rintisan penanaman. untuk kemudian diekspor ke negeri asal tanaman tersebut: Jepang. Biasanya produk tanaman masuk dalam wilayah Dinas Pertanian. Di tempat lain. petani belum menguasai secuil pun informasi soal ''ada apa dengan okra''. Ihwal Kemitraan Ihwal masuknya tanaman asing ke Kendal ini bermula ketika PT Jawa Agritech. Perusda inilah yang aktif mengampanyekan peluang bagus bagi para petani kalau mau menerima tawaran untuk menanam okra.500 . dan peluang bisnis tanaman tersebut itu.membudidayakan jenis tanaman yang mudah tumbuh pada iklim tropis tersebut. asal pasarnya jelas. Belum lagi soal kepastian kontrak pembelian yang masih menjadi tanda tanya. wajar kalau Perusda Aneka Usaha selaku penggagas awal yang punya data mengenai luas areal tanaman ini. Kontrak pun akhirnya dibangun antara PT dan petani atas bantuan mediasi dari Perusda Aneka Usaha. Tetapi karena okra masih menjadi barang baru. Selain itu. Tentu saja setelah mereka menguasai informasi mengenai cara menanam. yang berpusat di Kabupaten Wonosobo dan punya kantor di Semarang. Harga yang ditawarkan pun cukup menjanjikan. Dalam perjanjian awal. sebagai alternatif budidaya di luar padi. sulit bagi warga desa menerima tawaran dari orang luar daerah. Namun sungguh tak mudah bagi Jawa Agritech untuk menggandeng para petani. di Kendal terdapat sekitar 60 ha areal tanaman okra.750/kg untuk kualitas A. yang kemudian berhasil meyakinkan warga desa. Menurut keterangan beberapa petugas lapangan dari Perusda Aneka Usaha. gagasan awal adalah keinginan petani untuk menanam tembakau. Sebetulnya.Rp 2. Seluas 35 ha di antaranya berada di Kecamatan Kendal dan Boja. Jawa Agritech bersedia menampung produk yang dihasilkan petani. Alasan utama karena tanaman tersebut belum memiliki pamor di kalangan petani. Sampai akhirnya Jawa Agritech bertemu dengan Perusda Aneka Usaha.500/kg. Namun sekarang sudah mencapai Rp 2.'' kata Dirut Perusda Aneka Usaha Ulil Albab SE. Sepintas. manfaat. apalagi jika petani harus menyediakan lahan untuk menanam okra. ''Itulah yang mengilhami kemunculan ide kemitraan Perusda dan petani untuk bekerjasama dengan pihak ketiga (Jawa Agritech). mereka . Karena itu. Tetapi dedaunannya kecil-kecil. mencari lahan untuk budidaya okra. akhirnya banyak petani yang tertarik menanam okra. dari kejauhan. Perusahaan ini sekaligus menggandeng para petani yang bersedia diajak bermitra. Pendek kata.

dengan memfasilitasi kepentingan kedua belah pihak. Dalam satu lubang tanam. Benih yang akan ditanam adalah biji okra yang sudah tua dan sudah diseleksi terlebih dahulu dengan cara perendaman. sekaligus ada juga pembeli yang bersedia menampung produk yang dihasilkan. Hanya saja usianya lebih pendek.com/harian/0509/13/nas27. Jarak antarbedengan adalah 25 cm. okra masih bisa tumbuh.bukan hanya butuh informasi mengenai berbagai produk pertanian yang tengah dibutuhkan pasar. benihnya bisa langsung ditanam di lahan penanaman. . Benih yang telah diseleksi dapat segera ditanam dengan jarak tanam 60 x 120 cm. Sedangkan di India okra Syarat Tumbuh Lahan yang paling disukai okra adalah dataran tinggi di atas 800 m dpl dengan usia bisa mencapai 4 bulan. di negara kita okra tidak terlalu dikenal. Selanjutnya tanah itu dibuat bedengan dengan lebar sekitar 100 cm dan panjang tergantung lahan. perendaman berfungsi juga untuk mempercepat perkecambahan.suaramerdeka. Pada ketinggian 600 m dp1-800 m dpl. Namun. Hanya saja Perusda Aneka Usaha selaku mediator harus sejak dini mengantisipasi perkembangan teknologi dan pasar okra. Sedangkan suhu optimal untuknya adalah 28-30°C. Lama perendaman sekitar 12 jam atau semalaman sebelum tanam. Artinya. dan produksinya juga lebih rendah. Tanah yang dikehendakinya adalah yang ber-pH netral. yaitu masakan kari.'' katanya. Selain untuk seleksi. dan para petani pun tenggelam lagi dalam kebingungan memilih jenis tanaman alternatif di luar padi. dan mengandung musilane (lendir) dalam kadar tinggi sehingga enak untuk dibuat sup. Lahan yang akan ditanami diolah dan diberi pupuk dasar berupa pupuk kandang / kompos sebanyak 4 – 6 ton/ha. Pedoman Budidaya PENANAMAN Tanaman ini tidak memerlukan persemaian. dapat ditanam 5-6 benih. Di Jepang. 13 September 2005 Tanaman ini berasal dari Asia dan sudah sangat dikenal di berbagai negara di Asia. kami juga berharap keuntungan dari situ. yaitu 3 bulan.htm Selasa. sekitar 6-7. ''Kami ingin menjembatani keduanya. (32) http://www. Sehingga jangan sampai tanaman ini hanya muncul sesaat. Tentu sebagai sebuah perusahaan. sayuran ini disebut okura dan biasa dijadikan makanan pelengkap. Manfaat lebih sering dimasak menjadi makanan kebanggaan. Bagian yang dibuat sayur dari tanaman ini adalah buahnya. Sedangkan lubang tanamnya berdiameter sekitar 20 cm dengan kedalaman sekitar 5 cm. bersegi seperti buah belimbing. berjumlah 5-8. berwarna hijau atau merah keunguan. Buah okra berbentuk memanjang sampai sekitar 12 cm.

karena tanah harus selalu basah dan lembap saat awal pertumbuhannya.Pemeliharaan Pada minggu pertama. Seminggu setelah tanam. Dan. dan kejenuhan basa (KB) rendah. penyiraman cukup dilakukan dua hari sekali atau sehari sekali. Serangan belalang ditandai dengan adanya lubang-lubang pada daun. Hal itu mengakibatkan pertumbuhan dan produksi tanaman berkurang. Buah yang dipanen hanyalah buah berukuran sekitar 5-10 cm. memiliki kapasitas tukar kation (KTK) tinggi. protein 2 gram. Saat panen yang baik adalah pagi atau sore hari dengan interval 2 hari sekali. umumnya tanah bereaksi masam. Kendala utama pengembangan tanaman di tanah gambut adalah adanya faktor pembatas yang mengganggu pertumbuhan tanaman. dilakukan penyulaman. clan berair. Sedangkan serangan ulat daun menyebabkan daun berlubang-lubang besar dan kemudian habis karena dimakan olehnya. dapat dilakukan penjarangan. Serangannya ditandai dengan layunya tanaman karena akar menjadi busuk. perlu sering dilakukan penyiangan sekaligus pembumbunan paling sedikit sekali seminggu. Penyiraman tidak perlu dilakukan pada saat hari hujan. Minggu-minggu selanjutnya. . tergantung keadaan tanah. dan 35 persen RDA vitamin C.wordpress. Buah yang sudah terlalu tua atau terlalu besar tidak baik untuk dikonsumsi. Pemberantasannya dilakukan dengan menggunakan Dithane M-45. dan karbohidrat 7 gram sehingga baik sebagai sumber kalori dan energi. Pemupukan dilakukan 14 hari setelah tanam dengan menggunakan Urea dan KCl masing-masing sebanyak 100-130 kg/ha. serat 1 gram. Pengendaliannya dapat dilakukan dengan penyemprotan Dithane M45. penyirarnan dilakukan dua kali sehari : pagi dan sore. budidaya tanaman ini hanya dilakukan pada musim berladang atau sekali setahun sebagai tanaman sisipan. Untuk itu. Kondisi demikian menyebabkan tak terciptanya lingkungan tumbuh yang baik bagi tanaman sebab tidak menunjang ketersediaan unsur hara yang memadai. Hama dan Penyakit Hama yang sering menyerang okra antara lain belalang dan ulat daun. Dalam 10 potong okra seberat 106 gram mengandung 30 persen kalori. Panen dan Pasca Panen Okra dapat dipanen ketika berumur kurang lebih dua bulan setelah tanam atau 10 hari setelah bunganya muncul. Penyakit yang sering menyerang okra pada masa pertumbuhan adalah sejenis cendawan. Dalam 100 gram okra terkandung air 90 persen. Ia menyerang daun setelah daun mulai lebar. Sebaiknya bedengan tetap bersih dari gulma. 10 persen RDA vitamin A. dua minggu kemudian. Panen dapat berlangsung sampai dua bulan. Nilai gizi sayuran ini cukup tinggi.com/2008/01/09/budidaya-okra/ Masalahnya. bahkan ada varietas yang masa panennya mencapai 3-4 bulan. berwarna kebiru-biruan. http://anekaplanta. tetapi baik untuk benih. Pencegahan serangan ulat daun ini dilakukan dengan penyemprotan campuran Sumition dan Agristik.

Setelah dilakukan penelitian tersebut. okra memerlukan perlakukan agronomis yang sesuai.Oleh karena itu. ternyata pemberian pupuk kandang sangat nyata menghasilkan pertumbuhan dan hasil tanaman okra yang baik. yaitu 4. salah satunya adalah pemberian pupuk kandang kotoran ayam dan pupuk daun (plant catalys).39 ton buah segar per hektar. guna memproleh hasil tanaman yang baik. .