CAHAYA

Sebagai Gelombang

Snellis) ‡ Dispersi Cahaya .Gelombang Cahaya Prinsip-prinsip Dasar Cahaya Pembahasan mengenai: ‡ Cahaya alamiah ‡ Pemantulan dan Pembiasan (Hk.

. Pada abad 19. Cahaya alamiah: cahaya yang berasal dari spektrum tampak gelombang elektromagnetik yang merupakan bentuk energi dari partikel-partikel yang mengalami gangguan. Heisenberg dan Schrodinger) mengemukakan bahwa gelombang merupakan bentuk energi dari partikel yang mengalami gangguan. misalkan: matahari. Energi ini disebut dengan quanta yang mempelopori lahirnya Teori Kuantum dalam ilmu fisika. dimana cahaya dapat digambarkan sebagai sinar. cahaya lilin ataupun lampu.99 (3) x 108 m/s. ilmuan (Maxwell dan Hertz) telah meneorikan cahaya berasal dari spektrum gelombang elektromagnetik yang tertangkap oleh mata dan dapat dihitung kecepatannya yaitu sebesar c = 2.Cahaya Alamiah Ilmuan pada abad 18 (Newton) meneorikan cahaya sebagai suatu aliran yang dipancarkan oleh sumber cahaya. Ilmuan abad 20 (Plank. Compton.

maka pemantulan cahaya terbagi atas: Pemantulan Teratur Pemantulan Baur . Pemantulan Cahaya: Berbeloknya garis sinar cahaya ketika mengenai suatu bidang.Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Cahaya mengenai sebuah permukaan media akan dibelokkan menjauhi permukaan ataupun masuk ke dalam permukaan media. Berdasarkan permukaan bidang pantul.

misal: pemantulan pada permukaan licin dan cermin Pemantulan Baur: pemantulan pada permukaan kasar dari sinar-sinar datang sejajar sedemikian sehingga sinar-sinar yang dipantulkan oleh permukaan akan menuju pada arah yang berbeda-beda (terhamburkan). misal: pemantulan pada benda-benda di alam .Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Pemantulan Teratur: pemantulan pada permukaan datar dari sinar datang sejajar sedemikian sehingga sinar-sinar yang dipantulkan permukaan juga sejajar.

Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Pembiasan: perubahan arah garis sinar gelombang cahaya sebagai akibat adanya perubahan kecepatan saat gelombang tersebut bergerak dari satu media ke media lainnya. Perubahan kecepatan gelombang pada cahaya dapat menentukan nilai dari indeks bias media yang ditentukan dengan: Dimana: v = kecepatan gelombang cahaya pada media (m/s) = kecepatan gelombang cahaya pada ruang hampa (2. Arah bias sinar tergantung dari kerapatan mediumnya.99 (3) x 108 m/s) n = indek bias media P n! v .

hitunglah berapa kecepatan gelombang dari sinar tersebut pada media! Tentukan nilai indeks bias suatu media A.52. dimana besarnya kecepatan gelombang dari sinar yang memasuki media adalah 1.Contoh Soal: Sebuah sinar memasuki media dengan indeks bias 1.25 x 108 m/s! .

Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Sumber: Serway and Jewwet Sumber: Young and Freedman .

Hukum Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Hukum Pemantulan Hukum Pembiasan (Snells) .

. membelok mendekati garis normal.Tiga Kasus Pemantulan dan Pembiasan Cahaya Sinar memasuki media dengan indek refraksi lebih besar. Sinar memasuki media dengan indek bias lebih kecil. Sinar memasuki media dan bergerak sepanjang garis normal tanpa melihat jenis medianya. membelok menjauhi garis normal.

Contoh Soal: .

Efek Pemantulan Cahaya Pemantulan Total Kelap-kelip Diamond Serat Optik .

Efek Pembiasan Cahaya Kedalaman Sesungguhnya: d¶ = d (n2/n1) .

Contoh: Pelangi .Dispersi Cahaya Dispersi: adalah proses pembiasan cahaya tunggal (putih) oleh prisma ke dalam bentuk cahaya majemuk (pelangi) berdasarkan spektrum panjang gelombangnya.

Dispersi Cahaya .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful