BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN

6.1 1.

Kesimpulan Penentuan kadar kolesterol total, HDL, LDL dan trigliserida dapat digunakan sebagai penunjang atau indikator terhadap kemungkinan penyakit jantung koroner.

2.

Berdasarkan data pengamatan pemeriksaan kadar kolesterol darah dari masingmasing 15 sampel serum darah pada pria dan wanita usia 40-55 tahun sebanyak 60 % pria dan 73,3 % wanita mempunyai resiko lebih besar menderita penyakit jantung koroner karena memiliki hasil pemeriksaan kadar lipoprotein di atas batas normal sedangkan dari masing-masing 15 sampel serum darah pada pria dan wanita usia 56-70 tahun sebanyak 73,3 % pria dan 73,3 % wanita yang memiliki resiko lebih besar menderita penyakit jantung koroner.

3.

Berdasarkan perhitungan rasio antara kolesterol total : HDL untuk pria usia 4055 tahun terdapat 4 orang dan usia 56-70 tahun terdapat 7 orang yang rasio kolesterol total : HDL <4,6. Sedangkan untuk wanita usia 40-55 tahun terdapat 4 orang dan usia 56-70 tahun terdapat 3 orang yang rasio kolesterol total : HDL < 4.

60

2 1.61 6. Mempertahankan segala sesuatu yang lebih baik dan meningkatkan hal-hal yang masih dianggap kurang untuk meningkatkan kualitas pelayanan. 3. . kenyamanan dan fasilitas dari Balai Laboratorium Kesehatan Bandung. 2. Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang siapa saja sehingga pola hidup yang sehat dan pemberian pengobatan (apabila diperlukan) dapat dilakukan sedini mungkin untuk mencegah atau menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung di kemudian hari. Saran Perlu kelengkapan data base (riwayat pasien) untuk mendukung dan memudahkan pemeriksaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful