P. 1
Sistem Pemerintahan Singapura

Sistem Pemerintahan Singapura

3.0

|Views: 16,178|Likes:
Published by Iskandar Setiadi

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Iskandar Setiadi on Oct 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2015

pdf

text

original

Presented by: -Albert Stevelino XII.2 / 2 -Bobby Sutriadi XII.2 / 5 - Iskandar Setiadi XII.2 / 19 -Narayan Coanapesy XII.

2 / 26

Kesimpulan Pembahasan Dasar

Check and Balances
Dalam sistem pemerintahan, tentunya akan terdapat suatu keseimbangan. Keseimbangan antara lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif adalah sebagai berikut: Lembaga Yudikatif akan melakukan pengawasan terhadap lembaga Eksekutif dan Legislatif. Lembaga Eksekutif berhak untuk memilih lembaga yudikatif (jaksa) dan memiliki hak veto dalam parlemen. Lembaga Legislatif dapat membuat suatu rancangan undang-undang dan mengontrol lembaga eksekutif.

Geographically

Latar Belakang Singapura
Menurut Sejarah Melayu, nama Singapura diberikan oleh Sang Nila Utama, pangeran Melayu dari Palembang pada awal abad ke 14. Ketika Sang Nila Utama berlayar di laut, terjadi badai dan angin kencang yang mengakibatkan perahunya terdampar di sebuah pulau. Saat di pulau, Sang Nila Utama melihat seekor binatang yang menyerupai singa. Oleh karena itu, pulau tersebut dinamakan Singapura (berarti "kota singa").

Sistem Pemerintahan Di Singapura

Komisi Khusus di Singapura
Nama
Committee of Selection Committee of Privileges Estimates Committee House Committee

Fungsi
Memilih MP Independen Menjaga nama baik Parlemen didepan Publik Peninjau Undang-undang Penasehat Speaker mengenai usulan anggota MP Pengawas keuangan yang digunakan untuk Publik Menyampaikan keluhan rakyat Pengawasan terhadap jalannya kegiatan parlemen.

Pemimpin
Speaker Speaker Ditunjuk oleh Speaker Speaker

Jumlah Anggota
7MPs 7MPs Kurang dari 7 MPs 7MPs

Public Accounts Committee Public Petitions Committee Standing Orders Committee

Ditunjuk oleh Speaker

Kurang dari 7 MPs

Speaker Speaker

7MPs Deputy Speaker and 7 MPs

Hak-hak Presiden
1. Presiden dapat menyetujui maupun menolak anggaran keuangan/transaksi yang dilakukan dalam pemerintahan bila terdapat kurang dari 2/3 suara parlemen. 2. Menolak pengangkatan kandidat jaksa agung yang direkomendasikan. 3. Presiden dapat menolak rancangan undang-undang yang undangtidak disetujui lebih dari 2/3 suara parlemen. 4. Presiden dapat mengakses semua informasi dari semua kementerian didalam negara. 5. Memiliki hak pengawasan terhadap lembaga keuangan maupun pertahanan negara dalam pengambilan keputusannya.

Kementerian di Singapura

Daftar nama-nama Presiden Singapura No 1 2 3 4 5 6 Nama Yusof bin Ishak Benjamin Henry Sheares Devan Nair Wee Kim Wee Ong Teng Cheong Sellapan Ramanathan

Daftar nama-nama Perdana Menteri Singapura No 1 2 3 Nama Lee Kuan Yew Goh Chok Tong Lee Hsien Loong

First

Second

Third

Sistem Peradilan di Singapura
Pengadilan tertinggi dipegang oleh Mahkamah Agung (Supreme Court) yang berlandaskan konstitusi Singapura. Secara garis besar dibagi menjadi Court of Appeal (Pengadilan Banding) dan High Court (Pengadilan Tinggi). Jaksa Agung dipilih oleh Presiden dengan calon kandidat oleh Perdana Menteri. Jaksa Agung Singapura saat ini adalah Chan Sek Keong. Dalam skala 1-10 (1 terbaik), Singapura menempati skala 1.92, Jepang 3.50 dimana Indonesia masih menempati skala 8.26 .

Kesimpulan ( Perbandingan )
Kelebihan Kebijakan dapat dibuat dengan cepat dan langsung dapat diaplikasikan karena lebih dari 2/3 anggota dewan adalah pihak mayoritas. Stabilnya pemerintahan karena tidak melibatkan banyak pihak dalam proses praktiknya (dominasi pemerintahan). Pengawasan yang kuat terlihat jelas antara ketiga lembaga pemerintahan. Kekurangan (Yudikatif) Pemilihan jaksa agung oleh Presiden membuat jaksa agung memihak pada partai berkuasa dan lebih menekan partai oposisi maupun kritik-kritik. Pembatasan suara pada pihak oposisi membuat jarangnya perbedaan pendapat di Singapura, sehingga sulitnya penentangan. Kabinet yang berkuasa tergantung pada hak mosi parlemen.

Transparansi informasi terhadap publik, Kabinet mampu mengendalikan parlemen melalui sistem publikasi tertulis karena kementrian yang juga diisi oleh para kegiatan parlementer (Hansard) anggota partai mayoritas .

Credits
Presented by :

Albert Stevelino Bobby Sutriadi Iskandar Setiadi Narayan Coanapesy
Special Thanks to :

Our God Mr. Suparjo All Audiences from XII. IPA 2 Class Our Parents And anyone who can t be stated one by one
Bibliography :

Listyarti, Retno, 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta : Esis http://en.wikipedia.org/wiki/Judicial_system_of_Singapore

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->