P. 1
Berpikir Dan Pemecahan Masalah

Berpikir Dan Pemecahan Masalah

|Views: 208|Likes:
Published by bocahwanguk

More info:

Published by: bocahwanguk on Oct 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/03/2014

pdf

text

original

BERPIKIR DAN PEMECAHAN MASALAH

BEPIKIR = Proses yg intens untuk memecahkan masalah dgn menghubungkan satu hal dgn yg lain Model berpikir ada dua macam, yaitu : macam, 1. Berpikir Analitis=Berpikir Konvergen Analitis= (cenderung menyempit dan menuju jawaban yang tunggal 2. Berpikir Kreatif =Berpikir Divergen (Berpikir luas, luas, menemukan hubungan2 baru, baru, memperoleh lebih dari satu jawaban) jawaban)

Hambatan mencari jawaban tunggal tunggal dan tepat : Anggapan mengenai sesuatu yang hanya memilki satu jawaban tunggal yang kita persepsikan bahwa itulah yang diminta oleh sipenanya 4. Hambatan untuk memberi penilaian terlalu cepat : Dapat mematikan suatu ide. jawaban lain daripada yang lain 5. 6. Hambatan takut dianggap bodoh : Lebih berdiam diri dan takut diejek . pandangan kita 2. karena tidak iberi kesempatan untuk berkembang ide.HAMBATANHAMBATAN-HAMBATAN DALAM BERPKIR KREATIF : 1.Hambatan karena kelaziman : Takut dibilang aneh. saja. Hambatan untuk tidak berusaha menantang kenyataan : Menerima saja. tanpa dicari alasannya lebih dalam 3. jika memberikan aneh. Terpaku pada satu jawaban dari berpikir. Hambatan yang dibuat sendiri : Karena persepsi kita sendiri yang sifatnya kaku alam berpikir.

strategi Pemecahan Masalah : Membuat seleksi terhadap strategi pemecahan masalah yang terbaik .PROSES PEMECAHAN MASALAH   1. Penafsiran Masalah : Disebut juga dengan mendefinisikan masalah ~ dengan cara berpikir kreatif 2.

BEBERAPA STRATEGI PEMECAHAN MASALAH YANG SERING DIGUNAKAN     Trial and error=Makan waktu yang lama (STM) error=Makan Informational Retrieval =Mendapatkan kembali informasi : =Mendapatkan Untuk dapatkan pemecahan masalah dengan cepat (LTM) Algoritma= Algoritma=Suatu metode pemecahan masalah yang menjamin suatu pemecahan masalah jika tersdia kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkannya (Usaha yang dilakukan untuk dapatkan jawaban yang cukup lama). masalah. EKS Heuristic=membantu Heuristic=membantu untuk menyederhanakan masalah.K. dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu .E . Ex= S.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->