P. 1
makalah BIOLOGI : Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya

makalah BIOLOGI : Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya

|Views: 9,001|Likes:
Published by Ferdinand Maubere
tugas BIOLOGI SMA saya
semoga bisa bermanfaat :D
tugas BIOLOGI SMA saya
semoga bisa bermanfaat :D

More info:

Published by: Ferdinand Maubere on Oct 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial Share Alike

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya

A.

Influenza
Penyakit ini menyerang semua manusia. Ada lebih dari 200 macam jenis

Penjelasan Singkat virus penyebab influenza. Yang diserang adalah saluran napas bagian atas, hingga timbul ingus, batuk, suhu, tubuh meningkat, nyeri otot, demam, dan selera makan hilang. Karena banyaknya jenis virus penyebab influenza maka seseorang yang pernah menderita penyakit ini bisa saja terjangkit lagi oleh virus jenis lain. Virus ini bisa tersebar lewat udara pernapasan penderita. Salah satu jenis virus ini adalah virus Flu Burung. Pencegahan :  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur.  Bila perlu minumlah multivitamin.  Perbanyak minum air putih.

B.

Pilek (Selesma)
Pilek disebarkan oleh ludah penderita dan kontak langsung. Gejala

Penjelasan Singkat penyakit ini tampak dalam jangka waktu 12-18 jam setelah infeksi. Gejalanya adalh tenggorokan kering, mata berair, hidung mengeluarkan cairan, dan membrane hidung membesar sehingga susah bernapas. Pilek adalah penyakit ringan dan tidak berbahaya. Yang perlu diwaspadai adalah infeksi sekunder oleh bakteri. Pilek tidak dapat diobati dengan antibiotic. Antibiotik hanya berguna untuk mengobati infeksi yang disebakan oleh bakteri. Menurut suatu studi di Jepang pilek hanya bisa disembuhkan dengan tersenyum. Pencegahan :  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.  Makan dan istirahatlah yang cukup dan teratur.  Perbanyak menkonsumsi air putih.  Bila perlu dengan mengkonsumsi multivitamin.

1

Mata belek Penjelasan Singkat Penderitanya mengalami sakit mata yang sangat.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. dan lain sebagainya). Pencegahan :  Hindari kontak langsung dengan penderita. meninggalkan bopeng pda tubuh dan wajah. dan benda yang terkontaminasi virus tersebut seperti tempat tidur dan selimut. dan barang-barang penderita(handuk. 2 . sakit punggung. Masa inkubasi virus ini biasanya 12-16 hari. selimut. Cacar adalah penyakit yang akut. hidung. Luka pertama muncul di wajah dan kemudian menyebar ke lengan atas. Biasanya mata penderita agak membengkak. Cacar Cacar menyerang tubuh dan menimbulkan luka pada sekujur tubuh. mata berwarna merah sekali dan mengeluarkan air mata sert kotoran mata yang banyak. fatal. dan anggota badan.  Hindari menggunakan barang pribadi seperti handuk dan tempat tidur penderita. kontak langsung. Jika Penjelasan Singkat sembuh. dan sering epidemik. tangan. Pencegahan :  Hindari kontak mata secara langsung dengan penderita dalam waktu lama. sakit kepala. bantal. Cacar dapat diatasi dengan vaksin cacar. Penyebarannya melalui tatapan mata penderita. D. Penyebaran penyakit terjadi melalui kontak langsung.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya C.  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur. Cacar menginfeksi tubuh melalui saluran pernapasan. udara. sekresi mulut (misal air ludah). Gejala awalnya adalah menggigil. Sumber infekssi adalah orang yang terinfeksi. dan lesu. demam.

 Makan dan istirahat yang cukup dan teratur. misalnya tempat tidur dan selimut. virus tinggal di jaringan saraf.  Hindari kontak langsung dengan penderita. Herpes Zoster adalah infeksi saraf sensori dan terjadi pada orang dewasayang pernah terkena cacar air pada saat kecil. yaitu Herpes virus varicellae.  Imunisasi.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Kedua Penyakit tersebut saling berkaitan. E. Virus terdapat di lender saluran pernapasan dan kemudian masuk ke darah dan beredar ke seluruh tubuh. Virus tersebut dapat menjadi aktif dan bila kondisi tubuh penderita lemah dapat menimbulkan herpes zoster. terutama kulit. tetapi pada orang dewasa dapat mengakibatkan kematian. Jika tidak terjadi infeksi bakteri. Cacar air pada anak-anak adalah penyakit ringan. misalnya tempat tidur dan selimut. 3 . Masa inkubasi cacar air antara 14-16 hari. Gejala cacar air adalah demam.  Hindari menggunakan barang-barang yang telah terkontaminasi virus tersebut. Pencegahan :  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Setelah cacar air sembuh.  Imunisasi.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya  Hindari menggunakan barang-barang yang telah terkontaminasi virus tersebut.Cacar Air dan Herpes Zoster Penjelasan Singkat Cacar air dan Herpes Zoster disebabkan oleh virus yang sama. Infeksi zoster sangat pedih dan hanya terdapat di sepanjang saraf sensori yang terinfeksi. Penderita dapat lumpuh bila infeksi terjadi di sumsum tulang belakang. luka akan sembuh tanpa berbekas. tetapi umumnya sembuh dalam 2-4 minggu. terbentuk gelembung kulit kering.

misalnya DEN-1. Virus menuju darah dan beredar ke seluruh tubuh. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. terutama kulit. DEN-3.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya F. Campak (Morbili) Penjelasan Singkat Campak biasanya menyerang anak-anak. Ada beberapa subtype virus ini. batuk. Di akhir fase inkubasi.  Gunakan obat nyamuk bakar atau semprot untuk memberantas nyamuk di dalam rumah. dan rasangilu di sekujur tubuh. dan pada tingkat yang lebih parah terjadi pendarahan pada organ-organ tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian. yang termasuk genus Flavivirus. Di awal fase inkubasi.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Pencegahan :  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur.  Jagalah kebersihan lingkungan anda. G.  Lakukan gerakan 3M secara teratur. 4 . mata pedih bila terkena cahaya.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Gejala campak adalh dema tinggi. dan DEN-4. Gejala penyakit ini adalah demam atau panas tinggi. sakit kepala.Demam Berdarah Penjelasan Singkat Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue. mengigau. mimisan. timbul bercak kemerahan pada kulit. Pencegahan :  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur. virus berkembang biak di saluran pernapasan atas.  Bila perlu lakukan pengasapan secara teratur. Infeksi virus campak sering diikuti infeksi sekunder oleh bakteri penyebab pneumonia dan infeksi telinga. DEN-2. Pendarahan terjadi karena virus menyebabkan trombosit (zat pembeku darah) mengalamai penurunan jumlah.

Penjelasan Singkat Gondong disebabkan serangan virus RNA yang menyerang otak. pankreas. dema. Kemudian diikuti mengigau. kelenjar parotid (di leher). dan kucing).dan jantung. serigala. Penyakit ini mudah menular ke orang lain melalui hidung dan mulut. dan lumpuh. Infeksi pada kelenjar parotid menyebabkan benkak di belakang telinga dalam waktu 18-21 hari setelah infeksi.  Hindari menggunakan barang-barang yang telah terkontaminasi virus tersebut.  Imunisasi. dan koma.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. atau karena kontak luka terbuka dengan ludah hewan yang terinfeksi. misalnya tempat tidur dan selimut. Penderita yang telah sembuh akan memperoleh kekebalan terhadap penyakit ini. Gondong (parotitis) Gondong (parotitis) bebeda dengan gondok akibat kekurangan yodium. Penderita 5 . H.  Hindari menggunakan barang-barang yang telah terkontaminasi virus tersebut. kelelawar. Pencegahan :  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya  Hindari kontak langsung dengan penderita. Masa inkubasi antara 10-14 hari sampai beberapa bulan. Rabies (Anjing Gila) Penjelasan Singkat Virus rabies menyerang sistem syaraf pusat penderita. I. Gejala rabies pada manusia adalah sakiit kepala. lesu. gugup. tertawa tanpa sebab. misalnya tempat tidur dan selimut.  Hindari kontak langsung dengan penderita. Inferksi dapat terjadi karena gigitan hewan yang terinfeksi (semua hewna berdarah panas seperti anjing.

6 . mual . Sumber utama virus ini dari saluran usus orang yang terinfeksi. Pencegahan :  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya mengalami hidrofobia (takut air).  Kenalilah tanda-tanda hewan yang terkena rabies. mengantuk. Sementara vaksin Sabin mengandung virus polio yang dilemahkan. Bila sel syaraf itu berhubungan dengan serabut motor syaraf tepi. Feses (kotoran) orang tersebut mengandung virus polio melalui makanan yang terkontaminasi olehnya. penyakit ini dapat disebarkan melalui infeksi saluran pernapasan. tidak enak badan. sakit kepala. Kadang disertai juga kaku leher dan tulang belakang. Gejalanya adalah demam.  Segera periksakan atau vaksinasi peliharaan Anda bila terlihat teinfeksi rabies. Vaksin Salk berfungsi dengan mengaktifkan produksi antibody di serum. Vaksin menetralkan virus yang virulen (mampu menginfeksi) saat memasuki aliran darah dan mencegah serangan ke sitem syaraf pusat. khususnya anjing. dan muntah. Pencegahan :  Hindari berdekatan dengan hewan yang terlihat terinfeksi rabies. Pengobatannya adalah dengan pemberian vaksin rabies. Vaksin untuk polio adalah vaksin Salk dan Sabin. Masa inkubasi virus ini 3-35 hari. Polio dapat menyebabkan lumpuh bila virus menyerang selaput otak (meninges) dan merusak sel syaraf di otak depan. Di awal infeksi. Polio Penjelasan Singkat Polio umumnya meyerang anak-anak. dapat membuat penderita lumpuh. sakit tenggorokan.  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur. tapi umumnya antara 7-14 hari.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar J.

 Hindari kontak langsung dengan penderita  Hindari menggunakan barang-barang yang telah terkontaminasi virus tersebut. Ada 3 macam virus yang menyerang manusia.  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur. Penyebabnya adalah virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). K. virus B penyebab Hepatitis B. Penularannya melalui makanan dan minuman yang tercemar virus atau melalui perlengkapan makan dan minum yang tidak bersih. tranfusi darah.  Berikan imunisasi secara berkala. AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) Penjelasan Singkat Penyakit ini menyebakan hilangnya hilangnya sistem kekebalan. misalnya tempat tidur dan selimut. 7 . dan hepatitis C. Yang paling berbahaya adalah virus B. yaitu virus A penyebab Hepatitis A. Jika tubuh terinfeksi HIV maka sel T4 akan hancur dan tubuh tidak mampu lagi melawan bibit penyakit.  Hindari makan dan minum di warung. HIV ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini belum ada obatnya. yaitu sel darah putih yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh. Hepatitis Virus yang menyerang hati penderita hingga membengkak. Virus masuk ke dalam darah menyerang sel-sel darah putih T4. L.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Penjelasan Singkat mengakibatkan empedu beredar ke seluruh tubuh sehingga kulit dan bola mata penderita berwarna kuning. Oleh karena itu sering disebut juga penyakit kuning. Pencegahan :  Diusahakan setiap anak mengikuti imunisasi hepatitis. atau tempat-tempat yang tidak higienis.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur.

demam tinggi. batuk. M. Cara Penularannya melalui kontak lansung dengan unggas yang terinfeksi.Virus Penyebab Penyakit Manusia dan Pencegahannya jarum suntik. Virus ini mati pada suhu 80oC. Virus ini dapat menyebabkan kematian. HIV tidak menular melalui jabat tangan. Kromosom penderita sudah diarahkan untuk membuat lebih banyak virus. Pencegahan :  Masaklah makanan (unggas) hingga suhu 80oC lebih. Flu Burung Dari berbagai strain virus Flu Burung.  Jagalah kebersihan kandang unggas. Gejala yang dialami penderita adalah sesak napas. dan peralatan rumah tangga.  Makan dan istirahat yang cukup dan teratur. ciuman. Ibu yang mengidap HIV dapat menularkan HIV kepada bayi dalam kandungannya. 8 .  Berikan vaksin pada unggas peliharaan. Salah satu alasan mengapa infeksi virus ini tidak bisa disembuhkan adalah karena gen virus tidak bisa dibuang.  Jaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. hanya ada 1 strain yang dapat Penjelasan Singkat menginfeksi manusia yaitu H5N1. Pencegahan :  Tidak melakukan seks bebas.  Menghindari Narkoba.  Hindari kontak langsung/berdekatan dengan unggas yang terlihat terinfeksi.  Jangan menggunakan jarum suntik berkali-kali untuk banyak orang.  Mendapat donor darah dari orang yang sehat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->