PEMANFAATAN LISTRIK STATIS

1. Konduktor Konduktor merupakan material yang mudah menghantarkan arus listrik. Contoh: tembaga. 2. Insulator Insulator merupakan material yang susah menghantarkan arus listrik. Contoh: kaca. 3. Semikonduktor Semikonduktor adalah material yang memilki sifat antara konduktor dan insulator. Contoh: silikon. HUKUM COULOMB Hukum Coulomb adalah hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya yang timbul antara dua titik muatan, yang terpisahkan jarak tertentu. Dirumuskan:

Keterangan: F : Gaya Coulomb (N) k : Konstanta Coulomb = q1 : besar muatan pertama (C) q2 : besar muatan kedua (C) r : jarak antar muatan (m) Hukum ini menyatakan apabila terdapat dua buah titik muatan maka akan timbul gaya di antara keduanya, yang besarnya sebanding dengan perkalian nilai kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar keduanya. Gaya yang timbul dapat membuat kedua titik muatan saling tarik-menarik atau saling tolak-menolak, tergantung nilai dari masing-masing muatan. Muatan sejenis (bertanda sama) akan tolak-menolak. Sedangkan muatan yang berbeda jenis akan tarik menarik

maka medan listrik di sebuah titik sama dengan jumlah vektor medan listrik dari masing-masing muatan pada titik tersebut.Dalam notasi vektor. Satuan listrik memiliki satuan N/C atau Newton/Coulomb. maka energi potensial yang tersimpan dalam sistem tersebut adalah jumlah dari energi potensial dari tiap pasang muatan yang ada. Hukum Coulomb dapat dituliskan sebagai berikut: MEDAN LISTRIK Medan listrik adalah efek yang ditimbulkan oleh keberadaan muatan listrik. Contoh untuk tiga muatan . ENERGI POTENSIAL ELEKTROSTATIK Jika terdapat dua benda titik bermuatan q1 dan q2 yang terpisah pada jarak r. maka besar energi potensial system tersebut adalah: Jika ada lebih dari dua muatan. Jika dalam sebuah sistem terdapat banyak muatan.

Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Potensial listrik dari muatan titik q pada sebuah titik yang berjarak r dari muatan tersebut adalah : Halilintar/Petir (Gejala listrik statis di alam) Petir adalah suatu kejadian alam yang luar biasa.POTENSIAL LISTRIK Beda potensial antara titik A dan B didefinisikan sebagai perubahan energi potensial sebuah muatan q yang digerakkan dari A ke B. Hal lain yang menakjubkan bahwa molekul-molekul nitrogen. Bagaimana sebuah kekuatan luar biasa semacam itu muncul dari partikel bermuatan positif (proton) dan negatif (elektron) dari dalam sebuah atom. Perbedaan jumlah proton dan elektron dalam sebuah atom mengakibatkan Para ahli berusaha memanfaatkan muatan listrik statis untuk berbagai keperluan dalam . yang sangat penting untuk tumbuhan. muncul dari kekuatan ini. Mengapa petir dapat membebaskan energi? Darimana petir mendapatkan energi listrik? Berapa biaya listrik yang dapat kita hemat jika kita dapat mengumpulkan energi dari petir? Saat kita merenungi semua perihal petir ini. dibagi dengan muatan tersebut. kita dapat memahami bahwa peristiwa alam ini adalah sesuatu yang menakjubkan. karena dalam setiap kejadiannya energi yang dilepaskan lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. yang tak terlihat oleh mata telanjang.

maka perubahan muatan listrik pada atom akan mengakibatkan perubahan listrik pada benda. 2)muatan listrik akan saling berinteraksi. Sifat-sifat muatan listrik antara lain: 1) listrik terdiri dari dua jenis muatan yaitu muatan positif dan negatif. Salah satu contohnya adalah petir. Listrik dapat digunakan untuk lampu plasma Lampu plasma adalah sebuah lampu lucutan gas yang menggunakan plasma sebagai sumber cahaya. Lampu plasma diciptakan oleh Nikola Tesla setelah percobaannya dengan arus listrik frekuensi tinggi pada tabung gelas hampa untuk kepentingan mempelajari fenomena tegangan tinggi. Tesla menyebut ciptaannya ini sebuah tabung lucutan gas lembam . muatan sejenis tolak menolak dan muatan tidak sejenis tarik-menarik. Generator Van de Graaff Pengumpal asal yang diciptakan 1906 oleh Frederick Gardner Cottrel Pengecat Mobil Mesin Foto Copy atom bermuatan listrikKarena semua benda tersusun oleh atom-atom. 2. 3. 4. Contoh Pemanfaatan Listrik Statis: 1. Setiap benda memiliki kecenderungan untuk berada dalam keadaan netral. oleh karena itu jika benda bermuatan maka secara spontan dapat membebaskan muatannya.kehidupan sehari-hari. tetapi versi modern didesain oleh Bill Parker.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful