LAMBANG UNSUR,RUMUS KIMIA DAN PERSAMAAN REAKSI 1.

U N S U R Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat di uraikan lagi melalui reaksi kimia dan fisik manjadi bagian yang lebih sederhana lagi. Pada abad pertengahan, unsure di gambarkan berupa symbol,karena di anggap merepotkan dalam penulisannya maka penulisannya di rubah hanya dengan menggunakan hurup .Lambang unsure diambil dari nama depan un sur tersebut dalam bahasa latin,sesuai dengan berdasarkan perjanjian Internasional.Jika nama unsure tersebut terdiri dari satu hurup,maka lambing unsure di tulis dngan hurup besar. Dan jika terdiri dari dua hurup ,maka hurup pertama di tulis dengan hurup besar dan hurup kedua dengan hurup kecil . Nama dan lambang beberapa unsur penting. Nama latin Nama Indonesia Oxigenium Oksigen Nitrogenium Nitrogen Nicculum Nikel Krypton Kripton Argentum Perak Ferrum Besi Cuprum Tembaga Aurum Emas Sulpur Belerang Stannium Timah Zinkum Seng Hidragirum Raksa Plumbum Timbal Hidrogenium Hidrogen Carbonium Carbon Cobaltum Cobal Iodoum Iodium Aluminium Aluminium Calcium Kalsium Kalium Kalium Lambang unsure O N Ni Kr Ag Fe Cu Au S Sn Zn Hg Pb H C Co I Al Ca K

Berdasarkan sifat atau daya hantarnya maka un sur – unsure dapat digolongkan menjadi : 1.1.unsur logam . Yaitu unsure yang berwujud padat(kecuali raksa),dapat di tempah,dan bersifat konduktor Contoh: Fe , Al ,Zn ,Na ,Cu dll. 1.2.Unsur non logam Yaitu unsure yang dapat berwujud padat,cair maupun gas, tidak dapat di tempah dan bersi fat isolator . Contoh: S , N, P , H, Cl, I ,dll 1.3 Metalloid(semi logam) Yaitu unsure yang berada pada peralihan antara logam dan non logam ,sehingga sifat yang

Reaksi kimia Dalam ilmu kimia.MENYETARAKAN PERSAMAAN REAKSI 3.maka tentukan nilai b. 1 atom belerang dan 4 atom Oksigen. Nilai yang didapat pada langkah no. Contoh: B.As .Tuliskan persamaan pada no 2 menjadi persamaan matematika dengan memisalkan A=1.b. Asam sulfat (H2SO4) tersusun dari 2 atom Hydrogen . b. Reaksi kimia di yatakan berlangsung jika zat yang direaksikan mengalami perubahan: suhu Warna atau wujud Dalam teori nya reaksi kimia dapat berlangsung jika ada zat yang direasikan (reaktan)dan ada hasil reaksi. Contoh: 1. c.yaitu :bilangan bulat yang di tulis di depan reaktan atau produk yang berfungsi untuk menyetarakan persamaan reaksi.3 tuliskan menjadi koefisien reaksi yaitu dengan menggan tikan a. maka rubah menjadi bilangan bulat dengan cara me . d. 3.liquid / cair (l) . 3. di depan semua zat yang ada dalam persamaan reaksi 2.c dan d 5.c.b.Misalnya rumus molekul air adalah H2O. dan c 4.peristiwa perubahan zat secara kimia di sebut dengan reaksi kimia.(produk) Persamaan reaksi dapat di tulis sbb: A + B (zat reaktan) C produk persamaan ini di baca:zat A direaksikan dengan zat B menghasilkan zat C Namun didalam penulisan dan penyetaraan persamaan reaksi kimia “jumlah masing -masing zat sebelum dan sesudah reaksi harus sama” sesuai dengan hukum kekekalan massa yang di kemu mukakan oleh Lavoiser. Bagaimana cara menyetarakannya? Cara nya adalah dengan menambahkan angka di depan ny Yang disebut dengan koefisien reaksi .Dimilikinya berada diantaranya.dan nyatakan jumlah atomnya serta tempat terdapat nya di a.1.gas (g) dan aqueous /terlarut dlm air (aq) Beberapa langkah –langkah menyetarakan persamaan reaksi : 1 berikan kode a. Si. Ba (s) + 2 H2O (l) Ba (OH) 2 (Aq) + H2 (g) Artinya: 1 mol Ba (s) direaksikan dengan 2 mol H2O (l) menghasilkan 1 mol Ba(OH) 2 (aq) dan 1 mol H2 (g) Catatan: solid/ padat (s) . c atau d.Tuliskan semua unsure yang ada dalam reaksi . Jika angka yang di dapat adalah pecahan .RUMUS KIMIA Yang dimaksud dengan rumus kimia adalah : rumus yang menyatakan perbandingan antara jumlah atom tiap unsure pembentuk senyawa atau molekul.artinya air tersusun dari 2 atom hydrogen dan 1 atom Oksigen. dll 2. C.

K .Tuliskan lambang unsure emas. C .2b = 2 x 4 + 1 x 5 . Na . yaitu dengan Mengalikan semua koefisien dengan 2. C = 4 . P . perak .Mg 3 ( PO4)2 + H2O 5. Ne . Zn 3.COOH b.nikel dan nitrogen berturut –turut dengan benar 2. 4 = c .10 x 1 = 2 d . H3PO4 d . Setarakanlah persamaan reaksi berikut! a. b = 6.a=1 4 a = 1 c ------.5 O2 (g) ------. 2 C4H10 (g) + 13 O2 (g) --------. Cu . Xe . . Al2(SO4) 3 h. Fe. H3PO4 + Mg (OH) 2 -----. Sn . c =4 10 a = 2 d -------. Ba 3 (PO4) 2 g. d = 5 2 b = 2 c + 1 d -------. CH3 .2b =13 . 2d = 10 . F . Na2 CO3 + HCl ---------.5 .8 H = 20 ----. As .20 O = 26 ----16 + 10 Latihan / tugas ! 1. D = 5 1 C4H10 (g) + 6. Cu O f. a C4H10 (g) + b O2 (g) 2.4x1 = 1 c . B = 6. 1. Dari soal no 4 diatas tentukanlah zat reaktan dan produk . A = 1 .5 4. Ge .K2SO4 + H 2 O d.Kelompokkanlah unsur berikut mana yang termasuk logam .FeCl 3 e. Si .5 ( pecahan ) maka dirubah menjadi bilangan bulat. Ex. 2 b = 2 c + 1 d ------------ 3. Koreksi jawaban anda dengan jalan menghitung semua jumlah atom yang dalam reaksi . non logam dan metalloid Hg . mis.Tentukan masing – masing jumlah atom penyusun senyawa berikut jika rumus kimia nya: a.Al . 4a = 1c H . H2SO4 + KOH --------.sebe lu m dan sesudah reaksi sama. raksa . Mg (OH) 2 c.C3H8 + O2 ------. K2 Cr O7 4.ngalikan semua koefisien dengan angka yang sama. Karena b = 6.CO2 + H2O b. 10 a = 2 d O.Na Cl + H2O c.Setarakanlah persamaan reaksi berikut! C4H10 (g) + O2 (g) -----------CO2 (l) + H2O (l) c CO2 (l) + d H2O (l) Jawab: Langkah 1.4 CO2 (l) + 5 H2O (l) 5.NaCl + H2O + CO2 e.Mg .8 CO2 (l) + 10 H2O (l) Jumlah C = 8 ----. S . 6.sehingga persamaan menjadi: 6. C . Cl . Na2 CO 3 i. Pb. HCl + NaOH ------.

3. 5. 9.LATIHAN Lengkapilah table berikut ini dengan bena N nama unsure lambang unsure 1. 7. 10. 4. 6. 8. Cobalt 2. Kalsium Klor Silikon Barium Nitrogen Timah Flor Mangan Plumbum .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful