P. 1
Soal Usaha, Gaya, Dan Energi

Soal Usaha, Gaya, Dan Energi

|Views: 291|Likes:
Published by Dicky Dectaviansyah

More info:

Published by: Dicky Dectaviansyah on Oct 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/10/2013

pdf

text

original

Soal-soal LCTIPA (Usaha, Gaya, dan Energi

)
1. Ani dan Tono mendorong lemari seberat 40 kg dengan gaya masig-masing sebesar 50 N dan 60 N. Tentukan percepatan yang dialami oleh lemari ! (koefisien gesekan antara lemari dengan lantai adalah 0,025 dan g = 10 m/s 2) 2. Sebuah lift berisi seseorang bermassa 60 kg yang membawa beban bermassa 10 kg bergerak ke atas dengan percepatan 2 m/s2. Tentukan berat orang tersebut saat naik bersama lift ! (g = 10 m/s2) 3. Suatu benda bermassa 50 kg di tarik dengan gaya sebesar 250 N membentuk sudut 30 . Hitunglah usaha total dari gambar disamping jika koefisien gesekan = 0,1 !

4. Ada seorang sniper menembakan pelurunya ke arah target yang berjarak 1500 m, peluru itu bergerak dengan kecepatan 300 m/s dan memiliki massa 100 gr. Dengan mengabaikan gaya gesek yang terjadi di udara, berapakah gaya yang diterima oleh target? (g = 10m/s 2) 5. Sebuah mobil memiliki massa 4 ton, dari keadaan diam mulai bergerak setelah 10 sekon kecepatan mobil mencapai 10 m/s. Hitunglah gaya yang bekerja pada mobil ! 6. Seekor cheetah bermassa 50 kg berlari sejauh 140 m dengan waktu 20 sekon dengan kecepatan tetap. Tentukan energy kinetiknya!

7. Tentukan energy potensial benda jika g = 9,8 m/s 2 !

8. Sebuah kelereng digulirkan dari titik A, kecepatan terbesar kelereng terjadi ketika berada di titik?

A

B

C

D

9. Sebuah benda bermassa 1 kg dilempar ke atas, pada saat mencapai tinggi maksimum mempunyai energy potensial 200 Joule. Setelah jatuh kembali pada saat menyentuh tanah kecepatannya adalah… (g = 10 m/s2) 10. Jika mobil menggunakan 1 liter bensin, kerja yang dilakukannya selalu lebih kecil dari energy kimia yang tersimpan dalam 1 liter bensin. Pernyataan berikut ini benar, kecuali… a. Tidak semua energi kimia dalam bensin diubah dan digunakan untuk melakukan kerja. b. Jumlah energi tetap. c. Energi dapat dimusnahkan. d. Sebagian energi dalam bensin diubah menjadi energi panas.

11. Anto mendorong balok yang bermassa 30 kg di atas sebuah bidang miring seperti gambar di samping. Berapakah usaha yang dilakukan tersenut ?

12. Ida membuat sebuah jungkat-jungkit dengan kayu sepanjang 3 m dengan titik tumpu berada 1,8 m dari ujung kayu tempat Ida akan menaikinya. Jika massa Ida 40 kg, tentukan massa teman Ida yang akan menaiki ujung jungkat-jungkit lainnya agar jungkat-jungkit menjadi seimbang ?

13. Berapa gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban seperti gambar di samping jika ukuran beban = 2 m x 1,5 m x 1 m ?

14. Dari gambar di samping berapakah gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat beban, jika berat jenis beban = 1200 N/m3 ?

15. Jika lengan beban memiliki panjang 0,5 m, lengan kuasa memiliki panjang 2 m, dan beban yang memiliki beban 500 N. Tentukan perbandingan antara beban dan kuasa (W:F) ?

16. Berapakah gaya yang diperlukan pada silinder kecil agar dapat mengangkat beban seperti gambar di samping ?

17. Sebuah pipa U mula-mula diisi raksa ( ρ = 13.600 kg/m3 ) kemudian diisi air. Jika air mengisi pipa kiri setinggi 20 cm, berapa selisih ketinggian permukaan zat cair dalam kedua pipa ?

18. Di puncak bukit Aryo menghitung tekanan udara menggunakan barometer, barometer menunjukan angka 56 cm Hg. Berapakah kira-kira ketinggian Aryo jika dihitung dari permukaan air laut ? 19. Seekor kura-kura berenang di sebuah akuarium setinggi 60 cm yang diisi air setinggi dari tinggi akuarium. Hitunglah tekanan yang di alami kurakura, jika kura-kura berada pada ketinggian dari ketinggian air ! 20. Dari gambar disamping, tentukan tekanan yang dialami oleh kura-kura jika air diisi setinggi dari

tinggi air dan kura-kura berada pada ketinggian dari tinggi air !

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->