TUGAS ILMU ALAMIAH DASAR

EL NINO AND LA NINA

OLEH

ASMAUL FAUZIAH
074274073

PEND. GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Tak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada nai Muhammad SAW. karena beliaulah kita dapat keluar dari kejahiliyaan ke jaman yang terang benderang. Kami menyadari. 11 Juni 2008 Penyusun . bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. sehingga mempermudah proses penyelesaian makalah ini. Surabaya. Juga tidak lupa atas dukungan teman-teman dalam bertanya. Terima kasih atas bimbingannya. Untuk itu saran serta kritik yang membangun sangat diperlukan demi kesempurnaan tugas di masa mendatang. kelompok kami dapat menyelesaikan makalah ini. atas limpahan rahmat serta hidayah dari Allah. Semoga makalah ini bermanfaat bagi semua.KATA PENGANTAR Syukur alhamdulilah. sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat waktu. Makalah ini merupakan tugas dari dosen mata kuliah SAINS DASAR.

DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan Manfaat BAB II PEMBAHASAN Pengertian El Nino dan La Nina Faktor Penyebab Proses Terjadinya Dampak & Pengaruh BAB III KESIMPULAN Daftar Pustaka .

Banyak sekali dampak dan pengaruh peristiwa El Nino dan La Nina di dalam aktivitas dan kehidupan manusia juga di alam. Salah satunya adalah terdapat anomali suhu yang mencolok. Rumusan Masalah Apa pengertian El Nino dan La Nina ? Apa faktor penyebabnya ? Bagaimana proses terjadinya ? Bagaimana pengaruh dan dampaknya bagi manusia dan alam ? C. Latar Belakang Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hal ini sangat berpengaruh pada alam dan aktivitas manusia. yang mengakibatkan banyak terjadinya fenomena alam seperti pemanasan global dan peristiwa El Nino dan La Nina. Untuk itu perlu sekali peristiwa El Nino dan La Nina untuk dikaji. proses terjadinya. B. D. Mengetahui apa itu El Nino dan La Nina. Agar mahasiswa dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan. Peristiwa El Nini dan La Nina merupakan gejala alam yang tak bisa dihilangkan tetapi hanya bisa dihindari. Tujuan Agar mahasiswa lebih perhatian terhadap fenomena alam yang terjadi di lingkungan manusia. Manfaat Mahasiswa mengerti fenomena yang terjadi di alam.BAB I PENDAHULUAN A. faktor penyebabnya. . telah terjadi perubahan iklim yang sangat terasa di bumi. dampaknya dan bagaimana pengaruhnya terhadap alam serta manusia.

120°BB dan pada lintang 5°LS . sehingga sering juga disebut sebagai fase dingin. Kedua fenomena di perairan pasifik ini memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia .5°LU.BAB II PEMBAHASAN A. Sebagai indikator untuk memantau kejadian El Nino. Pengertian El Nino dan La Nina adalah merupakan dinamika atmosfer dan laut yang mempengaruhi cuaca di sekitar laut Pasifik. dimana anomali positif mengindikasikan terjadinya El Nino.5°LU dimana anomali negatif. Dan fenomena La Nina ditandai dengan menurunnya suhu permukaan laut pada bujur 170°BB . El Nino merupakan salah satu bentuk penyimpangan iklim di Samudera Pasifik yang ditandai dengan kenaikan suhu permukaan laut di daerah katulistiwa bagian tengah dan timur. biasanya digunakan data pengukuran suhu permukaan laut pada bujur 170°BB .120°BB dan lintang 5°LS .

Melemahnya angin passat (trade winds) di selatan pasifik yang menyebabkan pergerakan angin jauh dari normal. Kenaikan daya tampung lapisan atmosfer yang disebabkan oleh pemanasan dari perairan panas dibawahnya.A. • Adanya perbedaan arus laut di perairan samudera pasifik. Faktor Penyebab • • • Anomali suhu yang mencolok di perairan samudera pasifik. Hal ini terjadi di perairan peru pada saat musim panas. B. Proses Terjadinya Keadaan Perairan Samudera Pasifik saat Normal Keadaan Perairan Samudera Pasifik saat terjadi El Nino .

Di Peru mengalami musim panas dan arus laut dingin Humboldt tergantikan oleh arus laut panas. terjadi saat permukaan laut di pasifik tengah dan timur suhunya lebih rendah dari biasanya pada waktu-waktu tertentu. angin passat dan angin lokal. yang menghambat terbentuknya awan. Sehingga tekanan udara di pasifik tengah dan timur rendah. yang kemudian yang diikuti awan-awan konvektif (awan yang terbentuk oleh penyinaran matahari yang kuat). Karena kuatnya penyinaran oleh sinar matahari perairan di pasifik tengah dan timur. Karena sifat dari udara yang bergerak dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah. Hal ini juga yang menyebabkan awan konvektif di atas Indonesia bergeser ke pasifik tengah dan timur. Keadaan Samudera Pasifik saat terjadi La Nina Sedangkan La Nina sebaliknya dari El Nino. Sehingga tekanan udara di pasifik tengah dan timur tinggi. Dan tekanan udara kawasan pasifik barat menurun yang memungkinkan terbentuknya awan. Menyebabkan udara dari pasifik barat bergerak ke pasifik tengah dan timur. posisi matahari berada di titik balik selatan bumi. sehingga daerang lintang selatan mengalami musim panas.Pada bulan desember. Akan tetapi pengaruh angin munsoon yang lebih kuat dari daratan Asia). menyebabakan meningkatnya suhu dan kelembapan udara pada atmosfer. awan ini . Sedangkan di bagian pasifik barat tekanan udaranya rendah yaitu di Indonesia yang memudahkan terbentuknya awan cumulus nimbus. Sedangkan di bagian pasifik barat tekanan udaranya tinggi yaitu di Indonesia (yang pada dasarnya dipengaruhi oleh angin musoon. menyebabkan sulit terbentuknya awan.

sehingga mengalami kekeringan. Karena sifat dari udara yang bergerak dari tekanan udara tinggi ke tekanan udara rendah. Hal ini juga yang menyebabkan awan konvektif di atas pasifik ttengah dan timur bergeser ke pasifik barat. Pada Alam • Naiknya tekanan udara di pasifik tengah dan timur saat El Nino. . Pada Manusia • Meningkatnya suhu permukaan laut yang biasanya dingin di perairan . Menyebabkan udara dari pasifik tengah dan timur bergerak ke pasifik barat. • Turunnya tekanan udara di pasifik tengah dan timur saat La Nina.menimbulkan turun hujan lebat yang juga disertai petir. C. Sedangkan sebaliknya. Sedangkan sebaliknya. Hal ini yang menjadikan curah hujan yang tinggi di kawasan pasifik tengah dan timur. Dampak dan Pengaruh D. menjadi hambatan terbentuknya awan di daerah ini. di daerah pasifik barat terjadi kekeringan yang jauh dari normal. di daerah pasifik barat curah hujan sangat tinggi. mengakibatkan perairan yang tadinya subur akan ikan menjadi sebaliknya. Hal ini menyebabkan nelayan kesulitan mendapatkan ikan di perairan. Hal ini menimbulkan banjir yang parah di Indonesia. menyebabkan pembentukan awan yang intensif.

Yang menakutkan peristiwa El Nino dan La Nina tidak dapat dihindari akan tetapi dapat terdeteksi. Yang kedua-duanya menyebabkan bencana pada daerah di sekitar perairan samudera pasifik. sehingga negaranegara yang berada di sekitar samudera pasifik sebaiknya melakukan persiapan untuk mitigasi bencana. . sedangkan daerah satunya mengalami kekeringan yang luar biasa.BAB III KESIMPULAN Peristiwa El Nino dan La Nina merupakan fenomena alam yang terjadi di peairan samudera pasifik. Daerah satu mengalami curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir.

com Tjasyono bagong. ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia Copyright © 2005 beritaiptek.oseanografi. KLIMATOLOGI.id Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat www. Penerbit ITB. Bandung . Institut Teknologi Bandung www.com Dari Wikipedia Indonesia.or.blogspot.undp.DAFTAR PUSTAKA Departemen Teknik Geodesi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful