Pendahuluan Islam merupakan agama yang rahmatan lil alamin.

sehingga tak heran bahwa dakwah dalam Islam menjadi salah satu dari unsur yang terpenting. Karena tidak mungkin sesuatu yang manjadi rahmat bagi seluruh alam akan dapat tersebar keseluruh penjuru dunia tanpa disampaikan kepada orang lain di belahan dunia lain. Akan tetapi penyampaian rahmat (pesan agama) tersebut tidak akan berjalan dengan mulus. Hal ini disebabkan adanya kendala-kendala dalam penyampaiannya. Sehingga di perlukan strategi, metode dan teknik untuk menyampaikanya agar dapat tersampaikan dengan tepat dan benar. Ada dua unsur dakwah yang begitu erat dalam keterkaitan, yaitu isi dan cara penyampaiannya. Isi atau materi-materi dakwah akan sampai dengan tepat ke sasaran sangat tergantung pada cara penyampaiannya atau metodenya. Begitu juga metode, biasanya mengacu pada materinya. Dr. Quraisy Shihab berpendapat bahwa ketidaktepatan dari keduanya sering menimbulkan persepsi yang keliru. Dalam makalah ini akan dibahas tentang metodologi dakwah dalam beberapa sub judul yaitu Definisi Metodologi Dakwah, Urgensi mempelajari metodologi dakwah dan Macam-macam metode dakwah. Semoga dengan adanya makalah ini dapat memenuhi dan menambah pengetahuan tentang unsur-unsur yang berkaitan dengan berdakwah secara tepat dan benar sehingga Islam menjadi rahmat bagi seluruh alam.

1

. Sehingga metodologi dakwah merupakan ilmu tentang tata cara (yang bersifat sistematis dan teratur) dalam berdakwah. Ed. 6. Albayanuni mengemukakan bahwasanya metode dakwah (asalib al-da¶wah) merupakan cara-cara yang ditempuh oleh pendakwah dalam berdakwah atau cara menerapkan strategi dakwah. 1991. metode dakwah.A. Cet. Sumberlain menyebutkan bahwa metode berasal dari bahasa Jerman methodica. 2009. 3. µAbd al-Karim Zaidan berpendapat bahwa metode dakwah adalah ilmu yang terkait dengan cara melangsungkan penyampaian pesan dakwah dan mengatasi kendala-kendalanya. Arifin. Definisi Metodologi Dakwah Sebelum memahami tentang definisi metodologi dakwah. Rev. cara)1. yang artinya ajaran metode. 2. Jakarta: Bumi Aksara. Yang mengandung arti tata cara3. I. 2 2 . Di dalam bahas arab kata metode disebut thariqat dan manhaj. Dari segi bahasa metode berasal dari dua akar kata yaitu ³meta´ (melalui) dan ³Hodos´ (jalan. Hampir sama dengan definisi sebelumnya. 3. hendaknya dipahami tentang perbedaan metode dan teknik. Urgensi mempelajari metodologi dakwah 1 M. x. h. Sedangkan dalam Kamus Ilmiah Populer metode adalah cara yang sistematis dan teratur untuk melaksanakan sesuatu atau cara kerja. M. Munir.Jakarta: Kencana. h. Dalam bahasa Yunani metode berasal dari kata methodos yang berarti jalan2. Ilmu Pendidikan Islam. Metode merupakan cara yang lebih bersifat konseptual sedangkan teknik adalah cara lebih bersifat praktik (implementasi) terhadap suatu metode. 61. B. 3 Ibid. Cet. Said bin Ali al-Qathani memiliki definisi lain yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara berkomunikasi secara langsung dan mengatasi kendalakendalanya. h. Selain definisi tersebut terdapat definisi lain dalam metode dakwah yaitu: 1.

lengkapnya bahan dan aktualnya isu-isu yang disajikan.M Menurut Yunan Yusuf Ungkapan ini sangat relevan dengan kegiatan dakwah. pekerja kantor dan masih banyak ragamnya lagi dan karena perkembangan teknologi dan ilmu penetahuan yang membawa pengaruh besar terhadap cara berpikir dan bertindak seseorang. juga menuntut variasi cara dan metode yang efektif dan efisien 6 untuk tercapainya tujuan dakwah. tidak sistematis dan serampangan. miskin. Akibat pengaruh tersebut manusia sekarang lebih rasional pemikirannya daripada manusia dahulu. http://koran.Seperti halnya dalam berdagang memerlukan cara dan teknik dalam mempromosikan barang agar laku dan banyak diminati orang. yang dalam bahasa arab dikenal dengan Al-thariqah ahammu min al-Maddah.5 Sehingga tentunya keanekaragaman ini dan tuntutn zaman menjadi faktor rintangan yang harus dihadapi para da¶i ketika berdakwah sehingga diperlukan keahlian serta ketepatan metode dalam menyebarkan pesan agama. namun disajikan dengan cara yang menarik dan menggugah. tetapi disajikan dengan cara yang semberono. bahan sederhana dan isu-isu yang disampaikan kurang aktual. kaya.id/koran/153/116852/Dr_KH_Zakky_Mubarak_MA_Berdakwah_Dengan_C ara_Santun 3 .co. berpendidikan rendah. walaupun materi kurang sempurna. petani. maka akan menimbulkan kesan yangg menggembirakan.. h. 4 Selain itu objek dakwah sangatlah beragam dan berbeda karakter. Terdapat suatu kaidah yang menyatakan bahwa tata cara atau metode lebih penting dari materi. H. intelektual. Tetapi sebaliknya. maka dalam berdakwah diperlukan metode dalam menyampaikan pesan agama agar mudah diterima oleh masyarakat dan tidak kaku tentunya ditunjang dengan teknik yang benar. vii. Prof. Dengan kata lain Oleh karena itu pengetahuan akan metode dalam berdakwah sangat 4 5 6 Ibid. Dr.republika. akan menimbulkan kesan yang tidak menggembirakan. Betapa pun sempurnanya materi.

4 . dan mujadalah. Kedua. al-hikmah dalam arti ³penelitian terhadap segala sesuatu secara cermat dan mendalam dengan menggunakan akal dan penalaran´. Secara etimologis. pepatah dan juga berarti al-Qur¶an al-Karim. filsafat.di perlukan terutama pada zaman yang modern seperti sekarang ini yang telah banyak dihiasi oleh teknologi. seperti dalam kalimat hikmah al-tasyri¶ atau ma hikmah zalika dan diartikan juga al-kalam atau ungkapan singkat yang padat isinya. Metode Al Hikmah Kata al-hikmah terulang sebanyak 210 kali dalam al-Qur¶an. mengandung tiga pengertian. pengetahuan. Hikmah juga diartikan al-Ilah. ilmu. al-hikmah yang berarti ³kenabian atau nubuwwah´. mau¶izhatil hasanah. Pertama. Seperti yang telah dijelaskan di dalam kitab suci alquran surah anNahl ayat 125 yaitu hikmah. 1. kenabian. Akan tetapi dari sekian banyak metode tersebut terdapat tiga prinsip umum dalam berdakwah. secara ringkas. apalagi semakin beragamnya media dakwah pada zaman modern ini sehingga metode dakwah pun akan terus berkembang (bertambah ragamnya) seiring dengan perkembangan zaman. bagusnya pendapat atau pikiran. Ibid.wordpress.8 7 8 http://abdain.7 Makna al-hikmah yang tersebar dalam al-Qur¶an di 20 tempat tersebut. Ketiga. Macam-macam Metode Dakwah Pembagian metode dakwah sangatlah banyak dan beragam. keadilan. kata ini berarti kebijaksanaan. C. al-hikmah yang bermakna ³memahami rahasia-rahasia hukum dan maksud-maksudnya´.com/2010/05/05/metode-dakwah-dalam-al-qur¶an.

Sering dalam keseharian kita mendengar ungkapan ambil hikmahnya yang mungkin maksudnya adalah cermati persoalan yang ada untuk mengetahui apa sesungguhnya yang sedang terjadi. yaitu dalil yang menjelaskan kebenaran dan menghilangkan keraguan.youneed. dengan upaya yang cermat untuk memahami persoalan yang ada akan terbaca rahasia dan faedah dalam tiap-tiap peristiwa atau hal. bukan hanya pada permukaannya tapi sampai ke jantung masalah. apakah harus bicara atau diam. 9 http://alumnifiad. Demikian menurut Imam Abdullah bin Ahmad Mahmud An Nasafi.htm 5 . seorang pendakwah harus sungguh-sungguh dalam memanfaatkan potensi yang ada pada dirinya untuk memahami kenyataan yang melingkupinya. Dakwah bil hikmah adalah dakwah dengan menggunakan perkataan yang pasti dan benar. Karena ketepatannya menentukan keberhasilan dakwah dan ketidaktepatannya mengaburkan bahkan menimbulkan persepsi yang keliru atas pesan dakwah bahkan agama itu sendiri. Seorang da¶i harus memahami persoalan yang sedang dihadapinya. Al hikmah juga diartikan kebijaksanaan. Maka hikmah pula yang pada akhirnya menentukan sikap da¶i. Pada tahap ini kebijaksanaan akan berpengaruh pada ketepatan dalam mengolah materi dakwah.us/dakwah-kultural-f14/metodologi-dakwah-t42.Muhammad Abduh berpendapat bahwa. Disamping mampu menjelaskan kebenaran dan menghilangkan keraguan atau kesamaran pengetahuan yang mendalam juga akan menghasilkan kebijaksanaan. al Hikmah adalah mengetahui rahasia dan faedah di dalam tiap-tiap hal. Yang akhirnya seperti pendapat Muhammad Abduh diatas. 9 Sebagai metode dakwah akhirnya terkesan disini bahwa dalam penyampaian pesan. akal budi yang mulya dan menarik perhatian orang kepada agama atau Tuhan.

Kata al-hasanah lawan dari sayyi¶ah. Mau¶idzatul hasanah merupakan salah satu manhaj (metode) dalam dakwah untuk mengajak ke jalan Allah dengan memberikan nasihat atau bimbingan dengan lemah lembut agar mereka mau berbuat baik. Maw¶izat dari kata yang berarti nasehat. Metode Al Mujadalah Bi-al-Lati Hiya Ahsan 10 http://abdain. bahwa engkau memberi nasihat dan menghendaki manfaat kepada mereka atau dengan Alquran. memberi nasihat di depan umat dalam berbagai acara dan dalam banyak kesempatan.com/2010/05/05/metode-dakwah-dalam-al-qur¶an. bimbingan-bimbingan guru di sekolah. Cara dakwah semacam ini dengan memberi nasihat lazim ditemui dalam masyarakat kita. karena mengandung al-haq (kebenaran). Kata ini berarti nasehat yang memiliki ciri khusus. 6 . dimana para da¶i berceramah di mimbar-mimbar. Begitu menurut Abdul Hamid al Bilali dalam Fiqh al Dakwah fiingkar al Mungkar 3. prilaku-prilaku yang baik pun termasuk metode ini. Metode Al Mau¶idzah al Hasanah Metode dakwah kedua yang terkandung dalam QS.wordpress. Juga berarti menasehati dan mengingatkan akibat suatu perbuatan. Kisah-kisah yang baik yang diceritakan oleh orang tua kepada anaknya. maka dapat dipahami bahwa maw¶izah dapat berupa kebaikan dan dapat juga berupa keburukan. menyuruh untuk mentaati dan memberi wasiat agar taat.10 Pengertiannya secara istilah menurut Imam Abdullah bin Ahmad an Nasafi adalah: Al Mau¶idzatul hasanah adalah perkataan yang tidak tersembunyi bagi mereka. Kata maw¶izat disebut dalam al-Qur¶an sebanyak 9 kali. dan keterpaduan antara akidah dan akhlaq serta mengandung nilai-nilai keuniversalan.2. Al-Nahl (16) ayat 125 adalah metode al-maw¶izat al-hasanah.

metode ini dilakukan dengan tukar pendapat yang dilakukan oleh dua pihak secara sinergis. Moh. Sebab. . Jidal disampaikan dengan ahsan (yang terbaik) menandakan jidal mempunyai tiga macam bentuk. yang tidak melahirkan permusuhan dengan tujuan agar lawan menerima pendapat yang diajukan dengan memberikan argumentasi dan bukti yang kuat. al-Qur¶an menyuruh manusia dengan istilah ahsan (dengan cara yang terbaik). yang terbaik dan yang buruk. akan dititikberatkan pada obyek yang mempunyai ilmu. menurut beliau Pada garis besarnya. Selain pembagian seperti diatas. Antara satu dengan lainnya saling menghargai dan menghormati pendapat keduanya berpegang kepada kebenaran. Berdiskusi dengan obyek semacam ini membutuhkan pemikiran yang tinggi dan wawasan keilmuan yang cukup.Al-Mujàdalah terambil dari kata tempat dalam al-Qur¶an. mengakui kebenaran pihak lain dan ikhlas menerima hukuman kebenaran tersebut. (3) kepentingan pribadi di dunia. M. ada yang baik. terdapat pembagian lain seperti yang dikemukakan oleh Dr. Quraisy Shihab bermakna menarik tali dan mengikatnya guna menguatkan sesuatu . bentuk dakwah ada tiga. yang bermakna diskusi atau perdebatan. dakwah dengan tulisan (da¶wah bi al-qalam). Kata jadal (diskusi) terulang sebanyak 29 kali dengan berbagai bentuknya di beberapa Dari kata-kata itu. yaitu: dakwah lisan (da¶wah bi al-lisan). Menurut Dr. dan dakwah dengan tindakan (da¶wah bi al-hal). (2) mempunyai ilmu atau ahli kitab. yang menunjuk kepada arti diskusi mempunyai tiga obyek. 7 . maka perdebatan ibarat menarik dengan ucapan untuk meyakinkan lawannya dengan menguatkan pendapatnya melalui argumentasi yang disampaikan. Ali Azizi. Dari berbagai macam obyek dakwah dalam berdiskusi tersebut. yaitu: membantah karena: (1) menyembunyikan kebenaran.Ag.

demokrasi. lebih dari seorang. Metode Konseling 4. Metode Ceramah maka metode dakwah dapat Metode ceramah atau muhadlarah atau pidato merupakan cara yang telah dipakai oleh semua Rasul Allah dalam menyampaikan ajaran-Nya.k bukan sanggahan.Berdasarkan ketiga bentuk dakwah tersebut diklasifikasikan sebagai berikut: 1. Sampai sekarangpun metode ini paling sering digunakan oleh pendakwah sekalipun alat komunikasi modern telah tersedia. Metode Karya Tulis 8 . Pesan-pesan dakwah yang disampaikan dengan ceramah bersifat ringan. ceramah diarahkan kepada sebuah publik n(public speaking). Umumnya. dan tidak mengundang perdebatan. metode diskusi memiliki kaelebihankelebihan antara lain: a. Sifat komunikasinya lebih banyak searah (monolog) dari pendakwah kepada audiensi. berpikir sistematis dan logis. Materi akan dipahami secara mendalam 3. informatif. Dialog yang dilakukan juga terbatas pada pertanyaan. 2. Metode Diskusi Ini dimaksudkan untuk bertukar pikiran tentang suatu keagamaan sebagai pesan dakwah antar beberapa orang dalam tempat tertentu. c. Dibandingkan dengan metode lainnya. b. Dapat menhilangkan sifat-sifat individualistis ndan diharapkan akan menimbulkan sifat-sifat byang positif pada mitra dakwah seperti toleransi. Suasana dakwah akan tampak hidup. sebab semua peserta ikut mencurahkan perhatiannya kepada masalah yang sedang didiskusikan.

Hal ini disebabkan keanekaragaman objek dakwah yang menuntut variasi cara dan metode yang efektif dan efisien. metode Pemberdayaan Masyarakat 6.5. Metode Kelembagaan Penutup Metodologi dakwah merupakan salah satu unsur yang perlu di pelajari seorang da¶i dalam berdakwah agar menjadi lebih tepat dan efisen dalam mencapai tujuan dakwah. 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful