P. 1
Laporan Hasil Pengamatan

Laporan Hasil Pengamatan

|Views: 601|Likes:
Published by rafkiikfar

More info:

Published by: rafkiikfar on Oct 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2012

pdf

text

original

Laporan Hasil Pengamatan | 1

MIKROMETER SEKRUP
Mikrometer sekrup memiliki ketelitian sepuluh kali lebih teliti daripada jangka sorong. Ketelitiannya sampai 0,01mm. Mikrometer terdiri dari: - Poros tetap - Poros geser / putar - Skala utama - Skala nonius - Pemutar - Pengunci Mikrometer sekrup biasa digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Misalnya tebal kertas. Selain mengukur ketebalan kertas, micrometer sekrup digunakan untuk mengukur diameter kawat yang kecil. Saat saya di laboratorium Madrasah pembangunan, saya mengukur ketebalan pensil kayu memakai micrometer sekrup dan hasilnya : 6,5 + 0,12 = 6,62

JANGKA SORONG

saya mengukur dengan jangka sorong dan berikut ini hasil pengukuran saya : - DIAMETER LUAR GELAS UKUR Skala ukur Skala nonius = 5. maupun kedalaman sebuah tabung .Laporan Hasil Pengamatan | 2 Jangka sorong adalah suatu alat ukur panjang yang dapat dipergunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian hingga 0.1 cm = 51 mm = 10 x 0.01 cm.1 mm. Sehingga skala terkecil dari jangka sorong adalah 0.09 cm.1= 1 mm Skala jangka sorong = 51 + 1 = 52 mm - KEDALAMAN GELAS UKUR .1 mm atau 0.01 cm atau 0. diameter dalam sebuah tabung atau cincin.1 mm. Jangka sorong juga terdiri atas 2 bagian yaitu skala utama yang terdapat pada rahang tetap dan skala nonius yang terdapat pada Sepuluh skala utama memiliki panjang 1 cm. dengan kata lain jarak 2 skala utama yang saling berdekatan adalah 0. Jadi beda 1 skala utama dengan 1 skala noniusa dalah 0.jangka sorong terdiri atas 2 bagian yaitu rahang tetap dan rahang geser. keuntungan penggunaan jangka sorong adalah dapatdi pergunakan untuk mengukur diameter sebuah kelereng. Saat saya di laboratorium Madrasah pembangunan. Sedangkan skala nonius memiliki panjang 0.1 cm. dengan kata lain jarak 2 skala nonius yang saling berdekatan adalah 0.9 cm.

1 gram.01 gram.1 = 0. Setiap lengan pada neraca memiliki skala dengan beban geser sebagai kilogram standar. Benda yang akan diukur diletakkan di sebelahkiri. Lengan pertama menunjukkan skala puluhan (0 – 500 gram).1 mm Skala jangka sorong = 0. kita dapat mengetahui massa benda tersebut.Laporan Hasil Pengamatan | 3 Skala ukur Skala nonius = 4. lengan keduam enunjukkan satuan (0 – 100 gram).1 + 47 = 47.7 cm = 47 mm = 1 x 0. anak timbangan digeser ke kanan dengan cara berurutan dari yang terbesar ke yang terkecil sampai terjadi keseimbangan. O W RK . dan lengan ketiga menunjukkan desimal (0 – 10 gram) dengan skala terkecil 0. Beban yang akan ditimbang diletakkan di baki timbangan. Neraca 3 lengan umumnya memiliki kapasitas 610 gram dengan ketelitian 0. Skala terkecil pada lengannya yang ke-4 adalah 0. ketelitian alat ukur ini lebih baik. Penggunaan neraca 4 lengan hampir sama dengan neraca 3 lengan.1mm O H E M NERACA O’HAOUS Neraca o’haous memiliki 3 lengan dan ada juga yang mempunyai 4 lengan. Selanjutnya. Dengan cara menggeser ketiga anak timbangan kesebelah kanan sampai dicapai keseimbangan. Namun.1 gram.

Membuat neraca o’haous menunjukan ke angka 0 tidak mudah. saya mengukur dengan neraca ohaus yang mempunyai 3 lengan.Laporan Hasil Pengamatan | 4 Saat saya di laboratorium Madrasah pembangunan. Saya membutuhkan waktu sekitar 10 menit lalu Saya mengukur anak timbangan dan hasilnya ada yang 1 kilogram. 2.5 kilogram dan 5 kilogram .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->