Bussiness Plan

“NIMAS PAMELO”
(Nikmatnya Manisan Kulit Jeruk Pamelo)

Oleh :
Eko Prasetyo Deni Dwi K. Prasetya Yudha Hendra Wijayanto ( 0710320136 ) ( 0710320138 ) ( 0710323094 ) ( 0710323103 )

tetapi kulit buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan alternatif yang belum pernah ada. perkebuan kopi. . Salah satunya adalah jeruk bali (pamelo). Kandungan sukrosa dan pectin dalam kulit jeruk memiliki fungsi sebagai pengikis timbunan kolesterol dan dapat menghindarkan serangan stroke serta menghilangkan serik di tenggorokan. sayur-mayur dan buah-buahan. perkebuan karet. Karena wilayahnya yang luas. jagung. Berbicara tentang hasil perkebunan. Tidak hanya daging buahnya yang dapat dimakan. yaitu jeruk berukuran besar dan berkulit tebal yang sangat enak. Berbagai macam hasil pertanian dan perkebunan dengan kualitas unggul bisa dijumpai di wilayah pertanian dan perkebunan Indonesia. Indonesia memiliki beraneka macam perkebunan seperti perkebuanan buah-buahan.“NIMAS PAMELO” (Nikmatnya Manisan Kulit Jeruk Pamelo) I. rempah-rempah. Karena kesuburan tanahnya itu. tim penulis berusaha untuk menyusun program usaha yang bergerak dalam aspek perdagangan “Manisan Kulit Jeruk Pamelo”. sebagian besar penduduknya bermatapencaharian di sektor pertanian dan perkebunan sehingga Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Nama yang pertama. PENDAHULUAN A. perkebunan teh. Jeruk jenis ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia karena daging buahnya yang besar memiliki rasa yang manis bercampur sedikit asam. Indonesia memiliki kekayaan darat. dan masih banyak lagi. Selain sumber daya alamnya yang melimpah. merupakan penghasil buah-buahan yang bermutu dan berkualitas ekspor. Banyak orang yang belum tahu tentang khasiat yang terkandung dalam jeruk pamelo. laut dan udara yang melimpah. palawija. Berdasarkan uraian diatas. yang terdiri dari kekayaan alam hayati dan non hayati. yaitu perkebunan buah-buahan. Misalnya padi. Indonesia juga memiliki tanah yang sangat subur. Kulit jeruk pamelo mengandung Vitamin C. Latar Belakang Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM).

Soekarno Hatta dan Jl. alami. Sedangkan untuk lokasi pemasaran akan dilakukan diseputaran kampus Universitas Brawijaya. MT. Veteran karena merupakan jalur keramaian yang sangat strategis. baik lokasi produksi maupun lokasi pemasarannya. C. STRUKRUR ORGANISASI . Jl. Jl. Kota Malang.B. VISI DAN MISI USAHA Visi dari program ini adalah : • Mengangkat Manisan Kulit Jeruk Pamelo sebagai produk atau makanan khas daerah. D. dan ekonomis. LOKASI USAHA Sebelum suatu usaha memulai operasinya maka terlebih dahulu perlu ditentukan lokasinya. Misi dari prigram ini adalah: • Menciptakan menu baru dalam produk manisan yang higienis. Lokasi produksi NIMAS PAMELO (Nikmatnya Manisan Kulit Jeruk Pamelo) dilakukan di rumah milik salah satu angota kelompok yang berada di Jl. Kerto Raharjo No. Haryono.8. Lokasi (place) merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan usaha.

2. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN Seiring dengan berubahnya peradaban manusia. yaitu menjual apa yang bisa mereka buat. Kreativitas dan inovasi pun senantiasa harus terjaga. mereka hanya menjual produk dan atau jasa yang dapat mereka buat saja. 3. Artinya. CEO (Chief Executive Officer) Bertanggung jawab penuh atas jalannya usaha Marketing Manager Bertanggung jawab dalam aktivitas promosi dan pemasaran Financial Manager Bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan organisasi Operating Manager Bertanggung jawab dalam pengolahan dan penciptaan produk II. b. tetapi harus membuat apa yang bisa mereka jual. Universitas Malang. Market potential: Masyarakat malang baik di kota maupun Market share: Mahasiswa Universitas Brawijaya. Konsep tersebut dikenal dengan sebutan Integrated Marketing Concept. 4. Namun. Dengan persaingan bisnis yang luar biasa. memasuki dekade 1990an sampai dengan sekarang. Pada dekade 1980an. Aspek pasar tersebut meliputi: a. Salah satunya adalah dalam hal berbisnis. Artinya. para wirausaha tidak lagi hanya menjual apa yang bisa mereka buat. para wirausaha menganut sebuah konsep bisnis yang dikenal dengan sebutan Selling Concept. para wirausaha berusaha untuk memenuhi kebutuhan seluruh konsumennya. budaya manusia pun juga mengalami perubahan. konsep tersebut sudah mulai ditinngalkan para penganutnya. Politeknik Negeri Malang dan Institut Teknologi Nasional Malang serta masyarakat di sekitar kampus c.Job Description 1. Strategi pasar yang digunakan adalah: kabupaten Negeri .

000. untuk memasuki pasar tersebut. Mengatur usaha pemasaran Manisan. pengembangan awal difokuskan di lingkungan Universitas Brawijaya. memiliki peluang yang besar untuk menembus pasar di kalangan masyarakat. Tentunya. per bungkus. Namun. yaitu suatu proses yang meliputi: 1. yang meliputi 4 P (product. Menganalisis peluang pemasaran 2. tentunya dibutuhkan suatu ketepatan dan kejelian dalam menempatkan posisi (positioning) di dalam pasar. Berbekal keunggulan khas dari produk ini dibandingkan dengan produk pesaing yang berupa manisan daging buah. Hal ini dimaksudkan agar produk ini mendapatkan tempat yang istimewa dihati konsumen. Produsen memasuki pasar dengan cara differensiasi produk. Pada . Harga yang ditawarkan berdasarkan harga pasaran. Selain pengolahannya yang alami dan higienis. diperlukan suatu alat pemasaran taktis untuk menghasilkan respon positif dari konsumen. “NIMAS PAMELO” disajikan berupa manisan kering (Less Water). diperlukan suatu proses pemasaran yang tepat. Dari sisi price (harga). Sebuah manisan dengan inovasi berupa penggunaan kulit jeruk Pamelo sebagai bahan utamanya. sebagai salah satu makanan yang sangat diminati oleh hampir seluruh masyarakat. Dengan inovasi ini. price. konsumen diharapkan akan semakin tertarik dan tergugah seleranya untuk mencoba produk ini. yaitu sebesar Rp 2. harga Manisan Kulit Jeruk Pamelo sangat kompetitif. place. Megembangkan bauran pemasaran. Hal ini berarti bahwa harga produk ini sangat kompetitif dan siap bersaing dengan produk manisan yang sebelumnya telah ada di pasaran. Menyeleksi pasar sasaran 3. sangat tepat apabila “NIMAS PAMELO” memasuki pasar sebagi market challenger (penantang pasar) di pasar regional Malang. Produsen berusaha menyajikan sesuatu yang bener-benar berbeda dari produk sejenis yang telah ada di pasaran. and promotion). dan 4. Namun.Untuk memperkenalkan produk “NIMAS PAMELO” kepada market potential. Manisan disajikan tidak seperti manisan pada umumnya. Untuk memaksimalkan peluang yang besar tersebut. product ini juga memiliki keunggulan dalam hal penyajiannya.

Penginformasian dilakukan melalui media publikasi leaflet. pasar Manisan Kulit Jeruk Pamelo akan dengan mudah berkembang karena pada umumnya respon ibu-ibu terhadap inovasi produk makanan sangat baik. Beberapa strategi sederhana tersebut yang akan dijadikan senjata pemasaran untuk mempopulerkan produk. Melalui ibu-ibu. Agar lebih menarik minat konsumen. dan spanduk.prinsipnya. Promosi berupa presentasi yang akan dilakukan ketika kegiatan PKK atau Dharmawanita berlangsung. Ketika ibuibu suka terhadap produk Manisan Kulit Jeruk Pamelo. 8 Malang dan juga di depan Gedung Sekretariat Bersama Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Dari sisi promotion. . produk ini diharapkan akan cepat populer. selama masa promosi produsen akan mengadakan undian kupon Door Prize. untuk pengembangan awal. Kerto Raharjo No. dengan cepat mereka akan menceritakannya kepada orang lain. Pemasaran di masyarakat sekitar kampus dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan Ibu-ibu PKK dan Dharmawanita. Pengelola akan menjelaskan secara detail kepada mita usaha tersebut dan promosi akan dilakukan oleh ibu-ibu tersebut. produsen akan membuka outlet pemasaran sendiri yang berada di Jl. yang bertempat di Koperasi Mahasiswa Universitas Brawijaya. Melalui jalur ini. produsen juga akan bekerjasama dengan koperasi mahasiswa yang ada di setiap perguruan tinggi market share dan kantin-kantin mahasiswa di setiap fakultas yang ada di seluruh perguruan tinggi market share. Hal ini dimaksudkan untuk senantiasa menjaga kedekatan hubungan antara produsen dan konsumen. Selain itu. promosi dan pemasaran produk lebih difokuskan di lingkungan Universitas Brawijaya. Presentasi dapat dilakukan secara langsung atau tak langsung. pamflet. Selain itu. semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang sesuai. semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa. Namun. konsumen akan mendapatkan potongan harga sebesar 10 %. yaitu melalui kerjasama dengan Koperasi Mahasiswa Universitas Brawijaya dan kantin-kantin fakultas. Selanjutnya untuk sisi pendistribusian (place). Presentasi tak langsung dilakukan oleh anggota dari kegiatan PKK atau Dharmawanita yang menjadi mitra usaha. untuk pembelian Manisan Colek Kulit Jeruk Pamelo diatas 10 bungkus dengan datang langsung ke outlet pemasaran produsen. promosi pertama akan dilakukan dengan cara pembagian sampel produk secara gratis pada acara Launching.

ASPEK PRODUKSI A. a b c d e f g h i 2. 2.Kerjasama tersebut dalam bentuk mitra usaha promosi dan pemasaran. III. Dihilangkan warna hijaunya. Teknis produksi atau cara pembuatan Manisan Colek Kulit Jeruk Pamelo adalah sebagai berikut. Kompor Panci Pisau Saringan Sendok Baskom Alat Pengukur Kadar Gula Pengering (Vacum Frying) Plastik kemasan Bahan yang digunakan dalam proses produksi adalah sebagai berikut. Alat yang digunakan dalam proses produksi adalah sebagai berikut. 1. a b c Kulit buah jeruk Pamelo Asam sirat Gula pasir B. Dipotong potong kecil dengan ukuran dan bentuk sesuai dengan keinginan. Kulit buah jeruk dipisahkan dari daging buahnya dan dikupas. . Alat dan Bahan 1. promosi dan pemasaran produk Manisan Kulit Jeruk Pamelo ditempuh melalui kerjasama dengan Ibu-ibu PKK dan Dharmawanita. Sedangkan untuk market share di sekitar lingkungan perguruan tinggi.

Peredaman dalam larutan gula dilakukan secara bertahap yaitu : • • • • • 800 C 8. 2 buah a. Pengeringan dilakukan dengan menggunakan vacum frying dengan suhu a. c. Saring Rendam dalam larutan gula 45% 12-24 jam. 3 buah c.000. Untuk mengurangi rasa pahit. @ Rp 40.- a.000. b.000. tambahkan 350 gram gula pasir kedalam 1 liter air. 2 rim b.- . Saring dan tiriskan. panaskan dan aduk sampai larut. Rendam dalam larutan gula 40% 12-24 jam. Daging jeruk Pamelo yang tidak terpakai akan digunakan untuk usaha sampingan. Penyiapan larutan gula : untuk membuat larutan gula 35%. Lalu disaring dan dibilas dengan air bersih. Usaha sampingan tersebut adalah menggunakan daging jeruk Pamelo untuk juice jeruk Pamelo sehingga ada pendapatan lain yang menambah keuntungan selain dari usaha NIMAS PAMELO (Nikmatnya Manisan Kulit Jeruk Pamelo) itu sendiri. Saring.000.c. Rancangan Biaya No Jenis Kegiatan dan Barang 1 Komponen habis pakai : a.500. Kemas dalam plastik dan tutup rapat. @ Rp 30. 7. 4. Rp b. 5. C.500. Direbus kurang lebih 30 menit kemudian disaring. kulit buah yang telah dipotong direndam dalam air garam 10% selama 12 jam. 6.7. Saring Rendam dalam larutan gula 55% 12-24 jam.3.b. Rp c. Saring Rendam dalam larutan gula 50% 12-24 jam. @ Rp 2. Tambahkan asam sitrat 3-4 gram per liter air.80. Rp 60. Kertas A4 80 gr Ballpoint Tinta printer isi ulang Jumlah Biaya Satuan Biaya Total Rendam dalam larutan gula 35% 12-24 jam.

000.50.000.4.a. 1000 lembar e. Rp 8.000.000.- a.000.000. @ Rp 50.2.000.000.000. @ Rp 5.- h.-kg . @ Rp 100.c. 2 buah f.000.15.b. 2 buah (Vacum h. b. Rp 720. Foto kopi Laporan Penelitian c.000.000.g. @ Rp d. b. @ Rp 15. f.3. Rp 10.000.000.2. Rp b.000.000. 10 eksemplar a. @ Rp 2. @ Rp 15. 1 unit b.2.- Alat pengukur kadar gula e. Rp 300.30 30 30 a. 1 unit k.5.10.000. c. @ Rp f.- 20. Rp d.000. c. Rp 50.2 Peralatan: a.000. g. Rp 120. Rp e. 1 buah c. Rp 300. Penjilidan proposal d.h. 5 bendel a.000.- c.000. @ Rp b.b. Rp 25.000. hari 4.000. Bahan baku produksi a. Jeruk Pamelo 3 kg Gula pasir ½ kg Asam sitrat 4 gr a. Label e. Foto kopi Proposal b.000.000.-/kg 8.c.d. Rp 25.000. Rp f. Penjilidan Laporan Penelitian e. Kompor gas Panci Pisau Saringan Sendok Baskom Pengering Frying) a. @ Rp d. @ Rp 20. @ Rp 300. b. h.000. 2 buah d.30. Rp Plastik kemasan 5 bendel 3. Rp c.i.-/kg a.c. Rp5.a. @ Rp c. hari c. Rp 20.500.000. e.000.000.000.500. 2 buah g. Rp 100. 1 buah e. @Rp5.6. hari b. 10 eksemplar c.000. 10 eksemplar d. d. Rp.b. 10 eksemplar b.i. Rp g. Biaya foto kopi dan penjilidan a.000.e.

Rp e.b.b. Cetak foto Baterai kamera a.500.000. @ Rp 2. Pamflet b.000. @ Rp 80.50.20. 100 lembar b. @Rp 10.000. Rp 97.000.c. 30 hari a.- .000. @ Rp 100. @ Rp 1. Biaya tambahan: a.c. Biaya Promosi: a. 500 lembar c.000. Dokumentasi a.570.a. 2 buah d.Rp 40.500. Isi ulang tabung gas 3 kg/ 4 hari b.@ Rp 200. Rp 50. Rp d. digital b.b.000. 20 buah a. Biaya transportasi 30 liter (pembelian peralatan dan bahan baku) Total Biaya Rp7.000.a. Launching Product (pembagian sampel produk secara gratis) Leaflet Spanduk X-Banner f. @ Rp 50.5.- 7.b. Rp 135.000.b.- 6. 30 hari b. 20 lembar a.000.000.d. @Rp 13. 4 buah b.a.a. Rp 40. 1 buah e.000.000. Rp 160. @ Rp 4. Rp 30.500.000.

h.000.+ Rp 750. Rp 3.Rp 49.000. Rp 20.-/gr Plastik kemasan (5 bendel) @ Rp 3. Rp 15.- .- Penerimaan per bulan = (15 hari x 50 bks x Rp 2. 27. Rp 3. Proyeksi Penerimaan • • • • 1 hari menghasilkan 50 bungkus NIMAS PAMELO dan 20 gelas Juice jeruk Pamelo 1 bungkus manisan dijual Rp 2.250.IV.250.000. Kulit Jeruk Pamelo 1 kg @ Rp 3.000.n. l... Proyeksi Pengeluaran Pengeluaran per dua hari adalah sebagai berikut.500.250.000. n.000.000.Penerimaan per tahun = Rp 2. i.000.750.000.500.-/kg Gula pasir ½ kg @ Rp 8.. a.-/bdl Isi ulang tabung gas 3 kg / 4hari @ Rp 13.i.j.Transportasi pembelian alat & bahan (1 liter) Total pengeluaran per hari a. ASPEK KEUANGAN A.k.000.= Rp 2.1 gelas juice jeruk Pamelo dijual Rp 2.000.000.000.000.-) = Rp 1.-/kg Asam sitrat 4 gr @ Rp 5.- Usulan harga jual manisan per bungkus = biaya produksi per hari / 50 porsi = Rp 49.-) + B.000.000.500.x 12 bulan = Rp./ 50 porsi = Rp 995.b. Rp 4.000. Rp 4.1 bulan = 15 hari kerja (15 hari x 20 gelas x Rp 2.750.500. b.

102.000 440. d..000. h.000.500) = 1/10 x (Rp1.045.570.467.Pengeluaran per tahun = Rp746.000.Rp.000.000.000.(Total Anggaran) – Rp6.Rp. 300.= 5/10 x (Rp1.000.500.000.500.955.250.Pengeluaran per bulan = Rp 49.- Harga Perolehan = Rp 7.000.000.. g.00 .000. Kertas A4 Ballpoint Tinta printer isi ulang Fotokopi dan Penjilidan Transportasi Pembelian alat dan bahan Biaya Promosi Dokumentasi Kompor Gas 1 Paket Vacum Frying total pengeluaran non operasional = Rp 1.467.500) = 4/10 x (Rp1.(PNO) Penggunaan metode Jumlah Angka Tahun (JAT) lebih sesuai dengan kondisi nyata.102.467. 200. 135.750 587..000. e.Rp 7. Estimasi Rugi/Laba Penerimaan per tahun Pengeluaran per tahun EAT = Rp 27.Rp.Rp.500) = 2/10 x (Rp1. f.000.000.500..467.467. 5. 330.x 15 hari = Rp746.Rp.Rp 6.Rp 120.250 293.500.Rp 80.000.C.Nilai residu diperkirakan Depresiasi Tahun Pertama Tahun Kedua Tahun Ketiga Tahun Keempat Tahun Kelima = Rp. Perhitungan depresiasi Pengeluaran non operasional (PNO) : a. b.500 146.00 = Rp 8.500) = Rp = Rp = Rp = Rp = Rp 733.500) = 3/10 x (Rp1. c. D. 70.750.750 Umur ekonomis diperkirakan = 5 tahun Rp 60.467.00 = Rp 18.x 12 bulan = Rp 8.000. i.955.250. pada tahun awal kondisi peralatan pasti masih bagus dan performanya semakin turun pada tahun berikutnya.

389.29 71.00 – Rp 18.841679993 0.649931386 Total PVCI PVCI 17.601 = 0.250.00 dalam satu tahun.00 Rp 18.000.750.004.63 14.00 = 1 – 0. PayBack Period Payback Period = 1 + Int inv – CI thn 1 .772183480 0.00 Rp 18.338.399 = 4 bulan 8 hari Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa modal usaha ini akan kembali dalam waktu 4 bulan 8 hari .00 Discount Factor 0.211.228.632.991.67 12.778.02 15.Dari perhitungan estimasi tersebut dapat diketahui bahwa usaha ini akan menghasilkan laba sebesar Rp 18.191.00 Rp 18.34 Keterangan: i = 9% Discount Factor = (1 + i)-n PVCI = CI x Discount Factor F.242.485.823.917431193 0.00 Rp 18.000.00 Rp 18.682.500.778.045. Cash Inflow (CI) CI thn 1 = EAT + Depresiasi thn 1 CI thn 2 = EAT + Depresiasi thn 2 CI thn 3 = EAT + Depresiasi thn 3 CI thn 4 = EAT + Depresiasi thn 4 CI thn terakhir = EAT + Depresiasi thn 5 + Nilai Sisa Tahun 1 2 3 4 5 Cash Inflow Rp 18.000.632.181.570.750.455. CI thn 2 = 1 + Rp 7.274.750. E.000.73 11.708425211 0.999.

34 – Rp 7.999.242. aspek teknis. aspek manajemen dan aspek keuangan.00 = Rp 64. LAYAK untuk dijalankan.570. Net Present Value (NPV) Metode ini menilai selisih antara nilai investasi sekarang dengan nilai penerimaan kas bersih di masa yang akan datang. NPV = PV Cash Inflow – PV initial investment = Rp 71.34 Dari hasil perhitungan tersebut. dapat diketahui bahwa NPV > 0.242.000. Berdasarkan analisa kelayakan usaha diatas.429. . maka dapat disimpulkan bahwa usaha bisnis Manisan Kulit Jeruk Pamelo ini.G. yang meliputi aspek pasar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful