BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2003

A. PENDAHULUAN 1. Pengertian Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft Excel dapat digunakan untuk menghitung angka-angka, bekerja dengan daftar data, dan menganalisa data-data serta mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik/diagram 2. Mengakses Microsoft Excel 2003 a. Membuka Aplikasi Microsoft Excel 2003 Cara Kerja : 1) Menggunakan Start Menu a) Klik icon Start b) Klik All Program c) Klik Microsoft Office d) Klik Microsoft Excel 2003 2) Menggunakan Shortcut di Desktop a) Double click icon Microsoft Excel 2003 (jika icon tersebut ada di desktop) 3) Menggunakan Windows Explorer a) Buka Windows Explorer b) Buka c:/program files/Microsoft Office/Program c) Double click file word.exe b. Membuka Dokumen / Workbook Baru Cara Kerja : 1) Menggunakan Menu Bar a) Klik menu File b) Klik submenu New 2) Menggunakan Toolbar a) Klik icon New yang ada di standard toolbar 3) Menggunakan Keyboard a) Tekan tombol Ctrl + N secara bersamaan c. Membuka Dokumen / Workbook Lama / yang telah ada Cara Kerja : 1) Menggunakan Menu Bar a) Klik menu File b) Klik submenu Open c) Pilih file yang akan dibuka d) Klik tombol Open 2) Menggunakan Toolbar a) Klik icon Open yang ada di standard toolbar b) Pilih file yang akan dibuka c) Klik tombol Open 3) Menggunakan Keyboard a) Tekan tombol Ctrl + O secara bersamaan b) Pilih file yang akan dibuka Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003

1

Menyimpan Dokumen / Workbook Cara Kerja : 1) Menggunakan Menu Bar a) Klik menu File b) Klik submenu Save/Save As c) Masukkan nama file yang diinginkan (untuk save as dan untuk file yang baru/belum pernah disimpan) d) Klik tombol Save 2) Menggunakan Toolbar a) Klik icon Save yang ada di standard toolbar b) Masukkan nama file yang diinginkan (untuk save as dan untuk file yang baru/belum pernah disimpan) c) Klik tombol Save 3) Menggunakan Keyboard a) Tekan tombol Ctrl + S secara bersamaan b) Masukkan nama file yang diinginkan (untuk save as dan untuk file yang baru/belum pernah disimpan) c) Klik tombol Save e. Tampilan dan Elemen – Elemen Microsoft Excel 2003 a. akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah dokumen tersebut akan disimpan. Klik Yes jika akan disimpan.c) Klik tombol Open d. Title Bar Fungsi : Bagian dari perangkat Microsoft Excel 2003 yang menampilkan nama file yang sedang dibuka / aktif c. Layar Kerja b. akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah dokumen tersebut akan disimpan. Menu Bar Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 2 . Klik Yes jika akan disimpan. akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah dokumen tersebut akan disimpan. klik No jika tidak akan disimpan atau klik Cancel jika batal untuk keluar 3) Menggunakan Keyboard a) Tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan b) Jika dokumen belum tersimpan. klik No jika tidak akan disimpan atau klik Cancel jika batal untuk keluar 2) Menggunakan Icon Close a) Klik icon Close yang ada di sebelah title bar ( kanan atas layar) b) Jika dokumen belum tersimpan. Klik Yes jika akan disimpan. klik No jika tidak akan disimpan atau klik Cancel jika batal untuk keluar 3. Menutup Aplikasi Microsoft Excel 2003 Cara Kerja : 1) Menggunakan Menu Bar a) Klik menu File b) Klik submenu Exit c) Jika dokumen belum tersimpan.

Baris dan Cell a. g. Scrool Bar Fungsi : bagian untuk mengulung layar kerja ke atas / ke bawah dan ke kiri / ke kanan l. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………). Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536). Kolom / Columns Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 3 . Toolbar Formatting Fungsi : bagian yang berisi perangkat berupa icon yang digunakan dalam pengelolaan worksheet dan data f. Mengenal Kolom. Formula Bar Tempat dimana kita menuliskan konstanta dan rumus formula. Worksheet Fungsi : lembar kerja dari Microsoft Excel 2003 yang berisi data i. tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya. Toolbar Standard Fungsi : bagian yang berisi perangkat berupa icon yang digunakan dalam pengelolaan dokumen / workbook e. Toolbar Drawing Fungsi : bagian yang berisi perangkat berupa icon yang digunakan untuk memasukkan objek berbentuk gambar / picture m. Name Box Tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Sheet Tab Fungsi : bagian yang menampilkan sheet / lembar kerja aktif juga untuk memindahkan ke sheet / lembar kerja lain k. sebagai contoh : cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.Bagian / perangkat untuk mengelola dokumen dan aplikasi Microsoft Excel 2003. Task Pane Fungsi : panel pembantu fungsi yang sedang diaktifkan j. Menu bar ini berisi menu-menu yaitu : 1) Menu File 2) Menu Edit 3) Menu View 4) Menu Insert 5) Menu Format 6) Menu Tools 7) Menu Data 8) Menu Window 9) Menu Help d. h. Status Bar Fungsi : bagian yang menampilkan keadaan dokumen aktif dan fungsi aktif 4.

Memindahkan Data 4. Menyisipkan Cell b. Baris / Rows Adalah kumpulan cell yang tersusun horizontal / mendatar. Menyisipkan Kolom 6. Kolom ini disusun berdasarkan huruf dari kolom A sampai kolom XFD b. Menghapus dan Memindahkan Data a.Adalah kumpulan cell yang tersusun vertikal. MEMASUKKAN DATA 1. Mengatur Tinggi Baris b. Baris dan Kolom a. Alignment. Sel / Cells Adalah satuan kotak box yang berisi satuan data. Format Cell (Number. Data Berbentuk Formula Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………). Mengatur Lebar Kolom 5. Font. Menyalin Data b. Menyisipkan Cell. Mengatur Tinggi Baris dan Lebar Kolom a. Border dan Pattern) Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 4 . Memindahkan Cell Aktif Menggunakan Keyboard • Enter : memindahkan cell pointer dari atas ke bawah • Shift Enter : memindahkan cell pointer dari bawah ke atas • Tab : memindahkan cell pointer dari kiri ke kanan • Shift Tab : memindahkan cell pointer dari kanan ke kiri • Page Up : membuka 1 layar ke atas • Page down : membuka 1 layar ke bawah • Home : kembali ke kolom A pada baris yang sama • F5 : menuju ke cell tertentu do Worksheet B. 2. Cell ini diberi nama berdasarkan lokasi cell tersebut dalam baris dan kolom. Memblok Data / Memilih Range 3. Menghapus Data c. a-z. Baris ini disusun berdasarkan angka dari angka 1 sampai angka 1048576 c. Nama cell aktif ini dapat terlihat pada bagian name box 5. Data Berbentuk Konstanta terdiri dari 4 jenis type data yakni : • Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z. dan 0-9 • Numeric : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9 • Date : data tanggal • Time : data waktu b. Memasukkan Data Berbentuk Konstanta dan Formula a. Menyalin. Menyisipkan Baris c.

Mengisi Cell Dengan Data yang Sama 9.a. contoh =D2-D1 (D2 dikurang D1) + : Tambah. contoh =B2/A1 (B2 dibagi A1) * : Kali. contoh =B2^2 (B2 pangkat 2) / : Bagi. Operator matematika ^ : Pangkat. Merge Cell b. Format Alignment c. contoh =C2*C3 (C2 dikali C3) : Kurang. Format Pattern 7. Format Border e. Merge & Unmerge Cell a.contoh =C3+C4 (C3 ditambah C4) Setiap awal pengetikan dalam Excel harus diawali dengan tanda sama dengan (=) 2. Pengisian Data Otomatis dan Mengisi Cell Dengan Data yang Sama a. Format Font d. Fungsi Statistik Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 5 . Word Wrap 10. Nama b. Format Number b. Unmerge Cell 8. Warna / Coding Colour C.Memberi Nama dan Warna pada Tabulasi Sheet a. Pengisian Data Otomatis b. PENGOLAHAN DATA / PENGHITUNGAN 1.

yaitu dapat melalui 2 cara. MIN : Menentukan nilai terendah. Pilih model grafik yang diinginkan kemudian klik next e. Mengurutkan dan Menyaring Data a. Mengurutkan Data (Sort) . b. contoh =MIN(A1:A6) atau =MIN(A1.Pilihlah pengaturan pengurutan data dan bentuk pengurutan data.Pilihlah Range seluruh nama field (judul kolom) yang ada pada baris judul database . apakah Ascending (dari yang terkecil ke yang terbesar) atau Descending (dari yang terbesar ke yang terkecil).A6). contoh =COUNT(A1:A6) atau =COUNT(A1. contoh =AVERAGE(A1:A6) atau =AVERAGE(A1.Klik menu Data  Sort .. Melalui Menu Insert b. contoh =MAX(A1:A6) atau =MAX(A1. Word Art dan Textbox caranya sama dengan pada Microsoft Word 2003.Klik tombol OK. Menyaring Data (Filter) . 2. . d. Picture. c. AVERAGE : Menentukan total / jumlah data. contoh =SUM(A1:A6) atau =SUM(A1. Shape.Pilihlah Range dari database yang akan diurutkan . Chart a. Buka dokumen / workbook yang mengandung data yang hendak dibuat gambar grafiknya. yaitu menentukan banyaknya data dari sel A1 sampai A6.. PENGOLAHAN DATA LANJUTAN 1.COUNT : Menentukan banyaknya data.Klik menu Data  Filter  Autofilter Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 6 . yaitu menjumlahkan data dari sel A1 sampai A6. diantaranya : a. Pilih submenu ( ) Grafik (Chart Wizard button) pada toolbar standar atau pada menu Insert  Chart.A6). b.. MEMASUKKAN OBJEK 1. Melalui Drawing Toolbar E. yaitu mencari data terendah dari sel A1 sampai A6. D. Pilih range data yang akan dibuat grafik. Picture. SUM : Menentukan total / jumlah data. Word Art dan Textbox Untuk memasukkan object berbentuk Shape. Ikuti instruksi-instruksi berikutnya seperti mengisi judul chart dan lain-lain dan klik next setiap kali selesai dengan setiap halaman instruksi sampai grafik atau chart tampil pada lembar kerja.A6). yaitu mencari nilai rata-rata dari sel A1 sampai A6.A6).. yaitu mencari data tertinggi dari sel A1 sampai A6.A6).. MAX : Menentukan nilai tertinggi.

pramukabanten. dll.com. Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 7 . All berarti kita akan mencetak semua halaman dan Page(s) From … to From … mencetak halaman tertentu saja Biografi Penulis : Khiar Wali Tsn. Adalah seorang mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi S1-nya di STMIK Jawa Barat Jurusan Teknik Informatika. maka barulah proses cetak kita lakukan.teraphyatfg8. System Analist.2. Management of The Brammers Indomedia Computer. ada dua pilihan : All dan Page(s) From … to From …. Mencetak Data a. www. www. Tampilkan dulu lembar kerja ke layar cetak (Print Preview) dengan cara Klik menu File  Print Preview atau mengklik icon pada toolbar standard. dengan cara: 1) Klik menu File  Print 2) Pada Print Range. b.com. Kemudian setelah semua lembar kerja telah sesuai dengan yang kita inginkan.pemudajabar. Penulis juga saat ini bekerja sebagai pengajar di SMP Pasundan 3 Bandung. Flash Application Developer dan Web and Software Developer. Beberapa buah karyanya diantaranya www.com.

Khar Wali Tsn | Belajar Microsoft Excel 2003 8 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful