SHEILA FITRIA FARISQI 2209100029

SUMBER ENERGI YANG DAPAT DIUBAH MENJADI ENERGI LISTRIK Di bumi ini banyak sekali sumber energi yang dapat diubah menjadi sumber energi listrik. Bahkan akhir-akhir ini telah ditemukan sumber energi yang dapat diperbaharui yang dapat menghasilkan energi listrik. Beberapa diantara sumber energi itu berasal dari b ahanbahan yang sudah tidak terpakai lagi dan dinilai sebagai sampah bagi masyarakat. Sampah memang menjadi masalah di kota - besar di seluruh dunia., khususnya di Indonesia seperti menumpuknya sampah di jalan ± jalan protokol Kota bandung. Belum lagi konflik antara pemerintah dengan warga masyarakat yang lokasinya menjadi tempat pembuangan akhir. Di negara negara maju seperti Denmark, Swis, Amerika dan Prancis. Mereka telah memaksimalkan proses pengolahan sampah. Tidak hanya mengatasi bau busuk saja tapi sudah mengubah sampah - sampah ini menjadi energi listrik. Khusus di Denmark 54 persen sampah diubah menjadi energi listrik. Teknologi pengolahan sampah ini untuk menjadi energi listrik pada prinsinya sangat sederhana sekali yaitu: y Sampah dibakar sehingga menghasilkan panas (proses konversi thermal) y Panas dari hasil pembakaran dimanfaatkan untuk mengubah air menjadi uap dengan bantuan boiler y Uap bertekanan tinggi digunakan untuk memutar bilah turbin y Turbin dihubungkan ke generator dengan bantuan poros y Generator menghasilkan listrik dan listrik dialirkan ke rumah - rumah atau ke pabrik.

Proses

Konversi

Thermal

Proses konversi thermal dapat dicapai melalui beberapa cara, yaitu insinerasi, pirolisa, dan gasifikasi. Insinerasi pada dasarnya ialah proses oksidasi bahan-bahan organik menjadi bahan anorganik. Prosesnya sendiri merupakan reaksi oksidasi cepat antara bahan organik dengan oksigen. Pembangkit listrik tenaga sampah yang banyak digunakan saat ini menggunakan proses insenerasi salah. Sampah dibongkar dari truk pengakut sampah dan diumpankan ke inserator. Di dalam inserator sampah dibakar. Panas yang dihasilkan dari hasil pembakaran digunakan untuk

Proses penyerapan neutron oleh uranium-235 mengakibatkan terbentuknya partikel uranium-236 (236U) yang tidak stabil sehingga terbelah menjadi partikel krypton-92 (92Kr). yaitu gaya nuklir kuat dan gaya elektromagnetik serta pada jangka waktu yang panjang terdapat gaya nuklir lemah.mengubah ai menjadi uap bertekanan tinggi Uap dari boiler langsung ke turbin. Energi yang dihasilkan dari reaksi ini dapat dikonversi menjadi energi listrik pada sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Reaksi nuklir lain yang sudah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik adalah reaksi fisi. Sebagai ilustrasi: 100. Di dalam inti atom terdapat tiga buah interaksi fundamental yang berperan penting. Selain mengatasi masalah polusi bisa juga untuk menghasilkan energi berbahan bahan bakar gratis juga bisa menghemat devisa. Gaya nuklir kuat merupakan interaksi antara partikel quark dan gluon yang dibahas dalam teori quantum chromodynamics (QCD) sedangkan gaya nuklir lemah adalah interaksi yang terjadi dalam skala inti atom seperti peluruhan beta yang dibahas dalam elecroweak theory.000 ton batu bara. barium-141 (141Br). ¡ ¢   .000 ton sampah sebanding dengan 10. Teknologi pengolahan sampah ini memang lebih menguntungkan dari pembangkit listrik lainnya. Reaksi fisi dapat berlangsung secara terus menerus yang biasa disebut dengan reaksi rantai. neutron yang telah terhambur dari reaksi fisi dapat mengakibatkan terjadinya reaksi fisi lain sama baiknya dengan reaksi fisi sebelumnya. Reaksi fisi merupakan kebalikan dari reaksi fusi. Salah satu contoh dari reaksi fisi adalah reaksi fisi pada partikel uranium-235 (235 U) yang ditumbuk oleh sebuah neutron yang bergerak pelan . Nuklir merupakan istilah yang berhubungan dengan inti atom yang tersusun atas dua buah partikel fundamental yaitu proton dan neutron. Dalam reaksi rantai. Sisa pembakaran seperti debu diproses lebih lanjut agar tidak mencemari lingkungan (truk mengangkut sisa proses pembakaran). dan beberapa neutron bebas serta sejumlah energi. yaitu reaksi yang membelah suatu partikel atomik menjadi menjadi beberapa partikel atomik lainnya dan sejumlah energi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful