BAB I PENDAHULUAN

I.1

Latar Belakang Pada jaman modern ini masyarakat menyadari bahwa komunikasi dalam hal apa

pun itu penting. Karena komunikasi ini sebagai alat untuk menyampaikan suatu maksud dan informasi yang ada. Komunikasi bisa terjadi dimana saja, di rumah, di jalan, di sekolah, di kantor dan sebagainya. Dan juga komunikasi bisa dilakukan dengan siapa saja, tidak terbatas hanya karena perbedaan gender, jabatan, gelar, pekerjaan, dan lainlainnya. Tetapi dalam berkomunikasi juga tidak dapat dipungkiri bahwa cara berkomunikasi terhadap level atau jenis orang itu akan berbeda. Seperti hal nya pria dan wanita itu berbeda dalam hal berkomunikasi. Selain muncul dalam hubungan pribadi dalam berbagai bentuk, perbedaan-perbedaan komunikasi antara pria dan wanita juga muncul dalam hubungan bisnis. Meski tidak terlalu kentara, berbagai perbedaan ini ada di tempat kerja dan sering salah dimengerti. Buku Mars and Venus in the Workplace ini saya pilih karena wawasan dan prinsip komunikasi yang diungkapkan bersifat universal. Semuanya berlaku bagi setiap orang di tempat kerja~CEO, COO, eksekutif, manajer, konsultan, pekerja, asisten, dan sekertaris. Meski lingkungan kerja jadi rumit karena keberadaan hirarki, tim, divisi, departemen, dan berbagai struktur, kelancaran serta hambatan komunikasi antara pria dan wanita menentukan keberhasilan sebuah perusahaan

I. 2

Tujuan Penulisan 1. Untuk mengetahui perbedaan cara komunikasi antara pria dan wanita 2. Untuk mengatasi perbedaan tersebut agar komunikasi berjalan dengan baik.

pesan itu diubah menjadi bentuk symbol (disebut encoding) dan disampaikan melalui beberapa media (saluran) kepada penerima. perbedaan kita terlihat secara lebih dramatis dalam bidang komunikasi. dan kegaduhan dapat menciptakan kesalahan pemahaman dalam tiap proses komunikasi. penerimaan. Inilah mengapa sering terjadi miskomunikasi antara pria dan wanita. seluruh proses rentan terhadap kegaduhan (noise) yaitu gangguan yang terjadi pada penyampaian. perilaku defensive. yang dinyatakan sebagai pesan. gangguan telepon. maksud harus ditanamkan dan dipahami.BAB II PEMBAHASAN Komunikasi adalah penyampaian dan pemahaman suatu maksud. kebanjiran informasi. Pembicara yang tidak didengar atau penulis yang tidak dibaca tulisannya belumlah terjadi komunikasi. dan budaya nasional. Hal pertama yang harus diperhatikan tentang definisi itu adalah penekanan pada penyampaian maksud. yang menerjemahkan ulang pesan pengirimnya (disebut decoding) atau penguraian kode atu penguraian sandi. bahasa. Akan tetapi. Di tempat kerja. Itu artinya bahwa jika tidak ada informasi atau ide yang disampaikan. Proses komunikasi interpersonal ialah pengirim harus memiliki maksud. Bukan saja pria dan wanita berasal dari planet yang berbeda dan berbicara bahasa yang berbeda. Pertama-tama kita akan membayangkan bahwa Pria berasal dari Mars. komunikasi mencakup pemahaman maksud. yang lebih penting lagi. mereka mengira . Dan ingatlah bahwa segala sesuatu yang mengganggu pemahaman dapat dianggap kegaduhan. tapi juga mereka tidak menyadarinya. ketidakpedulian penerima. akan terjadi ketika pemikiran atau ide yang disampaikan diterima oleh penerima persis seperti yang dipikirkan pengirimnya. atau latar belakang suara. Wanita berasal dari Venus. Contoh umum kegaduhan mencakup cetakan yang tidak terbaca. Hambatan terhadap komunikasi interpersonal yang efektif juga bisa berasal dari penyaringan. komunikasi tidak terjadi. atau umpan balik pesan. Komunikasi yang sempurna. Selain itu. karena kesalahpahaman atas pesan yang dikirim atau diterima. emosi. Agar komunikasi berhasil. Komunikasi yang dilakukan dengan orang lain disebut komunikasi Interpersonal.

umumnya tujuan mereka adalah untuk menjelaskan sesuatu guna memecahkan sebuah masalah atau untuk mengumpulkan informasi guna memecahkan masalah. Karena. Tapi bagi waniata lebih dari itu. Jika seorang pria mengutarakan beberapa hal. di planet mereka. Melalui pilihan kata. setiap hal harus penting dan berada dalam urutan linear untuk membentuk kesimpulan yang logis. perasaan. artinya bisa seratus persen lain. sementara di Venus mereka juga menggunakan komunikasi untuk tujuan lain. dan sebagai sarana untuk merangsang kreativitas serta menemukan gagasan baru. Meski kata-kata yang mereka gunakan sama. untuk menciptakan ikatan emosional guna memperkuat hubungan. Ketika dengan yakin berbicara mengenai suatu pokok masalah . Komunikasi di Venus merupakan sebuah cara untuk memecahkan masalah. dan dengan demikian menyimpulkan bahwa pria itu tidak layak mendapat rasa percayanya. . Di Mars mereka terutama menggunakan komunikasi untuk memecahkan masalah dan untuk menyelesaikan tugas. dan semakin banyak kata akan memakan semakin banyak waktu. komunikasi di tempat kerja terutama merupakan sebuah cara untuk menyampaikan isi atau informasi. serta ungkapan seorang pria. Salah menafsirkan begitu umum dan sering terjadi sehingga akhirnya kita mengembangkan perspektif yang terbatas mengenai satu sama lain. dan dengan demikian menyimpulkan bahwa wanita itu tidak layak mendapat rasa hormatnya. pria yang dianggap kompeten oleh pria lain akan menggunakan sesedikit mungkin kata-kata yang diperlukan untuk menyampaikan pendapatnya. mereka pasti akan mendapat rasa hormat pria lain di tempat kerja. Salah satu perbedaan utama dalam komunikasi adalah penekanan kita pada tugas versus hubungan. “waktu adalah uang”. Istilah yang sama bisa dengan mudah mempunyai konotasi atau penekanan emosional yang berbeda. Patokan yang umum adalah. Dengan cara serupa.mereka berbicara bahasa yang sama. seorang pria secara keliru menafsirkan bahwa wanita itu tidak kompeten dan tidak efisien. seorang wanita secara keliru mengartikannya sebagai pria yang egois dan tidak peduli dengan orang lain. Ketika pria berbicara. melalui cara seorang wanita berkomunikasi. Bagi pria. tapi juga digunakan untuk mengurangi stress dan untuk merasa lebih baik.

Seorang wanita sama mampunya memecahkan masalah seperti pria. gaya “melibatkan orang lain” memberikan sinyal peringatan bahwa ia tidak yakin. Kecenderungan wanita mencari persetujuan bukanlah takaran rasa tidak yakinnya. . ia secara otomatis “mengumpulkan” dukungan yang lain. wanita cenderung lebih berorientasi pada hubungan daripada pria. Gaya pribadinya mungkin terdengar tidak yakin dan dengan demikian lebih melibatkan orang lain. tapi lebih merupakan upaya bertahap membangun pemecahan daripada langsung ke pokok masalahnya. Pria secara keliru menyimpulkan bahwa. Kata-katanya tidak hanya mengutarakan isi tapi juga perasaan. seorang wanita berarti tidak yakin pada kemampuannya memecahkan masalah yang sedang dihadapi. tapi gaya komunikasinya bisa memberikan kesan pada lawan jenis bahwa ia meragukan kemampuannya sendiri. Di mars. Dalam proses mencari atau mengusulkan sebuah pemecahan. Dengan bersikap tidak mempunyai semua jawaban yang diperlukan. jika terdengar tidak yakin atau tampak terbuka dan tertarik pada pendapat orang lain.

.BAB III KESIMPULAN Dari pembahasan yang telah diuraikan pada bab sebelumnya. Cara komunikasi pria dan wanita berbeda dan sudah seharusnya begitu 2. Dengan mengenali perbedaan. Dengan mengambil tanggung jawab untuk mengubah diri sendiri dan bukannya menunggu orang lain untuk berubah 3. maka kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagai berikut : 1. Kita diberdayai untuk membuat pilihan yang lebih baik dalam cara menanggapi orang lain. kita menjadi lebih jelas dalam memahami reaksi orang lain 4.