P. 1
Seni Dan Kebudayaan Dalam Pandangan Islam

Seni Dan Kebudayaan Dalam Pandangan Islam

|Views: 1,124|Likes:
Published by Abdul Latief

More info:

Published by: Abdul Latief on Nov 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2013

pdf

text

original

Seni dan Kebudayaan dalam Pandangan Islam

Konsepsi Kebudayaan ‡ Kebudayaan kita di tengah kebudayaan lain ‡ Urgensi dimasa globalisasi ‡Karakteristik Kebudayaan ‡ .

y Bukti-bukti keterbukaan dalam kebudayaan kita .Keterbukaan dalam Kebudayaan Kita y Antara kebanggaan terhadap kebudayaan sendiri dan Keterbukaan.

Keterbukaan yang Harus Diwaspadai y Keterbukaan sebelum matang y Keterbukaan yang tanpa batas y Keterbukaan yang terkesima dengan kebudayaan bangsa lain .

Pengaruh Politik dan Peradaban Terhadap Seni Umat Islam y Akulturasi kebudayaan barat islam y Pengertian masyarakat dunia terhadap seni .

Tempat Pelaksanaan Jagabaya. Desa Sukadana. sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan YME yang telah memberikan limpahan rizki atas panen yang dapat pada tahun ini dan datang. Desa Kertajaya. Desa Kerta Harja. Desa Sagala Herang. mereka yang akan : Desa .Hubungan Kebudayaan Indonesia dan Kebudayaan Islam y Upacara Adat HAJAT BUMI Merupakan Penyelenggaraan upacara tradisional masyarakat petani.

Upacara Adat HAJAT LAUT Kegiatan hajat laut dimaksudkan sebagai ungkapkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Mahaesa yang telah memberikan berkah serta keselamatan terhadap nelayan. .

Kini. tiba-tiba seluruh kampung mendapat musibah. Adapun perjalanan ke Sungai Cijolang sekitar lima kilometer. seluruh warga kemudian menyantap makanan yang dibawa dari kampung. Setelah berdoa. Makanan khas yang harus ada setiap upacara. Alhasil mereka pun mencari makanan sendiri dengan cara merusak kampung. Pernah satu kali acara nyuguh tak dilaksanakan. Jateng. Padi yang siap panen rusak parah.Doa kembali dipanjatkan sebelum warga menyantap makanan yang tersedia. . sedangkan sejumlah hewan ternak ditemui mati menggelepar. Pak Kuncen pun kembali memulai ritual. Warga menyakini kerusakan itu terjadi karena ³utusan´ Padjadjaran itu tidak disuguhi makanan.Upacara Adat NYUGUH Sesuai warisan leluhur. acara nyuguh itu harus dilakukan di pinggir Sungai Cijolang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap.

Upacara Adat JAMAS PUSAKA Merupakan upacara membersihkan/memandikan benda-benda pusaka peninggalan nenek moyang Rajaraja Galuh(ciamis) yang asli berasal dari Kabupaten Ciamis. y Tempat Pelaksanaan : JambanSari Ciamis . Pada masa kerajaan Pajajaran raja-raja galuh banyak memiliki benda pusaka yang digunakan untuk melawan penjajah yang ingin menguasai tanah pasundan. melakukan ritual µjamas pusaka¶ membersihkan benda pusaka. Agar benda pusaka tersebut tetap terpelihara maka pada setiap bulan maulud masyarakat jambansari yang masih mempunyai kekerabatan dengan raja galuh atau yang memiliki benda pusaka masa peninggalan raja galuh.

Tempat Pelaksanaan: Desa Kertajaya. Pelaksanaan kegiatan muharaman ini dilakukan oleh masyarakat pada saat akan menanam padi yang dirayakan bersama dengan para Alim Ulama. Desa Mangunjaya dan Parigi .Upacara Adat MUHARAMAN Merupakan Kegiatan Ritual masyarakat. tradisi yang dilaksanakan pada bulan Muharam (bulan islam). Tokoh Masyarakat pada malam hari.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada bulan Ruwah 7(tujuh) hari sebelum Ramadhan. yang diartikan membersihkan diri(Merlawu) saling memaafkan pada masyarakat sekitar yang ikut hadir dalam acara tersebut. Tempat Pelaksanaan : Kertabumi Kecamatan Cijeungjing Situs Gunung Susuru .Upacara Adat MERLAWU Merupakan kegiatan tradisi masyarakat untuk membersihkan makam keramat/leluhur yang telah berjasa.

.

Yogiliana fathudin (08321030) .

Yulia Hapsari (08321031) .

Hasan Mu¶taz (08321017) .

Giana agiguna .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->