MEMBUAT NERACA PEGAS SEDERHANA

1. PENDAHULUAN Di dalam fisika, kita akan banyak berhubungan dengan besaran. Besaran adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka. Untuk mencapai suati tujuan tertentu, di dalam fisika, kita biasanya melakukan pengamatan yang disertai dengan pengukuran. Pengamatan suatu gejala secara umum tidaklah lengkap apabila tidak di sertai data kuantitatif yang didapat dari hasil pengukuran. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan pengukuran. Salah satunya yaitu mengukur massa, dengan mempergunakan neraca pegas. Untuk mengetahui sistem kerja neraca pegas, maka kami terdorong untuk mencoba membuat sebuah ” neraca pegas sederhana ”.

2. LANDASAN TEORI Neraca pegas biasa disebut dinamometer adalah alat yang biasa digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Namun sebenarnya neraca pegas ini adalah alat ukur gaya. Neraca pegas menggunakan prinsip kesetimbnagn gaya elastis pegas yang dinyatakan oleh persamaan : F = -k . ∆ x Dimana k menyatakan konstanta pegas dan ∆ x menyatakan pertambahan panjang pegas. Neraca pegas pada umumnya menggunakan satuan Newton,

pegas 3. 6. menghitung jarak dari angka nol sampai pada skala 100 gram. gantungan 4. pada keadaan pegas tanpa beban.6. 3. kayu sebagai tiang dan perlengkapannya 2. KESIMPULAN .namun ada juga yang menggunakan dua satuan sekaligus yaitu Newton dan Kg. menggantung pegas pada tiang serta menempel kertas skala pada tiang yang lain. anak timbangan 5. PEMBAHASAN a. 200 gram sampai 1000 gram dengan menggunakan jarak yang diperoleh pada langkah no. langkah kerja 1. 5. 7. menuliskan skala-skala untuk kelipatan 100 gram. membuat tiang tempat untuk menggantung pegas dan tiang tempat menempel skala. yang berimpit dengan ujung pegas. tandai skala nol gram pada garis mendatar kertas grafik yang berimpit dengan ujung pegas. 4. (satuan massa Kg) 3. menyiapkan alat dan bahan 2. sehingga alat ini dapat juga digunakan untuk mengukur massa suatu benda. alat dan bahan 1. menggantung anak timbangan 100 gram pada ujung pegas. Kemudian menandai skala 100 gram pada garis mendatar kertas grafis. 4. kertas HVS b.

Karena prinsip kerja neraca terletak pada pegas yang elastis serta anak timbangan yang digunakan untuk menentukan skala. . hanya membutuhkan sebuah pegas dan anak timbangan.Untuk membuat neraca pegas sederhana tidak terlalu rumit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful