ETIKA BERTELEPON

Apa pun, semuanya menggunakan etika. Bahkan dalam berpolitik. Ratna Hidayati Denpasar, Bali

Atur tinggi rendah suara Anda. Beri kesempatan pendengar agar mengerti.Hal praktis yang harus diperhatikan. NADA. Bicaralah dengan jelas. PENGUCAPAN. Jangan menaruh apapun dalam mulut anda! . KECEPATAN. Hal ini mencerminkan sikap Anda. Jangan tergesa-gesa. Jangan monoton.     INTONASI.

suara berisik adalah salah satu contoh. Kesibukan orang lain.Belajar mendengar. Memaksa Anda lebih berkonsentrasi agar mengerti lawan bicara. kenali hambatannya!     GANGGUAN EKSTERNAL. GANGGUAN INTERNAL. Sedang sakit perut? Obati dulu! MELAMUN. . CARA BICARA YANG KURANG MENARIK. Anda sedang tidak sungguhsungguh berkonsentrasi.

MALAS MENDENGARKAN. Belum apa-apa sudah menganggap pembicaraan tidak menarik. Mudah membuat orang berhenti mendengarkan. . Apalagi bila topiknya tidak jelas.   KECENDERUNGAN MENDENGARKAN SECARA SELEKTIF. KECENDERUNGAN MENYELA.

.Yang dapat anda lakukan:       Sadari adanya hambatan. Mendengarkan untuk menemukan ide pokok. Berlatih mendengarkan aktif. Buatlah catatan. Buka wawasan. Dengarkan topik yang kontroversial atau membosankan. mengapa Anda wajib mendengarkan. Hindari! Peringatkan diri.

Anda harus menunjukkan kesan profesional dan bersahabat. Banyak orang bersikap tidak formal di tempat kerja. . Hanya berkata ³halo´ tidak mebantu anda. Buka berarti boleh santai. Jangan biarkan telepon terus berdering.Yang boleh dan tidak boleh.     Berusahalah memberi kesan sabar. meskipun anda sibuk.

Buat kesepakatan dan tepati! Menutup telepon dengan telapak tangan. Jangan merasa tidak enak bila ada jeda. Usahakan untuk tidak berbicara sambil menggigit atau memakan sesuatu. tidak menjamin penelepon tidak mendengar apa yang anda katakan. .     Bila harus pergi saat orang menelepon anda. Jangan berbicara dengan 2 orang sekaligus. tetaplah sabar.

susunlah rencana yang ingin anda sampaikan. .Tips singkat untuk anda!     Tersenyumlah! Sikap bersahabat dan sopan membuat orang menaruh minat pada anda. Sebelum menelepon. Siapkan informasi pendukung bila mereka bertanya. Jangan lupa untuk menyebutkan nama lawan bicara saat berhubungan. Tetapkan pula sasarannya.

   Bertanyalah lebih dulu. Terutama bila hal yang akan disampaikan cukup panjang. Akhiri percakapan dengan lugas. . apakah anda menelepon pada saat yang tepat. lalu buat rangkuman yang menjadi kesepakatan. Ulangi bagian terbaik dalam percakapan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful