BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang

Kegiatan pembelajaran yang diselengggarakan oleh guru selalu berawal dari proeses latihan dan bermuara pada komponen - komponen pembelajaran yang tercantum dalam Kurikulum.Oleh sebab itu,praktek lapangan sangatlah perlu dilaksanakan agar dapat membiasakan diri dalam proses belajar mengajar setelah terjun kedalam dunia pendidikan. Guru dapat dikatakan sebagai pemegang peranan penting dalam

menimplementasikan dunia pendidikan,oleh karna itu sudah selayak nya seorang calon guru dikenal kan dalam proses praktek pengalaman lapangan. Universitas Syiah Kuala adalah salah satu Universitas terkemuka di aceh,sesuai dengan harapan dan tujuan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk menciptakan tenaga pendidik yang professional dan berkualitas tinggi dalam dunia pendidikan,baik dalam keluarga,masyarakat,bangsa dan Negara. Salah satu penampung praktek pengalaman lapangan adalah SMP N 3 Neusu Banda Aceh,yang telah bersedia membimbing mahasiswa untuk mengenal lebih dekat dunia pendidikan.

B. Tujuan

1

Tujuan Umum

1

a. Member

kesempatan

kepada

Mahasiswa

untuk

memperoleh

pengalaman dalam dunia pendidikan b. Meningkatkan mutu dan prfesional guru dalam hal pengelolaan kegiatan belajar mengajar c. Mendorong mahasiswa bersikap disiplin dan senantiasa bekerja aktif dalam kegiatan lapangan untuk mengasah ilmu pengetahuan

2

Tujuan Kusus

Dalam rangka proses pengalaman lapanga ini,diharapkan mahasiswa calon guru dapat memiliki ilmu pengetahuan dan memiliki bekal ilmu pengetahuan untuk menjadi guru yang handal dan profesional dalam mendidik anank-anak bangsa dan memiliki komitmen dalam beberapa hal yaitu L:  Mengajar atau melayani siswa  Meningkatkan pruduktivitas atau keahlian dalam dunia pendidikan  Bias menyesuaikan diri dengan tuntutan yang bsemakin berkembang dalam dunia pendidikan  Berguna bagi keluarga,masyarakat,bangsa dan Negara.

2

Kegiatan observasi di sekolah meliputi beberapa aspek yaitu : 3 .hal ini berguna untuk mengetahui situasi dan kondisi lingkungan tempat PPl. Obsevasi Sebelum maha siswa terjun langsung dalam proses belajar mengajar. Pengabdian dalam masyarakat dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh nya.melaksanakan kegiatan piket pada hari yang telah ditentukan.observasi dan orientasi sangat perlu dilakukan pada awal pelaksanaan PPl. Dalam kegiatan PPL selain melaksanakan proses belajar mengajar kegiatan lain yang harus dilaksanakan adalah mengisi kegiatan harian.C. Tugas ilmu pengetahuan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan 3. BAB II KEGIATAN SELAMA PPL A. Tugas Mahasiswa Praktikan Tugas yang diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala adalah menyelenggarakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tugas pendidikan dalam rangka meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan.Setelah Selain itu juga kegiatan obsevasi ini dapat berguna untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan pembelajaran. 2.yaitu : 1.

Ukuran ruang kelas 4 . Hasil Pengamatan Selama PPL 1.diantarannya mahasiswa dapat mengetahui cara guru membina Organisasi ini. Luas tanah : 4.ada juga lapangan olah raga dan ruang belajar khusus. Pengamatan keadaan fisik sekolah b.laboratorium computer yang sangat mendukung proses belajar mengajar. Tata tertib sekolah f. Media.Organisasi Intra Sekolah ( OSIS ) juga sangat berperan dalam kegiatan sekolah hal ini dapat memberi pelajaran yang begitu penting kepada mahasiswa PPL.90 m2 b. Keadaan lingkungan c. B. Intraksi sosial e.Keadaan fisik sekolah a. Fasilitas sekolah d.laboratorim IPA.sumber belajar dan sebagai nya Selain itu juga. Jumlah ruang kelas c.a.Silain itu juga di sekolah ini ada perpustakaan.di SMP N 3 Neusu Banda Aceh terdapat unit koprasi sebagai tempat simpan pinjam antara guru-guru dan pegawai lainnya.401 m2 : 27 kelas : 80.

Bangunan yang lain ada :  Ruang laboratorium IPA  Ruang perpustakaan  Ruang tatausaha  Ruang bimpen :88 m2 :195.74 m2 : 16.2 m2 : 770 m2 2.30 m2 :194. Lapangan olah raga ( Jenis dan ukuran )  Lapangan bola basket  Lapangan bad minton  Lapangan bola voly  Lapangan bola kaki : 364 m2 : 81.d.Keadaan lingkungan yang mengelilingi sekolah:  Sebelah timur berbatasan dengan perumahan TNI  Sebelah barat berbatasan dengan Sekolah Dasar  Sebelah selatan berbatasan dengan Masjid Al-fitrah  Sebelah utara berbatasan dengan rumah penduduk 5 .30 m2  Laboratorium computer  Ruang serba guna e.5 m2 : 192.

kualitas. Fasilitas Sekolah ( jenis. Bangunan sekolah ini hanya dipakai oleh SMP N 3 saja. kuantitas ) No 1 2 3 4 5 6 7 8 Nama Bangunan Perpustakaan Laboratorium IPA Laboratorium Komputer Ruang Bimpen Ruang Kepala Sekolah Ruang Guru Ruang Serba Guna Ruang Osis Jenis Permanen Permanen Permanen Permanen Permanen Permanen Permanen Permanen Kuantitas 1 1 1 1 1 1 1 1 Kualitas Bagus Bagus Bagus Bagus Bagus Bagus Bagus Bagus 1.aman.tenang dan bersih karena setiap satu minggu sekali diadakan kegiatan rurin yaitu jum’at bersih ( Gotong royong ). Guru dan siswa : • • • Jumlah guru kurang lebih : 88 orang Jumlah siswa kurang lebih : 877 siswa Jumlah siswa perkelas :  25 orang (kelas SSN)  30-32 oarang (kelas Reguler) Dua sift yaitu sekolah pagi dan siang. C.Keadaan lingkungan sekolah sangat strategis. Jumlah Sift setiap hari : • c. 6 . Jumlah sekolah yang menggunakan bangunan ini : • b.Banguan Sekolah a.

Hubungan guru dengan siswa : Baik d. Tata tertib a.2.baik guru maupun murid saling mendukung satu sama lain dalam berbagai bentuk kegiatan yang berlangsung di SMP N 3 ini.kerja sama terjalin dengan baik. Kesan Umum Kesan umum selama menjalankan PPL. Observasi Kegiatan Belajar Mengajar 7 . Untuk guru : ada : ada : Baik : Baik c. Untuk pegawai : ada 4. Hubungan guru dengan tata usaha e.saling menghargai satu sama lain. Untuk siswa b. Hubungan guru dengan guru : Baik c.sangat baik dan memuaskan. Hubungan kepala sekolah dengan guru : Baik b. Interaksi sosial a. D. Hubungan sosial secara keseluruhan 3.

Menyampaikan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran b. Jumlah siswa yang mendapat kesempatan menjawab pertanyaan guru sebanya 4-6 orang 4. Ketika guru masuk kekelas yang dikerjakan guru adalah : a.cara guru mengatasinya yaitu menjelaskan kembali materi yang sulit diterima dengan memberikan contoh lebih dekat lagi yang dapat dicerna oleh siswa bersangkutan c. Selama pelajaran berlangsung : a. Dalam proses belajar mengajar ada siswa yang mengganggu ketertiban kelas. Absensi kehadiran siswa b.1.cara guru mengatasinya dengan cara membimbing/menegur agar tidak mengganggu teman yang lain 8 . Guru mengulang pelajaran minggu lalu b. Ada Beberapa siswa yng suka mengajukan pertanyaan Ada siswa yang mendapat kesulitan belajar. Cara guru memberikan materi pokok pembelajaran : a. b. Guru membuka pelajaran dengan : a. Apresiasi atau memberikan pertanyaan sesuai matri yang akan disampaikan 3. Member motivasi kepada siswa 2. Selama pelajaran berlangsung guru sering menanyakan materi kepada siswa sebanyak 3-5 kali c.

5. Secara umum perhatian siswa terhadap materi yang disajikan oleh guru diperhatikan dengan baik e. Guru biasanya mengevaluasi pembelajaran dan memberikan kesimpulan Cara guru menilai yaitu dengan memberikan tugas kepada siswa.Dengan syarat pengembangan silabus dan system penilaian serta desain pembelajaran sudah siap dikerjakan agar dalam pengajaran dapat terarah sehingga kurikulum yang ingin dicapai 9 . BAB III PELATIHAN-PELATIHAN PPL A.penilaian dari pertanyaan sehari-hari yang diberikan kepada siswa c.keaktifan dalam diskusi kelompok. Bagian penutup berlangsung selama 10 menit Peruses kegiatan pembelajaran berlangsung secara tertib sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku di SMP 3 Neusu Banda Aceh. b. Pelatihan-pelatihan Tugas Mengajar dan Tugas Lainya Secara Terbimbing Pelatihan ini biasanya dimulai dengan melakukan obsevasi kelas yaitu mahasiswa peraktikan mengamati dan memperhatikan cara. Penutup Lamanya proses belajar mengajar ini yaitu selama 2 jam a.dan metide yang digunakan guru pamong dalam peruses belajar mengajar berlangsung.d. Cara guru mengahiri pelajaran yaitu dengan menayakan kembali apakah siswa telah mengerti atau tidak d.teknik.Kemudian guru pamong mengijinkan guru praktikan untuk mengajar didepan kelas.

e. b. Keterampilan mengajar dan tugas-tugas guru lainnya yang dilakukan secara terbimg adalah : a. Membuat perhitungan minggu dan jam efektif Membuat pemetaan standar kompetensi dasar per semester Membuat pengembangan silabus dan sistem penilaian Membuat program semester Membuat model-model pembelajaran Membuat jadwal masuk kelas sebagai berikut : 10 . c. f.terlaksana sesuai dengan GBPP. d.kegiatan ini di monitoring oleh setiap guru pamong masing-masing.

Selain kegiatan belajar mengajar kegiatan lain dilaksanakan adalah : 11 . kegiatan ini dilakukan untuk member bimbingan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. setelah pelaksanaan bimbingan ini dirasa cukup. Latihan Keterampilan Mengajar Dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Mandiri Dalam peruses belajar mengajar colon guru dibimbing dan diawasi dalam Beberapa kali pertemuan pada awal pelaksanaan PPL.bimbingan ini dilakukan pada waktu yang memungkinkan seperti paja jam yang tidak ada mengajar atau waktu istirahat. B.kegiatan ini berlangsung diluar jam mengajar seperti mengobservasi keadaan fisik sekolah. Selain kegiatan teacing.membantu piket pamong.mahasiswa peraktikan juga melaksanakan kegiatan yang bersifat non teacing. Senin Selasa Rabu L I B U R Kamis VII-8 VII-8 Jum’at VII-5 VII-5 VII-8 VII-8 Sabtu VII-5 VII-5 VII-8 VII-8 VII-9 VII-9 Melakukan evaluasi Absen kehadiran siswa Semua kegiatan teacing ini dikonsultasikan kepada guru pamong mengenai cara-cara membuat atau menyelesaikan masalah yang timbul.dan mengikuti kegiatan piket siswa. tetapi tetap dalam pemauntauan guru pamong. h. baru dilaksanakan kegiatan belajar mengajar sepenuhnya diserahkan kepada mahasiswa PPL.Jam 1 2 3 4 5 6 7 8 g.

Penilaian sikap dengan cara penguasaan anak-anak dalam belajar 4. d. Ujian Praktikan Dan Menyusun Laporan Akhir 1. c. Penilaian sesuai pengembangan silabus dan disertai desain atau metode pembelajaran dengan materi yang diajarkan 3. Penilaian cara mengajar mahasiswa PPL oleh guru pamong yaitu meliputi: b. Penilaian keterampilan mengajar dan penilaian penyusunan laporan akhir 12 . Evaluasi e.a. Melaksanakan observasi Melaksanakan konsultasi dengan guru pamong Menggantikan pelajaran guru yang tidak hadir Mengawasi siswa yang terlambat dengan memberikan hukuman membersihkan lapangan e. Mengikuti upacara hari senin dan hari-hari besar lainya Mengisi format kegiatan harian C. f. Menyajikan pelajaran d. Membuka pelajaran c. b. Menutup pelajaran 2.

karyawan maupun kepala sekolah. guru praktikan terlebih dahulu mengadakan observasi selama satu minggu dari hasil observasi itu diperoleh data-data yang objektif. Dari kegiatan ini guru praktikan telah banyak mendapat pengetahuan dan informasi khusus mengenai sekolah dan lingkungan sehingga dapat mempermudah calon guru untuk beradaptasi dengan siswa. Refleksi Pelaksanaan Observasi Lapangan Sebelum melaksanakan kegiatan teaching maupun non teaching di SMP N 3 Banda Aceh. B.BAB IV REFLEKSI PENGALAMAN DALAM PELAKSANAAN PPL A. Refleksi Pelaksanaan Keterampilan Mengajar Dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara Terbimbing 13 . data-data tersebut dikumpulkan dan dibahas bersama sehingga dapat diukur situasi dan kondisi sekolah yang sebenarnya.

Refleksi Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Mengajar Dan Tugas-tugas Keguruan Lainnya Secara mandiri Kegiatan teaching dan non teaching secara mandiri dapat membantu praktikan untuk berlatih dan memberikan kegiatan belajar dan mengajar di kelas maupun kegiatan non teaching. Dengan demikian praktikan dapat memahami peserta didik yang dihadapi. Terutama dalam kegiatan teaching praktikan mengalami kendala adanyasiswa yang kurang motivasi belajarnya. C. Praktikan juga konsultasi dengan coordinator PPL dan guru pamong dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah belajar mengajar.] D.Kegiatan pelaksanaan keterampilan mengajar secara terbimbing bertujuan agar mahasiswa praktikan dapat mengajar dengan baik. Dalam hal ini guru praktikan mengetahui bagaimana kekurangan dan kelebihan yang ada. Sebelum penilaian dilakukan praktikan harus membuat persiapan 14 . kemudian guru praktikandiberikan kesempatan untuk mengajar di bawah bimbingan guru pamong. selama ini praktikan berusaha melakukan evaluasi terhadap materi atau metode yang digunakan. karena guru pamong memberikan kesempatan kepada guru praktikan untuk mengamati dan menyimak bagaimana guru pamong menggunakan strategi tertentu dalam mengatasi dan menghadapi situasi kelas. Refleksi Pelaksanaan Ujian Praktikan Mengajar Dan Menyusun Laporan Akhir Pelaksanaan ujian praktek mengajar dilakukan pada minggu terakhir pelaksanaan PPL di sekolah latihan. Di dalam melaksanakan tugas ini guru tidak mengalami hambatan berarti karena guru pamong selalu membantu dan membimbing serta mendiskusikan setiap masalah yang ada. praktikan juga meninjau kembali hasil ulangan siswa.

Kesimpulan Kegiatan PPL meliputi : 1.mengajar sebaik mungkin yang siap digunakan pada saat ujian berlangsung. 2. Keberhasilan seorang guru sangat ditentukan oleh . sehingga mahasiswa dapat memiliki seperangkat pengetahuan dan keterampilan dan sikap professional guru 15 . penilaian mahasiswa PPL dilakukan dengan penilaian penyusunan laporan akhir setiap mahasiswa. Laporan ini merupakan persyaratan yang telah dibebankan oleh UP-PPL kepada mahasiswa pada akhir pelaksanaan PPL. Kegiatan ini merupakan kegiatan formal yang harus dilakukan untuk menilai praktikan. b. Selain ujian praktek mengajar. Penguasaan materi sesuai dengan disiplin ilmunya Penggunaan metode pembelajaran yang tepat sesuai materi Proses evaluasi belajar Mengetahui psikologi siswa Program pelaksanaan pengalaman lapangan (PPL) adalah salah satu kegiatan Akademik yang harus dilaksanakan bagi setiap Mahasiswa dalam bentuk pelatihan dan praktek pendidikan. d. a. BAB V KESEMPULAN DAN SARAN A. c.

sejauh mana produktifitas yang dimiliki oleh calon guru 4. Kegiatan ini mendokumen tasi seluruh kegiatan praktikan selama melakukan kegiatan PPL di SMP Negeri 3 Neusu Banda Aceh B. kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa praktikan mendapat kesempatan langsung menerapkan apa yang seharusnya dilaksanakan dalam kegiatan mengajar srta menghadapi situasi tersebut dengan cara yang tepat dan penuh tnggung jawab 5. sebagai bekal untuk menjadi guru yang professional dalam bidangnya 3.3.kegiatan ini bertujuan untuk member kesempatan kepada guru pamong untuk memberikan penilaian secara keseluruhan terhadap kemampuan calon guru dan merupakan umpan balik bagi calon guru untuk mengetahui keberhasilannya. Mengingat waktu PPL sangat singkat maka hendaknya calon guru agar lebih menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Kepada mahasiswa yang PPL agar dapat meningkatkan kedisiplinan. Kegiatan pelaksanaan penyusunan laporan akhir. Saran-saran 1.guna untuk mempermudah dalam proses praktikan almamater 2. Pelaksanaan tugas mengajar dan pelaksanaan tugas-tugas keguruan lainnya secara mandiri. Kegiatan praktek mengajar. Dalam rangka proses kegiatan lapangan yang akan dating Mahasiswa hendak nyamelakukan persiapan yang lebih matang.terutama dalam masalah kehadiran ke sekolah latihan serta tepat waktu pada saat jam mengajar dan penguasaan materi dan dapat menjaga nama baik 16 .

Adanya impormasi yang jelas serta persepsi yang sama antara UU-PPL.Koordinator PPL.guru pamong yang terkait akan banyak membantu praktikan dalam melaksanakan PPL.Dosen pembimbing. 17 .4.

Dengan rahmad Allah yang telah memberi kesehatan kepada saya (Maha siswi Unsyiah) melakukan dan menyelesaikan tugas-tugas mulia ini di SMP N 3 Neusu Banda Aceh dalam rangka menyelesaikan tugas mata kuliah “Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)”yang telah saya laksanakan dalam waktu yang kurang lebih selama 4 bulan. Dalam kesempatan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada : 1.W.T.Sholawat beriringka salam tidak henti-hentinya kita hantar kan kepangkuan Nabi besar Muhammad S.yang mana Allah telah memberikan nikmat kesehatan dan umur panjang bagi kita semua. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bapak kepala sekolah (Bapak Muhammad Nurdin) yang telah member kami kesempatan untuk bergabung di SMP N 3 Neusu ini 3. Guru pamong saya (Ibu Zubaidah) yang telah senan tiasa membimbing dan member banyak ilmu pengetahuan serta didikan dalam menempuh dunia pendidikan.KATA PENGANTAR Puji sykur kita panjat kan kehadirat Allah S.W. 18 . Terimakasih juga saya ucapkan kepada guru pamong penulis ( Ibu Arnimawati ) yang juga telah banyak membimbing saya dalam proses belajar mengajar di kelas 4.A.dan memberikan berbagaimacam ilmu yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya dalam proses belajar mengajar bersama siswa di SMP N 3 Neusu 2. Dan tak lupa pula ucapan terimakasih saya kepada seluruh dewan guru dan staf pengajar dan tata Usaha di SMP N 3 Neusu ini yang telah ikut membantu dan memdukung kami dalam melaksanakan kegatan PPL ini.

Dalam hal penyusunan laporan ini saya menyadari banyak kekurangan dan i ketidak sempurnaan dari isi laporan ini. Banda Aceh 12 Juni 2010 Asniyah 0606101050005 19 .saya mohon maaf dan saya juga mengharapkan keritik dan saran yang bersifat membangun dalam rangka proses perbaikan kedepan.oleh sebab itu.

........................................ c........ d................................... Tugas Mahasiswa Praktekan ................................................... 4 Fasilitas Sekolah ............................................................ 3 Hasil Pengamatan Selama PPL .......................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............................................... 1 a..... 6 BAB III : PELATIHAN PPL ................ 8 a................................................................................ Refleksi Pelaksanaan Obsevasi Lapangan ............................................................................................................... 13 20 ................................................................ 11 c.......................................... 11 b............ i DAFTAR ISI ............................................................................................. Latar Belakang .................. Ujian Praktik dan Penyusunan Laporan ...................................................... ii BAB I : PENDAHULUAN .............. 5 Obsevasi Kegiatan Belajar Mengajar ............................................................. Observasi ............. Refleksi Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruanlainnya Secara Mandiri .................................... 1 b......................... 11 a......... Pelatihan Tugas Mengajar dan Tugas Lainnya Secara Terbimbing .................................... Pelatihan Tugas Mengajar dan Tugas Lainnya Secara Mandiri .......................... 2 BAB II : KEGIATAN SELAMA PPL .................. Refleksi Pelaksanaan Praktekan Mengajar dan Menyusun Laporan Akhir ...... 12 BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................................................................................................................ 8 b............................................................ 10 BAB IV : REFLEKSI PENGALAMAN DALAM PELAKSANAAN PPL ....................... b................................................. 1 c........................................................ Tujuan.. 12 d.................................................................... Refleksi Keterampilan Mengajar dan Tugas-Tugas Keguruanlainnya Secara Terbimbing ............................... 9 c..................... 3 a....

...................................................... 14 LAMPIRAN ii 21 ................................. Saran ............... 13 b.....................................................a............. Kesimpulan .......................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful