P. 1
ppt kel 4

ppt kel 4

|Views: 115|Likes:
Published by BMP_3

More info:

Published by: BMP_3 on Nov 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

TGT (Team Game Tournament

)
Model pembelajaran yang melibatkan seluruh aktifitas siswa yang mengandung unsur permainan

1

KOMPONEN-KOMPONEN TGT
1.Penyajian kelas 2.kelompok(team) 3.Game dan Tournamen 4.Team recognize(penghargaan kelompok)

2

M ABDULLAH KAMAL (090210103047) 4. M ZUKHRUF BARKAH AMININ (090210103019) 3. HADI WIJAYA (090210103050) 3 . A NJAR PUTRO UTOMO (090210103001) 2.SINTESIS PROTEIN NAMA KELOMPOK : 1.

4 .

Fenotip pada setiap individu adalah ekspresi dari reaksi enzim Reaksi tiap enzim bergantung dari Polipeptida yang menyusunnya Polipeptida bergantung dari rangkaian asam amino Rangkaian asam amino bergantung mRNA Cetakan mRNA bergantung dari DNA masingmasing individu 5 .

SINTESIS PROTEIN MERUPAKAN RANGKAIAN PROSES DIMANA INFORMASI YANG DIKODE DALAM GEN DITERJEMAHKAN MENJADI URUTAN ASAM AMINO 6 .

Asam amino mRNA protein translasi Sifat ekspresi transkripsi 7 .

Bahan : Asam-asam amino 8 .

TAHAPAN SINTESIS PROTEIN Sintesis protein transkripsi translasi 9 .

G=guanin.TRANSKRIPSI ‡ Adalah proses pembentukan mRNA dari salah satu pita DNA dengan bantuan enzim RNA polimerase ‡Gula yang dicetak adalah pentosa (ribosa) ‡Basa yang dicetak meliputi A=adenin. S=sitosin 10 . U=urasil.

Biosel 2006 11 .

12 .

TAHAPAN TRANSKRIPSI INISIASI ELONGASI TERMINASI 13 .

basa-basa pada salah satu pita menjadi bebas.INISIASI ‡ RNA polymerase melekat pada molekul DNA sehingga menyebabkan sebagian dari pita double helix terbuka. yaitu urutan ATG (pada DNA) atau AUG (pada mRNA) ‡Daerah dimana RNA Polimerase melekat dan mengawali transkripsi dsebut promoter 14 . sehingga memberi kesempatan basabasa pasangannya menyusun mRNA. ‡Kodon inisiasi translasi. ‡ Akibat terbukanya pita DNA.

rantai DNA terbuka secara berurutan kira-kira 10 hingga 20 basa DNA sekaligus 15 .ELONGASI ‡RNA Polimerase bergerak sepanjang DNA ‡Pada saat RNA bergerak di sepanjang DNA.

atau TGA (UGA pada mRNA). TAG (UAG pada mRNA).TERMINASI ‡Transkripsi berlangsung sampai RNA Polimerase mentraskripsi urutan DNA yang disebut Terminator ‡mRNA yang telah trbentuk akan terlepas dari enzim tersebut ‡Kodon terminasi translasi. 16 . yaitu TAA (UAA pada mRNA).

17 .

TRANSLASI Merupakan proses menginterpretasikan suatu kode genetik yang dibawa oleh mRNA oleh tRNA 18 .

TAHAPAN TRANSLASI INISIASI ELONGASI TERMINASI 19 .

INISIASI ‡Menempelnya Ribosom Sub Unit kecil ke mRNA di dekat kodon inisiasi AUG ‡Terdapat tRNA inisiator berisi antikodon UAC yang membawa metionin 20 .

21 .

ELONGASI ‡Asam-asam amino berikutnya ditambahkan satu per satu pada asam amino pertama ‡Kodon mRNA pada ribosom membentuk ikatan hidrogen dengan antikodon molekul tRNA yang komplemen dengannya ‡Terjadi ikatan peptide antara asam amino metionin dengan asam amino selanjutnya 22 .

atau UGA ‡Kodon stop tidak mengkode suatu asam amino melainkan bertindak sebagai sinyal untuk menghentikan translasi 23 .TERMINASI ‡Elongasi berlanjut hingga ribosom mencapai kodon stop ‡Pada saat sampai pada kodon stop. UAG. translasi selesai dan rangkaian polipeptida meninggalkan ribosom ‡Triplet basa kodon stop adalah UAA.

Sukron katsiro Wal¶afwu minkum 24 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->