SOAL UJIAN SEMESTER TAHUN 2010/2011 KELAS KHUSUS 1.

URAIKAN SECARA LENGKAP HAL-HAL YANG TERKANDUNG DALAM PENGERTIAN BANK MENURUT UNDANG-UNDANG POKOK PERBANKAN NO 10 TAHUN 1998. 2. JELASKAN PULA PENGERTIAN SPREAD BASED DAN FEE BASED APA MAKSUDNYA BAGI BANK, KEMUDIAN MENURUT SAUDARA MANA YANG PALING PENTING. 3. URAIKAN PERBEDAAN ANTARA SPREAD BASED DENGAN PROFIT SHARING DAN APA LANDASAN PENGGUNAAN SYSTEM PROFIT SHARING. 4. URAIKAN PENGERTIAN RAHASIA BANK BERIKUT SANKSI YANG DIKENAKAN TERHADAP PELANGGAR RAHASIA BANK TERSEBUT. 5. JELASKAN JENIS-JENIS KANTOR BANK YANG ADA DI INDONESIA DEWASA INI SERTA FUNGSI MASING-MASING.

KELAS PAGI 1. BERIKAN URAIAN SECARA LENGKAP, SINGLKAT PENGERTIAN MERGER, KONSOLODASI, DAN AKUISISI, KEMDIAN JELASKAN PEBEDAANNYA DENGAN MENGGUNAKAN CONTOH. 2. JELASKAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN KESEHATAN BANK DAN BAGAIMANA CIRICIRI BANK YANG TIDAK SEHAT, KEMUDIAN BAGAIMANA PULA SARAN SAUDARA TERHADAP BANK YANG SAKIT TERSEBUT. 3. MENURUT STATUSNYA JENIS-JENIS BANK UMUM DIBAGI DALAM 2 JENIS. COBA SAUDARA JELASKAN SECARA LENGKAP KEDUA JENIS YANG DIMAKSUD. 4. SAUDARA DIMINTA UNTUK MENJELASKAN JENIS-JENIS BANK MENURUT UNDANGUNDANG NO. 10 TAHUN 1998. 5. COBA SAUDARA JELASKAN PERBEDAAN BANK UMUM DENGAN BANK PERKREDITAN RAKYAT.

KELAS MALAM 1. COBA SAUDARA JELASKAN SECARA LENGKAP TUJUAN BANK MELAKUKAN MERGER, KOSULIDASI DAN AKUISISI. 2. DALAM PENDIRIAN BANK HARUS MEMENUHI BERBAGAI PERSYARATAN DARI PEMERINTAH. COBA SAUDARA JELASKAN PERSYARATAN YANG DIMAKSUD SECARA LENGKAP. 3. COBA SAUDARA URAIKAN SECARA ASAL MULA KEGIATAN PERBANKAN SECARA LENGKAP. 1

5. 2 . JELASKAN SECARA SINGKAT INTI-INTI KEGIATAN BANK UMUM DAN BPR. JELASKAN PENGERTIAN KEGIATAN SIMPANAN DAN PINJAMAN DALAM PERBANKAN BERIKUT CONTOHNYA.4.

bank melakukan beberapa fungsi dasar sementara tetap menjalankan kegiatan rutinnya di bidang keuangan. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. 4. Keuntungan dari selisih bunga ini di bank dikenal dengan istilah spread based. Jenis Bank Berdasarkan pasal 5 Undang – Undang No. Kegiatan menghimpun dana. b. berupa mengumpulkan dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan giro.jasa keuangan baik kepada pihak yang membutuhkan dana dan pihak yang memiliki dana bank .JAWABAN KELAS KHUSUS JAWAB 1 : Pengertian Bank Menurut UU RI No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang perbankan. Biasanya sambil diberikan balas jasa yang menarik seperti. bunga dan hadiah sebagai rangsangan bagi masyarakat. Jika suatu bank mengalami suatu kerugian dari selisih bunga. berupa pemberian pinjaman kepada masyarakat. yaitu menghimpun dana.jasa keuangan lain. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupaka kegiatan pokok bank sedangkan memberikan jasa bank lainnya hanya kegiatan pendukung. keuntungan utama diperoleh dari selisih bunga simpanan yang diberikan kepada penyimpan dengan bunga pinjaman atau kredit yang disalurkan. Menawarkan jasa . 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang No.menyalurkan dana. 2. Sedangkan jasa-jasa perbankan lainnya diberikan untuk mendukung kelancaran kegiatan utama tersebut. dan memberikan jasa bank lainnya. Menyediakan mekanisme dan alat pembayaran yang lebih efisien dalam kegiatan ekonomi. Menciptakan uang 3. 3 . Menyediakan fasilitas untuk perdagangan intemasional JAWAB 2 : a. Untuk jasa-jasa bank lainnya pihak perbankkan menetapkan biaya-biaya dalam nominal tertentu. maka istilah ini dikenal dengan nama negatif spread. 2. dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan meliputi tiga kegiatan. Sistem pengenaan biaya ini dikenal dengan istilah fee based. dan deposito. Fungsi Pokok Bank Bank sebagai lembaga perantara keuangan memberikan jasa . Bagi perbankan yang berdasarkan prinsip konvensional. yaitu : 1. tabungan. terdapat dua jenis bank berdasarkan undang-undang. Fungsi dasar dan bank dapat dilihat dan keterangan berikut. di mana suku bunga simpanan lebih besar dari suku bunga kredit. 5. Menghimpun dana dan menyalurkan kepada masyarakat. Bank memiliki fungsi pokok sebagai berikut ( Dahlan Siamat 2001 : 88) : 1. Bank umum adalah : Bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dalam usahanya terutama dalam memberikan kredit jangka pendek. Bank Perkreditan Rakya adalah : Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Kegiatan menghimpun dana.

Sedangkan pada sistem syariah diterapkan sistem bagi hasil dimana jasa atas modal diperhitungkan berdasarkan keuntungan atau kerugian yang diperoleh yang didasarkan pada akad. Remy. Pendapatan non bunga ini dapat diperoleh baik dari aktivitas pemberian kredit maupun aktivitas lainnya yang bersifat non kredit 2. penyerahan resiko usaha terhadap salah satu pihak dinilai melanggar norma keadilan. resiko sepenuhnya berada pada pihak bank. 1999). 10 Tahun 1998 Pasal 51 ialah kejahatan. Pendapatan non bunga atau fee based income ini dianggap cukup potensial karena beberapa pertimbangan. didasarkan pada dua alasan utama yaitu : (1) Adanya pandangan bahwa bunga (interest) pada bank konvensional hukumnya haram karena termasuk dalam kategori riba yang dilarang oleh agama. Cakupan rahasia Bank : 1. Prinsip ini berlaku baik bagi debitur maupun kreditur. 3. Kewajiban merahasiakan berlaku juga bagi pihak terafiliasi. Mengandung resiko unpaid (tidak terbayar kembali) yang relatif kecil karena pembayaran fee ini diterima segera jasa maupun transaksi terjadi atau saat fee tersebut efektif dibebankan. 3. bukan saja pada agama Islam tetapi dilarang juga oleh agama lainnya. seperti aktivitas dalam dan luar negeri. yaitu : 4 . 2. Sanksi tindak pidana rahasia bank ditentukan dalam Pasal 47 ayat (2). tidak wajib dirahasiakan. Untuk hal nasabah sebagai deposan. 5. Tindak pidana rahasia bank menurut Undang-Undang No. (2) Dari aspek ekonomi. Keterangan mengenai nasabah selain sebagai nasabah penyimpan. S. Penetapan tarif fee oleh bank atas suatu produk atau jasanya tidak banyak dipergunakan oleh tingkat fee yang diberlakukan oleh pesaing. Prinsip utama dari akad adalah keadilan antara pemberi modal dan pemakai modal. Walaupun keuntungan yang diperoleh dari jasa-jasa bank lainnya masih relatif kecil. Bank wajib merahasiakan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. namun mengandung suatu kepastian. JAWAB 4 : Rahasia bank adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai Nasabah Penyimpan dan Simpanannya. sebaliknya apabila nasabah sebagai peminjam. JAWAB 3 : Perbedaan kedua sistem tersebut terletak pada distribusi resiko usaha. Memberikan konstribusi yang cukup besar untuk peningkatan laba bank. Dalam jangka panjang sistem perbankan konvensional akan menyebabkan penumpukkan kekayaan pada segelintir orang yang memiliki kapital besar (Sjahdeini. resiko sepenuhnya berada ditangan peminjam. antara lain sebagai berikut : 1. Landasan sistem bagi hasil.Sumber utama untuk memperoleh fee antara lain berasal dari aktivitas jasa Perbankan. Pada sistem bunga. 4. balas jasa modal ditentukan berdasarkan persentase tertentu dan resiko sepenuhnya ditanggung oleh salah satu pihak.

3. sertifikat / surat berharga.Menawarkan berbagai layanan produk dan jasa kepada masyarakat dengan fungsi seperti menghimpun dana secara langsung dari masyarakat dalam berbagai bentuk. mengatur perkreditan. jual beli valuta asing / valas. 2.000. mengajukan pencetakan / penambahan mata uang rupiah dan lain sebagainya. . JAWAB 5 : Jenis-Jenis Bank : 1. . 4. menyediakan pembiayaan dengan prinsip bagi hasil.Melakukan kegiatan usaha konvensional atau melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah.. dan lain sebagainya. Bank Umum . menjual jasa asuransi.Melakukan kegiatan usaha konvensional atau melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah. jasa cek. 8. menerima simpanan masyarakat umum. dan lain sebagainya.000.Memiliki keterbatasan wilayah operasional dan dana yang dimiliki dengan layanan yang terbatas pula seperti memberikan kridit pinjaman dengan jumlah yang terbatas.000.000.(dua milyar rupiah). mengatur pengerahan dana-dana. mengatur perbankan. memberi kredit pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan. dimana perusahaan yang me-merger mengambil/membeli semua assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan yang memerger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau saham di perusahaan yang baru (Brealey. menjaga stabilitas mata uang.000. Myers. 5 . & Marcus.. AKUISISI. deposito berjangka. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) .(empat milyar rupiah) dan paling banyak Rp.000. Bank Sentral Bank sentral adalah bank yang didirikan berdasarkan Undang-undang nomor 13 tahun 1968 yang memiliki tugas untuk mengatur peredaran uang. KONSOLIDASI : Merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu. Bank sentral hanya ada satu sebagai pusat dari seluruh bank yang ada di Indonesia. tabungan. PENGERTIAN MERGER.pidana penjara sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun dan denda sekurangkurangnya Rp. penempatan dana dalam sbi / sertifikat bank indonesia. menerima penitipan barang berharga. jasa giro.

ALASAN MELAKUKAN MERGER. Perusahaan tidak memiliki resiko adanya produk baru. Pertumbuhan atau diversifikasi Perusahaan yang menginginkan pertumbuhan yang cepat. Selain itu. KONSOLIDASI : Ada beberapa alasan perusahaan melakukan penggabungan baik melalui merger maupun akuisisi. c.1999. Hal ini memungkinkan meningkatnya dana dengan biaya rendah. Setelah merger. perusahaan yang dibeli tetap ada. AKUISISI. Sinergi tampak jelas ketika perusahaan yang melakukan merger berada dalam bisnis yang sama karena fungsi dan tenaga kerja yang berlebihan dapat dihilangkan. tetapi dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi eksternal. Meningkatkan dana Banyak perusahaan tidak dapat memperoleh dana untuk melakukan ekspansi internal. Perusahaan pembeli juga akan mengambil baik aset maupun kewajiban perusahaan yang dibeli. f. e. pasar saham. jika melakukan ekspansi dengan merger dan akuisisi. Tingkat skala ekonomi terjadi karena perpaduan biaya overhead meningkatkan pendapatan yang lebih besar daripada jumlah pendapatan perusahaan ketika tidak merger. b. baik ukuran. Sinergi Sinergi dapat tercapai ketika merger menghasilkan tingkat skala ekonomi (economies of scale). tetapi berdasarkan dari tujuan memaksimisasi kesejahteraan pemilik. Definisi merger yang lain yaitu sebagai penyerapan dari suatu perusahaan oleh perusahaan yang lain. Melindungi diri dari pengambilalihan 6 . Meningkatkan likuiditas pemilik Merger antar perusahaan memungkinkan perusahaan memiliki likuiditas yang lebih besar. Konsolidasi adalah penggabungan badan usaha dengan cara mendirikan perusahaan baru untuk mengambil alih kekayaan bersih dua atau lebih perusahaan lain. Perusahaan tersebut menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi sehingga menyebabkan peningkatan daya pinjam perusahaan dan penurunan kewajiban keuangan. Dalam konsolidasi akan dibentuk perusahaan baru dan perusahaan terdahulu dibubarkan. maka pasar saham akan lebih luas dan saham lebih mudah diperoleh sehingga lebih likuid dibandingkan dengan perusahaan yang lebih kecil. d. Akuisisi adalah pengambil-alihan (takeover) sebuah perusahaan dengan membeli saham atau aset perusahaan tersebut. maka perusahaan dapat mengurangi perusahaan pesaing atau mengurangi persaingan. p. dapat menggabungkan diri dengan perusahaan yang memiliki manajemen atau teknologi yang ahli.598). perusahaan yang dibeli akan kehilangan/berhenti beroperasi. Pertimbangan pajak Perusahaan dapat membawa kerugian pajak sampai lebih 20 tahun ke depan atau sampai kerugian pajak dapat tertutupi. g. Perusahaan yang tidak dapat mengefisiensikan manajemennya dan tidak dapat membayar untuk mengembangkan teknologinya. Pada kasus ini perusahaan yang mengakuisisi akan menaikkan kombinasi pendapatan setelah pajak dengan mengurangkan pendapatan sebelum pajak dari perusahaan yang diakuisisi. maupun diversifikasi usaha dapat melakukan merger maupun akuisisi. Dalam hal ini perusahaan yang membeli akan melanjutkan nama dan identitasnya. Menambah ketrampilan manajemen atau teknologi Beberapa perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik karena tidak adanya efisiensi pada manajemennya atau kurangnya teknologi. Jika perusahaan lebih besar. Bagaimanapun merger tidak hanya dikarenakan keuntungan dari pajak. yaitu : a. Perusahaan yang memiliki kerugian pajak dapat melakukan akuisisi dengan perusahaan yang menghasilkan laba untuk memanfaatkan kerugian pajak.

dan membiayai pengambilalihannya dengan hutang. 7 .Hal ini terjadi ketika sebuah perusahaan menjadi incaran pengambilalihan yang tidak bersahabat. Target firm mengakuisisi perusahaan lain. karena beban hutang ini. kewajiban perusahaan menjadi terlalu tinggi untuk ditanggung oleh bidding firm yang berminat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful