P. 1
Jenis2 tambalan

Jenis2 tambalan

|Views: 38|Likes:
Published by Yani Yoeliani

More info:

Published by: Yani Yoeliani on Nov 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2012

pdf

text

original

Jenis - Jenis Tambalan Gigi

Saya perlu tambal gigi, ada tipe apa aja? Ada beberapa jenis tambalan yaitu : logam (Amalgam), sewarna gigi (Komposit), Emas dan Porselen Apakah ada resiko menambal dengan Amalgam? Merkuri yang berada dalam Amalgam tidak beracun karena telah dikombinasikan dengan beberapa material sebelum dijadikan tambalan . Hal tersebut melalui proses alami kimia sehingga tidak berbahaya. Hasil riset mengenai keamanan Amalgam telah dilakukan sejak lebih dari 100 tahun. Selama ini, tidak ada penelitihan yang dapat menemukan hubungan antara gangguan kesehatan dengan tambalan Amalgam. Amalgam tahan lama, kuat, dan telah digunakan selama lebih dari 150 tahun. Selain itu, tambalan ini lebih ekonomis karena dapat bertahan sekitar 15 ± 20 tahun. Biasanya tambalan ini digunakan untuk gigi bagian belakang yang berfungsi untuk mengunyah (geraham). Apa itu tambalan putih / Komposit? Tambalan Komposit sewarna dengan warna gigi dan terbuat dari bubuk gelas kuarsa, silica atau jenis keramik lain yang di tambahkan ke resin dasar. Dokter gigi akan memilih warna yang cocok dengan gigi Anda agar terlihat natural, namun kadang ± kadang dapat berubah warna dalam jangka waktu yang lama. Apa itu Gold Inlay & Onlay? Emas adalah tambalan yang paling tahan lama dan keras yang dapat bertahan selama bertahuntahun. Keuntungan dari emas adalah bahwa emas tidak termakan waktu dan sangat kuat. Salah satu perbedaan antara emas dan pengisi bahan-bahan lainnya adalah tambalan emas dibuat di laboratorium. Dokter gigi anda akan membuat cetakan dari lobang gigi bermasalah dan dikirim ke laboratorium untuk dibuatkan inlay atau onlay-nya. Sementara itu, gigi akan diberikan tambalan sementara. Setelah tambalah inlay/onlay emas sudah siap, dokter gigi anda akan memasangnya dengan menggunakan semen dental. Jenis tambalan ini biasanya lebih mahal. Apa itu Porcelain Inlay? Dokter gigi Anda sekarang sudah bisa menggunakan teknologi digital (CADCAM) untuk mendesain dan menyiapkan tambalan porselen yang pas hanya dengan 1 atau 2 kali kunjungan. Tambalan porselen ini juga dapat di buat di laboratorium, namun berarti membutuhkan setidaknya 2 kali kunjungan. Tambalan porselen sangat kuat dan tahan lama dan juga sewarna dengan gigi natural Anda. Namun demikian tambalan porselen ini relatif mahal. Dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai tambalan yang cocok dengan gigi saya? Dokter gigi Anda akan memberikan saran tambalan yang paling sesuai dengan kondisi gigi Anda.

Selalu tanyakan langkah sebelum perawatan dan waktu yang diperlukan .Diskusikan dengan dokter gigi Anda jika Anda menyukai jenis tertentu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->