BAGAIMANA PERGERAKAN NILAI TUKAR DAPAT MEMPENGARUHI KINERJA

Transaksi perdagangan internasional biasanya mengharuskan pertukaran satu maa uang dengan mata uang lain. Pada umumnya, nilai tukar antara suatu mata uang tertentu dan dolar AS berfluktuasi setiap hari. Ketika nilai tukar berubah, perusahaan – perusahaan AS yang terlibat perdagangan internasional akan terpengaruh. DAMPAK DARI DOLAR yang LEMAH TERHADAP IMPORTIR AS Asumsikan bahwa nilai dari pound (£) pada saat itu adalah $ 2,00. Jika suatu perusahaan AS membutuhkan £ 1.000.000 untuk membeli perlengkapan dari seorang pemasok Inggris, maka perusahaan tersebut akan membutuhkan. Jumlah $ yang dibutuhkan : (jml. £ yang dibutuhkan) x (nilai £) : £ 1.000.000 x $ 2,00 : 2.000.000 Bandingkan saat pounds mengalami apresiasi (penguatan dalam nilai terhadap dolar). Misal, asumsikan bahwa satu pounds setara dengan $ 2,02. Sekarang perusahaan AS tersebut membutuhkan $ 20.000 lebih banyak untuk memperoleh pound yang dibutuhkan. Sebagai akibatnya, biaya perlengkapan telah naik bagi perusahaan AS. Hal ini mengilustrasikan dolar yang lemah berdampak buruk bagi perusahaan AS. DAMPAK DARI DOLAR yang KUAT TERHADAP IMPORTIR AS Sekarang pertimbangan situasi dimana pounds mengalami deprestasi (melemah dalam nilai terhadap dolar), misalnya, asumsikan menjadi $ 2,.00 menurun menjadi $ 1,90 dalam bulan terakhir. Jika perusahaan AS memerlukan £ 1.000.000 maka perusahaan tersebut akan dapat membeli pound itu $ 100.000 lebih murah. Pembayaran perusahaan akan turun sebesar 5 %. Hal ini menjelaskan mengapa dolar yang kuat memiliki pengaruh yang menguntungkan terhadap perusahaan AS.

nilai pound sekitar $ 1. jadi Anda akan membayar sebesar $ 88.42. nilai dari pound sekitar $ 1. maka perusahaan Inggris tersebut dapat memperoleh dolar yang dibutuhkan dengan menukarkan sedikit pound. perusahaan tersebut mungkin mau membeli lebih banyak peralatan dari eksportir AS sehingga pendapatan perusahaan AS cesara otomatis akan naik.42 : $ 71. Jika eksportir AS ingin menerima pembayaran dalam dolar AS untuk peralatannya. biaya Anda meningkat sebesar $ 17 sekitar 24 %. karena nilai pound naik sekitar 24 % periode ini. DAMPAK dari DOLAR yang LEMAH terhadap EKSPORTIR AS. maka perusahaan Inggris harus terlebih dahulu menukar mata uangnya (pound). Pertimbangkan. ketika pound terdepresiasi. . Sebaliknya. maka biaya bagi importir akan naik sebesar 24 % selama periode ini. Jika eksportir Inggris meningkat mengenakan harga yang sama di bulan Agustus 2005 seperti di bulan Januari 2002. Sekarang pertimbangan dampak terhadap perusahaan AS yang mengimpor sejumlah besar produk dari Inggris. Eksportir AS cenderung memperoleh keuntungan dari dolar yang lemah karena harga produknya tidak mahal. Pada bulan Januari 2002.76 .00. Oleh karena itu. Jika dolar melemah. Sehingga dapat disimpulkan ketika pound teraprestasi maka jumlah dolar yang dibutuhkan meningkat. Pergerakan nilai tukar juga dapat memengaruhi perusahaan AS yang mengekspor produk ke negara lain. jadi Anda akan membayar sebesar : Pembayaran dalam dolar : (pembayaran dalam £) x (nilai tukar) : £ 50 x $ 1. bagaimana suatu perusahaan AS yang mengekspor peralatan ke perusahaan Inggris di pengaruhi oleh dolar yang lemah.00 Pada bulan Agustus 2005.DAMPAK AKTUAL dan PERGERAKAN NILAI TUKAR TERHADAP IMPORTIR AS Asumsikan bahwa jins dijual seharga 50 pound Inggris. Sebaliknya akan terjadi apabila dolar mengalami aprestasi. maka jumlah dolar yang dibutuhkan turun.

Dengan ini. Dengan cara ini. Lindung Nilai atas Pembayaran Masa Depan dalam Mata Uang Asing Suatu perusahaan merencanakan untuk membeli perlengkapan dari Inggris dan akan membutuhkan £ 1. Nilai tukar berjangka biasanya cukup dekat dengan nilai tukar spot (spot exchange rate). yang adalah nilai tukar yang dikutip untuk transaksi segera. maka perusahaan telah mengunci nilai tukar dimana perusahaan akan menukarkan mata uang di tanggal masa depan tersebut.000. tanpa memedulikan nilai tukar spot aktual yang terjadi. Lindung Nilai ata Piutang Masa Depan dalam Mata Uang Asing Perusahaan – perusahaan AS juga dapat melakukan lindung nilai ketika perusahaan memperkirakan akan menerima mata uang asing di masa depan. atau melindungi terhadap pergerakan nili tukar.LINDUNG NILAI terhadap PERGERAKAN NILAI TUKAR Perusahaan AS pada umumnya mencoba untuk melakukan lindung nilai (bedge).000 dalam waktu 90 hari. . Bank tersebut akan mengutip nilai tukar berjangka (forward rate) atau nilai tukar akan ditawarkan oleh bank tersebut untuk titik waktu tertentu di masa depan. Perusahaan AS dapat melakukan bedge paling efektif ketika perusahaan tersebut mengetahui secara spesifik berapa banyak mata uang yang diterima atau dibutuhkan pada tanggal tertentu di masa depan. Ketika perusahaan melakukan lindung nilai atas posisinya. perusahaan AS melakukan lindung nilai terhadap kemungkinan bahwa pound akan terdepresiasi. menyebutkan bahwa pertukaran mata uang akan terjadi pada nilai tukar tertentu pada titik waktu tertentu di masa depan. perusahaan AS melakukan lindung nilai terhadap kemungkinan nilai pound terapresiasi. Perusahaan itu dapat menghubungi bank komersial dan meminta untuk dibuatkan kontrak berjangka (forward contract).

Oleh karena itu. Oleh karenya. Jika mata uang asing terapresiasi terhadap dolar. Sehingga nilai tukar mempengaruhi persaingan asing. maka toko – toko tersebut mengonversi dolar yen Jepang. EKSPOSUR CC (College Health Club) TERHADAP KONDISI GLOBAL College Health Club (CHC) menjual layanannya secara lokal dan pesaingnya juga lokal. perusahaan AS seperti RCA dapat memperoleh lebih banyak bisnis AS. Tetapi Presiden CHC merencanakan untuk membeli suplemen vitamin dari Meksiko dan menjualnya di klub tersebut. Ketika menerapkan mark up. Jika yen Jepang terapresiasi.KETERBATASAN LINDUNG NILAI Keterbatasan utama dari lindung nilai adalah bahwa lindung nilai mencegah terjadinya dampak menguntungkan maupun yang tidak menguntungkan dari nilai tukar. Asumsikan bahwa toko – toko melakukan mark up atas harga dari setiap televisi sebesar 20 persen. maka toko – toko harus menaikkan harganya untuk TV Jepang. BAGAIMANA NILAI TUKAR MEMPENGARUHI PERSAINGAN ASING Byak perusahaan AS bersaing dengan perusahaan asing di pasar AS. RCA adalah perusahaan AS yang menjual televisi di pasar AS. kondisi global tidak memiliki dampak langsung terhadap bisnisnya. maka para pesaing asing menjadi tidak mampu bersaing di AS karena harga produk impor akan naik. sala satu contohnya Jepang. Sebagai contoh. laba CHC dari penjualan suplemen tersebut akan berkurang jika nilai peso naik. Ketika toko – toko ini membeli TV dari Jepang. . Oleh karena itu. maka toko – toko rintel akan membutuhkan dolar lebih banyak untuk membeli TV Jepang. Perusahaan tersebut bersaing dengan banyak pesaing asing yang mengeskpor televisi ke – AS.