P. 1
Penyakit Kusta

Penyakit Kusta

|Views: 197|Likes:
Published by FauziahMas'ud

More info:

Published by: FauziahMas'ud on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/21/2013

pdf

text

original

Penyakit Kusta Definisi : Istilah kusta berasal dari bahasa sansekerta, yakni kushtha berarti kumpulan gejala-gejala

kulit secara umum. Penyakit kusta disebut juga Morbus Hansen, sesuai dengan nama yang menemukan kuman yaitu Dr. Gerhard Armauwer Hansen pada tahun 1874 sehingga penyakit ini disebut Morbus Hansen. Sejarah : Pendapat kusta adalah penyakit menular yang menahun dan disebabkan oleh kuman kusta (Mycobacterium Leprae) yang menyerang saraf tepi, kulit dan jaringan tubuh lainnya. Penyakit ini sering kali menimbulkan masalah yang sangat kompleks. Masalah yang dimaksud bukan hanya dari segi medis tetapi meluas sampai masalah sosial, ekonomi, budaya, keamanan dan ketahanan nasional. Penyakit kusta bukan penyakit keturunan atau kutukan Tuhan. Penyakit ini diduga berasal dari Afrika atau Asia Tengah yang kemudian menyebar keseluruh dunia lewat perpindahan penduduk ini disebabkan karena perang, penjajahan, perdagangan antar benua dan pulau-pulau. Berdasarkan pemeriksaan kerangka-kerangka manusia di Skandinavia diketahui bahwa penderita kusta ini dirawat di Leprosaria secara isolasi ketat. Penyakit ini masuk ke Indonesia diperkirakan pada abad ke IV-V yang diduga dibawa oleh orang-orang India yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan agamanya dan berdagang. Penyebab Penyakit Kusta Penyakit kusta disebabkan oleh kuman yang dimakan sebagai

Tanda-tanda Penyakit Kusta Tanda-tanda penyakit kusta bermacam-macam. dimana microbacterium ini adalah kuman aerob. Epidemiologi Penyakit Kusta Cara-cara penularan penyakit kusta sampai saat ini masih merupakan tanda tanya. mycrobakterium leprae) yang menyebabkan penyakit menahun dengan menimbulkan lesi jenis granuloma infeksion. Syarat-syaratnya adalah harus dibawah umur 15 tahun. tidak membentuk spora. diluar masih dapat hidup 2±7 x 24 jam. b.microbakterium. berbentuk batang yang tidak mudah diwarnai namun jika diwarnai akan tahan terhadap dekolorisasi oleh asam atau alkohol sehingga oleh karena itu dinamakan sebagai basil ³tahan asam´. Tetapi ada yang mengatakan bahwa penularan penyakit kusta adalah: a. keduanya harus ada lesi baik mikoskopis maupun makroskopis. basil yang berasal dari sekret hidung penderita yang sudah mengering. Melalui sekret hidung. Yang diketahui hanya pintu keluar kuman kusta dari tubuh si penderita. tergantung dari tingkat atau tipe dari penyakit tersebut. yaitu: . yakni selaput lendir hidung. Selain banyak membentuk safrifit. Kontak kulit dengan kulit. agar dikenal oleh masyarakat awam. Di dalam tulisan ini hanya akan disajikan tanda-tanda secara umum tidak terlampau mendetail. dan adanya kontak yang lama dan berulang-ulang. terdapat juga golongan organism patogen (misalnya Microbacterium tubercolose.

medianus. hanya saja pengobatan mono terapi ini sering mengakibatkan timbul masalah resistensi. Dari hasil penelitian dibuktikan bahwa kuman kusta yang masih utuh bentuknya. aulicularis magnus seryta peroneus. Adanya pelebaran syaraf terutama pada syaraf ulnaris. Jadi . tetapi lamalama semakin melebar dan banyak. Kelenjar keringat kurang kerja sehingga kulit menjadi tipis dan mengkilat. memperhatikan hasil yang cukup memuaskan. hal ini disebabkan oleh karena : Dosis rendah pengobatan yang tidak teratur dan terputus akibat dari lepra reaksi Waktu makan obat sangat lama sehingga membosankan. nodul) yarig tersebar pada kulit Alis rambut rontok Muka berbenjol-benjol dan tegang yang disebut facies leomina (muka singa) Pengobatan Penyakit Kusta Pengobatan penyakit kusta dilakukan dengan Dapson sejak tahun 1952 di Indonesia. Adanya bintil-bintil kemerahan (leproma. lebih besar kemungkinan menimbulkan penularan dibandingkan dengan yang tidak utuh.Adanya bercak tipis seperti panu pada badan/tubuh manusia Pada bercak putih ini pertamanya hanya sedikit. akibatnya penderita makan obat tidak teratur Pencegahan Penularan Penyakit Kusta Hingga saat ini tidak ada vaksinasi untuk penyakit kusta.

Enam dari tujuh kasus kusta tidaklah menular pada orang lain d. Tetapi kita tidak dapat menyembuhkan kasus-kasus kusta kecuali masyarakat mengetahui ada obat penyembuh kusta. Disini letak salah satu peranan penyuluhan kesehatan kepada penderita untuk menganjurkan kepada penderita untuk berobat secara teratur. Ada beberapa obat yang dapat menyembuhkan penyakit kusta. Pengobatan kepada penderita kusta adalah merupakan salah satu cara pemutusan mata rantai penularan.faktor pengobatan adalah amat penting dimana kusta dapat dihancurkan. Sekurang-kurangnya 80 % dari semua orang tidak mungkin terkena kusta c. materi penyuluhan kusta kepada setiap orang. Makin panas cuaca makin cepatlah kuman kusta mati. Jadi dalam hal ini pentingnya sinar matahari masuk ke dalam rumah dan hindarkan terjadinya tempat-tempat yang lembab. dan mereka datang ke Puskesmas untuk diobati. ini tergantung dari suhu dan cuaca diluar tubuh manusia tersebut. Kuman kusta diluar tubuh manusia dapat hidup 24-48 jam dan ada yang berpendapat sampai 7 hari. sehingga penularan dapat dicegah. Diagnosa dan pengobatan dini dapat mencegah sebagian besar cacat fisik . Ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit kusta b. materi penyuluhan berisikan pengajaran bahwa : a. Kasus-kasus menular tidak akan menular setelah diobati kirakira 6 bulan secara teratur e. Dengan demikian penting sekali agar petugas kusta memberikan penyuluhan kusta kepada setiap orang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->