P. 1
Paper Pancasila

Paper Pancasila

|Views: 25|Likes:
Published by Marita Kurniasari

More info:

Published by: Marita Kurniasari on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2010

pdf

text

original

PENDAHULUAN

Bangsa Indonesia telah diajajah oleh bangsa asing, terutama belanda hingga mencapai 3,5 abad. Oleh karenanya, ketika Jepang kalah dalam Perang Dunia 2, melalui hancurnya kota Hiroshima dan Nagasaki Indonesia mendapatkan kemerdekaannya atas persetujuan Jepang, sebagai penjajah terakhirnya. Walaupun itu tak berarti Indonesia mendapatkan kemerdekaannya secara penuh, namun Indonesia telah memiliki tekad kuat untuk benar – benar mencapainya. Dengan rencana kemerdekaan ini, Bangsa Indonesia telah membentuk BPUPKI ( Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia ). Melalui BPUPKI, Ir. Soekarno menyampaikan istilah Pancasila pertama kalinya. Perumusan Pancasila dilakukan 2 kali karena adanya beberapa usulan , seperti usulan Muhammad Yamin ( tanggal 29 Mei 1945 ) mengenai isi Pancasila : 1. Ketuhanan 2. Kebangsaan 3. Kerakyatan 4. Kemasyarakatan 5. Keadilan Usulan ini dibahas di dalam BPUPKI oleh anggota panitia kecil ( 8 orang) maupun Panitia Sembilan ( 9 orang ) untuk mencapai kesepakatan yang menjadi dasar negara bagi negara Indonesia yang akan dibentuk. Ir.

1

Kebangsaan Indonesia 2. Internasionalisme atau Peri kemanusiaan 3. Panitia Sembilan berhasil menyusun Piagam Jakarta ( Jakarta Charter ) yang didalamnya terdapat rumusan Pancasila sebagai berikut : 1. Ketuhanan.Soekarno juga menyampaikan usulannya untuk Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang berisi : 1. sembilan tokoh yang duduk dalam panitia Sembilan mengadakan pertemuan untuk membahas pidato serta usul – usul mengenai asas dasar yang telah dikemukakan dalam sidang – sidang BPUPKI yang pertama. Setelah melalui pembahasan. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 2 . Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan 5. Mufakat atau Demokrasi 4. Ketuhanan Yang Maha Esa Pada tanggal 22 Juni 1945. Persatuan Indonesia 4. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk – pemeluknya 2. Kesejahteraan sosial 5. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3.

Pancasila adalah lima aturan tingkah laku yang penting sebagai pandangan hidup dan falsafah bangsa Indonesia. Maka. sehingga kerukunan di antara umat beragama harus dijaga dan dipelihara. Oleh sebab itu. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dimaksudkan agar setiap warga negara mengakui persamaan derajat. Dengan 3 . Pancasila merupakan sebuah fondasi bangunan. karena sebagai ideologi nasional menjadi dasar berdirinya Indonesia. hak. Karena Indonesia terdiri dari banyak agama ( yang diakui ada 5 ). Nilai – nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila memiliki bentuk penerapan dalam kehidupan masyarakat sehari – hari. Hal ini seharusnya diperhatikan serta dilakukan.PEMBAHASAN Pancasila terdiri dari kata panca yang berarti lima dan sila yang berarti dasar. dan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia. yang disahkan oleh PPKI ( Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ) tanggal 18 Agustus 1945. walaupun yang sering terlihat tidaklah demikian. Nilai Ketuhanan yang Maha Esa berarti agar setiap warga negara Indonesia beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing – masing sejalan dengan asas kemanusiaan yang adil dan beradab. ideologi ini harus kokoh agar Bangsa Indonesia mampu mengatasi berbagai persoalan.

martabat yang sama baik di depan hukum maupun negara. 1974) Musthafa Kamal Pasha. dan adat – istiadat yang berbeda. Pancasila Dasar Falsafah Negara. (Yogyakarta : Citra Karsa Mandiri. kepentingan negara harus selalu diutamakan. Oleh karena itu.2 Nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia agar masyarakat saling memupuk sikap saling menghormati dan bersikap adil terhadap sesama manusia. bahasa. dan kepentingan pribadi tidaklah menjadi batu sandungan atau penghalang demi mendahulukan kepentingan bersama. sehingga dalam menyelesaikan suatu persoalan harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat. maka seluruh warga negara bersama – sama akan mampu menegakkan dan memelihara kebersamaan yang dinamis serta selalu mengarah pada kemantapan yang lebih sempurna. Nilai Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan untuk menegaskan bahwa setiap warga negara mempunyai hak. kesatuan. selalu menjadi satu. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia merupakan suatu ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa – 1 2 Notonagoro.1 Nilai Persatuan Indonesia dibuat agar bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku. (Jakarta : Pantjuran Tujuh. derajat.menjunjung tinggi persamaan derajat. Dengan nilai ini diharapkan agar persatuan. Pendidikan Kewarganegaraan ( Civic Education ). 2002 ) 4 . hak. dan kewajiban. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perpecahan maupun perselisihan di antara masyarakat yang dapat mengganggu kestabilan negara.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa membuatnya menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila digunakan sebagai petunjuk atau pun pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Maka. Bangsa Indonesia menjunjung tinggi nilai kebersamaan. Pancasila merupakan jiwa bangsa Indonesia dimana Pancasila menjadi dasar ideologi bangsa Indonesia. karena mereka merupakan satu – kesatuan. sosial budaya. kekeluargaan. Nilai budaya yang merupakan sari dan puncak sosial budaya bangsa 2. Ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain Pancasila dijadikan sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia yaitu sebagai seperangkat prinsip – prinsip yang dijadikan dasar untuk memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan dan mengembangkan kehidupan nasional bangsa Indonesia. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia mempunyai fungsi dan peranan dalam memberikan kekuatan dinamika dan bimbingan kepada bangsa Indonesia mengenai : 1. yaitu bidang politik. dan pertahanan keamanan ( poleksosbud hankam ) serta memiliki nilai – nilai yang lebih baik dibandingkan dengan ideologi – ideologi yang sudah ada. Maka dari itu Pancasila tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan Pancasila sesuai dengan cita – cita. ekonomi. dan kepribadian bangsa. Pancasila merupakan nilai – nilai terpilih yang diyakini kebenarannya untuk 5 . berbangsa dan bernegara dan dalam berbagai bidang kehidupan. dan keseimbangan dalam segala bidang kehidupan.bangsa lain di luar sana. jiwa.

Jakarta : Pantjuran Tujuh. 6 . DAFTAR PUSTAKA Agus Dwiyono dkk. Notonagoro. Yogyakarta Citra Karsa Mandiri. Pancasila Dasar Falsafah Negara. Jakarta : Yudhistira. 2002. Pendidikan kewarganegaraan (Civic Education). 1974. Musthafa Kamal. 2007. Pasha. Kewarganegaraan.memberikan arah dan tujuan yang akan dicapai untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan sebagai pegangan agar tidak mudah terombang – ambing oleh keadaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->