Penyimpangan terhadap Nilai - Nilai Pancasila dalam Pemilu/kada di Indonesia dari Tahun 1955 - 2009

Reza Mega Ardhilia ABSTRACT Dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Setiap kegiatan penyelenggaraan negara harus berpedoman pada Pancasila. Sesuai dengan Pancasila sila keempat, Negara Indonesia adalah negara demokrasi yang artinya pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Pemilu/kada merupakan wujud dari adanya demokrasi. Pemilu/kada diselenggarakan oleh KPU/D. Tugas KPU sangat berat karena harus mengatur pelaksanaan pemilu secara demokratis. Di Indonesia, Pemilu pertama kali dilaksanakan pada tahun 1955 hingga tahun lalu,2009. Pelaksanaan Pemilu secara langsung oleh rakyat terjadi untuk pertama kalinya pada tahun 2004. Sepuluh kali Indonesia melaksanakan Pemilu bukan tanpa tantangan. Banyak permasalahan dan penyimpangan yang terjadi. Seperti ditemukannya ijazah palsu, korupsi, money politics, intimidasi, kampanye negatif, DPT ganda, tidak berhak tapi memilih, dan sebagainya. Hal- hal tersebut jelas melanggar nilai- nilai Pancasila terutama sila keempat dan menunjukkan inkonsistensi nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara serta lemahnya mental para pejabat. Untuk meminimalisir hal tersebut, perlu peran serta masyarakat untuk mengembangkan sikap saling jujur, menghargai pendapat, dan berpegang teguh pada Pancasila. Kata Kunci : Inkonsistensi Pancasila, Demokrasi, Pemilu, KPU, money politics, dan Korupsi.

Tanpa dasar negara maka negara tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas. kita harus berpedoman pada Pancasila tersebut. hal 6). Dasar negara kita. yakni : 1. 1994. bahkan di dunia pemilu sering diidentikkan dengan memiliki dasar negara. hal 74). Tidak terkecuali di bidang politik. Sebagian orang dewasa dapat ikut serta dalam proses pemilihan baik sebagai pemilih maupun sebagai calon untuk menduduki jabatan penting. Pelaksanaan politik di Indonesia berpedoman pada Pancasila. hal itu merupakan kebohongan belaka (Drs. 4. 2. Pengaturan yang mengorganisasi ´bargainning´ memperoleh dilaksanakan melalui untuk legitimasi pemilu klaim tersebut pemerintah bahwa mewakili kehidupan bernegara di berbagai bidang. adalah Pancasila. Legitimasi berdasarkan pemerintah rakyat. Sukarna. Pendahuluan Setiap negara di dunia pasti dalam suatu Negara.1. Pemimpin dipilih dengan interval yang teratur dan pemilih dapat demokrasi. Ada lima indikator bagi pemilu yang demokratis. Pemilu dalam Negara demokrasi merupakan syarat utama mengingat yang menamakan dirinya Negara demokrasi tapi tidak melaksanakan Pemilu. Dasar negara bagi suatu negara berfungsi untuk mengatur segala kegiatan penyelenggaraan symbol demokrasi (Bingham Powell. 3. Sekarang kesadaran masyarakat akan pentingnya demokrasi sangat tinggi. dimana disebutkan dalam sila keempat bahwa negara kita adalah ini negara yang kompetitif. Pemilu memiliki hubungan yang signifikan dengan kehidupan demokrasi . 2000. Hal tersebut dapat dilihat dari peran serta masyarakat dalam Pemilu baik yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. sehingga memungkinkan untuk timbulnya kekacauan (Suardi. Indonesia. Untuk itu dalam menjalankan pemerintahan di berbagai bidang. 1982).

satu wilayah (distrik pemilihan) memilih satu wakil tunggal (single ±member constituency). adil dan demokratis. Jumlah penduduk dalam distrik berbeda-beda dari satu negara dengan negara lain. satu wilayah (daerah pemilihan) memilih beberapa wakil (multiyang member jumlahnya penyelenggara penegakan mekanisme hukum atas pelanggaran yang terjadi dalam apakah pemilu.000 penduduk. pemilu. 12 Undang-Undang Tahun 2003 tentang Pemilu mampu menciptakan pemilu yang aman.000 penduduk. Artinya suara yang mendukung calon yang kalah dianggap hilang dan tidak dihitung lagi untuk membantu partainya di distrik lainnya. Sedang sistem proporsional. kelima hal di atas dapat terlaksana jika penyelenggara pemilu tersebut bebas dari intervensi pemerintah (M. negara dibagi dalam sejumlah distrik pemilihan yang kurang lebih hampir sama jumlah penduduknya. Pertama. sedang di India dapat alternatif (bukan calon tunggal). Sistem Pemilu. Malaysia dan Inggris. India. kebebasan berbicara. kita mengenal dua sistem pemilu dengan beberapa variasinya. Dalam sistem ini. misalnya satu distrik kira-kira mewakili 500. Sejalan dengan Nomor itu. Di Inggris. 2008). Gejala ini dinamakan ´the first past the post´. yaitu sistem distrik dan sistem proporsional (Drs. dan kebebasan berkumpul kebebasan pers.negara yang menganut sistem kepartaian ´dwi partai´. Dalam sistem ini. ditentukan atas dasar rasio tertentu. Sukarna. 5.000.memilih diantara beberapa constituency) atas dasar suara terbanyak (pluralitas). Sistem pemilu distrik sering dipakai oleh negara. Secara teoritis. hal 75).000 penduduk. Dalam sistem distrik. Pada umumnya. 1994. Terjaminnya seperti hak-hak dasar. Karena satu distrik hanya berhak atas satu wakil. maka calon yang memperoleh suara terbanyak dianggap menang. Ja¶far Nashir. ada tiga hal penting yang bisa dipakai sebagai indikator sukses±tidaknya yaitu pemilu sistem dan pelaksanaan pemilu. Paling tidak. seperti Amerika Serikat. . mencapai 2. misalnya satu wakil parlemen untuk 500.

dan DPD. dan adil dalam Negara Kesatuan berdasarkan inkonsistensi kita pada dasar negara. Pelaksanaan pemilu tersebut bukan tanpa rintangan. DPR. . (yang telah diselenggarakan 10 kali pemilu presiden dan wakil presiden. 1999. Kata demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti kekuasaan/pemerintahan (Sukarna. 10 Tahun 2008 pasal 1. A. Negara-negara yang menganut sistem ini adalah negara-negara dengan ´banyak partai´ seperti Nederland.suatu kesatuan administratif- 2. dan 2009 (Wikipedia bahasa Indonesia). dan untuk rakyat. Swedia dan Indonesia.1994. 1997. 1992. bebas. Italia. Sehingga demokrasi dapat diartikan pemerintahan dari rakyat. Menurut UU Republik Indonesia No. 1987. Pelaksanaan dari demokrasi itu telah dilakukan dari dahulu di berbagai daerah di Indonesia hingga Indonesia merdeka sampai sekarang ini. Sepanjang sejarah Indonesia. 1977. Pemilu Bahasan Pengertian dan Landasan Hukum pemerintahan (provinsi. Untuk itu penulis tertarik untuk mengambil yang bahasan terjadi tentang dalam Republik Indonesia Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. DPRD. 1971. 1982. oleh rakyat. Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara penyimpangan yang terjadi yang sudah pasti hal tersebut menunjukkan langsung. Pemerintahan yang Semua kewenangannya anggota pada rakyat. Jumlah suara yang diperoleh setiap partai menentukan jumlah kursi di parlemen. umum. jujur. yaitu pada tahun 1955. kabupaten/kota) dipakai sebagai daerah pemilihan. Pancasila. 2004. rahasia. hal 59). Demokrasi di penyimpangan pemilu/kada di Indonesia. Banyak masyarakat memenuhi syarat) diikutsertakan dalam kehidupan kenegaraan misalnya dalam aktivitas pemilu. artinya rasio perolehan suara antar partai sama dengan rasio perolehan kursi di parlemen.

Luber adalah singkatan dari langsung. Tahun 2004. B. hingga pelaksanaan pemilu. Tugas yang dilaksanakan KPU ini sangat berat yaitu mengatur pelaksanaan Pemilu agar dapat terlaksana secara demokratis. mulai dari seleksi bakal calon. umum. Sejak tahun 1955 Indonesia sudah melaksanakan Pemilu untuk memilih anggota DPR dan badan Konstituante (Wikipedia bahasa Indonesia). tetapi juga penyelenggara pemilu.negara Indonesia bersumberkan dari Pancasila dan UUD 1945 sehingga sering disebut dengan demokrasi Pancasila. ataupun tanpa ada diselenggarakan setiap lima tahun sekali oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) (UU No.pasal 4). suara kemudian Rahasia diberikan berarti musyawarah untuk mencapai mufakat. Sedangkan Jurdil singkatan dari jujur dan adil (UU No. Langsung berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan. Indonesia melaksanakan Pemilu secara langsung untuk pertama kalinya . persiapan kertas suara. Asas jujur dan adil mengikat tidak hanya kepada pemilih ataupun peserta pemilu. Pemilu di Indonesia menganut asas ³ Luber´ dan ³Jurdil´. Umum berarti pemilihan umum dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah pengistimewaan diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu (Wikipedia bahasa Indonesia).pasal 2). Sedangkan jujur mengandung arti bahwa pemilihan dalam Pemilu/kada di Indonesia Pemilu di Indonesia umum harus dilaksanakan sesuai dengan aturan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak dapat memilih sesuai dengan kehendaknya dan setiap suara pemilih memiliki nilai yang sama untuk menentukan wakil rakyat yang akan terpilih dan adil adalah perlakuan yang sama terhadap peserta pemilu dan pemilih. dan rahasia. bebas. Pelaksanaan dan Penyimpangan yang oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri.10 tahun 2008. dengan berpangkal tolak pada paham kekeluargaan dan kegotongroyongan. Demokrasi Pancasila berintikan memiliki hak menggunakan suara. Bebas berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.10 tahun 2008.

Disanasini masih ditemukan dalam banyak penyimpangan pelaksanaan pemilu/kada. uang. Cirebon. itu tidak menjalankan haknya untuk memilih maupun supaya ia menjalankan haknya dengan cara tertentu pada saat DPRD. dan Jambi pada tahun 2004 lalu (Sinar Harapan. berkampanye membawa anak ± anak di bawah umur. lalu adalah Indonesia Meskipun pemilihan umum (Wikipedia bahasa Indonesia). Itu tentunya sangat memprihatinkan sekali. Seandainya bagaimana calon dengan tersebut daerah lolos yang yang cukup banyak yang ia keluarkan untuk menjadi kepala daerah. Tahun kesepuluh melaksanakan 2009 kalinya Pemilu. anggota DPR. 152 caleg Riau. Sumatera Utara (Glori K.2009) dan masih banyak lagi daerah lainnya. Money politics adalah suatu bentuk pemberian atau janji menyuap seseorang baik supaya orang . Kalau cara awalnya saja sudah salah seperti itu. kampanye di luar jadwal atau bahkan tanpa ijin. Tidak hanya itu. Hal tersebut dapat kita lihat dari ditemukannya pemakaian ijazah palsu oleh bakal calon. seperti lima caleg kota Dumai. Penyimpangan lain yang sering terjadi Banyak adalah parpol masalah yang kampanye. pada saat memungkinkan terjadinya dipimpinnya jika pemimpinnya adalah orang yang bermental korup. Wadrianto. Ia akan memikirkan bagaimana caranya untuk mengembalikan uang seharusnya dijadikan pedoman. memasang atribut di luar ketentuan. seperti yang dilakukan oleh caleg di Yogyakarta.oleh rakyat untuk menentukan presiden dan wakil presiden. dan kepala daerah. tiga caleg Bekasi. DPD. dilakukan Praktik dengan politik cara uang pemberian demikian pelaksanaannya masih jauh dari nilai ± nilai Pancasila yang sembako. pasti dalam memimpin daerah nantinya ia tidak akan ikhlas. Hal itu sangat korupsi. Jadi rasional sekali jika untuk menjadi kepala daerah saja harus mempunyai banyak uang.2004). praktek money politics juga marak terjadi seperti di Tanjung Balai. Semarang. dsb kepada masyarakat dengan tujuan untuk menarik simpati masyarakat agar mereka memberikan suaranya untuk partai yang bersangkutan.

surat suara rusak. dan Solo pada tahun 2004 lalu (Sinar Harapan. Hal ± hal di atas sudah pasti menunjukkan adanya inkonsistensi nilainilai Pancasila dalam sila kehidupan keempat. Dalam pemilu/kada tentu ada pihak yang menang dan ada yang kalah.2004). Mereka menggunakan kekuasaannya hanya untuk menyenangkan diri sendiri. bahwa kita dapat menyimpulkan pelaksanaan pemilu dari periode ke periode tidak luput dari berbagai permasalahan dan . Tidak hanya itu. Wadrianto. Seringkali pihak yang kalah tidak dapat menerima kekalahannya dengan lapang dada sehingga dia akan mengerahkan massanya untuk mendatangi KPU/D setempat. penyimpangan juga dilakukan oleh KPUD Jakarta (2004) menghargai perbedaan. dan adanya kampanye negatif yang dapat mengarah pada munculnya fitnah (Glori K.Banten. bermasalah. dan dalam menggunakan hak pilih harus berdasarkan hati nurani. Jakarta. KPPS tidak memberikan undangan. Selain itu. Kesimpulan dan Saran Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan tadi. Hal itu sangat memprihatinkan. surat suara tertukar baik antardapil maupun tingkat provinsi seperti yang terjadi di Bali dan Nangroe Aceh Darussalam. DPT ganda. karena korupsi bagaimana adalah pun tindakan dengan dan bertentangan 3. intimidasi oleh oknum pegawai pemerintah bernegara terutama Pancasila yang sejak dulu kita sepakati sebagai dasar falsafah negara kita justru tidak kita hiraukan. memilih tidak di bilik suara atau bilik suara kurang bisa mengakomodasi asas rahasia. tidak berhak tapi memilih. saling jujur.2004). Hal itu membuktikan lemahnya kesadaran politik masyarakat. bentuknya pidana Pancasila. Kita jangan mau disogok. Kasus ± kasus yang pernah terjadi adalah pembakaran kantor KPUD di Sumatera. DPT yaitu korupsi dana pemilu. Bagaimana negara kita akan maju? Untuk itu perlu langkah serius dari berbagai elemen masyarakat untuk mengembangkan sikap saling terhadap warga agar mencoblos salah satu calon. permasalahan lain yang timbul antara lain. Dari situ kita dapat melihat rendahnya mental pejabat kita.

money politics. Ja¶far.com /Enam. Daftar Pustaka Drs. pelanggaran kampanye. Edisi Reformasi Nashir. MYS. Untuk itu kita perlu meminimalisir hal tersebut dengan cara mengembangkan sikap jujur. Kita harus menggunakan hak pilih secara bijaksana dan kepada semua pemimpin kepercayaan rakyat jangan lengah sedikit pun terhadap hal.penyimpangan terhadap Pancasila seperti korupsi.Pelanggaran Pemilu Merata di Daerah. Bangsa yang belajar adalah bangsa yang selalu berbenah diri setiap waktu. Pelanggaran Pemilu 205 Kasus. Bandung: Mandar Maju Damanik.(http://regional. 1994.205. Enam Kasus Pelanggaran Pemilu Sudah P21.sinarharapan. Sukarna.Pemil u. M. (on line). 2004 .Pemilu. Pengantar Ilmu Politik. 2009. Saran yang dapat Tahun 2004. melainkan bangsa Indonesia sendiri. Yogyakarta: Paradigma. saling menghargai pendapat. 1981. 2008.S.P21 diakses 22 Oktober 2010) direkomendasikan yaitu kita sebagai warga Negara Indonesia wajib berperan serta aktif dalam berbagai kegiatan kenegaraan seperti dalam pelaksanaan pemilu.kompas. Karena yang dapat menjamin hak menentukan nasib Indonesia. bukan Ina. (http://www. Jakarta:Kompas orang lain. ijazah palsu. Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2004.co. Drs.Kasus diakses 22 Oktober 2010) M. dsb. (http://nasional.Pelanggaran.com/Pela nggaran.hal yang dapat mengeruhkan kepentingan nasional kita. Jakarta:Gramedia.kompas. dan tetap berpegang teguh pada Pancasila. Dasar-dasar Ilmu Politik. 2004. 2009. Budiardjo. . Pendidikan Pancasila.Sudah. H.Kasus. Caroline. Kaelan. (on line). (on line).id/berita/na s10 diakses pada 22 Oktober 2010) Miriam.

dpd.dkk.go. (http://id.go. (http://id. (on line). Pemilihan Umum di Indonesia. Jakarta:Yudhistira. Abubakar. Pemilu Gugatan Penyimpangan dalam lihan_umum_di_Indonesia diakses 22 Oktober 2010 ) Dibenarkan UU. Politik Uang.com/jou rnal/item/8 diakses 22 Oktober 2010) Wikipedia bahasa Indonesia.kapanlagi.(on line). 2009. (http://www.(http://nashir6768.multiply.10 tahun 2008. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 SMU.org/wiki/Polit ik_uang 2010) diakses 22 Oktober .wikipedia. 2000. UU No. (on line).wikipedia.com/huku m-kriminal/gugatanpenyimpangan-pemiludibenarkan-dalam-uu ) Suardi.org/wiki/Pemi Riz. (diakses pada 22 Oktober 2010 di http://berita.id/dpd. (on line).id/p eraturan_uu/ diakses 22 Oktober 2010) Wikipedia bahasa Indonesia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful