Hakikat manusia Pembahasan utama hakikat manusia A. apa unsur dominan manusia itu ?

-Dalam ajaran islam bahwa unsur dominan bagi manusia atau Unsure jasmaniah dan unsure rohaniah. Firman Allah S.W.T (Qs.shaad.71-72) B.Dari segi kejadian manusia ! - kejadian manusia menurut Al-Qur’an di jelaskan sebagai Berikut.(Qs.AL-mukminun.12-14) C.dari segi perkembangan manusia ! - 1.Aliran Nativisme Perkembangan pribadi seseorang di tentunkan oleh faktor Internal atao factor here ditas yaitu factor kodrat. Tokoh schopenhour(1788-1860) 2. Aliran emperisme Pekembanga manusia di tentukan oleh faktor eksternal. Faktor dari luar atau lingkungan dimana pa berada. Terutama faktor ajar atau didikan.tokoh john locke. 3.Aliran konvergensi Perkembangan manusia disamping ditentukan oleh factor Interna Atau pembawaan di tentukan pula oleh factor eksternal berupa didikan dan pengalaman.tokoh William stern (18711983) D.Teori fitra -pribadi manusia ditentukan oleh factor internal yang baik dan Factor ekstenal. .teori fitra berpangkal pada (Qs.Al-A’raf 172) (Qs.Ar-Rum 30) Kesimpulan: Fisafat antropologi metafisika berkesimpulan bahwa hakikat Manusia adalah adanya integritas antara kesadaran:sbb: 1.manusia sebagai makhluk individual 2.manusia sebagai makhluk sosial 3.manusia sebagai makhluk susila (M.Noor syam-1986:168)

Tujuan hidup manusia(suritauladan) . .demikian juga agar mendapatkan pokok hidupnya sebagai (khalifah)secara signifikat dan dapat mencapai tujuan pokok dalam hidupnya (ridha Allah.Dari tugas.fungsi dan tujuan hidup ? -1 tugas hidup manusia 2fungsi hidup manusia 3.Al Hasil -hakikt manusia merupakan tugas pokok hidupnya (ibadah)secara Benar .E.kebahagiaan hidup didunia dan akhirat).

plato 429-347 SM Realitas ini terdiri atas dunia real .namun manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang telah didapatkannya.Manusia pencari kebenaran Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna manusia dikaruniai budi sehingga mampu memahami. Kesimpulan: Kebenaran itu datang dari sang pencipta yang diturunkan pada manusia melalui sifatnya yang tidak puas .karena kebenaran itu menunjukan jalankepada kebaikan untuk kehidupan berikutnya.kebeneran itu suatu hal yang baik kita miliki dan amalkan untuk mencapai kebahagiaan nantik dan agar manusia selamat .dan dunia ideal. Manusia dilahirkan ke muka bumi ini sebagai khalifah atau pemimpin bagi alam semesta.mengerti dan memecahkan persoalan-persoalan yang ada disekitarnya.portagoras 481-411 SM Manusia merupakan tolak ukur segala sesuatu oleh karenanya kebenaran terngantung manusianya. 3.yang berkuasa atau pun rakyat jelata. Apa kebenaran itu ? Manusia dengan budinya melakukan aktifitas untuk kebenaran.yang pandai atau yang bodoh.pertanyaan-pertanyaan ini muncul sejak manusia bisa berbicara dan dapat mengungkapkan isi hatinya.socrates 470-399 SM Mencari kebenaran dengan metode dialektika (Tanya jawab). Sebenarnya kebenaran itu apa? Beberapa ahli menjawabnya seperti di bawah ini : 1.sudah menjadi fitrah bagi manusia yang hidup di atas muka bumi ini baik laki laki maupun perempuan . 2.yang kaya atau yang miskin.pejabat maupun rakyat kecil .kesemuanya ingin mencari kebenaran.jasmani.

t bermaksud menguji dan memberi penghormatan sekaligus wewenang yang dianugrahkan oleh Allah kepada nabi Adam dan anak cucunya.amin syukur: 1.Manusia sebagai khalifatullah Pengertian khalifah: -khalifah: seseorang yang menjalankan pemerintahan sebagai pengganti nabi -khalifah pada mulanya berati menggantikan atau yang datang sesudah siapa yang datang sebelumnya. Kesimpulan. . -Tugas kekhalifahan manusia menurut M.pandai mengambil keputusan saat sulit . shad:26) 3.Motivator dinamisator pembangunan -Bekal kekhalifahan M. memakmurkan bumi 2.peka hal perkembangan -tngkas berfikir dan bertindak dalam momentum dan cermat menghitung.kesanggupan meneladani tuhan -konsep kepemimpinan islam -setiap muslim adalah pemimpin -pemimpin merupakan kebudayan bahkan keharusan bagi setiap Komunis -karakterikrik pemimpin ideal islam : -mempunyai pandangan kemuka .kemampuan intelektual 2.Amin syukur: 1.mempunyai kemampuan teknis 5.pengembangan diri dan berkomunikasi 4. kreatifitas tinggi 3.menegakkan kebenaran dan keadilan (Qs.w. Manusia sebagai khalifah merupakan sunnatullah yang mempunyai tugas ibadah kepada Allah swt.Allah S.Dengan status khalifah yang ada pada diri manusia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful