BAB I

Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masuknya agama-agama besar seperti Hindu, Budha, Islam di Indonesia menandai dimulainya kehidupan beragama pada masyarakat. Bagaimana agama merubah kehidupan dan pandangan masyaraat dapat dilihat pada sistem sosial-ekonominya. Penyelenggaraan perdagangan di kota-kota pelabuhan menimbulkan komunikasi terbuka, sehingga terjadi mobilitas sosial baik horisontal maupun vertikal serta perubahan gaya hidup dan nilai-nilai. Tidak lama kemudian Islam masuk ke Indonesia dan menguasai perdagangan internasional. Di lain pihak kekuasaan pusat dengan agama Hindu-Budha mengalami kemerosotan bersamaan dengan disintregasi politik dan degenerasi kultural. Akibatnya terciptalah kondisi yang baik bagi suatu perubahan. Dalam politik juga kemudian lahir kerajaan-kerajaan Islam. Sebelum negara Indonesia terbentuk pada 17 Agustus 1945, bentuk pemerintahan adalah kerajaan-kerajaan. Awal abad ke-16 bangsa Eropa seperti Belanda mulai masuk ke Indonesia dan terjadilah perubahan politik kerajaan yang berkaitan dengan perebutan hegemoni. Kontak dengan bangsa Eropa telah membawa perubahan-perubahan dalam pandangan masyarakat yaitu dengan masuknya paham-paham baru, seperti liberalisme, demokrasi, nasionalisme. Hingga sampai akhirnya Indonesia dapat menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan bersatu untuk merdeka. Sebagai tindakan lanjut dari janji Kaisar Hirohito yang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia maka dibentuklah suatu badan yang bertugas

Mr. Selanjutnya Ir. Kesejahteraan sosial. Kemanusiaan yang adil dan beradab. Hatta. Ketuhanan yang berkebudayaan. Pada sidang pertama BPUPKI (29 Mei – 1 Juni 1945) dengan pembicaranya adalah Mr. yaitu fundamen. Soekarno. Mereka semua berpidato guna membahas tentang rancangan usulan dasar negara. Moh.menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia yang dikenal dengan nama BPUPKI. Yamin. Pancasila sebagai dasar falsafah negara tidak boleh menjadi ideologi yang beku sehingga seluruh komponen bangsa terutama para intelektual muda dapat memberikan ide-ide baru dan kreatif untuk merevitalisasi Pancasila dalam realitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Musyawarah mufakat perwakilan. dan Ir. Soekarno mengusulkan bahwa dasar bagi Indonesia merdeka itu disebut Pancasila. yaitu: Kebangsaan. . Kemanusiaan. Drs. dasar bagi Indonesia merdeka adalah dasarnya suatu negara yang akan didirikan yang disebutnya philosophische gronsag. alinea keempat dalam rumusan dasar negara sebagai berikut: 1. 2. Muh. jiwa dan pikiran yang sedalam-dalamnya yang di atasnya akan didirikan gedung Indonesia yang merdeka. Panitia sembilan bersidang tanggal 22 Juni 1945 dan menghasilkan kesepakatan yang dituangkan dalam Mukadimah Hukum Dasar. Soepomo. Ketuhanan dengan berkewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemelukpemeluknya. Menurut Soekarno dalam pidatonya. Setelah sidang tersebut dibentuklah panitia kecil yaitu panitia sembilan. filsafat.

Sidang kedua ini juga berhasil menentukan bentuk negara Indonesia yaitu Republik. akhirnya Soekarno-Hatta bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 atas nama bangsa Indonesia. 5. Seiring dengan kekalahan Jepang. 4. Di dalam aturan tersebut dinyatakan pembentukan KNIP yang bertugas membantu presiden. Soekarno dan Moh. Pada sidang tersebut juga menetapkan Ir. Yamin mempopulerkan kesepakatan tersebut dengan nama Piagam Jakarta.3. Persatuan Indonesia. Moh. dibentuklah PPKI yang bertugas melanjutkan tugas BPUPKI. Pada sidang kedua BPUPKI tgl 10 Juli 1945 dibicarakan mengenai materi undang-undang dasar dan penjelasannya. Sehari setelah Indonesia merdeka. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanan dalam permusyawaratan/perwakilan. Seiring berjalannya waktu. . Selanjutnya sidang tersebut juga membicarakan rancangan aturan peralihan.Hatta sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia. para pemuda mendesaak agar kemerdekaan dilaksanakan secepatnya tanpa menunggu janji Jepang. Dalam sidang tersebut terdapat perubahan yang telah dilakukan yaitu perubahan pada sila pertama (tujuh buah kata dihilangkan dan diganti dengan kata-kata Yang Maha Esa) dan beberapa perubahan pada rancangan UUD. Pada saat itu juga Pembukaan UndangUndang Dasar dan pasal-pasal UUD disahkan menjadi Undang-Undang dasar negara Republik Indonesia. PPKI mengadakan sidang pertamanya.

. Berdasarkan kenyataan tersebut di atas gerakan Reformasi berupaya untuk mengembalikan kedudukan dan fungsi Pancasila yaitu sebagai dasar Negara Republik Indonesia. menganalisis bukti-bukti tertentu untuk memperoleh fakta dan kesimpulan yang kuat. XXVIII/MPR/1998 disertai dengan pencabutan P-4 dan sekaligus juga Pencabutan Pancasila sebagai salah satunya asas bagi Orsospol di Indonesia. 1. Ketetapan tersebut sekaligus juga mencabut mandate MPR yang diberikan kepada Presiden atas kewenangannya untuk membudayakan Pancasila melalui P-4 dan asas tunggal Pancasila. dibatasi dan di manipulasi demi kepentingan politik penguasa pada saat itu.1. Monopoli pancasila demi kepentingan kekuasaan oleh penguasa inilah yang harus segera di akhiri. diundangkan dalam Berita Republik Indonesia tahun II No.7 bersama – sama batang tubuh UUD 1945. yang hal ini direalisasikan melalui Ketetapan Sidang Istimewa MPR tahun 1998 No.2 Pengertian Pancasila adalah dasar filsafat Negara republik Indonesia yang secara resmi di sahkan oleh PPKI pada tanggal 18 agustus 1945 dan tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Dalam menyusun makalah ini penulis menggunakan metode study literatur yaitu dengan cara mengumpulkan.3 Metode Penulisan Metode pengumpulan data yaitu suatu cara pengumpulan suatu bahan untuk dijadikan suatu makalah/laporan agar data yang terkumpul mampu memberikan penegasan pada makalah tersebut. Dimana pengumpulan data diperoleh dari berbagai macam sumber sebagai bahan untuk dijadikan suatu makalah. Dengan lain perkataan dalam kedudukan yang seperti ini Pancasila tidak lagi di letakkan sebagai dasar Filsafatserta pandangan hidup Bangsa dan Negara Indonesia melainkan di reduksi. Dalam perjalanan sejarah eksistensi Pancasila sebagai dasar Filsafat Negara Republik Indonesia mengalami berbagai interpretasi dan manipulasi politik sesuai dengan kepentingan penguasa demi kokoh dan tegaknya kekuasaan yang berlindung di balik legitimasi Ideologi Negara Pancasila.

Sejarah perjuangan dan berdirinya bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya berjalan sejak sekian abad yang lalu. Nilai-nilai tersebut kemudian diangkat dan drirumuskan secara formal oleh para pendiri negar untuk dijadikan sebagai dasar filsafat Negara Indonesia. sehingga bangsa Indonesia sebagai kausa materialis pancasil. sehingga materi pancasila yang berupa nilai-nilai tersebut tidak lain adalah dari bangsa Indonesia sendiri. nilai-nilainya telah ada pada bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum bangsa Indonesia mendirikan Negara. kebudayaan serta nilai-nilai religius. maka perlulah ditetapkan tonggak-tonggak sejarah tersebut. . a. Masa Kejayaan Nasional 1. Nilai-nilai tersebut telah ada dan melekat serta teramalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pandangan hidup. Proses perumusan pancasila secara formal tersebut dilakukan dalam sidang-sidang BPUPKI pertama. Karena sejarah perjangan bangsa Indonesia sejak berabad-abad yang lalu itu panjang sekali. A. terutama dalam hubungannya dengan pancasila.”9” sidang BPUPKI kedua.BAB III Pembahasan Pancasila sebagai dasar Negara RI sebelum di sahkan pada tanggal 18 agustus 1945 oleh PPKI. Kerajaan Sriwijaya terkenal sebagai kerajaan nasional pertama di Indonesia di bawah dinasti Syailendra dengan rajanya yang terkenal Balaputradewa.dengan itu sejarah perjuangan bangsa Indonesia mempunyai hubungannya dengan sejarah lahirnya pancasila. serta akhirnya di sahkan secara YURIDIS sebagai dasar filsafat Negara Republik Indonesia.tonggak sejarah itu dapat kita ikhtisarkan sebagai berikut. Kerajaan Sriwijaya berhasil menjadi kerajaan besar karena factor berikut. Sriwijaya merupakan persinggahan dan pusat lalu lintas antara India dan Cina. yakni peristiwa-peristiwa yang menonjol. Sumatera Selatan ( Muara Sungai Musi). yang berupa nilai-nilai adat istiadat. Masa Kerajaan Sriwijaya (620-1270) Kerajaan Sriwijaya berdiri pada abad ke-7 dengan raja pertama Sri Jayanegara dn berpusat di Palembang.dengan pelbagai cara dan bertahap.

namun lama-kelaman mulai menunjukan peranannya dalam bidang perdagangan yang meningkat menjadi praktek penjajahan misalnya Malaka pada tahun 1511. . Pada buku Sutasoma karangan Empu Tantular terdapat istilah Pancasila dengan makna persatuan nasional yaitu Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrua artinya walaupun berbeda namun satu jua. Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat. Dengan surutnya kerajaan Sriwjaya. Pada awalnya bangsa portugis berdagang. Hal itu disebabkan pada oleh adanya perpecahan melalui perang saudara diantara keluarga dinasti Syailendra. Sumpah palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada berisi cita-cita mempersatukan seluruh nusantara raya. Sriwijaya sebagai pusat pendidikan dan penyebaran agama Buddha. wilayah kekuasaan Majapahit semasa jayanya itu membentang dari semenanjung melayu sampai Irian barat melalui Kalimantan Utara. kebesaran Sriwijaya mulai surut. Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dan pusat perdagangan di Asia Tenggara c. d. munculah kerajaan kecil dimana-mana. Kerajaan Majapahit mempunyai nilai hubungan bertetangga dengan baik dan nilai musyawarah mufakat yang dilakukan oleh sistim pemerintahannya. Praktek VOC penuh dengan paksaan sehingga mendapatkan perlawanan dari rakyat dan kerajaan-kerajaan. Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah Setelah Majapahit runtuh pada abad XVI maka berkembanglah agama islam dan kerajaan islam seperti Demak dan mulailah berdatangan orang eropa yang ingin mencari rempah-rempah. Perselisihan dan perang saudara pada permulaan abad XV membuat kerajaan Majapahit berangsurangsur mulai memudar dan akhirnya mengalami keruntuhan B. Penghisapan mulai memuncak ketika belanda menerapkan system monopoli melalui tanam paksa (18301870) dengan memaksakan beban kewajiban terhadap rakyat. pada akhir abad ke XVI bangsa Belanda datang ke Indonesia dengan mendirikan suatu perkumpulan dagang yang bernama VOC (Verenigde Oost Indische Compaignie).b. Memasuki abad ke-11. Masa Kerajaan Majapahit (1293-1520) Pada tahun 1293 berdirilah kerajaan Majapahit di bawah pemerintahaan raja Hayam Wuruk dengan Majapatih Gajah Mada yang dibantu oleh Laksamana Nala. 2.

ketika dibawah kekuasaan Iskandar Muda. 3. mereka berjuang dengan gigih melawan Portugis. Perjuangan Sebelum Abad XX Sejak kedatangan bangsa Portugis pada abad ke-XV. karena terlalu cintanya sang Sultan dengan istrinya.Sumatera Timur. Aceh merupakan salah satu bangsa di pulau Sumatra yang memiliki tradisi militer. Raden Patah menyadari bahaya yang mengancam dari Maluku yang telah jatuh ke tangan Partugis pada tahun 1521. pada tahun 1531. Dalam kesempatan lain Portugis mengincar pulau Jawa. Pati Unus. Konon. Oleh karena itu Sultan membangun Gunongan untuk mengubati rindu sang puteri. Perjuangan Rakyat Demak Sejak semula Raja Demak. putra Raden Patah menyerang Malaka tetapi gagal karena persenjataan dan kekuatan armada kapal Demak tidak seimbang dengan Potrugis. Perlawanan Rakyat Aceh Aceh merupakan negeri yang amat kaya dan makmur pada masa kejayaannya. Kabarnya. kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau. ketenangan perdagangan di Indonesia sempat terganggu. Sultan memerintahkan pembangunan Gunongan di tengah Medan Khayali (Taman Istana) sebagai tanda cintanya. Portugis berdagang dengan system monopoli dan membuat peraturan – peraturan yang sangat merugikan para pedagang di Selat Malaka. yang meliputi wilayah Sumatra dan Semenanjung Melayu. hingga Perak di semenanjung Malaysia. Perlawanan rakyat pun mulai timbul. Hingga saat ini Gunongan masih dapat disaksikan dan dikunjungi. seperti Banten. dan Cirebon untuk menghadapi Portugis dan menghalaunya kembali ke Malaka.1. Putri ini dikenal dengan nama Putroe Phang. dan Ternate. Sunda Kelapa. . 2. terutama di Demak. tetapi Demak berusaha keras menghalaunya dan berusaha mempersatukan kerajan – kerajaan pantai utara Jawa. dan pernah menjadi bangsa terkuat di Selat Malaka. Aceh. Menurut seorang penjelajah asal Perancis yang tiba pada masa kejayaan Aceh di zaman Sultan Iskandar Muda Meukuta Perkasa Alam. Sultan Iskandar Muda kemudian menikah dengan seorang putri dari Kesultanan Pahang. sang puteri selalu sedih karena memendam rindu yang amat sangat terhadap kampung halamannya yang berbukit-bukit.

a. Kebangkitan Nasional Latar belakang lahirnya pergerakan Nasional Indonesia Kebangkitan Nasional adalah Masa dimana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan. Kerajaan Islam Malaka ini maju pesat sampai pada tahun 1511 ketika Portugis dibawah pimpinan Afonso d'Albuquerque dengan armadanya menaklukan Malaka. Dan di bawah pimpinan Sultan Baabullah. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrarSumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Yang diteruskan oleh Sultan Salahuddin (1528-1537). Kesatuan. Pergerakan bangsa Indonesia melalui organisasi modern (politik) baru tumbuh mulai tahun 1908. yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Portugis terdesak lalu menawarkan perdamaian dan mengajak Sultan Hairun berunding di benteng Portugis. Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli. Sultan Alauddin Riayat Syahal Kahar (1537-1568). Ketika Malaka jatuh ke tangan Portugis. rakyat Ternate menentang dan melawan Portugis. Perjuangan .Ketika Kesultanan Samudera Pasai dalam krisis.Dalam perundingan itu Sultan Hairun dikhianati dan dibunuh. 4. kembali Aceh bangkit dibawah pimpinan Sultan Ali Mughayat Syah (1514-1528). Sultan Seri Alam (1576. rakyat Maluku pun menghantam Portugis dan mengusirnya dari Ternate. Sultan Iskandar Muda. putra Sultan Hairun. maka Kesultanan Malaka yang muncul dibawah Parameswara (Paramisora) yang berganti nama setelah masuk Islam dengan panggilan Iskandar Syah. Yang kemudian dianggap sebagai hari Kebangkitan Nasional. gelar marhum mahkota alam (1607-1636). C. Semua serangan yang dilancarkan pihak Portugis dapat ditangkisnya. Perlawanan Rakyat Ternate Di bawah pimpinan Sultan Hairun. Sultan Ali Riyat Syah (1568-1573). yaitu saat didirikannya Budhi Utomo sebagai organisasi modern pertama di Indonesia. dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Sultan Muda (1604-1607).

Kegiatan utamanya ditujukan pada bidang pendidikan dan budaya. KH Ahmad Dahlan mendirikanMuhammadiyah (Yogyakarta) dan Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang. . menulis Als ik eens Nederlander was (Seandainya aku orang Belanda). Pada tahun ini juga Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (Solo). 20 Juli 1913 yang memprotes keras rencana pemerintah Hindia Belanda merayakan 100 tahun kemerdekaan Belanda di Hindia Belanda. Wahidin Sudirohusodo. tetapi karena "boleh memilih". keduanya dibuang ke Negeri Belanda. c. antara lain Sutomo. Di sana Suwardi justru belajar ilmu pendidikan dan dr. Budhi Utomo mengadakan kongres pertama di Yogyakarta dan menghasilkan keputusan: a. Ruang geraknya hanya di Jawa dan Madura. Tanggal berdirinya Boedi Oetomo. Saat ini. Suwardi Suryaningrat yang tergabung dalam Komite Boemi Poetera. Pelopor Budhi Utomo Dr. dan Gunawan Mangunkusumo pada tanggal 20 Mei 1908 di Jakarta. Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat dihukum dan diasingkan keBanda dan Bangka. Suradji. dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. b. Pada bulan Oktober 1908. Budhi Utomo tidak ikut kegiatan politik. Didirikan oleh para mahasiswa Sekolah Dokter Pribumi. Tjipto karena sakit dipulangkan ke Hindia Belanda. b.Budhi Utomo Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa. Selanjutnya pada 1912 berdirilah Partai Politik pertama Indische Partij. Bentuk dan strategi organisasi pergerakan Nasional dalam menghadapi Kolonialisme 1. 20 Mei. Karena tulisan inilah dr.yang dimulai sejak tahun 1908 tersebut mencapai penugasan pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

Hidup menurut perintah agama. tapi juga dalam bidang lain seperti politik. Beberapa sejarawan menganggap kelahiran SI pantas dijadikan tolak ukur awal dalam pergerakan Indonesia selanjutnya. persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. tapi dalam kegiatannya SI menaruh perhatian besar terhadap unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan . 4. dapat disimpulkan tujuan SI adalah sebagai berikut: 1. Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha. Sarikat Islam Sarekat Islam (SI) adalah sebuah organisasi perdagangan berlandaskan hukum Islam.T. Tujuan dari SI awalnya adalah melawan dominasi pedagang asing dan keturunan dengan nama Sarekat Dagang Islam (SDI).Dalam kongres yang pertama R. Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim. Tujuan SI adalah membangun persaudaraan. Walaupun dalam anggaran dasarnya tidak terlihat adanya unsur politik. 2. 2. Mengembangkan jiwa dagang. oleh pimpinannya yang baru Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Selanjutnya keadaan politik dan sosial mendukung SI menjadi organisasi yang tampil di perpolitikan. maka SDI berubah nama menjadi SI atau Sarekat Islam. rakyat. awalnya Gubernur JendralIdenburg menolak. SI adalah salah satu organisasi kebangsaan di Indonesia. 5. Pada waktu SI mengajukan diri sebagai Badan Hukum. Tirtokusumo. Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi. 3. Pada tahun 1912. Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam.Bupati Karang Anyar terpilih sebagai ketua dan Yogyakarta ditetapkan sebagai pusat organisasi. Badan Hukum hanya diberikan pada SI lokal. Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. nama SDI diubah menjadi Sarekat Islam (SI). Jika ditinjau dari anggaran dasarnya.

Indische Partij Indische Partij adalah partai politik pertama di Hindia Belanda. Douwes Dekker. penolakan dikeluarkan oleh Gubernur Jendral Idenburg sebagai wakil pemerintah Belanda di negara jajahan. seorang anggota pengurus besar Insulinde. Soleiman di Boyolali. Indische Partij. Artinya SI memiliki jumlah anggota yang banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda. Lebih dari itu terdapat pula beberapa tokoh yang sangat berpengaruh di masyarakat: R. Partai ini berusaha didaftarkan status badan hukumnya pada pemerintah kolonial Hindia Belanda tetapi ditolak pada tanggal 11 Maret 1913. yaitu E. Jayadiningrat (saudara Bupati Serang) di Serang. Suwardi Suryaningrat. dan sebagian besar anggotanya berkumpul lagi dalam Serikat Insulindedan Comite Boemi Poetera. Setelah pemerintah memperbolehkan berdirinya partai politik. Alasan penolakkannya adalah karena organisasi ini dianggap oleh pemerintah kolonial saat itu dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan bergerak dalam sebuah kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda. Kongres Pemuda.Sumpah Pemuda 1928 a. di antaranya dr.M. Pada tahun 1913 partai ini dilarang karena tuntutan kemerdekaan itu. R. R. merupakan partai pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia. R. Pramu di Semarang. Seiring dengan perubahan waktu. Djojo Sudiro. akhirnya SI pusat diberi pengakuan sebagai Badan Hukum pada bulan Maret tahun 1916. 3. yang berdasarkan golongan indo yang makmur. Tjipto Mangunkusumo dan Ki Hajar Dewantara. danAbdul Haris dari Bandung sebagai ketua cabang sarekat Islam di kota itu.F. Para tokoh perhimpunan pun banyak pula yang terjun langsung membantu IP. berdiri tanggal 25 Desember 1912. dan G.E.yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Topel. Didirikan oleh tiga serangkai. 4. Tjipto Mangunkusumo. Redaktur surat kabar “Jawa Tengah”. SI berubah menjadi partai politik dan mengirimkan wakilnya ke Volksraad tahun 1917. dan “Tjahaja Timoer”di Malang dengan pimpinan R. Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia (PPI) Tujuan PPI adalah menggalang persatuan dari seluruh organisasi pemuda untuk berjuang . harian “Pengaman”.

Kongres Pemuda I ini menerima persatuan dan kesatuan Indonesia. Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan. Soekarno terbentuk pada tangggal 17 Desember 1926. tanah air Indonesia. Tujuannya adalah memperkuat dan memperluas ide kesatuan nasional Indonesia.H. Dalam kongres ini ditekankan pentingnya persatuan dan kesatuan para pemuda untuk mencapai Indonesia merdeka. 3. yaitu memberi penghormatan kepada kaisar Jepang dengan membungkukkan badan kearah Tokyo.H.Perjuangan Bangsa Indonesia pada Masa Penjajahan Jepang Perlawanan rakyat Aceh di Cot Plieng dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil. bangsa Indonesia. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu. Pada tanggal 25 Februari 1944 seusai shalat jumat. b. Pemuda Indonesia Didirikan di Bandung pada tanggal 27 Februari 1927 oleh para pemuda terpelajar yang pernah belajar di luar negeri dan bekas anggota Perhimpunan Indonesia. Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa satu. pasukan Jepang menggempur Sukamanah dan menangkap K. Pada tanggal 10 November 1942 Jepang menyerang Cot Plieng dan menembak Tengku Abdul Jalil yang sedang melakukan ibadah shalat. Zaenal Mustafa berhasil menyatukan rakyat dangan para santri dan dengan tegas menolak melakukan Saikeiri. .bersama-sama melawan Belanda. Zaenal Mustafa setelah sebelumnya terjadi perlawanan dari rakyat. bahasa Indonesia. tetapi gagal membentuk badan sentral karena masih adanya perbedaan pendapat dan kesalahpahaman diantara mereka. 2. c.Kongres Pemuda II Diselenggarakan pada tanggal 26-28 Oktober 1928 di Jakarta. Pemufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan (PPKI) yang di ketuai oleh Ir. Di Sukamanah. Keputusan tersebut dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. 5. Para utusan yang datang mengucapkan sumpah yang berbunyi: 1. K. Kongres Pemuda I Diselenggarakan pada tanggal 30 April sampai 2 Mei 1926 di Jakarta.

Peta melancarkan perlawanan terhadap Jepang tetapi gagal karena situasi yang tidak tepat dan tipu muslihat. Masa sidang pertama (29 Mei 1945-1 Juni 1945) Persidangan ini membicarakan masalah dasar Negara. Sistem badan permusyawaratan 4. Muh.T. Sekalipun gagal. Pada tanggal 29 Mei 1945 Mr. Mr. Tugas pokok BPUPKI adalah melakukan penyelidikan terhadap usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia. Hubungan antarbangsa . Peri Ketuhanan 4.R. Peri Kemanusiaan 3. Peri Kerakyatan 5. D. Proses Perumusan Pancasila dan UUD 1945 Pada tahun 1944 kedudukan Jepang di Perang Pasifik makin terdesak dan dengan adanya pemberontakan rakyat Indonesia. Tetapi masih berusaha menarik simpati rakyat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan. Peri Kebangsaan 2. Sidang BPUPKI dilaksanakan dalam dua tahap: a. perlawanan ini sangat mempangaruhi semangat kemerdekaan rakyat Indonesia.Perlawanan Peta di Blitar timbul karena tentara Peta tidak tahan lagi melihat kesengsaraan di daerahnya. Kesejahteraan Rakyat Pada tanggal 31 Mei 1945 Prof. Pada tanggal 1 Maret 1945. Pada tanggal 14 Februari 1945 di bawah komandan pleton Supriyadi. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 1. Sosialisme negara 5. Paham negara persatuan 2.K. Supomo menyampaikan pidato yang berisi penjelasan masalah-masalah yang berhubungan dassar Negara: 1. Ketua BPUPKI adalah Dr. Yamin berpidato dengan judul “Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia” yang mengusulkan lima asas yang akan dijadikan dasar Negara: 1. Radjiman Wiidyodiningrat. Penghubungan negara dan agama 3. posisinya di Indonesia semakin terjepit. pemerintah Jepang di Jawa yang di pimpin oleh Saiko Syikikan Kumakici Harada membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUPKI). Dr.

Kebangsaan Indonesia 2. Ketuhanan Yang Maha Esa Berdasarkan petunjuk seorang ahli bahasa. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. Soekarno. jl. 2. Hatta. Ir.dan Mr. Mr. Abdul Kahar Muzakkir. Pada tanggal 22 Juni 1945 BPUPKI menghasilkan rumusan yang disebut Piagam Jakarta (Jakarta Charter). Pada tanggal 14 Juli 1945 Ir.A Wahid Hasyim. Moh. Drs. Kerkyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam permusyawaratan/perwakilan 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia b. Mufakat atau demokrasi 4.H. A. Mr. Pernyataan Indonesia merdeka 2. Soekarno. Pembukaan Undang-Undang Dasar 3. Soekarno berbicara tentang dasar falsafah Negara Indonesia merdeka yang terdiri atas lima asa: 1. Soekarno. 2. Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan 3. Maramis.A. Agus Salim.Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Panitia kecil (Panitia Sembilan) yang dibentuk BPUPKI terdiri dari Ir. Persatuan Indonesia 4. H. Di dalam alenia ke-4 Piagam Jakarta dirumuskan lima asas Negara Indonesia Merdeka yaitu: 1.Masa sidang kedua (10 Juli-17 Juli 1945) Membahas rancangan Undang-Undang Dasar beserta pembukaannya. Soekarno melaporkan hasil kerjasama Panitia Perancang UUD kepada siding sebagai berikut: 1. Moh. Kesejahteraan Sosial 5. Soekarno menamakan kelima sas itu Pancasila yang kemudian diusulkan sebagai dasar Negara Indonesia. Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi pemelik-pemeluknya. K. Achmad Soebarjo. Abikusno Cokrosuyoso. Pegangsaan Timur 56 Jakarta . Yamin dengan ketua Ir. Makna Proklamasi Kemerdekaan Teks proklamasi dibacakan di halaman rumah Ir. Undang-Undang Dasar Pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan sebagai penggantinya dubentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Masa Revolusi Fisik Beberapa peristiwa pemberontakan sempat mengguncang Negara Republik Indonesia. antara lain: 1. Gangguan Keamanan yang Dilakukan oleh DI/TII Di Jawa Barat. . Peristiwa APPRA di Bandung Peristiwa ini dilatarbelakangi terbentuknya Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS). mengesahkan Undang – Undang Dasar yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh Dokuritsu Junbi Cosakai yang sekarang dikenal dengan Undang – Undang Dasar 1945. gerombolan DI/TII dipimpin oleh Kartosuwiryo. c. dalam masa peralihan. Walaupun isinya sangat singkat.Operasi penumpasan DI/TII dilaksanakan oleh TNI bersama-sama ratusan ribu rakyat dengan memekai taktik pagar betis.pada pukul 10. 4. tetapi mengandung makna yang sangat dalam karena merupakan pernyataan bangsa Indonesia yang sebelumnya terjajah menjadi bangsa yang mardeka. Proses Peengesahan Pancasila sebagai Dasar Negara Pada tanggal 18 Agustus 1945. Presiden untuk sementara waktu akan dibantu oleh sebuah komite nasional. Hatta sebagai Wakil Presiden. Perjuangan Mempertahankan dan Mengisi Kemerdekaan Indonesia a. Moh. Munculnya gerakan DI/TII di Aceh yang dipimpin oleh Tengku Daud Beureuh didorong oleh masalah ketidakpuasan mengenai soal ekonomi daerah dan berhasil ditumpas melalui kombinasi operasi-operasi militer dan musyawarah. Rumusan terakhir Pancasila yang benar dan berlaku sekarang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Pada tanggal 4 Juni 1962. memilih Ir. antara lain: a. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. PPKI mengadakan siding yang pertama dan menghasilkan keputusan penting. b. 2. Gerakan DI/TII di Jawa Tengah dipimpin oleh Fatah dan Kyai Sumolangu berhasil dihancurkan pada tahun 1957 oleh operasi Gerakan Banteng Nasional dari Divisi Diponegoro. sebagai salah satu bentuk keputusan KMB.00 WIB. 3. Kartosuwiryo berhasil ditangkap di gunung Geber (Majalaya) oleh pasukan Siliwangi.

Mr. Soumokil mengumumkan berdirinya Republik Maluku Selatan yang bertujuan untuk memisahkan diri dari negara Republik Indonesiasetelah RIS bubar.3. Kehidupan politik yang labil karena seringnya pergantian kabinet dan semakin tajamnya persaingan partai politik. Dekrit Presiden 5 Juli 1959 berisi: 1. Pembentukan MPR Sementara dan DPA Sementara. Latar belakang: a. Pembubaran Badan Kostituante. 3. Lahirnya Orde Baru . Peristiwa RMS (Republik Maluku Selatan) Pada tanggal 25 April 1950 di Ambin. 2. d. Pembentukan MPRS dengan Penetapan Presiden No. Kegagalan konstituante dalam menyusun Undang-Undang Dasar. b. c. c. Masa Demokrasi Liberal Sistem demokrasi liberal sebenarnya bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. b. Pembentukan DPAS berdasarkan Penetapan Presiden No. Tidak berlakunya UUDS 1950 dan berlakunya kembali UUD 1945. 2 Tahun 1959.Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin 1. Dr.Bentuk pemerintahan Presidensial dimana Ir. Soekarno adalah presiden dan perdana menteri serta kabinetnya dinamakan Kabinet Kerja. Latar Belakang Lahirnya Dekrit Presiden Juli 1959. Terjadinya gangguan keamanan berupa pemberontakan bersenjata di daerah-daerah. namun liberalism telah melangkah jauh ke dalam asas-asas demokrasi di Indonesia. 2. 3 Tahun 1959 yang diketuai oleh Presiden dengan 45 orang anggota. 2. seperti berlakunya Konsitusi RIS maupun UUD sementara 1950. Masa Orde Baru 1. Masa Orde Lama 1. 3.

Pembangunan Nasional Pada 6 Juni 1968. Pada 10 Januari 1966 kesatuan-kesatuan aksi mengajukan tiga tuntutan yang dikenal sebagai Tritura. Pada 21 Februari 1966 presiden melakukan perubahan terhadap Kabinet Dwikora. e. Presiden Soeharto mengumumkan pembentukan dan susunan Kabinet Pembangunan. Pada tanggal 20 Mei 1998 Soeharto secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dan jabatan presiden dilimpahkan kepada B. Habibie.J. 2. b. Sejak saat itulah Orde Reformasi dan babak baru perkembangan demokrasi di Indonesia dimulai. Rakyat tidak puas karena masih banyak menteri yang terlibat G 30 S/PKI. 3. . Keluarnya Supersemar Situasi yang semakin panas mengharuskan Presiden Soekarno mengeluarkan Supersemar kepada Letjen Soeharto yang merupakan pemberian kepercayaan sekaligus wewenang kepada Letjen Soeharto untuk menguasai keadaan yang serba tidak menentu dan sulit dikendalikan. Masyarakat menuntut pelaku G 30 S/PKI segera diadili dan PKI dibubarkan.Latar belakang: a. Masa Reformasi Reformasi yang digerakkan oleh para mahasiswa memiliki agenda pertama menurunkan Soeharto yang selama hampir 32 tahun menjabat sebagai Presiden. Tugas pokok kabinet dikenal dengan Pancakrida.

Dalam kenyataannya secara objektif tlah di miliki/bangsa indonesia sejak dahulu kala. sidang BPUPKI kadua. kemanusiaan. Ketuhanan. serta akhirnya di sah kan secara yuridis sebagai dasar negara RI.BAB IV Penutup 4. Proses cara formal tersebut di lakukan dalam sidang-sidang bpupki pertama.Kesimpulan Nilai-nilai pancasila diangkat dan di rumuskan secara formal/para pendiri negara/di jadikan sebagai dasar negara RI.kerakyatan serta keadilan. bidang panitia 9. Sejarah perjuangan bangsa indonesia/membentuk negara sangat erat kaitannya dengan jati diri bangsa indonesia. . persatua.