P. 1
macam energi

macam energi

|Views: 3,960|Likes:
Published by Herry Irawansyah

More info:

Published by: Herry Irawansyah on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN ENERGI Energi yaitu kemampuan untuk melakukan gerak, jika suatu objek mampu untuk mengadakan gerakan

, maka obyek tersebut dikatakan mempunyai energi.  Macam-macam Energi Terdapat berbagai macam bentuk energi diantaranya: 1. Energi Potensial Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam sebuah benda, yang diakibatkan oleh gaya tarik atau gaya tolak dari benda atau obyek lain. Atom-atom terdiri atas partikelpartikel yang bermuatan listrik. Ada yang saling tarik-menarik dan ada yang tolak-menolak. Karena muatannya maka elektron dan inti atom memiliki energi potensial. Energi potensial itu bisa berubah bila jarak antara inti dan elektron berubah. Dengan demikian, terjadi perubahan energi potensial nila elektron berpindah dari atom satu ke atom yang lainnya dalam pembentukan ion-ion. Energi potensial atom-atom juga akan berubah bila terjadi pemilikan bersama elektron dalam pembentukan molekul. Menurut teori kinetik, setiap zat baik yang berwujud padat, cair dan gas pada suhu lebih besar dari nol kelvin terdiri atas banyak partikel-partikel kecil berupa molekul-molekul atau atom-atom yang terus menerus bergerak secara acak dan beraneka ragam, saling bertumbukan dan saling berpantulan. Karena adanya gerak acak tersebut maka gaya yang dihasilkan saling meniadakan atau menghapuskan, kita tidak menyadari bahwa ada partikel-partikel kecil yang bergerak secara acak, saling bertumbukan dan berpantulan. Hal ini disebabkan karena partikel-partikel kecil tidak dapat dilihat. Adanya gerakan translasi (berpindah tempat), rotasi (berputar), dan vibrasi (bergetar) seperti pada Gambar 1.

Gambar 1. Gerakan-gerakan molekul H2O, (a) gerakan translasi, (b) gerakan rotasi dan (c) gerakan vibrasi.

Atau dinyatakan U = Up ± Ur Jika energi dalam produk lebih besar dari pada energi dalam pereaksi. besar energi gerakan satu partikel akan berbeda dengan yang lain. Energi dalam tergolong fungsi keadaan. perubahan energi dalam reaksi sama dengan energi dalam produk dikurangi dengan energi dalam pereaksi atau reaktan. suhu (T).U1 (1) (1) Untuk suatu reaksi kimia. Akibatnya. pada suhu dan tekanan yang sama adalah 2 x kJ. tidak pada asal usulnya. Energi dalam tergolong fungsi keadaan Nilai energi dalam dari suatu zat tidak dapat ditentukan.Di samping itu. yang dapat ditulis: U = U 2. Karena itu. misalnya dari U1 (keadaan awal) menjadi U2 (keadaan akhir). Jumlah total energi semua partikel dalam sistem disebut energi dalam atau internal energy (U). Gambar 2. perubahannya dapat diketahui dari perubahan suhu sistem. nilai mutlak U tidak dapat dihitung. mungkin akan mengubah energi dalam. Sebaliknya . Setiap gerakan. Energi dalam tergolong sifat ekstensif. maka perubahan energi dalam sistem akan bertanda positif. Jika suhu naik menandakan gerakan partikel lebih cepat dan berarti energi dalam bertambah. Komponen utama dari energi dalam yang menjadi pusat perhatian kita adalah energi termal. Maka perubahan energi dalam pada suatu proses hanya dapat ditentukan oleh energi dalam mula-mula dan energi dalam akhir. Perhatikan gambar 2. dipengaruhi oleh banyak faktor dan dapat berubah bentuk bila saling bertumbukan. Walaupun nilai mutlak U1 dan U2 tidak diketahui. Perhatikan Gambar 3 . Bila sistem mengalami peristiwa. dalam termokimia kita hanya akan berkepentingan dengan perubahan energi dalam ( U). Jika energi dalam dari 1 mol air adalah x kJ. Akan tetapi. yaitu besaran yang harganya bergantung pada keadaan sistem. jika suhu turun berarti energi dalam berkurang . yaitu energi yang terkait dengan ikatan kimia dan interaksi antar molekul. dan tekanan (P). Oleh karena itu merupakan fungsi keadaan. yaitu sifat yang bergantung pada jumlah zat. dan energi kimia. dapat terjadi perpindahan tingkat energi elektron dalam atom atau molekul. maka energi dalam dari 2 mol air. Keadaan suatu sistem ditentukan oleh jumlah mol (n). dan sebaliknya. yaitu energi yang terkait dengan gerakan molekul-molekul sistem.

Setiap benda yang bergerak mempunyai energi. Energi kinetis sebuah benda sama dengan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyatakan kecepatan dan rotasinya. Jika diarahkan pada ayam tetangga maka kemungkinan besar ayam tersebut lemas tak berdaya akibat dihajar batu. Energi Kinetik Energi kinetis atau energi gerak (juga disebut energi kinetik) adalah energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya. Ketapel yang ditarik lalu dilepaskan sehingga batu yang berada di dalam ketapel meluncur dengan kecepatan tertentu. Batu yang bergerak tersebut memiliki energi. Setiap benda yang bergerak memiliki energi. Atau secara bahasa mudahnya : energi kinetik itu energi yang sedang dilakukan pada benda yang bergerak. Energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak disebut Energi Kinetik. dimulai dari rehat. Kondisi benda tertentu tersebut adalah: ‡ Disuatu ketinggian (tergantung) ‡ Terenggang ‡ Tertekan ‡ Terbengkok Contoh benda-benda yang mempunyai energi potensial antara lain: ‡ Batu di puncak gunung ‡ Per yang ditekan ‡ Karet yang diregang ‡ Air di waduk ‡ Per yang ditekan ‡ Bola yang dipegang ‡ Penggaris yang dibengkok 2. Pada contoh ini batu melakukan kerja pada ayam Kendaraan beroda yang bergerak dengan laju tertentu di jalan raya juga memiliki energi kinetik. maka bisa dipastikan kendaraan akan digiring ke bengkel untuk diperbaiki. Ketika dua buah kendaraan yang sedang bergerak saling bertabrakan.Gambar 3 Energi dalam sistem: (a) pada suhu T1 dan (b) pada suhu T2 Energi potensial adalah energi yang di punyai benda dalam kondisi tertentu dan tidak dalam keadaan bergerak. Kerusakan akibat tabrakan terjadi karena kedua mobil yang pada mulanya bergerak melakukan usaha / kerja satu terhadap .

Energi ini dapat dideteksi dengan indera peraba dan thermometer. ukuran jaringan listrik. Sebagian besar dari 70 persen sisanya digunakan baik untuk transportasi atau dikonversi menjdai air panas. Sebanyak 423 pembangkit tenaga nuklir dengan total kapasitas sekitar 324 gigawatt listrik (GWe) sedang beroperasi dan sekitar 80 pembangkit tenaga nuklir dengan total kapasitas sekitar 80 GWe sedang dibangun. dan menjalar dari bagian yang panas ke bagian yang dingin. Setiap benda yang bergerak memberikan gaya pada benda lain dan memindahkannya sejauh jarak tertentu. Energi Panas Energi panas adalah energi ini muncul saat terjadinya perubahan suhu benda. kinetikos. Energi pada benda yang bergerak disebut energi kinetik. Kata kinetik berasal dari bahasa yunani. sekitar 30 persen dari total energi utama digunakan untuk menghasilkan listrik. Keduanya termasuk pasaran kogenerasi yang terpisah. Benda yang bergerak memiliki kemampuan untuk melakukan kerja. Pemanfaatan Energi Panas Di seluruh dunia. Dewasa ini energi nuklir digunakan untuk menghasilkan listrik pada lebih dari 24 negara. Ketika tukang bangunan memukul paku menggunakan martil. uap dan panas. ketika benda bergerak. biaya yang rendah dari sumber energi pengganti untuk produksi panas dan biaya yang tinggi untuk transportasi dan distribusi. kita dapat menyimpulkan bahwa energi kinetik merupakan energi yang dimiliki benda karena gerakannya atau kecepatannya. benda pasti memiliki kecepatan. Ada beberapa alasan untuk membedakan listrik dan produksi panas dari energi nuklir. Dengan demikian. yang artinya ³gerak´. karenanya dapat dikatakan memiliki energi. . dan hanya sebagian kecil dari pembangkit tenaga nuklir sedang digunakan untuk memasok air panas dan uap. Total kapasitas dari pembangkit tanaga nuklir ini kurang dari 5 GW thermal (th) dan sedang dioperasikan pada beberapa negara yaitu Canada dan USSR.lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa pasaran non listrik terutama untuk air dan uap cukup besar. Contoh benda-benda yang mempunyai energi kinetik antara lain: ‡ Gerak gelombang ‡ Air terjun ‡ Burung terbang ‡ Gerak kapal 3. martil yang digerakan tukang bangunan melakukan kerja pada paku.

oil shale dan oil sand processing. Kebutuhan temperatur spesifik mempunyai batasan mulai dari temperatur yang paling rendah yaitu sekitar temperatur kamar untuk aplikasi seperti air panas dan uap untuk agro industri. sampai dengan temperatur 1000oC berturut-turut yaitu uap proses dan panas untuk industri kimia dan uap injeksi bertekanan tinggi untuk enhanced oil recorvery. selanjutnya untuk pemanasan distrik dan desalinasi air laut. karena tekanan uap menjadi lebih tinggi dari 550o C. Pressurized Heavy . Namun. Proses seperti ini dapat menggunakan energi nuklir lewat pembawa energi sekunder.cooled reactor) memberikan panas sampai 300oC. Boiling . Berkenan dengan faktor yang pertama. di atas temperatur tersebut. pertimbangan penting yang lainnya adalah perbedaan temperatur di antara pendingin masuk dan pendingin ke luar. Batas atasnya yaitu 1000oC untuk panas proses yang dipasok dari energi nuklir adalah diatur dengan dasar kekuatan jangka panjang dari material reaktor yang bersifat logam. .Water Reactor (BWR). Proses pemisahan air (water splitting) untuk produksi hidrogen adalah pada ujung yang paling atas. Selain itu tentu ada proses industri dengan kebutuhan temperatur di atas 1000oC. tekanan uap injeksi yang lebih tinggi.Water Reactor (PWR). Tekanan dari uap yang dihasilkan adalah penting jika pada penggunaan dalam bidang enhanced oil recorvery: kedalaman sumber minyak. Panas dapat dipasok oleh uap sampai dengan temperatur sekitar 550 oC. Jenis reaktor ini termasuk Pressurized . Selanjutnya di samping temperatur maksimum dari pendingin primer. semua reaktor nuklir dapat digunakan untuk menghasilkan panas. Reaktor berpendingin gas mencapai temperatur yang lebih tinggi. proses pengilangan minyak dan produksi olefin dan pengilangan batubara dan lignite. secara praktis ada 2 kriteria yang menentukan yaitu temperatur panas yang dihasilkan (dari pendingin primer) dan tekanan uap yang dihasilkan. Karena itu pada prinsipnya. Reaktor bermoderator air berat dan berpendingin organik (OCHWR) mencapai temperatur sekitar 400oC. produksi baja. sementara reaktor pembiak/ Liquid Metal Fast Breeder Reactor (LMFBR) menghasilkan panas sampai dengan 540oC. sekitar 650oC untuk reaktor bermoderator grafit yang berpendingin gas maju dan reaktor bermoderator grafit yang berpendingin gas temperatur tinggi 950oC (HTGR). proses utama dalam teras reaktor adalah konversi energi nuklir menjadi panas. Di sini. seperti listrik.Water Reactor (PHWR) dan reaktor bermoderator grafit yang berpendingin air ringan (LWGR). kebutuhan temperatur spesifik sangat bervariasi (Grafik 1). kebutuhan-kebutuhan harus disediakan secara langsung oleh panas proses.Untuk aplikasi-aplikasi panasnya. Energi panas yang dihasilkan reaktor nuklir Pada semua pembangkit tenaga nuklir. reaktor berpendingin air (water . sebagai contoh. hidrogen dan gas sintetis.

Contoh benda-benda yang mempunyai energi panas antara lain: ‡ Kayu dibakar ‡ Kompor gas ‡ Pembakar roti ‡ Nyala lampu ‡ Setrika listrik 4. Energi Kimiawi Energi kimiawi adalah energi yang terdapat pada bahan-bahan kimiawi. Energi Cahaya Energi cahaya dapat menolong kita untuk melihat benda. proses mencapai tekanan seperti ini akan membutuhkan step tambahan yaitu kompresi uap. AGR dan HTGR) mempunyai keuntungan yang mana dengan mudah dapat menghasilkan uap injeksi dengan tekanan yang lebih tinggi (sebagai contoh. Energi nuklir fisi terjadi pada reaktor atom . LMFBR. Untuk reaktor berpendingin air. makanan. Energi muncul saat terjadi reaksi kimia seperti aksidasi makanan pada tubuh dan pembakaran minyak. Ada dua jenis energi nuklir yaitu energi nuklir fisi dan fusi. Contoh benda-benda yang mempunyai energi bunyi antara lain: ‡ Gemericik air terjun ‡ Nyaringnya bunyi speker ‡ Dering bel weker ‡ Nada petikan gitar 5. 10MPa) untuk kedalaman ladang minyak sekitar 500m. Energi Nuklir Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi inti dari bahan radioaktif. Energi Bunyi Energi bunyi adalah energi yang diproduksi oleh benda yang bergetar dan dapat didengar oleh telinga. Energi bergerak dalam bentuk gelombang bunyi.jenis reaktor yang mempunyai pendingin primer selain air (OCHWR. Contoh benda-benda yang mempunyai energi kimia antara lain: ‡ Minyak ‡ Lilin 6. Mata dapat mendeteksi adanya energi cahaya. Contoh benda-benda yang mempunyai energi cahaya antara lain: ‡ Cahaya matahari ‡ Cahaya lampu senter ‡ Cahaya las karbit ‡ Cahaya bintang ‡ Cahaya lampu listrik ‡ Asam sulfat ‡ Spiritrus 7. dan minyak.

‡ Magnet silinder ‡ Magnet batang ‡ Dinamo sepeda ‡ Pusat daya listrik . Beberapa konverter energi yaitu: 1. Contoh benda-benda yang mempunyai energi nuklir antara lain: ‡ Pembangkit listrik tenaga nuklir ‡ Awan cendawan karena bom nuklir 8. 5. energi nuklir cukup besar dibebaskan dalam bentuk energi kalor dan energi cahaya.PLTN. Contoh benda-benda yang mempunyai energi listrik antara lain: ‡ Baterai ‡ Kilat atau petir 9. Konversi energy Konversi energi adalah perubahan bentuk energi dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Energi Listrik Energi listrik adalah energi yang diproduksi oleh muatan listrik atau arus listrik. Setrika listrik mengubah energi listrik menjadi kalor 2. Ayunan mengubah energi kinetik menjadi energi potensial «energi potensial menjadi energi kinetik 3. 4. Energi matahari dihasilkan dari suatu reaksi niklir fusi dimana inti-inti hidrogen bergabung membentuk inti helium. Energi nuklir juga dibebaskan ketika inti-inti ringan (misalnya hidrogen) bertumbukan pada kelajuan tinggi dan bergabung (fusi). Hukum Kekekalan Energi berbunyi energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Berbagai macam bentuk magnet diantaranya: ‡ Magnet U ‡ Magnet tapal kuda atau magnet ladam ‡ Magnet jarum  Konsep Energi dan Perubahannya dalam keseharian a. Konverter energy Konverter energi adalah alat atau benda yang melakukan konversi energi. Energi Magnet Energi magnet adalah energi yang dipunyai oleh benda yang bersifat magnet. Sumber-Sumber Energi dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu: a) Sumber energi yang dapat diperbarui dan tak dapat diperbarui. Ketika suatu inti berat (misal uranium) membelah (fisi). b.. energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Rem mobil mengubah energi kinetik menjadi energi kalor.

Contoh : bahan bakar minyak (BBM). hanya sedikit tempat didunia yang memenuhi syarat untuk dibangun PLTA. c) Berbagai energi alternatif dari sumber energi terbarui 1 Energi angin Kincir angin sekarang digunakan untuk memutar generator listrik sehingga menghasilkan tenaga listrik. 2 Energi air Air yang memiliki energi potensial tertentu dibendung pada suatu tempat. serta tidak dapat diperbarui. b) Energi Konvensional Energi konvensional : minyak. batu bara. ‡ Contoh sumber energi yang tidak dapat diperbaharui adalah minyak. Turbin dihubungkan dengan generator melalui satu poros. Oleh klarena itu kita harus bijaksana dalam menggunakannya.  Konsep Usaha dan Energi Dalam fisika usaha yang dilakukan oleh sebuah gaya didefinisikan sebagai hasil kali gaya dengan perpindahan benda yang searah dengan gaya. dan surya. Dapat dirumuskan : . Contoh : Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). Air yang jatuh disalurkan melalui pipa pesat untuk diarahkan ke sudu-sudu turbin air sehingga energi kinetik air dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin. Dikatakan sumber energi ini tidak dapat diperbahrui karena sumber energi ini persediaannya terbatas di bumi dan sekali habis maka sumber ini tidak dapat digantikan atau diperbaharui. gas alam. Dikatakan sumber energi ini dapat diperbahrui karena sumber energi ini persediaanya sangat melimpah di bumi dan kita dapat menggunakannya terus-menerus tanpa khawatir akan habis. angin. gas dan batu bara disebut juga energi fosil karena ketiga energi ini berasal dari bangkai-bangkai organisme dan tumbuh-tumbuhan yang tertimbun selama ratusan juta tahun yang lalu. sehingga generator akan berpytar dan menghasilkan listrik. 3 Energi panas bumi Batuan panas terbentuk beberapa kilometer dibawah permukaan bumi memanaskan air disekitarnya sehingga akan menghasilkan sumber uap panas atau geiser. yang telah beroperasi PLTP Kamojang Jawa Barat.‡ Contoh sumber energi yang dapat diperbaharui adalah air. gas. Uap panas yang keluar dari pengeboran setelah disaring digunakan untuk menggerakkan generator sehingga menghasilkan energi listrik. Sumber panas bumi ini dibor. Karena diperlukan kelajuan air tertentu pada aliran sungai.

sama dengan jumlah usaha oleh tiap-tiap gaya´  DAYA Daya didefinisikan sebagai usaha yang dilakukan gaya dalam satu satuan waktu. W = (F1 + F2) s Dengan memasukkan F1 s = W1 (lihat *) dan F2 s =W2 (lihat **). daya juga didefinisikan sebagai laju melakukan usaha. t = selang waktu (sekon). Karena tiap besaran yang dibagi dengan selang waktu disebut sebagai laju. W = usaha (joule). Karena usaha selalu muncul apabila terjadi perubahan bentuk energi. Usaha oleh Beberapa Gaya Apabila usaha yang dilakukan oleh orang pertama dan orang kedua untuk memindahkan suatu benda ke kanan sejauh s adalah W1 = F1 s (*) dan W2 = F2 s (**) Telah diketahui bahwa resultan dua gaya searah adalah F =F1 + F2. maka diperoleh W = W1 + W2 Secara umum dapat disimpulkan sebagai berikut : ´Usaha yang dilakukan oleh resultan gayagaya searah dan berlawanan arah. sehingga usaha total yang dilakukan oleh kedua benda tersebut adalah W = F s. yang menyebabkan benda berpindah sejauh s.Satuan usaha dalam SI adalah joule. Daya juga dapat didefinisikan sebagai laju perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Satu joule adalah besar usaha yang dilakukan oleh gaya satu newton untuk memindahkan suatu benda searah gaya sejauh satu meter. Kaitan usaha dan energi yaitu besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya dalam proses apa saja adalah sama dengan besar energi yang dipindahkan. . Daya dirumuskan sebagai Dengan P = daya (watt).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->