NAMA : QUINTERA ADITYADARMA NIM : 1510003

TUGAS DASAR PERANCANGAN TEKNIK INDUSTRI

PEMBUATAN MODEL YANG MENGANDUNG SISTEM DIDALAMNYA.

Pemancaran Sinyal (Transmiting) pada Ponsel (SMS) atau Cara Kerja Pengiriman SMS pada Ponsel .

y Elemen yang ada didalamnya :  Input: Huruf pada layar LCD Proses: Pengetikan Output: Data alphanumeric  Input: Data Alphanumerik Proses: Diolah secara komputerisasi oleh CPU Output: Data Digital  Input: Data digital Proses: Pengubahan data digital menjadi analog oleh IC UEM Output: Sinyal data analog  Input: Sinyal data analog Proses: Pencampuran antara sinyal data dengan sinyal pembawa (sinyal pembawa dihasilkan VCO (26Mhz)) Output:Campuran sinyal (sinyal pembawa dan sinyal data analog)  Input: Campuran sinyal (sinyal pembawa dan sinyal data analog) Proses: Penguatan sinyal (sehingga bias merambat di udara) Output: Sinyal (yang keluar menuju BTS)  Input: Sinyal Proses: Proses perubahan mode operasi oleh Antena Switch menjadi fungsi pemancaran sinyal Output: Sinyal yang dipancarkan ke udara . y Output : Pesan terkirim (dalam bentuk sinyal).y Input : Ketikan huruf atau angka pada ponsel (SMS).

disini karena ada buku petunjuk namun tidak berpengaruh dalam pemakaian. harga harga Masalahnya adalah karena para pengguna kebanyakan membeli aksesoris dan Sim card tertipu dengan Harga yang lebih Murah.Atau Kualitas berbanding terbalik dengan Harga.padahal kualitas yang ditawarkan tidak sebanding dengan kualitas yang ditawarkan barang asli. y Sinyal Hilang Jumlah BTS sedikit Operator Baru murah karena masih promosi.sehingga sinyal hilang.y Tujuan : Mengirim SMS y Lingkungan dalam :  LCD pada layar HP  Baterai  Manusia y Lingkungan Luar :  Cuaca : pada saat cuaca buruk maka penerimaan sinyal pada HP terganggu.  Tempat : Pada tempat seperti di basement sinyal tidak dapat menembus dinding bangunan. y Sistem : Open Loop Control. y Model :  Ikonis  Statik MASALAH-MASALAH yang dapat timbul. .yaitu: Gejala-gejala yang timbul : y Keypad Hang karet penekan sudah lembek beli palsu murah. Jadi Kategori Masalah yang terjadi adalah : Dapat terbeli tapi untuk masa depan tidak dapat terpenuhi dengan baik.

CARA KERJA : y Pengguna member perintah (input) melalui keypad. y Campuran dari sinyal pembawa dan sinyal data tersebut diteruskan menuju IC PA untuk diperkuat lagi.agar dapat diproses oleh unit sinyal. y Data Alphanumerik hasil olahan CPU secara komputerisasi yang masih berupa data digital itu.Sinyal pembawa ini berfungsi sebagai angkutan bagi sinyal data untuk sampai ke tujuan (BTS).Antena switch akan mengubah mode operasinya menjadi fungsi transmiting dan dipancarkan ke udara melalui antenna.Sinyal berupa data ini diteruskan ke CPU untuk diolah secara komputerisasi dalam bentuk digital. Tujuan agar sinyal tersebut sanggup merambat diudara menuju BTS dengan jarak yang cukup jauh. dirubah oleh IC UEM menjadi sinyal data analog. . y Setelah sinyal tersebut kuat.sehingga dihasilkan data berupa data Alphanumerik. y Sinyal ini diteruskan menuju IC RF untuk dicampur dengan sinyal pembawa yang dihasilkan oleh VCO (26Mhz).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful