P. 1
sifat-fisik-tanah

sifat-fisik-tanah

|Views: 503|Likes:
Published by Lintang Hizbullah

More info:

Published by: Lintang Hizbullah on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2012

pdf

text

original

Disusun Oleh

:

Slide 2 HN5
Henky Nugraha, 9/17/2009

kadar udara. kemudahan pengolahan dan struktur tanah. debu dan partikel ukuran lempung pada tanah Klasifikasi ukuran partikel : Pasir dapat dilihat dengan mata telanjang Debu memerlukan mikroskop untuk melihat ukuran partikel Lempung Menggunakan Mikroskop Elektron Tekstur tanah menentukan kadar air.Tekstur Tanah Proporsi pasir . Dapat juga menggunakan Segitiga Tekstur .

Slide 3 HN2 Henky Nugraha. 9/17/2009 .

.

9/17/2009 .Slide 4 HN3 Henky Nugraha.

.

9/17/2009 .Slide 5 HN4 Henky Nugraha.

humus. hifa jamur.‡ Merupakan gumpalan tanah yang berasal dari partikel-partikel tanah yang saling merekat satu sama lain karena adanya perekat misalnya akar. dll ‡ Ikatan partikel tanah berwujud sebagai agregat tanah yang membentuk dirinya ‡ Dibagi berdasarkan sifat kelemahan ‡ Didominasi oleh partikel lempung ‡ Tampak lebih besar dari debu atau partikel pasir tergantung ukuran pembentuknya . lempung.

‡ Pengamatan struktur tanah di lapangan (SSS. lemah. 1975) terdiri dari : Pengamatan bentuk dan susunan agregat tanah   tipe struktur (lempeng. halus. tiang. sedang. kuat) . remah. pejal) Besarnya agregat   klas struktur (sangat halus. sangat kasar) Kuat lemahnya bentuk agregat   derajat struktur (tidak beragregat. sedang. kasar. granuler. butir tunggal. gumpal.

.

Basah dan keringnya tanah Pembekuan dan pencairan Aktivitas mikroba dalam membantu pelapukan bahan organik Aktivitas akar dan hewan tanah Penyerapan kation .

 Ketelitian pada satu agregat yang sangat kecil dibandingkan dengan pori-pori di antara agregat dan di antara partikel tanah tunggal  Keseimbangan dari besar dan kecilnya pori-pori untuk aerasi yang baik. permeabilitas dan kapasitas menahan air . porositas dan ukuran pori-pori. Mempengaruhi berat volume.

Adalah derajat kohesi dan adhesi antara partikel-partikel tanah dan ketahanan massa tanah terhadap perubahan bentuk oleh tekanan dan berbagai kekuatan yang mempengaruhi bentuk tanah Konsistensi ditentukan oleh tekstur tanah dan struktur tanah Cara penentuan (1) lapangan : memijit tanah dalam kondisi kering. lembab dan basah (2) laboratorium .

lunak.Penentuan di lapangan : ‡ Kondisi kering : kekerasan (lepas. teguh) ‡ Kondisi basah : kelekatan dan plastisitas . gembur. keras) ‡ Kondisi lembab keteguhan (lepas.

.

Kepadatan Tanah (Density) adalah berat padatan suatu obyek dibagi volume padatan. .6-2.7 g/cm3. Kepadatan ada 2 : (1) Berat jenis (Partikel Density) (2) Berat Volume (Bulk Density) Partikel Density (PD) adalah berat padatan tanah dibagi dengan volumenya. Kepadatan padatan (solid) tanah mendekati kepadatan kuarsa (2. PD kebanyakan tanah adalah 2.6 gr/cm3) karena kebanyakan mineral tanah adalah mineral silikat Adanya besi dan mineral berat lainnya (seperti olivin) cenderung meningkatkan PD.

tekstur dan BO tanah.35 g/cm3. berat volume tidak terlalu berpengaruh .6 g/cm3 pada tanah geluh yang mengandung BO tanah sedang-tinggi BD mungkin lebih kecil dari 1 g/cm3 pada tanah dengan kandungan BO tinggi BD sangat bervariasi antar horizon tergantung pada tipe dan derajad aggregasi. BD turun dan sebaliknya.3 ± 1.0-1. BD pada tanah berkisar >1. Jika tanah pada lahan basah.65 g/cm3 untuk tanah berpasir. 1. Tillage (Pengolahan Tanah) benar.Bulk Density (BD) : berat padatan (pada kering konstan) dibagi total volume (padatan+pori) BD tanah yang ideal berkisar antar 1. Bulk Density sangat sensitif terhadap pengolahan tanah. berat volume juga ikut meningkat Jika tanah kering.

.

kontinuitas pori menentukan aliran air dan udara Dapat dihitung persentase dari volume tanah Bulk Density x 100 = % solid space Particle Density 100% -% Solid Space = Percent Pore Space Persen pori 50% merupakan kondisi ideal tanah dimana setengahnya makro pori untuk meneruskan air karena adanya gravitasi dan setengahnya mikropori untuk menahan air dari tarikan gravitasi. Tanah mineral normalnya 30-60% Jumlah pori ditentukan oleh tekstur dan tipe lempungnya Porositas (%) = (1-BD/PD) x 100% .Distribusi.

. Partikel yang berukuran kecil dalam jumlah yang banyak yang berada dalam suatu volume tanah memiliki porositas tanah yang besar pula.Pada tanah yang porus memiliki bulk density (kerapatan volume) kecil dan porositas besar dibanding pada tanah padat. Kompaksi dapat menurunkan porositas sedangkan bulk density menaikkan.

pembeda antar horison Warna tanah bergantung kepada proses pembentukan tanah Warna tanah tidak berkaitan dengan pertumbuhan pokok. seperti besi. kandungan bahan organik surface horizon. Tetapi warna tanah dapat menunjukkan ciri tanah yaitu. yang mungkin mempengaruhi kualitas tanah diukur dengan menggunakan standar warna (Soil Munsell Color Chart) .Secara langsung mempengaruhi penyerapan sinar matahari dan salah satu faktor penentu suhu tanah Secara tidak langsung berhubungan dengan sifat-sifat tanah. misal informasi subsoil drainase. a) Asal-usul tanah tersebut b) Tahap pengoksidaan dan penurunan dalam tanah c) Kandungan bahan organik d) Larut resap atau pengumpulan bahan kimia.

tanah yang aerasi dan drainase jelek. senyawa besi tereduksi dalam bentuk ferro (Fe2+) akan memberikan warna abu-abu (gray) .Interpretasi : Warna tanah disebabkan oleh adanya bahan organik. Tanah yang dibentuk oleh bahan induk basalt sering berwarna sangat gelap jika tanah tersebut mengandung sedikit atau tidak ada bahan organik Status oksidasi besi terutama di lapisan bawah : tanah yang aerasi dan drainase bagus. dan atau status oksidasi senyawa besi dalam tanah. senyawa besi berada dalam bentuk oksidasi (Ferri/Fe3+) dan memberikan warna merah atau kuning.

.

.

.

Tanah lempung sebagian besar didominasi oleh pori berukuran kecil Pasir sebagian besar didominasi oleh pori berukuran besar Tanah ideal memiliki jumlah pori besar dan kecil yang sama Aerasi diperlukan untuk pertukaran oksigen dari atmosfer dengan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh akar tanaman dan microorganisme .

permeabilitas akan mempengaruhi peresapan air dalam tanah .oInfiltration perpindahan air meresap ke dalam tanah o Perkolasi.

. konsistensi. serta tidak mati WATER HOLDING CAPACITY (Kemampuan Menahan Air)  Jumlah air yang dapat ditahan oleh tanah pada satu-satu masa. dan aerasi Air tanah juga sangat berperan dalam siklus hidrologi. kepadatan. yaitu kemampuan yang dimiliki tanah dalam menahan air. kembang dan kerut tanah. FIELD CAPACITY  Jumlah air yang ditahan oleh tanah selepas air yang berlebihan telah dikeluarkan oleh gravitasi yaitu kandungan air dalam tanah selepas 24 jam setelah hujan berhenti PERMANENT WILTING POINT Bila tumbuhan mencapai tahap ini. apabila disiram tidak akan segar kembali.Kandungan air dalam tanah mempengaruhi sifat tanah seperti plastisitas.

oMengetahui kemampuan tanah dalam menahan air adalah Digunakan untuk: oJadwal pengairan oAirtanah yang terkontaminasi oMengestimasi aliran permukaan oMengetahui kapan tanaman akan mengalami stress oKapasitas menahan air oleh tekstur tanah .

oTekstur tanah yang bervariasi pada kedalaman yang berbeda akan mempengaruhi kemampuan menahan air. oTekstur tanah pada kedalaman masingmasing horison mempengaruhi ketersediaan air .

loamy sands.oTanah bertekstur medium (Fine sandy loam. and sandy loam) Memiliki kapasitas menahan air rendah oTanah bertekstur halus (Clays) yang berpori kecil Fine textured soils (Clays) have a lot of small pores that hold much water against gravity. Water is held very tightly in the small pores making it difficult for plant to absorb. . silt loam and silty clay loam)  Memiliki kapasitas tertinggi dalam menahan air oTanah bertekstur kasar (sand.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->