KEAMANAN NASIONAL DAN MINYAK DUNIA: PENDOMINASIAN AS TERHADAP MINYAK Oleh: RB.

Firmansyah Pasca Pratama Minyak merupakan salah satu sumberdaya alam yang paling dicari akhir-akhir ini, meskipun bukan baru-baru ini saja, namun telah terjadi sejak lebih dari satu abad lalu sebelum Perang Dunia I. Rata-rata kebutuhan akan minyak sebelum Perang Dunia I diperlukan dan digunakan pada angkatan bersenjata khususnya angkatan laut untuk negaranegara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Di luar itu minyak juga digunakan untuk angkatan-angkatan bersenjata lainnya seperti tank, pesawat terbang, dll. Mengenai kepemilikan dan dominasi penggunaan minyak pada saat itu seperti yang dketahui telah dikuasai oleh negara-negara yang terlibat dalam Perang Dunia I seperti Inggris dan Amerika Serikat. Dua poros kekuatan terbesar tersebut menguasai minyak di belahan dunia yang berbeda, Inggris menguasai di wilayah teluk sedangkan Amerika Serikat menguasai di region Carribean. Bahkan Amerika Serikat sendiri sampai dapat mengembangkan perusahaan minyak miliknya sendiri (Painter, 1992: 184). Dalam artikel David S. Painter (1992: 185) terdapat penjelasan mengenai fenomena yang dijelaskan secara kronologis dari tahun setelah Perang Dunia I. Pada waktu tersebut minyak hanya digunakan pada kalangan militer namun diluar itu minyak hanya digunakan sebagai energi nomor dua atau bahan bakar sekunder. Di sini untuk pertama kali Inggris mengadakan kerjasama dengan dunia Timur Tengah yaitu di bagian Persia dengan Iran sebagai mitra kerjanya dan dibentuklah APOC. Selain di daerah Persia tersebut Inggris juga dapat mengakses minyak pada TPC karena pada saat tersebut dikuasai ole Dinasti Ottoman. Namun kerjasama dengan Iran tidak berjalan selamanya. Terbukti dpada tahun 1932 pemimpin Iran saat itu Reza khan membatalkan untuk mengambil alih APOC. Pada waktu Perang Dunia I berakhir, untuk menghindari krisis minyak bagi semua negara yang bertikai, semua negara yang mengikuti Perang Dunia I sudah melakukan langkah antisipatif, Inggris yang mengincar Irak tidak dapat melakukan apa-apa karena Irak berada dalam pengawasan Liga Bangsa-Bangsa. Namun sementara itu, Inggris menganggap perusahaan-perusahaan Amerika Serikat yang berencana mengembangkan sumber minyak di Irak tersebut akan semakin memperlancar hubungan dan komunikasi terhadap India. Sampaisampai karena melihat prspek yang cerah dengan Amerika Serikat, membuat Inggris membiarkan Amerika Serikat masuk ke Bahrein dan Kuwait di mana sebelumnya Inggris tidak akan mengabulkan perjanjian apapun tanpa persetujuan Inggris.

produksi minyak Meksiko turun drastis dan membuat Inggirs harus mencari sumber cadangan minyak lain di Venezuela. karena tragedi serangan Israel ke Palestina pada Perang Yom Ki puur pada saat itu membuat banyak negara Timur Tengah yang tergabung dalam OPEC untuk mendesak Amerika Serikat untuk menekan Israel. para pembuat kebijakan Amerika Serikat melihat bahwa akses kepada miyak asing lebih sebagai isu komersial daripada isu militer. . Inggris juga mencar sumber cadangan minyak sampai daerah Meksiko di mana pada waktu itu Meksiko menjadi negara terbesar dalam ekspor minyak. Namun karena Revolusi Meksiko. oleh karena itu pemerintah Amerika Serikat mencari cadangan lain di belahan dunia lain dan pada akhirnya Timur Tengahlah yang menjadi tujuan mereka selanjutnya. Meskipun dengan mendirikan ARAMCO. terutama menyangkut stabilitas keamanan Arab Saudi dalam waktu yang lama. Namun terdapat kejadian yang tidak terduga. Amerika Serikat tidak hanya tinggal diam melihat itu semua.com. di mana pada akhirnya Venezuela menjadi negara yang menyukupi setengah dari kebutuhan minyak Inggris. Di sini kemudian didapati bahwa di Texas yang dinilai memiliki setengah dari produksi negara memiliki keuntungan tersendiri bagi Amerika Serikat (www. dinilai oleh Amerika Serikat belum cukup aman. diakses tanggal 26 Oktober 2010). Para pembuat kebijakan menilai bahwa cadangan domestik Amerika Serikat tersebut tidak akan cukup jika dibagi-bagikan kepada negara lain. peran minyak bumi seketika menggeser batubara yang menjadi sumber energi utama.kompasiana. Drake pada tahun 1859 di negara bagian Pensylvania. Sejak minyak bumi (petroleum) ditemukan oleh Kolonel Edwin L. Pada tahun 1930an ketika Amerika Serikat telah dapat mensuplai minyak sendiri.politik. Seperti yang telah dijelaskan pada Perang Dunia I dan II Amerika Serikat masih dapat mencukupi minyaknya sendiri yang yang cadangannya terdapat di Meksiko dan Venezuela.info. Akhirnya pemerintah Amerika Serikat membuat berbagai rencana agar mendapatkan cadangan minyak di Arab Saudi tersebut. Amerika Serikat bahkan berencana menyerang Arab Saudi pada waktu itu. Bnayak strategi-strategi yang digunakan Amerika Serikat dengan membuat perusahaan minyak negara yang akan mengakuisisi cadangancadangan minyak di sana.Di samping itu. Seketika itupula harga minyak dunia meningkat hingga empat kali lipat. Ternyata cadangan minyak terbesar di Timur Tengah terdapat di Arab Saudi (www. namun tidak sampai Amerika Serikat menyerang Arab Saudi. Karena itulah pada akhirnya diadakan pertemuan antara pemimpin Arab Saudi saat itu King Abdul Aziz dan Presiden Roosevelt untuk membahas permasalahan itu. diakses tanggal 26 Oktober 2010).akhirzaman.

diakses tanggal 26 Oktober 2010). Kecanduan terhadap minyak betul-betul menguasai seluk beluk negara Amerika Serikat. pemimpin Amerika Serikat selanjutnya.). 1992. Minyak dan AS. David.com. Diakses tanggal 26 Oktober 2010. Eisenhower. Dira.C. Kemudian terdapat sebuah perntanyaan. dan cadangan minyak di teluk Carribean sudah mencapai batasnya dikarenakan Perang Dunia I dan II. Setelah kesuksesan Roosevelt dalam mengamankan pasokan minyak dari Timur Tengah tersebut. 2010. Defense and Dependence in a Global Economy.d. pp. seperti Truman. . Cas. David S. mengubah RDJTF menjadi Central Commands yang berfokus melindungai aliran minyak dari Timur Tengah ke AS. Nixon and Carter.akhirzaman. Implementasi perintah (command) tersebut terlihat pada Perang Teluk. Dalam http://www. diakses tanggal 26 Oktober 2010.info/menukonspirasi/depopulasi/makanan-danminuman/207-petro-dolar.html. DAFTAR PUSTAKA Painter. “International Oil and National Security”. Kapstein (ed. apakah ketergantungan Amerika Serikat terhadap minyak di Timur Tengah dapat diakhiri? Mengingat hal-hal buruk yang telah terjadi seperti embargo minyak kepada Amerika Serikat tahun 1973 lambat laun dapat melumpuhkan perekonomian Amerika Serikat secara bertahap. dalam Raymon Vernon dan Ethan B. Dalam http://politik. Livingstone. sangat bernafsu untuk terus mendominasi kawasan Teluk Persia itu demi menjaga pasokan minyaknya.com/2010/09/22/minyakdan-as/ [online]. Dalam artikel yang ditulis oleh David S. N.kompasiana. Washington D. Painter (1992) mengatakan bahwa sangatlah sulit membuat Amerika Serikat lepas dari keterganutngan tersebut mengingat konsumsi Amerika Serikat terhadap minyak sangat besar. Pada zaman Presiden Ronald Reagen. dalam menghentikan tentara Irak yang menduduki Kuwait (www. Petrodolar.politik.kompasiana. : Congressional Quarterly Inc. Bahkan Presiden Jimmy Carter pada tahun 1980 menyatakan bahwa AS hendak menggunakan kekuatan militer untuk melindungi pasokan minyak dari Timur Tengah. Ia lalu membentuk RDJTF (Rapid Deployment Joint Task Force). penerus Presiden Jimmy Carter.embargo yang ditujukan kepada Amerika Serikat dan sebagian negara Eropa dihentikan pada Maret 1974. 183-206.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful