P. 1
PENJASORKES

PENJASORKES

|Views: 2,499|Likes:
Published by Suci Winarsih

More info:

Published by: Suci Winarsih on Nov 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

BOLA VOLI

Istilah dan penjelasan umum • Sebelumnya diberi nama mintonette oleh William g morgan • Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 m x 8 m. • Tinggi net putra 2,43 m dan putrid 2,24 m. garis batas serang untuk pemain belakan adalah 3 m dari garis tengah (sejajar dengan jaring) • Garis tepi lapangan adalah 5 cm. • Terdiri dari 6 orang pemain tiap regu • basit stance (posisi persiapan sebelum menerima bola). • smash tipuan (dump) • posisi adalah 2 baris dengan 3 orang berada di depan dan tiga orang berada di belakang, bergantian searah jarum jam • 1 set permainan mengumpulkan poin 25. • apabila saat serve bola menyentuh net & jatuh di daerah lawan diperbolehkan. • dalam 1 team terdiri dari 6 orang & diantaranya adalah libero. libero adalah pemain bertahan yang tidak boleh melakukan smashing saat posisi dia di garis serang. • pergantian pemain bebas hanya boleh minta time out 2x dalam 1 set pertandingan.

Aturan permainan dari bola voli adalah: 1. Jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai 2. Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh pun akan mendapat nilai Jenis-jenis pemain sesuai dengan tugas dan fungsinya dapat dibagi : • Smasher/spiker, bertugas sebagai penyerang utama • Set upper/tosser (Su), bertugas sebagai pengumpan ke smasher/teman lainnya • Libero, pemain bertahan yg dapat keluar atau masuk namun tdk boleh mensmash bola • Defender/blocker pemain yang bertugas untuk menerima serangan dari lawan Sistim penyerangan ialah bentuk-bentuk formasi yang telah tertentu dalam penyerangan suatu tim bola voli. Macam-macam sistim penyerangan: • Sistim 4 smasher-2 set upper • Sistim 4 smasher, 1 set upper, 1 universal • Sistim penyerangan 5 smasher, 1 set upper Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli. Terdiri dari:
riz

SCIENCE3

Page | 1

Service atas yaitu melambungkan bola seperlunya lalu server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas Service bawah yaitu bola berada di salah satu tangan lalu tangan yang satunya berada di samping belakang badan untuk bersiap memukulnya dengan cara mengayunkannya dari bawah ke atas Passing adalah gerakan untuk mengambil/memukul bola yang berasal dari daerah lawan. Dibedakan menjadi : • Passing bawah • Pasing atas riz SCIENCE3 Page | 2 .

sebagai berikut : 1. punggung agak bungkuk dan tangan pemukul sedikit ditekuk. Tahap II : take off (melompat). Kesalahan-kesalahan umum dalam melakukan pertahanan :  Takut menerima smash yang keras.  Pergelangan tangan kaku sehingga bola terpukul tidak pada bagian di atasnya.  Terburu-buru bergerak maju menuju arah smash. Tahap IV : landing (mendarat) Landing dilakukan dengan kedua kaki. Macam-macam gerakan pertahanan :  Pertahanan dua lengan dengan posisi berbaris (passing bawah).  Pertahanan dengan menjatuhkan diri ke depan. Saat akan memukul bola. Sikap yang dilakukan adalah posisi setengah jongkok bersiap untuk melompat kedua tangan rapat dan lurus keatas. 3.4) Tahap-tahap gerakan smash. • Frontal smash dengan twist (smash depan dengan putaran). . 4. • Frontal smash (pukulan depan). 2. Kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan pemain pada saat melakukan smash adalah :  Melakukan take off dengan kekuatan yang kurang memadai  Seluruh gerakannya tidak kontinue dan tidak disertai ritme yang baik.  Kurang dapat membaca ketinggian bola umpan. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir member kesempatan untuk kawan satu regu untuk bergantian memblok Sistim penyerangan ditinjau dari posisi tempat penyerangan : • sistim penyerangan dari tepi : ( posisi 2 dan 4) • sistim penyeranga dari tengah ( posisi 3) • sistim serangan kombinasi tepi dan tengah (posisi 2. • Smash pura-pura (dump).3. berdiri tegak lurus.  Posisi yang kurang tepat.Blocking artinya menghalangi bola yang datang dari pihak lawan. Pertahanan mencakup dua aspek penting yaitu menerima smash lawan dan mengcover serangan yang mental.  Pertahanan dua lengan dengan posisi bergerak. Tahap I : run up yaitu lari menjangkau bola yang diumpankan. reaksi yang lambat. Lutut ditekuk dan elastic. Pada waktu take off kedua lengan dijulurkan ke atas dan tubuh di luruskan. Lengan dan bahu yang digunakan untuk memukul di tarik sedikit menjauhi bola. Tahap III : hit (memukul).

obyektif dan tepat selama memimpin pertandingan. dua orang pemain pertahanan tengah. pemain dapat diamati dengan baik. 3. dan pertahanan lapangan dua pemain.  Sistem 3 : 0 : 3 artinya tiga pemain melakukan block tiga pemain bertahan di daerah belakang.  Putusan wasit tidak boleh berdasarkan ramalan atau prasangka tetapi harus benar-benar melihat kejadian yang nyata pada saat mengeluarkan putusan.  Sistem 2 : 2 : 2 artinya dua pemain melakukan block.  Bila terjadi gangguan pertandingan ia harus menghentikannya dan meminta kepada kapten tim untuk memulihkan kejadian seperti semula atau kepada panitia dalam batas waktu tertentu. Macam-macam wasit dan tugasnya : (a) Referee ( wasit I )  Bertanggung jawab atas kelancaran pertandingan. tiga pertahanan belakang.  Pertahanan daerah lapangan tengah Macam-macam sistem pertahanan :  Sistem pertahanan 0 : 3 : 2 dan 1 : 3 : 2 artinya tanpa block satu pertahanan.  Meniup peluit untuk suatu keputusan kesalahan dan hukuman pindah service atau tambah biji dari regu yang bertanding  Wewenangnya mutlak. 5.  Sistem 2 : 1 : 3 artinya dua blocker. bila para pembantunya berbuat kesalahan. Dapat memukul bola dengan keras. daerah tengah tiga pemain. dan tepat dari posisi dimana semua medan. Smash yang dilakukan penuh variasi dan luwes. 2. Kriteria seorang smasher yang tergolong pemain top sebagai berikut : 1. dua pemain pertahanan belakang. 4. satu pertahanan tengah.  Keputusannya harus adil.Pertahanan dapat dibagi menjadi :  Pertahanan di atas net (blocking).  Pertahanan daerah tengah. Pedoman umum wasit dalam permainan bola voli  Wasit berusaha mengamati pertandingan yang dipimpinnya dari jarak sedekat mungkin (dikursi wasit dan dapat mengawasi di atas net secara mudah). Pandai melompat dengan timing yang tepat. (b) Umpire ( wasit II )  Tugas utamanya membantu wasit I . Mempunyai daya observasi yang tinggi. Pengamatan harus jelas. cermat. Dapat menjangkau bola jauh-jauh.

BOLA BASKET       Diciptakan oleh James Naismith Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 5 pemain inti yang bermain di lapangan dan 5 pemain cadangan. dan 3 untuk area di luar garis 3 point.  Menguasai bola bila ada time out. kapten tim perihal berapa kali time out . maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah. Waktu dalam permainan bola basket adalah 4x10 menit FIBA.        . dan mencatat teguran-teguran pemain dari wasit I saat pertandingan belangsung. 4x12 menit NBA Total pemain dalam satu tim adalah 12. yang bermain di dalam adalah 5 orang Score yang diperoleh ketika memasukkan bola ke dalam keranjang adalah 2 untuk area di dalam garis 3 point. Dapat menggantikan wasit I bila wasit I tidak cakap dalam memimpin pertandingan (c) Scorer (pencatat nilai)  Mencatat nilai. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang. atau medrible bola 2x pada dlm satu kali penguasaan bola. blocking foul adalah pelanggaran karena melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pemain lawan. travelling adalah melakukan pelanggaran membawa bola lebih dari 2 langkah 3 second adalah melakukan pelanggaran dengan berdiam di dalam key hole area selama 3 detik back court adalah membawa bola kembali ke area sendiri setelah melewati garis tengah area lawan 30 second adalah pelanggaran karena tim memegang bola lebih dari 30 detik di daerah lawan 10 second adalah pelanggaran karena tim berlama2 di daerah sendiri selama lebih dari 10 detik. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang. dan melaporkannya kepada wasit I. double drible adalah melakukan pelanggaran dengan mendrible bola dengan 2 tangan secara bersamaan.  Mengawasi perputaran service (d) Linesman ( pengawas garis )  Mengawasi bola masuk atau keluar saat pertandingan berlangsung dan melaporkannya kepada wasit I dengan kode-kode tertentu.

Shuffle Semua pemain bergerak dari satu posisi ke tempat lain dengan teratur sesuai dengan rencana. Fast break Serangan yang dilakukan secara serentak dan cepat sebelum lawan sempat membuat pola pertahanannya mencapai keseimbangan. 6. 5. Give and Go Weave Serangan bergelombang pergi dan datang.   Ukuran Bola Basket Secara umum ada tiga jenis ukuran bola basket. Tujuan menempatkan satu atau dua orang penyerang dalam posisi bebas adalah untuk mencetak bola. 2. biasanya dilakukan oleh pemain inti. 3. Bola 5 biasa dipakai pada pertandingan resmi tingkat SD. Press pressing . bola 6 biasa dipakai pada pertandingan resmi tingkat SMP. Pola Tekanan dan Pertahanan 1. Man to man devence Pertahanan orang perorang. pada umumnya menggunakan sistem sebagai berikut: 1. Play maker : Pengaturan serangan. anti screen. guna membuka/mendapatkan kesempatan mencetak gol. 2. merupakan kebalikan dari serangan fast break. sedangkan FIBA menerapkan 28 m x 15 m sebagai ukuran standar lapangan basketnya. sistem pertahanan yang menggunakan taktik satu pemain menjaga satu pemain lawan secara ketat. Bola yang biasa dipakai adalah bola ukuran 7. Cara menyerang suatu regu yang melibatkan lima pemain yang terus bergerak sambil saling mengoper guna mencapai lubang pertahanan lawan. Zona Devence Sistem pertahanan daerah. Ukuran Lapangan NBA menerapkan 28.65 m x 15. Pola pertahanan dalam permainan bola basket. 3. Double pivot offence 5. Pola penyerangan dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan cara : 1.24 m sebagai ukuran standar lapangan basketnya. Suatu kombinasi dari pertahanan daerah (zona defence) dan pertahanan orang-perorang (man to man) untuk menghadapi teknik screen lawan. dimana para pemain memperhatikan daerah yang harus dijaganya dan mengawasi bola di daerahnya. 4. Set offence Serangan yang direncanakan dan dibangun dari awal sampai penyelesaian akhirnya (finishing tought). atau 7. Screen switch defence Pertandingan dengan anti tirai.

• Wasit penyerta berkewajiban mengamati persinggungan pemain antara pinggang keatas dan bola masuk. • Bila diantara petugas meja terdapat perbedaan pendapat wasit I harus memutuskan hal ini • Memeriksa dan mengeshkan angka / nilai dalam daftar angka pada setiap akhir suatu babak. yakni kelima pemain mundur sambil bertahan. demikian juga bila terjadi kesalahan dan selalu bergerak untuk memperoleh tempat pengamatan yang tepat dan memelihara konsentrasi.Tekanan pada sistem pertahanan agresif. • Mengesahkan atau membatalkan gol yang terjadi akibat perbedaan pendapat mengenai gol tersebut. • Memutuskan setiap peristiwa yang tidak tertampung dalam peraturan permainan dan peraturan pertandingan. Tugas dan kewajiban wasit daIam permainan bola basket antara lain : • Melaksanakan bola loncat pada setiap awal babak permainan • Memeriksa dan mengesahkan semua alat-alat pertandingan termasuk alatalat petugas meja. • Ingat selalu menempati posisi pemandu dan penyerta. tiup peluit sambil mengangkat tangan dengan telapak tangan terbuka atau tertutup (sesuai jenis pelanggaran) dan menunjuk kearah mana bola diberikan. serta memberi tanda poin yang diperoleh dari memasukkan bola tadi. • Berhak menghentikan pertandingan bila keadaan menghendaki. . • Wasit pemandu bertugas mengamati persinggungan pemain antara pinggang sampai kaki. Pertandingan bola basket dipimpin dua orang wasit I dan wasit II ( pemandu dan penyerta). Full court press Tekanan pada seluruh lapangan. dan memberi kode kepada petugas meja. • Melarang pemain yang menggunakan alat-alat yang mungkin dapat membahayakan pemain lain. Pedoman dalam mewasiti petandingan bola basket • Tiap kali terjadi pelanggaran. Retreating defence (pertahanan mundur) Cara bertahan suatu regu yang dimulai pada saat bola berpindah pada penguasaan lawan. • Bila terjadi pelanggaran wasit yang melihat segera meniup peluit. suatu regu melakukan penjagaan secara ketat terhadap lawannya. 2. 3. suatu sistem atau taktik dari pertahanan agresif guna mencegah lawan yang sedang menguasai bola untuk bergerak sampai 10 detik supaya lawan terkena peraturan “ten second rules” atau membuat kesalahan-kesalahan lain saat itu. • Menetapkan jam permainan yang resmi dan menyesuaikan tanda perwasitan kepada wasit II dan petugasnya.

5m  Lama permainan normal : 2 x 45 menit  Lama istirahat : 15 menit  Lama perpanjangan waktu : 2 x 15 menit  Ada tendangan penalty jika skor masih seri sedangkan perpanjangan waktu habis  Waktu pergantian babak maksimal 15 menit  Adu penalty biasanya diwakili oleh 5 pemain dari masing-masing tim  Hattrick terjadi apabila seorang pemain dapat membuat 3 gol ke gawang lawan dalam satu kali permainan.  Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Pada kedua sisi pendek.  Jumlah pemain dari barisan penghubung (lapangan tengah). Gawang dgn tinggi 7m dan lebar 2. Empat barisan depan dipersiapkan terutama untuk penyerangan. 4 barisan belakang merupakan suatu pertahanan yang baik untuk menjaga gawangnya. Sistem permainan sepak bola meliputi:  Sistem 1 – 4 – 2 –4 1 penjaga gawang.4 meter dan lebar 54.  Sistem 1 – 4 – 3 – 3 .32 x 2. Dengan panjang 91.44 meter. atau 7.SEPAK BOLA Istilah dan ketentuan umum  operan langsung (wall pass)  Pemain libero : pemain bebas  Jumlah pemain : 11 orang  Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan : 7 orang  Jumlah pemain cadangan maksimal : 13 orang  Jumlah wasit : 1  Jumlah hakim garis : 2 jumlah pergantian pemain tak terbatas. 2 centre back bermain saling bersisihan dan saling menolong. Dari sekian pola penyerangan yang ada dibagi tiga:  Pola atau taktik melakukan gerakan tersusun  Pola atau taktik mencari ruang kosong  Pola atau taktik pertahanan tembok Sistem permainan sepak bola dapat dibedakan menjadi :  Formasi (susunan) dari barisan pertahanan (tanpa atau dengan libero).  Jumlah dan susunan pemain penyerang.8 meter. terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki.

Napza adalah akronim dari Narkotika.  Menarik perhatian wasit terhadap permainan kasar atau kelakuan tidak sopan. Sedangkan psikotropika adalah zat atau obat baik alami maupun sintesis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku. Alkohol.  Sistem 1 – 4 – 4 – 2 Sistem ini secara otomatis membuat kecenderungan agar keamanan barisan pertahanan lebih baik dan menjaga keseimbangan di lapangan tengah.  Memiliki kekuasaan yang tak terbatas untuk menghentikan permainan terhadap suatu pelanggaran. hilangnya rasa. tendangan sudut. NARKOBA A. PENGERTIAN Napza adalah zat kimia yang apabila dimasukkan ke dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan pikiran.  Menentukan apakah bola yang akan digunakan untuk pertandingan memenuhi syarat. Tugas penjaga garis  Menunjukkan jika bola berada di luar permainan. Ada aksi menggiring bola dengan kerjasama (passing. dan Zat Adiktif lainnya. maka sistem ini sudah tidak ada harapan baik. dan tendangan gawang.  Mengeluarkan setiap pemain dari lapangan permainan yang menurut endapatnya bersalah karena berbuat kasar.  Membuat catatan tentang jalannya permainan. Narkotika adalah zat atau tanaman baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran.  Memberi isyarat untuk memulai kembali permainan setelah siap penghentian. wall pass)dan apabila sistem ini tidak membahayakan gawang lawan.  Menunjukkan jika bola melampaui garis gawang dan apakah tendangan gawang atau tendangan sudut yang akan diberikan. . mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. atau perilaku seseorang sehingga menjadi terganggu dan tidak normal. Sistem 1 – 1 – 3 – 3 – 3 Tugas seorang wasit  Menjalankan peraturan-peraturan dan memutuskan setiap perselisihan. suasana hati/perasaan.  Menunjukkan pihak mana yang berhak melakukan lemparan ke dalam. Psikotropika.

tegang. Kokain Penggunaan : dihisap. gangguan jiwa. gembira. hipersomnia. kulit lembab. suhu tubuh naik. Putus zat : gemetar. hilang nafsu makan. menggigil. koma. JENIS NAPZA 1. Alkohol Penggunaan : diminum Efek samping : gembira. kejang-kejang. bola mata mengecil. mata dan hidung berair. muntah-muntah. ditelan. tertawa tidak wajar. Heroin. mata merah. disedot. sukar tidur. Ganja Penggunaan : dihisap Efek samping : gembira. berkurang rasa lapar. stamina meningkat. koma. kematian. mata berair. santai. mual. hiperaktif. bicara kacau. tertawa tidak normal. kematian. berkeringat. pandangan kabur. tidur terlalu lama. santai. tenang. Overdosis : nafas pendek dan tersengal-sengal. Putus zat : gelisah. tidak dapat mengendalikan diri. bingung. koma. gembira yang berlebihan. mulut kering. tulang dan persendian. Ekstasi Penggunaan : ditelan Efek samping : gembira. 2. tidak bisa tidur. Putus zat : sukar tidur. kematian. Over dosis : depresi. tenaga bertambah. gangguan menstruasi. hilang keseimbangan Over dosis : sakit kepala. detak jantung dan tekanan darah meningkat. mengantuk. cemas. panik. gelisah. kematian. berkhayal. disuntikkan Efek samping : kewaspadaan meningkat. Putus zat : letih. gejala gangguan jiwa. percaya diri. denyut nadi dan tekanan darah meningkat. kerusakan otak. depresi. ayan. cepat marah. rasa sakit otot. koma. Putaw Penggunaan : dihisap. menguap. pupil membesar. Morfin. disuntikkan Efek samping : menghilangkan rasa sakit. . kematian.gemetar. tegang. berkeringat. Putus zat : lesu. 4. moralitas kurang. daya tahan tubuh lemah. pingsan. hilang nafsu makan. berkeringat. agak demam. Opium. rahang kaku.muntah-muntah. tekanan darah dan detak jantung meningkat. Over dosis : panik. kejang-kejang. bingung. Over dosis : gelisah . santai. koma. muka merah. nyeri otot dan persendian.B. kepala berat. 3. pupil mata membesar. merusak alat reproduki. 5. ngamuk. aktif.

disedot. bingung. nafsu makan hilang. berkeringat. bingung. koma. jamur mushroom . C. heroin . putaw . HALUSINOGEN (zat yang dapat menimbulkan efek halusinasi/menciptakan daya khayal) yaitu ganja/ marijuana . kokain . methadone .6. Kompetisi. petidine 2. aktif.1997 UU. STIMULAN (zat yang dapat merangsang fungsi tubuh/meningkatkan kesegaran dan semangat) yaitu nikotin . kerusakan pada otak. DEPRESAN (zat yang berfungsi untuk mengurangi aktifitas tubuh/menenangkan) yaitu opium . ayan. LSD. Putus zat : letih. Over dosis : panik. santai. 3. kecubung . UU yang mengatur tentang Narkoba UU RI No. kematian. morfin . disuntikkan Efek samping : gembira. Sistem gugur 2. stamina meningkat. Shabu-Shabu Penggunaan : dihisap. nyeri otot dan persendian. KLASIFIKASI NAPZA 1. mata berair.22 Thn. tidak bisa tidur. amphetamine . cemas. shabu-shabu . hipersomnia. ekstasi. tekanan darah dan detak jantung meningkat. Nomor 35 Tahun 2009 SISTEM PERTANDINGAN Umumnya bagan sistem pertandingan dibagi menjadi dua macam yaitu : 1.percaya diri. depresi. dan sistem kompetisi dibagi lagi menjadi : • • Setengah Kompetisi (system pertandingan ini mengharuskan semua peserta bertemu satu kali dalam pertandingan/saling bertemu) Kompetisi Penuh / Home and A way ( system pertandingan yang mengharuskan setiap .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->