BAB 1 PENDAHULUAN

1.1

Latar Belakang Semakin maju suatu negara semakin banyak orang yang terdidik dan

banyak pula yang menganggur, maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha.Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan. Wirausaha merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha itu sendiri. Semenjak negara kita dilanda krisis ekonomi, masyarakat berusaha dengan berbagai cara untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Pedagang kaki lima semakin bertambah banyak, warung-warung tenda bertebaran demi untuk mendapatkan rezeki. Bagaimana tidak, anggota keluarga dan kepala keluarganya tetap membutuhkan pemenuhan kebutuhan. Angka putus sekolah semakin banyak, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kerap terjadi, jadi pegawai/ karyawan swasta susah apalagi pegawai negeri. Sekarang Anda mungkin belum merasakan susahnya mencari uang, tetapi pada tahun-tahun yang akan datang Anda akan merasakannya. Mencari uang memang susah, sementara untuk membelanjakannya sangat gampang. Tak heran banyak orang yang melakukan kejahatan. Dari sini latar belakang mengapa Anda perlu belajar berwirausaha, walaupun di antara Anda mungkin ada yang sudah bisa bekerja untuk memperoleh uang. Dalam rangka menghadapi era perdagangan bebas, kita ditantang bukan hanya untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang siap bekerja , melainkan juga harus mampu mempersiapkan dan membuka lapangan kerja baru. Membuka dan memperluas lapangan kerja baru merupakan kebutuhan yang sangat mendesak. Sekarang ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausaha Indonesia masih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat. Kurangnya

3 Mamfa’at Makalah  Dapat menambah wawasan kita tentang pelajaran kewirausahaan ini. 1. Dengan demikian. 1.  Dapat dijadikan bahan acuan dan inspirasi untuk para pembaca tentang peranan wirausaha dalaam dunia usaha yang ada di Indonesia . persoalan pembangunan wirausaha di Indonesia yang merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan dapat diatasi.2 Tujuan Makalah  Untuk memahami apa peran wirausaha dalam dunia usaha yang ada di Indonesia ini  Agar kita semua. Karena itu perlu adanya pengenalan mengenai fungsi dan peran wirausaha dalam konteks lokal agar jiwa wirausaha dapat ditumbuhkan dalam masyarakat. baik untuk pembaca maupun kelompok kami bisa dan mampu untuk menerangkan apa yang kami makalahkan ini.wirausaha Indonesia karena masyarakat Indonesia pada umumnya belum mengetahui gambaran umum mengenai wirausaha dan apa sebenarnya fungsi dan peran wirausaha dalam pembangunan Indonesia.

BAB 2 LANDASAN TEORI 2. menciptakan. • Semangat. yaitu: • Tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan serta membuahkan hasil berupa organisasi usaha yang melembaga. perilaku. mulai dari proses merencanakan. dan kemampuan sesorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari. melaksanakan. dan produk baru. Setidaknya ada 3 pengertian tambahan dari kewirausahaan. dan inovatif. sikap. yaitu sebagai berikut: • Kewirausahaan rutin Wirausaha yang dalam melakukan kegiatan sehari-harinya cenderung menekankan pada pemecahan masalah dan perbaikan standar prestasi . teknologi. mengelompokkan kewirausahaan berdasarkan perannya.1 Pengertian Kewirausahaan Banyak pengertian tentang apa itu kewirausahaan kelompok kami mengambil salah satu bari banyak pengertian itu.2 Kewirausahaan Berdasarkan Perannya Roopke. 1995. produktif. dan menerapkan cara kerja. yaitu sbb. hingga menanggung resiko yang timbul untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. • Kemampuan untuk mengelola aktivitas usaha. 2. Istilah kewirausahaan secara filosofis berarti kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar atau penggerak dalam menghadapi tantangan hidup.

Kegiatan ini tidak perlu melibatkan pembuatan barang dan tidak perlu menyerap dana pribadi. • Kewirausahaan arbitrase Wirausaha yang selalu mencari peluang melalui kegiatan penemuan (pengetahuan) dan pemanfaatan (pembukaan). Menghasilkan barang.tradisional. pasar dan teknologi. • Wirausaha inovatif Wirausaha yang menghasilkan ide-ide dan kreasi baru yang berbeda. . Dibayar dalam bentuk gaji.

usaha yang dijalankannya akan menyerap banyak tenaga kerja dan otomatis dapat mengurangi jumlah Penganguran di Indonesia. pengendali. hal ini merupakan proses dinamis wirausaha .1 Fungsi Makro Dan Mikro Wirausaha Di Indonesia Fungsi Makro Wirausaha berperan sebagai penggerak. seperti membuat pola . 3.2.1 Peranan Wirausaha Dalam Dunia Usaha Yang Ada di Indonesia Secara garis besar peranan wirausaha dalam dunia usaha yang ada di Indonesia adalah sbb: • • • • • Menciptakan lapangan kerja Mengurangi pengangguran Meningkatkan pendapatan masyarakat Mengkombinasikan faktor – faktor produksi (alam. modal dan keahlian) Meningkatkan produktivitas Sebagai contoh. hal ini akan memberikan kontribusi yang baik dalam pengembangan perekonomian dinegara kita. Ia akan membutuhkan orang-orang yang akan membantunya dalam menjalankan kegiatannya. Artinya. mengerjakan detail pakaian serta aktivitas lainnya.BAB 3 PEMBAHASAN 3. penelitian. menjahit.2 3. tenaga kerja. pengembangan ilmu pengetahuan. seorang desainer pakaian tidak akan bekerja sendiri dalam mengembangkan usahanya. dan pemacu perekonomian suatu bangsa. Hasil-hasil dari penemuan ilmiah. dan kreasi-kreasi baru dalam produk barang dan jasa-jasa yang berskala global.

dan pemasar bagi hasil produk-produk industri besar.  Usaha kecil dapat meningkatkan efisiensi ekonomi khususnya dalam menyerap sumber daya yang ada. Semakin besar persainagn usaha di Indonesia banyak pengetahuan baru yang didapat untuk mengatasi persaingan tsb  . Secara kualitatif fungsi makro ini diperankan oleh usaha kecil. bahkan wirausaha yang berhasil menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi. hal ini membuat teknologi di Negara Indonesia semakin maju. Perbaikan produk dan jasa yang ada . alat pemerataan dalam berusaha dan pemerataan dalam pendapatan.  Usaha kecil yang dipandang sebagai sarana pendistribusian pendapatan Indonesia.2.2 Fungsi Mikro Peran wirausaha adalah penanggung resiko dan ketidakpastian. Menurut Marzuki Usman (1997). Berikut adalah peranannya dalam perekonomian Indonesia:  Usaha kecil memperkokoh perekonomian Indonesia melalui fungsi pemasok. Nilai tambah tersebut diciptakan melalui:  Pengembangan teknologi baru. 3. fungsi penyalur.  Penemuan pengetahuan baru. fungsi produksi. mengkombinasikan sumber-sumber kedalam cara yang baru dan berbeda untuk menciptakan nilai tambah dan usaha-usaha baru.yang kreatif. secara umum wirausaha adalah menciptakan nilai barang dan jasa dipasar Indonesia melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara-cara baru yang berbeda untuk dapat bersaing.

Beberapa faktor penentu keberhasilan usaha adalah:  Kemampuan mengembangkan dan mengimplementasikan rencana perusahaan. . dan keuangan untuk mencapai tingkat keberhasilan tertentu yang diinginkan. tetapi juga kelangsungan usaha. sebaliknya negara-negara yang tidak memiliki keunggulan bersaing dalam sumber daya akan kalah dalam persaingan. yaitu bisnis harus dapat memberikan manfaat tidak saja secara ekonomi dalam bentuk laba usaha. Demikian juga pertumbuhan penduduk dunia yang cepat disertai persaingan yang tinggi akan menimbulkan berbagai angkatan kerja yang kompetitif dan akan menimbulkan pengangguran bagi sumber daya manusia yang tidak memiliki keunggulan daya saing yang kuat.3 Peran Kewirausahaan Dalam Usaha Kecil Menengah Dalam Menghadapi Krisis Global Di Indonesia Segala usaha bisnis dijalankan dengan azas manfaat. Penemuan cara-cara yang berbeda untuk menyediakan barang dan jasa dengan jumlah yang lebih banyak dengan menggunakan sumber daya yang lebih sedikit Wirausaha adalah perintis dan pengembang perusahaan yang berani mengambil resiko dalam menghadapi ketidakpastian dengan cara mengelola sumber daya manusia. baik jangka pendek maupun jangka panjang. Negara-negara yang memiliki keunggulan bersaing adalah negara-negara yang mampu memberdayakan sumber daya ekonominya dan memberdayakan sumber daya manusianya secara nyata. 3. material.  Kapabilitas dan kompetensi manajemen. Negara-negara yang unggul dalam sumber dayanya akan memenangkan persaingan. Salah satu kunci keberhasilan adalah memiliki tujuan dan visi untuk mencapainya (Steinhoff dan Burges. 1993). Hanya sumber daya yang memiliki keunggulanlah yang dapat bertahan dalam persaingan.

 Perusahaan dapat memenuhi kebutuhan modal untuk menjalankan usaha. Tidak adanya pembagian tugas yang jelas antara bidang administrasi dan operasi. Mudradjad Kuncoro mengatakan ada 7 tantangan yang harus dihadapi usaha kecil menengah dalam era krisis global di Indonesia. walaupun kita telah belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa sektor usaha kecil menengah tahan krisis. sehingga mereka cenderung menggantungkan pembiayaan usahanya dari modal sendiri atau sumber lain. namun tetap saja harus ada kewaspadaan akan dampak krisis ini terhadap sektor usaha kecil menengah. Krisis global dunia telah menggagalkan. Pengadaan bahan baku. Sebagian besar usaha kecil ditandai dengan belum dipunyainya status badan hukum.7% yang sudah memiliki badan hukum (PT/ NV. 4. dan hanya 1. atau koperasi). bahkan rentenir. 2. CV.7% tergolong perusahaan perorangan berakta notaris. seperti keluarga. Mayoritas usaha kecil menengah merupakan perusahaan perorangan yang tidak berakta notaris. yaitu: 1. Akses industri kecil terhadap lembaga kredit formal rendah. 4. Indonesia menjadi salah satu negara korban krisis global. Firma. Ini karena bahan baku bagi usaha kecil menengah yang . 3. dan jarak yang relatif jauh. serta memanfaatkan tenaga kerja dari keluarga dan kerabat dekatnya. bahkan membangkrutkan banyak bisnis di dunia. pedagang perantara. 5. Di tengah krisis global yang melanda dunia tahun 20082009. masalah terbesar yang dihadapi dalam pengadaan bahan baku adalah mahalnya harga. Kebanyakan usaha kecil menengah dikelola oleh perorangan yang merangkap sebagai pemilik sekaligus pengelola perusahaan. Tren nilai ekspor menunjukkan betapa sangat berfluktuatif dan berubah- ubahnya komoditas ekspor Indonesia selama periode 1999-2006. kerabat. terbatasnya ketersediaan.

di banyak sentra ekspor mengalami kelangkaan tenaga terampil untuk sektor tertentu. Wirausaha dapat mendayagunakan segala sumber daya yang dimiliki. Salah satu yang dapat berperan adalah aspek kewirausahaan. 7. dan produktivitas dalam setiap aspek kegiatan usaha kecil menengah. Dalam bidang pemasaran.  Bertindak inovatif. dengan proses yang kreatif dan inovatif. Masalah utama yang dihadapi dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja adalah tidak terampil dan mahalnya biaya tenaga kerja. yang meliputi: a) Selalu berpikir secara visionaris (melihat jauh ke depan). sehingga memilikiperencanaan tidak saja jangka pendek. masalahnya terkait dengan banyaknya pesaing yang bergerak dalam industri yang sama. yaitu: a) Selalu berusaha meningkatkan efisiensi. Salah satu langkah strategis untuk mengamankan usaha kecil menengah dari ancaman dan tantangan krisis global adalah dengan melakukan penguatan pada multi-aspek. Regenerasi perajin dan pekerja terampil relatif lambat. dan dapat terbuka menerima kritik dan saran untuk masukan pengembangan usaha kecil menengah. dan penetrasi pasar di luar negeri. Akibatnya. kegagalan. . namun bersifat jangka panjang. efektivitas. b) Belajar dari pengalaman orang lain. menjadikan usaha kecil menengah siap menghadapi tantangan krisis global.berorientasi ekspor sebagian besar berasal dari luar daerah usahan tersebut berlokasi 6. Beberapa peran kewirausahaan dalam mengatasi tantangan di usaha kecil menengah adalah:  Memiliki daya pikir kreatif. relatif minimnya kemampuan bahasa asing sebagai suatu hambatan dalam melakukan negosiasi.

baik usaha besar maupun usaha kecil menengah. BAB 4 PENUTUP 4.2 Saran Sebagai bangsa penerus Negara Republik Indonesia ini marilah kita majukan Negara kita ini dengan menciptakan wirausaha-wirausaha dengan belajar yang rajin dan giat. dan menyesuaikan profil resiko serta mengetahuiresiko dan manfaat dari suatu bisnis. Usaha kecil menengah harus memiliki manajemen resikodalam segala aktivitas usahanya.  Berani mengambil resiko. . 4.b) Meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi persaingan bisnis.1 Kesimpulan Secara keseluruhan dapat disimpulkan ternyata peran kewirausahaan dalam dunia usaha yang ada di Indonesia ini sangatlah penting dalam majunya ekonomi Negara Indonesia ini. Karena perekonomian bangsa Indonesia dapat bertahan karena adanya wirausaha.

KATA PENGANTAR Alhamdullilahi Rabbil Alamin atas segala puji bagi ALLAH SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Penulis menyadari bahwa Tugas ini masih memiliki kekurangan dan kesalahan. Demi lebih baiknya makalah ini dengan segala kerendahan hati penulis menerima kritik dan saran yang diberikan kelompok kami. untuk itu penulis memohon maaf. dengan judul “PERANAN WIRAUSAHA DALAM DUNIA USAHA YANG ADA DI INDONESIA” Tugas ini ditujukan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran KEWIRAUSAHAAN Sekolah Menengah Kejuruan Utama. 26 April 2010 Penulis . Plered.

......................... II DAFTAR ISI................................................................................................ 3 BAB 3 PEMBAHASAN.................................................................................................................................................................. 1.................................... 1 2 2 BAB 2 LANDASAN TEORI................ 3 Kewirausahaan Berdasarkan Perannya...........1 Peranan Wirausaha Dalam Dunia Usaha Yang Ada di Indonesia………………………………………………………….........................................1 2......... 5 5 5 ........................................ Mamfa’at Makalah....................................................... 5 3...................................................................DAFTAR ISI I KATA PENGANTAR....................3 Latar Belakang............................................ Tujuan Makalah........ 3 2..........................2 Pengertian Kewirausahaan...........................................1 1...............................................................2 1................. 1 BAB 1 PENDAHULUAN...............................

....... 2003............... Ating................... Bandung: Armico........2 Fungsi Makro................. Kewirausahaan SMK.......................... Kewirausahaan: Pedoman Praktis..................................2.................................................................... Fungsi Mikro................... 3.................................. . Buchari..................... 2000.......................... DAFTAR PUSTAKA Alma............................. Kewirausahaan.2 Fungsi Makro Dan Mikro Wirausaha Di Indonesia……………....................................................................1 4..................... Bandung: Alfabeta.. Kiat dan Proses Menuju Sukses............. Tedjasutisna........... Saran...... Suryana........... 3. Jakarta: Salemba Empat.3 Peran Kewirausahaan Dalam Usaha Kecil Menengah Dalam Menghadapi Krisis Global Di Indonesia………………………… BAB 4 PENUTUP.............1 3....................... 4................ DAFTAR PUSTAKA.................3.....2. 2005...........2 Kesimpulan........

net MAKALAH PERANAN WIRAUSAHA DALAM DUNIA USAHA YANG ADA DI INDONESIA .www.e-dukasi.

5. 2. 4. Disusun oleh: Novia Suci Rahayu Nina Rostiana Eva Setia Sherly Apliantin Siti Aisah SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN UTAMA PURWAKARTA 2009/2010 .1. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful