P. 1
MENJAGA LIDAH

MENJAGA LIDAH

|Views: 41|Likes:
Published by Tmg Colex

More info:

Published by: Tmg Colex on Nov 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2010

pdf

text

original

MENJAGA LIDAH

Betapa banyak kejelekan-kejelekan yang ditimbulkan karena perkataan yang tidak baik. Orang bisa bertengkar, saling benci, saling dendam, saling bunuh dsb. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama menjaga lidah kita, baik dalam memberi nasehat maupun bertutur kata, kita upayakan dengan kata-kata yang baik. Insyaallah kita akan mendapatkan hikmah dan digolongkan menjadi orang-orang yang beruntung fiddunya wal akhirah.

. . . : ! . . . .

Hadirinal kiram rahimakumullah ,« Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT, dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjahui semua larangan-larangan-Nya, agar kita menjadi orang yang beruntung fiddunya wal akhirah. Dan ketahuilah bahwa

sesungguhnya menjaga lidah sangat dianjurkan bagi kita umat Islam. Untuk itu marilah kita bersama-sama menjaga lidah kita, baik dalam memberi nasehat maupun bertutur kata, kita upayakan dengan kata-kata yang baik. Insyaallah kita akan mendapatkan hikmah dan digolongkan menjadi orang-orang yang beruntung fiddunya wal akhirah. Allah berfirman si dalam Al-Qur¶anul karim :

Artinya : Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah (berkatalah) dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. Berdasarkan ayat tersebut, sesungguhnya kita dianjurkan supaya mengajak orang orang yang belum beriman menuju kepada jalan Allah dengan cara dan dengan katakata yang baik. Insyaallah orang yang berkata baik dan orang yang mendengarkannya akan diliputi dengan hikmah. Hadirinal kiram rahimakumullah ,« Perlu kita ketahui bahwa kita dianjurkan oleh Allah supaya menjaga lidah kita dengan bertutur kata yang baik atau jika tidak dapat berkata baik maka lebih baik diam. Sebagaimana sabda Rasulullah saw :

:
Artinya : Barangsiapa percaya (iman) kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diamlah. Dari hadist tersebut telah jelas, bahwa orang yang beriman kepada Allah dan hari qiamat supaya berkata yang baik atau diam (jika tidak bisa berkata baik). Kita telah mengetahui, betapa banyak kejelekan-kejelekan yang ditimbulkan karena perkataan yang tidak baik. Orang bisa bertengkar, saling benci, saling dendam, saling bunuh dsb. Oleh karena itu marilah kita jaga lidah kita dari perkataan-perkataan yang tidak baik, agar kita menjadi orang-orang yang selamat fiddunya wal akhirah. Hadirinal kiram rahimakumullah ,« Sekali lagi marilah kita bersama-sama menjaga lidah kita agar kerukunan hidup kita terjaga dengan baik dan terhindar dari bahaya-bahaya yang ditimbulkannya. Dan mudah-mudahan kita semua senatiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Aamiin.

.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->