Hubungan Industrial

Pertemuan ke 13 Kuliah MSDM I Dosen: Kuspriyatin,S.E

Hubungan industrial Pengertian Hubungan Industrial dan H.I.P Serikat Pekerja dan Collective Bargaining .

secara ringkas. baik sebelum terjadi ikatan kerja maupun sesudah ada ikatan kerja.Pengertian Hubungan Industrial y Hubungan Industrial . . menangani masalah masalah yang timbul sebagai akibat adanya hubungan antara karyawan individual atau serikat karyawan dengan pihak manajemen.

Hubungan Industrial Pancasila y Adalah hubungan antara para pelaku dalam proses produksi barang dan jasa (buruh. pengusaha dan pemerintah) yang didasarkan atas nilai nilai dalam Pancasila dan UUD 45 yang tumbuh dan berkembang diatas kepribadian bangsa dan kebudayaan nasional Indonesia. .

Ciri ciri HIP y HIP didasarkan atas asas Ketuhanan YME y HIP ialah hubungan perburuhan yang dijiwai oleh Pancasila. .HIP didasarkan atas suasana keserasian dan keseimbangan y HIP berpegang pada Tridharma.

Serikat Pekerja y Serikat Pekerja (labor union atau trade union) adalah organisasi para pekerja yang dibentuk untuk mempromosikan atau menyatakan pendapat. . y Kepentingan dominan yang diperjuangkan adalah ekonomi. melindungi dan memperbaiki melalui kegiatan kolektif. berbagai keinginan dan permintaan akan kenaikan gaji atau upah. pengurangan jam kerja dan perbaikan kondisi kondisi kerja adalah beberapa contohnya. kepentingan kepentingan sosial ekonomi dan politik para anggotanya. Dalam bidang ini.

Dua Konsep Pergerakan Serikat Pekerja .

menuntut kenaikan gaji. meningkatkan kesejahteraan. y Social unionism: Serikat pekerja yang mempunyai misi pada kebijakan kebijakan sosial. ekonomi dan politik yang lebih luas.Definisi y Busines Unionism : Serikat pekerja dengan misi melindungi karyawan. . memperbaiki kondisi kerja dan membantu karyawan pada umumnya.

Tipe Tipe Serikat Pekerja Tipe Serikat Pekerja Craft Unions Industrial Unions Mixed Unions .

Definisi y Craft Unions : Adalah Serikat Pekerja yang anggotanya mempunyai ketrampilan yang sama. Terdiri dari karyawan yang terampil maupun tidak terampil dalam suatu perusahaan tanpa memperhatikan sifat pekerjaan mereka. . Seperti misal: tukang tukang kayu. y Industrial Unions: Adalah serikat pekerja yang dibentuk berdasarkan lokasi kerja yang sama.

(Kombinasi dari craft dan industrial unions) . tidak terampil dan setengah terampil dari suatu lokal tertentu tidak memandang dari industri mana.Lanjutan y Mixed Unions: Adalah serikat pekerja yang mencakup para pekerja terampil.

Perundingan Kolektif merupakan proses negosiasi antara pihak karyawan yang diwakili serikat pekerja dengan pihak manajemen untuk menerapkan syarat syarat hubungan kerja. y Dalam kerangka hubungan serikat pekerja ² manajemen.Collective Bargaining (Perundingan Kolektif) y Adalah suatu proses dimana para wakil dari dua kelompok bertemu untuk merundingkan suatu perjanjian yang mengatur hubungan kedua pihak diwaktu yang akan datang. .

Dua Tipe dasar Perundingan Kolektif Tipe dasar CB Tradisional Integratif .

promosi. y Integratif Collective Bargaining: Perundingan tentang masalah kepentingan timbal balik kedua belah pihak yang lebih besar. terutama menyangkut pemecahan masalah dan penyelesaian konflik. pengupahan. kondisi kerja. . PHK. hak hak manajemen dsb.Definisi y Tradisional Collective Bargaining: Adalah perundingan mengenai distribusi benefits.

Tahap Tahap Collective Bargaining Persiapan ‡ Memonitor lingkungan ‡ Menyusun rencana perundingan ‡ Membentuk tim perunding ‡ Persetujuan manajemen puncak Perundingan ‡ Negosiasi dengan serikat pekerja ‡ Mencapai persetujuan Administrasi ‡ Mengadministrasikan perjanjian kerja ‡ Memberi penerangan melalui latihan ‡ Menyesuaikan kebijakan dan kompensasi ‡ Mengawasi pelaksanaan perjanjian .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful