1.

1 Latar Belakang
Dalam Sang Pemimpi, Andrea bercerita tentang kehidupan ketika masa-masa SMA. Tiga tokoh utamanya adalah Ikal, Arai dan Jimbron. Ikal- alter egonAndrea Hirata, sedangkan Arai adalah saudara jauh yang yatim piatu yang disebut simpai keramat karena anggota keluarga terakhir yang masih hidup dan akhirnya menjadi saudara angkat dan Jimbron adalah seorang yatim piatu yang terobsesi dengan kuda dan gagap bila sedang antusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiganya dalam kisah persahabatan yang terjalin dari kecil sampai mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA pertama yang berdiri di Belitung bagian timur. Bersekolah di pagi hari dan bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari, dari ketagihan mereka menonton film panas di bioskop dan akhirnya ketahuan guru mengaji mereka , kisah cinta Arai dan Jimbron, perpisahan Jimbron dengan ikal dan Arai yang akan meneruskan kuliah di Jakarta yang akhirnya membuat mereka berdua terpisah tetapi tetap akan bertemu di Perancis. Hidup mandiri terpisah dari orang tua dengan latar belakang kondisi ekonomi yang sangat terbatas namun punya citacita besar , sebuah cita-cita yang bila dilihat dari latar belakang kehidupan mereka, hanyalah sebuah mimpi.

1.2 Tujuan Resensi
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Tujuan resensi adalah menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Seorang penulis resensi (pertimbangan buku) bertolak dari tujuan untuk membantu para pembaca dalam menentukan perlu tidaknya membaca sebuah buku tertentu atau perlu tidaknya menikmati suatu hasil karya seni. Hasil karya seni misalnya: drama, film, sinetron, sebuah pementasan, dst. Resensi harus disesuaikan dengan selera pembaca. Oleh karena itu resensi yang dimuat melalui sebuah majalah mungkin tidak sama dengan yang disiarkan oleh majalah lain. Resensi juga harus disesuaikan dengan tingkat pendidikan para pembacanya. Pembaca merupakan orang-orang yang akan dihadapi secara langsung oleh penulis resensi. Untuk memberi pertimbangan atau penilaian secara objektif atas sebuah hasil karya atau buku, penulis resensi harus memperhatikan dua faktor: 1.Penulis resensi harus memahami sepenuhnya tujuan pengarang buku. Hal ini dapat dilihat dari Kata Pengantar. 2.Penulis resensi harus menyadari sepenuhnya apa maksudnya membuat resensi. Adapun struktur dari resensi adalah sebagai berikut:

dan buku atau karyanya. Nilai buku Penulis resensi juga harus memberikan sugesti kepada pembaca. apakah buku tersebut dibaca atau tidak. tanda baca. ada uraian/contoh tidak. tempat terbit. dapat dilihat berdasarkan: a. Penulis resensi juga dapat memperkenalkan pengarang/penulis bukunya. Keunggulan dan kekurangan buku Untuk menentukan keunggulan dan kekurangan buku. 4. pencetakan kata-katanya. dapat memperoleh gambaran tentang isi buku tersebut. c. dan harga. ketenarannya.Isi -> apakah sudah jelas/tuntas. melainkan juga identitasnya.1. Jenis buku Penulis resensi juga harus mencantumkan jenis buku tersebut. pembaca yang belum tahu. 3. format (ukuran). tebal buku. Antara lain: penerbit. layak . berikut pembahasannya. missal: nama. Tema resensi Tujuannya untuk menarik pembaca 2. kebersihan. baik secara eksplisit maupun implisit.Teknik -> perwajahan (lay-out). Deskripsi buku tidak hanya terdisri dari isi buku. tahun terbit. dst. Tetapi penilaian yang diberikan harus objektif. 5.Organisasi (kerangka) b. Deskripsi isi buku Dengan deskripsi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful