P. 1
makalah urbanisasi

makalah urbanisasi

|Views: 2,194|Likes:
Published by nugrahaadjie

More info:

Published by: nugrahaadjie on Nov 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/14/2013

pdf

text

original

PERNYATAAN Dengan ini kami menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam tugas ini kami buat sendiri tanpa

meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, kami siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

NPM 10110459

Nama Lengkap Aji Nugraha

Tanda Tangan

Program Sarjana Sistem Informasi UNIVERSITAS GUNADARMA

1

DAFTAR ISI

Surat Pernyataan……………………………………………….. Daftar Isi……………………………………………………….. BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang…………………………………………………. Tujuan………………………………………………………….. Sasaran……………………………………………………….... BAB II PERMASALAHAN Kekuatan……………………………………………………….. Kelemahan……………………………………………………... Peluanng………………………………………………………. Tantangan……………………………………………………… BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI Kesimpulan……………………………………………………. Rekomendasi…………………………………………………..

1 2

3 4 4

5 6 6 7

8 8

2

BAB I PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG

Urbanisasi yang terjadi di Indonesia setiap tahunnya semakin bertambah, terutama terjadi setelah hari raya Idul Fitri ( Lebaran ). Hal ini seperti sudah tradisi setiap tahunnya terjadi di Indonesia Urbanisasi ini biasanya terjadi akibat dari beberapa factor yang mendorong maupun menarik, beberapa factor yang menjadi penarik dan pendorong terjadinya proses urbanisasi dari desa menuju kota adalah sebagai berikut.

A. Faktor yang menarik terjadinya Urbanisasi 1. Kota memeiliki sarana dan prasarana yang lebih baik 2. Penghasilan di kota lebih tinggi 3. Kehidupan di kota lebih modern dan menarik 4. Terdapat banyaknya hiburan di kota dibandingkan di desa 5. Di kota Pendidikan & Fasilitasnya lebih baik dari pada di desa

B. Faktor yang mendorong terjadinya urbanisasi. 1. Sempitnya lahan pekerjaan di desa 2. Lingkunagn desa yang bersifat kaku 3. Ingin mencoba mengadu nasib di kota
3

4. Trpaksa pindah dari desa ( Di usir ) 5. Dorongan orang tua terhadap anaknya

Dengan demikian dapat di lihat factor utama yang menjadi pendorong dan penarik terjadinya proses Urbanisasi adalah factor EKONOMI. Selain itu kurang meratanya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah sehingga membuat masyarakat desa sulit untuk memenuhi keperluan sehari-harinya

2. TUJUAN URBANISASI

Dilihat dari latar belakang yang menjadi penarik serta pendorong terjadinya proses urbanisasi maka tujuan dari kaum urban sebenarnya adalah berusaha untuk meningkatkan taraf hidup mereka yang dikarenakan mereka berfikir hidup di kota relative lebih tinggi dibandingkan hidup di desa karena di kota terdapat banyaknya pusat-pusat industri serta perdagangan. Sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih tinggi dan mudaahh.

Sain dari meningkatkan taraf hidup mereka, pendidikan pun menjadi faktor penting yang mengakibatkan kaum urban memilih pindah ke kota. Karena pendidikan dikota lebih lengkap dan memadai dan para orang tua ingin memberikan pendidikan terbaik kepada anak-anaknya.

Disamping itu kehidupan modern kota yang berbeda dari kehidupan desa menjadi hal lain yang dapat dijadikan tujuan dari proses urbanisasi dan juga tujuantujuan lainnya.
4

3.

SASARAN URBANISASI

Secara umum kaum urban biasanya memilih daerah yang memiliki pusat industri atau perdagangan yang dapat memberikan lapangan pekerjaan yang memperbesar peluang untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik yang sesuai dari tujuan mereka melakukan urbanisasi

Selain itu, Kota-kota modern yang besar dan megah seperti Ibu kota Jakarta bandung Bali dan Juga Batam menjadi sasaran para kaum urban untuk memperoleh gaya hidup yang lebih baik dari pada kehidupan di desa yang masih tradisional.

BAB II PERMASALAHAN

Permasalahan

Urbanisasi

Pasca

lebaran

dengan

memperhatikan

dan

mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dapat dilihat dari sisi kekuatan, kelemahan, peluang dan juga tantangan atau hambatan hal ini sematamata dijadikan sebagai alat analisis untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi oleh suatu bagian masyarakat tertentu dan bukan untuk dijadikan jalan keluar dari maalah yang sedang dihadapi. 1. Kekuatan ( Strength )
a. Dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa

5

b. Memperkecil angka kemiskinan c. Pemerintah mendapat banyak tenaga kerja untuk pembangunan umum d. Meningkatkan pendidikan masyarakat Dengan Urbanisasi mungkin kaum urban yang pindah ke kota mendapatkan taraf hidup yang lebih baik dari pada kehidupan yang dulu sewaktu tinggal di desa sehingga memperkecil angka kemiskinan di Indonesia, Selain itu para pekerja kontrak yang mengerjakan pekerjaan umum seperti jembatan, jalan raya, galian kabel dll, merupakan para urban dari desa-desa yang bekerja sebagai petani yang menunggu musim panin tiba sehingga pembangunan pemerintah dapat berjalan lancer. Dan penduduk-penduduk desa yang mempunyai tujuan untuk belajar ke kota mendapatkan peluang prestasi yang baik karena pendidikan di kota lebih memadai ketimbang di desa, dan tingkat pendidikan masyarakat pun bertambah

2. Kelemahan ( Weakness ) a. Pembangunan yang tidak merata b. Banyaknya kasus-kasus kejahatan di masyarakat c. Pemukiman menjadi penuh sesak d. Terjadi kemacetan dimana-mana e. Banyaknya pengangguran Dengan adanya urbanisasi pembangunan menjadi tidak merata hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang diperlukan untuk suatu proses pembangunan di suatu daerah dan mengakibatkan di satu sisi daerah saja yang mengalami kemajuan.
6

Kota-kota tujuan urbanisasi menjadi sangat padat dan menjadikannya sulit untuk mencari pekerjaan sehingga menimbulkan banyaknya pengangguran yang berdampak negatif munculnya banyak kasus-kasus kejahatan dan criminal.

3. Peluang ( Opportunity )

a. Kaum urban mungkin mendapatkan pekerjan yang lebih baik
b. Dikota dapat mengembangkan usaha pedesaan

c. Kaum urban yang telah sukses dapat membuak lapangan baru di desa d. Moment lebaran dapat menjadi peluang bagi sebagian masyarakat Urbanisasi memberikan peluang kepada masyarakat desa untuk meningkatkan taraf hidup untuk menjadi lebih baik, serta mengembangkan usaha yang tadinya hanya dikembangkan di desa-desa sehingga dapat di pasarkan di kota dan mendapat penghasilan yang lebih besar. Dan kaum urban yang telah sukses mungkin akan membawa keberhasilannya itu kembali ke desa sehingga masyarakat desa pun mendapat kehidupan yang lebih baik Selain itu Urbanisasi juga menciptakan tradisi mudik yang memberikan peluang usaha bagi sebagian masyarakat

4. Tantangan/ Hambatan ( Thereats ) a. Perlunya adaptasi terhadap lingkungan baru.
b. Perbedaan budaya dalam masyarakat menjadi masalh tersendiri

c. Perasingan usaha yang ketat

7

d. Adanya sweeping yang dilakukan pemerintak kepada kaum urban yang tanpa tujuan Urbanisasi membutuhkan proses beradaptasi, karena di temapt tujuan aurbanisasi tedapat berbagai macam suku dan budaya sehingga menimbulakan persaingan yang ketat dalam mendapatkan kesuksesan dan jika tidak mampu beradaptasi maka dia tidak akan bertahan lama dan tidak punya pilihan selain kembali ke desanya kembali.

BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

8

1. KESIMPULAN Dari analisis di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa urbanisasi merupakan masalah kita bersama di dalam masyarakat dan harus di tanggulangi secara benar, agar tidak menimbulakan dampak negative yang dapat merugikan kota yang menjadi tujuan urbanisasi. Apabila urbanisasi terlalu berlebihan dan tidak beraturan dapat menimbulkan dampak-dampak negative di dalam masyarakat seperti melonjaknya jumlah pengangguran, tingginya tingkat kriminalitas serta adanya pemukiman-pemukiman liar yang mengganggu pemandangan kota. Tetapi urbanisasi harus dilihat dari berbagai aspek kehidupan agar dapat menentukan mana yang baik dan mana yang salah. Dan juga pemerintah harus memperhatikan pemerataan pembangunan agar dapat meminimaliskan terjadinya urbanisasi.

2. REKOMENDASI Pemerintah harus teliti dalam menanggulangi masalah urbanisasi ini, terutama faktor ekonomi. Dengan cara menciptakan sumber lapangan kerja yang memadai dan berkompeten guna mendukung terciptanya masyarakat dengan taraf hidup yang lebih baik Pengembangan koperasi-koperasi di desa juga dapat mendukung serta memperlebar peluang masyarakat desa guna mampu memperoleh pekerjaan yang berkompeten karena sudah di atur oleh lembaga lembaga pemerintahan. Pemerataan dalam pembangunan juga penting guna mendukung sarana dan prasarana untuk mengembangkan potensi dalam masyarakat dan juga pemberian pendidikan yang baik kepada masyarakat pedesaan guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas untuk membangun desa-desa di seluruh Indonesia.
9

10

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->