y

Muatan listrik statis
* * * * * 2 pemilih 3,458 views | May 5, 2010

oleh dwi
Definisi Listrik Statis Kalian tahu nggak listrik statis itu pa..??? Hayo ada yang tahu nggak«??? Ya benar, Listrik statis itu adalah merupakan fenomena fisika yang dapat menunjukkan adanya interaksl dari benda-benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang dimiliki benda-benda itu bisa bermuatan negatif maupun positif. Kita ambil Contoh dari fenomena listrik statis yaitu batu ambar yang apabila digosok-gosokkan dengan kain sutra maka akan bermuatan listrik. Hal ini dapat diketahui apabila batu ambar itu didekatkan dengan kertas-kertas kecil maka kertas-kertas itu akan dapat tertarik oleh batu ambar. Proton dan Elektron Semua zat itu pasti tersusun atas atom-atom. Setiap atomnya pun itu tersusun atas inti atom yang di dalamnya itu terdapat proton dan inti atom itu dikelilingi oleh elektron-elektron. Proton itu bermuatan listrik positif sedangkan elektron itu bermuatan listrik negatif. Muatan Listrik (Q) Di dalam ilmu fisika muatan listrik itu Ada dua macam, yaitu muatan listrik positif (+), dan muatan listrik negatif (-). Apabila kedua muatan listrik yang berbeda (positif dengan negative) itu didekatkan, maka mereka berdua akan saling tarik-menarik. Namun, apabila dua muatan listrik yang sejenis (positif dengan positif dan sebaliknya) itu didekatkan, maka mereka akan saling tolak-menolak. Muatan listrik itu dapat dinotasikan dengan menggunakan simbol Q dan memiliki satuan coulomb (C). Hukum Coulomb Hukum Coulomb itu tentu saja menerangkan tentang gaya listrik dalam ilmu fisika. Sedangkan Gaya listrik itu dapat dinyatakan dengan notasi F dan memiliki satuan newton (N). Hukum Coulomb ini menyatakan bahwa: ³Gaya tarik atau gaya tolak-menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan besar muatan yang berinteraksi dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan tersebut.´ Induksi Listrik Kalian tahu nggak induksi listrik itu apa«??? Induksi listrik itu adalah fenomena fisika yang apabila pada suatu benda yang tadinya netral atau (tidak bermuatan listrik) menjadi bermuatan listrik karena akibat adanya pengaruh dari gaya listrik atau dari benda yang bermuatan lain dan didekatkan padanya. Elektroskop Apa itu elektroskop «???

Elektroskop itu bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik. dikenal dua sistem satuan yaitu sistem metrik (dipelopori Perancis sejak 1795) dan sistem CGS (centimeter-gram-second) yang dipelopori oleh Amerika Serikat dan Inggris (kedua Negara ini juga menggunakan sistem metrik untuk kepentingan internasional). 1. yakni sekitar 20. Kuat Medan Listrik Kuat medan listrik itu ialah besarnya medan listrik yang dimiliki oleh suatu muatan listrik dari suatu titik acuan tertentu.Elektroskop itu adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi muatan listrik statis. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada sebuah negatif maka di bagian kepala elektroskop berkumpul muatan negatif dan di bagian daunnya itu tidak ada muatan. Catsemprot. 2. Medan Listrik (E) Medan listrik itu kayak suatu daerah yang berada di sekitar muatan listrik yang ternyata masih sangat dipengaruhi oleh gaya listrik. Sifat elektroskop itu seperti berikut. Kuat medan listrik itu dapat dinotasikan dengan E dan memiliki satuan N. Elektrometer adalah elektroskop yang selain dapat mendeteksi muatan. Jika. Dan sejak tahun 1960 dikenalkan Sistem Internasional (SI Unit) sebagai kesepakatan internasional.benda bermuatan positif didekatkan pada sebuah elektroskop positif maka di bagian kepala elektroskop tidak ada muatan dan di bagian daunnya berkumpul muatan positif. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada sebuah elektroskop netral maka di bagian kepala elektroskop itu berkumpul muatan negatif dan di bagian daunnya berkumpul muatan positif. 4. Ini menyebabkan daun elektroskop akan menguncup. Generator Van de Graff Generator Van de Graff menggunakan prinsip listrik statis yang mampu menghasilkan tegangan sangat tinggi. hebat ya«. 3. Arah medan listrik itu adalah keluar dari muatan positif dan masuk ke muatan negatif. Manfaat Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari Gejala listrik statis dimanfaatkan dalam aplikasi sebagai berikut.C1. 3. Pencetak (printer) laser Sistem Satuan Pada awal perkembangan teknik pengukuran.000 volt. 2. dia juga dapat mengukur jumlah muatan listrik yang ada pada suatu benda. Ini menyebabkan daun elektroskop akan mengembang. Mesin fotokopi. Ada enam besaran yang dinyatakan dalam sistem SI.000. yaitu: . 1. Ini menyebabkan daun elektroskop akan mengembang.

menurut ketentuan SI. 7.16°Kelvin. Standar tegangan. dengan menggunakan sistem jembatan Maxwell. dengan metode geometris. 2. diturunkan dari standart resistansi SI dan standar tegangan SI. standar induktor akan diperoleh. Standar ampere. Ada enam besaran yang berhubungan dengan kelistrikan yang dibuat sebagai standart. air mendidih 100°C. menurut ketentuan SI. 1. 3. Standar luminasi cahaya. tegangan. tabung elektrode positip berisi elektrolit mercury dan tabung electrode negatip diisi elektrolit cadmium. 4. ditempatkan dalam tabung terisolasi yang menjaga dari perubahan temperatur atmospher. dengan diketahui resistansi dan frekuensi secara teliti akan diperoleh standar kapasitansi (Farad). ketentuan SI adalah tabung gelas Weston mirip huruf H memiliki dua elektrode. ohm. . satuan dan simbol dibidang kelistrikan dan kemagnetan yang berlaku internasional. Tabel 2. amper. yaitu standar amper. diantara kedua penghantar menimbulkan gaya = 2 x 10-7 newton/m panjang. diukur dengan derajat Kelvin besaran derajat kelvin didasarkan pada tiga titik acuan air saat kondisi menjadi es. Standar Induktansi. Standar Kapasitansi. Kini sistem SI sudah membuat daftar besaran. Besaran dan simbol kelistrikan dalam sistem SI. kemagnetan dan temperatur. resistansi. diturunkan dari standar resistansi dan standar kapasitansi. 6. Standart temperature. ditempatkan dalam suhu ruangan. menurut ketentuan SI. menurut ketentuan Standar Internasional (SI) adalah arus konstan yang dialirkan pada dua konduktor didalam ruang hampa udara dengan jarak 1 meter. menjadi air dan saat air mendidih. Secara praktis besaran listrik yang sering digunakan adalah volt. henry dsb. karena sebagai acuan dalam peneraan alat ukur yang diakui oleh komunitas internasional.01858 V. besaran dalam sistem SI. menurut ketentuan SI adalah Kandela yaitu yang diukur berdasarkan benda hitam seluas 1 m2 yang bersuhu hk lebur platina ( 1773 oC ) akan memancarkan cahaya dalam arah tegak lurus dengan kuat cahaya sebesar 6 x 105 kandela. Standar resistansi. 5. Air menjadi es sama dengan 0°Celsius = 273.tabel1. Ukuran Standar Kelistrikan Ukuran standar dalam pengukuran sangat penting. kapasitansi. menurut ketentuan SI adalah kawat alloy manganin resistansi 1 yang memiliki tahanan listrik tinggi dan koefisien temperature rendah. induktansi. Tegangan electrode Weston pada suhu 20°C sebesar 1.

Para ahli merumuskan tujuh macam besaran pokok. Besaran Pokok Besaran-besaran dalam fisika dapat dikelompokkan menjadi dua macam. yang berdiri sendiri. .saran Pokok dan Satuan Standar 1. seperti yang ditunjukkan pada Tabel Besaran Pokok dan Satuannya. yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikan atau ditetapkan terlebih dahulu. dan tidak tergantung pada besaran lain.

Ketika sistem metrik diperkenalkan. kilogram. kelvin. mol. kaki. pada tahun 1960. penyelid ikan awal geod esik menunjukkan ketidakpastian standar ini. A. Sistem MKS menggantikan sistem metrik. Dengan adanya kesulitan tersebut. para ahli sepakat untuk menggunakan satu sistem satuan. mil. Sistem Internasional disebut sebagai Metre Kilogram Second (MKS). yaitu menggunakan satuan standar Sistem Internasional. Selanjutnya pada Konferensi Berat dan Pengukuran Tahun 1948. yaitu satuan tidak baku dan satuan baku. Tetapi. Satuan Standar (Satuan Sistem Internasional: SI) Satuan merupakan salah satu komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran. Akan tetapi. satuan meter diusulkan setara dengan sepersepuluh juta kali seperempat garis bujur bumi yang melalui kota Paris. tiga satuan yaitu newton (N). Sistem itu juga disebut sistem Centimeter Gram Second (CGS). Satuan Internasional adalah satuan yang diakui penggunaannya secara internasional serta memiliki standar yang sudah baku. dan kandela. standar satuan baku telah ditetapkan sama di setiap tempat. yaitu suatu sistem satuan desimal yang mengacu pada meter. sekon. Standar satuan tidak baku tidak sama di setiap tempat. kilogram. dan sebagainya. Satuan ini dibuat untuk menghindari kesalahpahaman yang timbul dalam bidang ilmiah karena adanya perbedaan satuan yang digunakan. dan sebagainya. Satuan dibedakan menjadi dua jenis. Harus dilakukan penyesuaianpenyesuaian tertentu untuk memecahkan persoalan yang ada. misalnya jengkal dan hasta. ampere. joule (J). sehingga batang platina- . Sebuah besaran tidak hanya memiliki satu satuan saja. Besaran panjang ada yang menggunakan satuan inci.2. disebut Systeme Internationale Unites (SI). tujuh Satuan Internasional dari besaran pokok telah ditetapkan yaitu meter. Adanya berbagai macam satuan untuk besaran yang sama akan menimbulkan kesulitan. Sementara itu. gram yang didefinisikan sebagai massa satu sentimeter kubik air. Pada awalnya. dan watt (W) ditambahkan ke dalam SI. gram. dan detik. Satuan Standar Panjang Satuan besaran panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m). Untuk massa dapat menggunakan satuan ton.

Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan.iridium yang asli dibuat dan disimpan di Sevres dekat Paris. Prancis.763.792. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1. Singkatan sistem metriksnya dapat dilihat pada Tabel Singkatan Sistem Metriks Satuan berikut: . Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/299. Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan menggunakan awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan. para ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudah berubah. Jadi.458 sekon.650.73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik.

Mula-mula ditetapkan bahwa satu sekon sama dengan 1/86400 rata-rata gerak semu matahari mengelilingi Bumi. sehingga tidak dapat digunakan sebagai patokan. waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran.9 cm dan tinggi 3.16 K dan 611. Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4°C.Selanjutnya.631. Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres. E. Satuan Standar Waktu Satuan SI waktu adalah sekon (s). D.16 1dari suhu titik tripel air. pada tahun 1956 ditetapkan bahwa satu sekon adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9. Satuan Standar Massa Satuan standar untuk massa adalah kilogram (kg). Prancis. Silinder platina iridium memiliki diameter 3. Titik tripel air adalah 273. dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan terpisahkan sejauh satu meter dalam vakum. Satuan standar suhu adalah kelvin (K). Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat keseimbangan antara uap. Jika dibandingkan dengan skala termometer Celsius. Dalam pengamatan astronomi. 2 Pa. Satuan Standar Arus Listrik Satuan standar arus listrik adalah ampere (A). yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga. C.192.B. Satuan Standar Suhu Suhu menunjukkan derajat panas suatu benda.9 cm. dinyatakan sebagai berikut: .770 kali. Satu ampere didefinisikan sebagai arus tetap. yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273. cair. yang akan menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar . dan padat suatu bahan.

Konversi satuan dilakukan dengan menyisipkan faktor konversi yang cocok yang membuat satuan lain ditiadakan. Berikut ini beberapa contoh konversi satuan untuk besaran panjang. elektron. dan waktu. Partikel elementer merupakan unsur fundamental yang membentuk materi di alam semesta. Faktor konversi merupakan perbandingan dua satuan besaran sehingga sama dengan satu. dan lain-lain. Satuan tidak standar seperti ini perlu dikonversi ke satuan standar sehingga satuannya konsisten. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam kg karbon-12. yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683 watt per steradian pada arah tertentu. G.F. Inci dan ton merupakan contoh satuan tidak standar masing-masing untuk besaran panjang dan besaran massa. Truk itu mengangkut 500 ton beras. . Satuan Standar Intensitas Cahaya Intensitas cahaya dalam SI mempunyai satuan kandela (cd). Satuan Tidak Standar dan Konversi Satuan Televisi di rumah berukuran 14 inci. 3. molekul. Partikel ini dapat berupa atom. Satuan Standar Jumlah Zat Satuan SI untuk jumlah zat adalah mol. kecuali satuan yang kita kehendaki. massa.

tujuh . Dengan adanya kesulitan tersebut. para ahli sepakat untuk menggunakan satu sistem satuan. Besaran panjang ada yang menggunakan satuan inci. dan sebagainya. Selanjutnya pada Konferensi Berat dan Pengukuran Tahun 1948. yaitu menggunakan satuan standar Sistem Internasional. kaki. mil. gram. joule (J). kilogram. Untuk massa dapat menggunakan satuan ton. Adanya berbagai macam satuan untuk besaran yang sama akan menimbulkan kesulitan. Sistem Internasional disebut sebagai Metre Kilogram Second (MKS). Satuan ini dibuat untuk menghindari kesalahpahaman yang timbul dalam bidang ilmiah karena adanya perbedaan satuan yang digunakan. Harus dilakukan penyesuaianpenyesuaian tertentu untuk memecahkan persoalan yang ada.SATUAN STANDAR Satuan Standar (Satuan Sistem Internasional: SI) Satuan merupakan salah satu komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran. disebut Systeme Internationale d Unites (SI). pada tahun 1960. Pada awalnya. tiga satuan yaitu newton (N). dan watt (W) ditambahkan ke dalam SI. Satuan Internasional adalah satuan yang diakui penggunaannya secara internasional serta memiliki standar yang sudah baku. Akan tetapi. Sebuah besaran tidak hanya memiliki satu satuan saja. dan sebagainya.

ampere. para ahli menilai bahwa meter standar itu kurang teliti karena mudah berubah. yaitu satuan tidak baku dan satuan baku. kelvin. mol. Angka yang sangat besar atau sangat kecil oleh ilmuwan digambarkan menggunakan awalan dengan suatu satuan untuk menyingkat perkalian atau pembagian dari suatu satuan. Jadi. kilogram. penyelid ikan awal geod esik menunjukkan ketidakpastian standar ini.458 sekon. Pada tahun 1960 ditetapkan bahwa satu meter adalah panjang yang sama dengan 1.Satuan Internasional dari besaran pokok telah ditetapkan yaitu meter. dan detik.763. Standar satuan tidak baku tidak sama di setiap tempat.792. dan kandela. Tetapi. satuan meter diusulkan setara dengan sepersepuluh juta kali seperempat garis bujur bumi yang melalui kota Paris. A. Para ahli menetapkan lagi patokan panjang yang nilainya selalu konstan. Ketika sistem metrik diperkenalkan. Singkatan sistem metriksnya dapat dilihat pada Tabel Singkatan Sistem Metriks Satuan berikut: . Sistem itu juga disebut sistem Centimeter Gram Second (CGS). sehingga batang platinairidium yang asli dibuat dan disimpan di Sevres dekat Paris. gram yang didefinisikan sebagai massa satu sentimeter kubik air. Sistem MKS menggantikan sistem metrik. Satuan dibedakan menjadi dua jenis. sekon. standar satuan baku telah ditetapkan sama di setiap tempat.73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 dalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik. Sementara itu. yaitu suatu sistem satuan desimal yang mengacu pada meter. Prancis. Definisi baru menyatakan bahwa satuan panjang SI adalah panjang lintasan yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama selang waktu 1/299. misalnya jengkal dan hasta. Satuan Standar Panjang Satuan besaran panjang berdasarkan SI dinyatakan dalam meter (m).650.

Titik tripel menyatakan temperatur dan tekanan saat terdapat keseimbangan antara uap.9 cm. C. Dalam pengamatan astronomi. Prancis. Satuan Standar Waktu Satuan SI waktu adalah sekon (s).770 kali. Titik tripel air adalah 273. Jika dibandingkan dengan skala termometer Celsius. Satuan standar suhu adalah kelvin (K). Satuan Standar Massa Satuan standar untuk massa adalah kilogram (kg). Satuan Standar Suhu Suhu menunjukkan derajat panas suatu benda. yang dipertahankan untuk tetap mengalir pada dua batang penghantar sejajar dengan panjang tak terhingga. cair. dan padat suatu bahan.Selanjutnya. dinyatakan sebagai berikut: . waktu ini ternyata kurang tepat akibat adanya pergeseran. yang akan menghasilkan gaya antara kedua batang penghantar sebesar . Massa 1 kilogram standar mendekati massa 1 liter air murni pada suhu 4 C.B. Silinder platina iridium memiliki diameter 3. 2 Pa. Mula-mula ditetapkan bahwa satu sekon sama dengan 1/86400 rata-rata gerak semu matahari mengelilingi Bumi. sehingga tidak dapat digunakan sebagai patokan.9 cm dan tinggi 3. Satuan Standar Arus Listrik Satuan standar arus listrik adalah ampere (A).16 1dari suhu titik tripel air. Satu ampere didefinisikan sebagai arus tetap. E.631. yang didefinisikan sebagai satuan suhu mutlak dalam termodinamika yang besarnya sama dengan 1/273. Satu kilogram standar adalah massa sebuah silinder logam yang terbuat dari platina iridium yang disimpan di Sevres.16 K dan 611. D. dengan luas penampang yang dapat diabaikan dan terpisahkan sejauh satu meter dalam vakum. pada tahun 1956 ditetapkan bahwa satu sekon adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.

ittelkom. dan lain-lain. yang besarnya sama dengan intensitas sebuah sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi Hz dan memiliki intensitas pancaran 1/683 watt per steradian pada arah tertentu. Satuan Standar Intensitas Cahaya Intensitas cahaya dalam SI mempunyai satuan kandela (cd).ac.php? . Disadur:http://www. G. elektron. Satu mol setara dengan jumlah zat yang mengandung partikel elementer sebanyak jumlah atom di dalam kg karbon-12. Satuan Standar Jumlah Zat Satuan SI untuk jumlah zat adalah mol. Partikel elementer merupakan unsur fundamental yang membentuk materi di alam semesta.id/admisi/elearning/prog3. Partikel ini dapat berupa atom. molekul.F.

CONTOH PENGUKURAN DENGAN JANGKA SORONG .

CONTOH PENGUKURAN DENGAN MIKROMETER SKRUP .

Ada enam besaran yang dinyatakan dalam sistem SI. dikenal dua sistem satuan yaitu sistem metrik (dipelopori Perancis sejak 1795) dan sistem CGS (centimeter-gram-second) yang dipelopori oleh Amerika Serikat dan Inggris (kedua Negara ini juga menggunakan sistem metrik untuk kepentingan internasional). Dan sejak tahun 1960 dikenalkan Sistem Internasional (SI Unit) sebagai kesepakatan internasional. yaitu: .Sistem Satuan Pada awal perkembangan teknik pengukuran.

Standar Kapasitansi. karena sebagai acuan dalam peneraan alat ukur yang diakui oleh komunitas internasional. 3. Standar ampere. 5. Air menjadi es sama dengan 0°Celsius = 273. Standar luminasi cahaya. Standar Induktansi. ditempatkan dalam tabung terisolasi yang menjaga dari perubahan temperatur atmospher. dengan metode geometris. menurut ketentuan SI. Standar tegangan. diukur dengan derajat Kelvin besaran derajat kelvin didasarkan pada tiga titik acuan air saat kondisi menjadi es. 6. yaitu standar amper. standar induktor akan diperoleh. tegangan. 4. Besaran dan simbol kelistrikan dalam sistem SI. Kini sistem SI sudah membuat daftar besaran.01858 V. ketentuan SI adalah tabung gelas Weston mirip huruf H memiliki dua elektrode. Tegangan electrode Weston pada suhu 20°C sebesar 1. Ukuran Standar Kelistrikan Ukuran standar dalam pengukuran sangat penting. 1. menurut ketentuan SI adalah kawat alloy manganin resistansi 1 yang memiliki tahanan listrik tinggi dan koefisien temperature rendah. henry dsb. air mendidih 100°C. Standart temperature. Secara praktis besaran listrik yang sering digunakan adalah volt. diantara kedua penghantar menimbulkan gaya = 2 x 10-7 newton/m panjang. ditempatkan dalam suhu ruangan. 7. induktansi. satuan dan simbol dibidang kelistrikan dan kemagnetan yang berlaku internasional. besaran dalam sistem SI. diturunkan dari standar resistansi dan standar kapasitansi. Tabel 2. dengan menggunakan sistem jembatan Maxwell.tabel1. menurut ketentuan SI. resistansi. ohm. 2. menurut ketentuan Standar Internasional (SI) adalah arus konstan yang dialirkan pada dua konduktor didalam ruang hampa udara dengan jarak 1 meter. menurut ketentuan SI. tabung elektrode positip berisi elektrolit mercury dan tabung electrode negatip diisi elektrolit cadmium.16°Kelvin. dengan diketahui resistansi dan frekuensi secara teliti akan diperoleh standar kapasitansi (Farad). amper. diturunkan dari standart resistansi SI dan standar tegangan SI. menurut ketentuan SI adalah Kandela yaitu yang diukur berdasarkan benda hitam . kapasitansi. menjadi air dan saat air mendidih. Ada enam besaran yang berhubungan dengan kelistrikan yang dibuat sebagai standart. Standar resistansi. kemagnetan dan temperatur.

com Artikel Terkait Dasar Teknik Elektro y y y y Karakteristik Beberapa Jenis Bahan Penghantar Listrik Dasar Elektronika Daya . HaGe .bagian 1 Definisi Istilah Kelistrikan Pada PUIL 2000 Jenis-jenis Plug dan Socket Listrik . Semoga bermanfaat.bagian 1 Definisi Istilah Kelistrikan Pada PUIL 2000 Jenis-jenis Plug dan Socket Listrik Dasar Teknik Elektro y y y y Karakteristik Beberapa Jenis Bahan Penghantar Listrik Dasar Elektronika Daya .seluas 1 m2 yang bersuhu hk lebur platina ( 1773 oC ) akan memancarkan cahaya dalam arah tegak lurus dengan kuat cahaya sebesar 6 x 105 kandela.blogspot.http://dunia-listrik.