P. 1
Tugas Kelompok 5 Bunga Krisan Taksonomi

Tugas Kelompok 5 Bunga Krisan Taksonomi

|Views: 1,063|Likes:
Published by Noe Ra

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Noe Ra on Nov 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

Presentasi Oleh Kelompok 5

Bunga Krisan
(Chrysanthemum)

Klasifikasi ilmiah

yKerajaan:Plantae yDivisi: Spermatophyta ySub divisi: Angiospermae yOrdo:Asterales yFamili:Asteraceae yBangsa:Anthemideae yGenus:Chrysanthemum

Sejarah Persebaran #1
y Krisan atau dikenal juga dengan seruni bukan

merupakan tanaman asli Indonesia. yMenurut Rukmana dan Mulyana (1997), terdapat 1000 varietas krisan yang tumbuh di dunia. yBeberapa varietas krisan yang dikenal antara lain adalah C. daisy, C. indicum, C. coccineum, C. frustescens, C. maximum, C. hornorum, dan C. parthenium. yVarietes krisan yang banyak ditanam di Indonesia umumnya diintroduksi dari luar negeri, terutama dari Belanda, Amerika Serikat dan Jepang.

Sejarah Persebaran #2

yKrisan merupakan tanaman bunga hias berupa

perdu dengan sebutan lain Seruni atau Bunga emas (Golden Flower) berasal dari dataran Cina. yKrisan kuning berasal dari dataran Cina, dikenal dengan Chrysanthenum indicum (kuning), C. morifolium (ungu dan pink) dan C. daisy (bulat, ponpon). yDi Jepang abad ke-4 mulai membudidayakan krisan, dan tahun 797 bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang dengan sebutan Queen of The East.

Sejarah Persebaran #3

yTanaman krisan dari Cina dan Jepang menyebar

ke kawasan Eropa dan Perancis tahun 1795. yTahun 1808 Mr. Colvil dari Chelsa mengembangkan 8 varietas krisan di Inggris. yJenis atau varietas krisan modern diduga mulai ditemukan pada abad ke-17. yKrisan masuk ke Indonesia pada tahun 1800. ySejak tahun 1940, krisan dikembangkan secara komersial.

Bunga yang diduga berasal dari pegunungan Pyrenea (perbatasan Spanyol dan Perancis) ini memiliki aneka warna, seperti putih, kuning, salem, merah, pink dan violet. Krisan juga mempunyai banyak variasi kelopak: tunggal dan bertumpuk dengan ukuran kecil hingga super besar.

Diskripsi Umum#1
yTanaman krisan pada umumnya banyak

dijumpai pada daerah yang mempunyai ketinggian 700 ³ 1.200 m. ySuhu udara antara 18 °C ³ 22 °C dengan kondisi kelembaban udara tinggi. ySelain dari itu untuk memperoleh bunga yang berkualitas baik, tanaman krisan membutuhkan cahaya yang Iebih lama untuk merangsang proses pembungaan.

Diskripsi Umum#2
yDaun: Bentuk bagian dasar daun

Meruncing Acute

Menumpul Obtuse

Membulat Rounded

Mematah Truncate

Menjantung Cordate

Asimetri Asymetric

y Daun: Bentuk bagian ujung daun

Untuk tipe spray: Infloresen bunga: Bentuk infloresen

corymbi form
Kubah

pyramidal
piramida

cylindrical
silinder

Untuk tipe spray : Infloresen : jumlah kuntum yang berwarna (ketika bunga terminal pada stadia 8) 0 = pucuk vegetatif 1 = pucuk reproduktif 2 = kuncup bunga terlihat tetapi <10 mm 3 = kuncup bunga > 10 mm 4 = floret nampak pada cakram bunga, kelopak memisah 5 = floret telah berwarna 6 = floret berkembang

7 = banyak bunga pita baris terluar telah berkembang penuh 8 = baris terluar bunga pita telah berkembang penuh ¶open flower· 9 = bunga pita yang di tengah berkembang anter pada bunga tabung merekah 10 = semua bunga mekar

Kandungan Kimia
yDaun dan bunga krisan mengandung

saponin, di samping itu daunnya mengandung alkaloida dan tanin, sedang bunganya juga mengandung minyak atsiri. yBonggol bunga mengandung piretrum penghasil pestisida nabati yang potensial (peritrin)

Sifat
yMemiliki aneka warna, seperti putih dan kuning,

yang digunakan sebagai teh dan memiliki rasa yang cukup manis

Khasiat
Khasiat kembang krisan (chrysanthemum sp) dalam dunia pengobatan misalnya,untuk menyembuhkan sakit batuk,nyeri perut karena angin dan peradangan rongga sinus(sinusitis), sakit batuk produktif(batuk berdahak) akibat bronkhitis. Selain itu krisan juga mampu menurunkan demam,menurunkan tekanan darah,memperbaiki penglihatan,memberi gizi pada darah,serta menurunkan panas dalam.Di samping itu rasanya nikmat dan menyejukan tenggorokan.Karena khasiat-khasiat tersebut bunga krisan termasuk salahsatu bahan ramuan yang penting pada pengobatan tradisional Cina.

Manfaat Krisan bagi kesehatan
yKrisan jenis Chrysanthemum morifolium atau

Chrysanthemum indicum, yang warna putih atau kuning bisa dijadikan teh krisan (Chrysanthemum Tea) yKhasiatnya untuk menyembuhkan influenza, jerawat dan mengobati panas dalam dan sakit tenggorokan. Bisa juga untuk obat demam, mata panas dan berair, pusing-pusing serta untuk membersihkan liver.

Jenis
Chrysanthemum aphrodite Chrysanthemum arcticum Chrysanthemum argyrophyllum Chrysanthemum arisanense Chrysanthemum boreale Chrysanthemum chalchingolicum Chrysanthemum chanetii Chrysanthemum cinerariaefolium Chrysanthemum coronarium Chrysanthemum crassum Chrysanthemum glabriusculum Chrysanthemum hypargyrum Chrysanthemum indicum Chrysanthemum japonense Chrysanthemum japonicum Chrysanthemum lavandulifolium Chrysanthemum mawii Chrysanthemum maximowiczii Chrysanthemum mongolicum Chrysanthemum morifolium Chrysanthemum morii Chrysanthemum okiense Chrysanthemum oreastrum Chrysanthemum ornatum Chrysanthemum pacificum Chrysanthemum potentilloides Chrysanthemum segetum Chrysanthemum shiwogiku Chrysanthemum sinuatum Chrysanthemum vestitum Chrysanthemum weyrichii Chrysanthemum yoshinaganthum Chrysanthemum zawadskii

Chrysanthemum indicum L.
Botani Sinonim :Pyrethrum indicum Cass. Klasifikasi Divisi :Spermatophyta Sub divisi :Angiospermae Kelas :Dicotyledoneae Bangsa :Asterales Suku :Asteraceae Marga :Chrysanthemum Jenis :Chrysanthemum indicum L. Nama umum/dagang :Krisan Nama daerah :Krisan, Seruni (Jawa)

Deskripsi
Habitus :Terna, tinggi 0,5-1 m. Batang :Tegak, bulat, sedikit bercabang, permukaan kasar,hijau. Daun :Tunggal, berseling, lonjong, ujung runcing, pangkal membulat, tepi bertoreh, panjang 7-13 cm, lebar3-6 cm pertulangan menyirip, tebal, permukaan kasar, hijau. Bunga :Majemuk, bentuk cawan, di ketiak daun atau di ujung batang, garis tengah 3-5 cm, kelopak bentuk cawan, ujung runcing, hijau, benang sari dan putik halus, berkumpul di tengah bunga, mahkota lonjong, lepas, panjang 3-8 mm, kuning.

Buah Biji Akar

:Lonjong, kecil, ditutupi selaput buah, masih muda putih setelah tua hitam. :Lonjong, kecil, hitam. :Tunggang, putih.

Chrysanthemum indicum L.

Khasiat Bunga Chrysanthemum indicum berkhasiat sebagai obat sakit bengkak pada mata dan untuk obat luka. Untuk obat bengkak mata dipakai + 10 gram bunga Chrysanthemum indicum, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan sampai hangat-hangat kuku. Air hasil rebusan digunakan untuk merendam atau mengkompres mata yang sakit. Kandungan kimia Daun dan bunga Chrysanthemum indicum mengandung saponin, di samping itu daunnya mengandung alkaloida dan tanin, sedang bunganya juga mengandung minyak atsiri.

Chrysanthemum cinerariaefolium
Botani Sinonim Klasifikasi Divisi Sub divisi Kelas Bangsa Suku Marga Jenis Nama lain : Tanacetum cinerariaefolium (Trevi.) Schultz-Bip.) :Spermatophyta :Angiospermae :Dicotyledoneae :Asterales :Asteraceae :Chrysanthemum :Chrysanthemum cinerariaefolium (Visiani) :Bunga piretri/ bunga krisan (Pyrethri flos)

Karakterisasi yPiretrum adalah herba perenial yang berbunga majemuk, dengan bonggol bunga berwarna kuning dan daun pita berwarna putih. Tanaman ini diperbanyak dengan biji, memilah anakan, stek batang yang diikuti induksi perakaran serta kultur jaringan (McDonnal, 1995 dalam Keskitalo, 1999; Casida, 1973;Hornok, 1992).

Chrysanthemum cinerariaefolium

y Zat berkhasiat y Tentang Piretrin

: Piretrin

Bahan mentah dari bunga krisan kering disebut sebagai piretrum, sedangkan piretrin merupakan istilah untuk 6 senyawa yang bersifat insektisida yang dikandung dalam piretrum. Piretrum umumnya mengandung 0,9-1,3% piretrin (Novizan:2000). Piretrin merupakan hasil ekstraksi dari bubuk mentah piretrum sebagai resin yang dapat dipakai untuk insektisida komersial. Satu koma enam liter piretrin dapat diperoleh dengan melarutkan satu kilogram bubuk piretrum ke dalam 5,4 liter etanol (Tempo:Desember 1993). Senyawa piretrin memiliki densitas ~0,859 g/mL pada suh 200C, indek bias 1,45; titik didih 750C dan penyimpanannya pada suhu 2-80C. Senyawa piretrin bekerja dengan cara mengganggu jaringan syaraf serangga. Piretrin dapat bekerja dengan cepat dan dapat langsung membuat serangga pingsan. Piretrum memiliki daya racun yang rendah pada manusia dan mamalia.

Chrysanthemum x grandiflorum Nama umum Indonesia : Bunga krisan, seruni Cina : ye ju hua

Chrysanthemum maximum Hort Nama umum Indonesia : Bunga krisan, seruni Inggris : Shasta daisy

Chrysanthemum indicum L

Chrysanthemum coronarium

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->