BAB I PENDAHULUAN

Matriks tulang sejati mengandung protein serabut kolagen dan zat kapur (CaCO3) yang menyebabkan tulang menjadi keras. Sel tulang disebut osteosit yang berasal dari osteoblast (sel darah muda). Selaput pembungkus tulang disebut periosteum yang berfungsi memperbaiki tulang yang retak (fisura) atau tulang yang patah (fraktura). Lempeng-lempeng tulang disebut lamela. Ditengah lamela konsentris terdapat saluran harvers. Juga terdapat saluran-saluran kecil (kanalikuli) yang menghubungkan aluran Harvers dengan osteosit-osteosit. Jaringan tulang sejati disebut pula dengan jaringan tulang dewasa. Jaringan tulang sejati tersusun atas sel-sel tulang yang dinamakan osteosit. Osteosit di bentuk oleh osteoblas. Osteoblas berasal dari fibroblas. Oleh karena itu, osteoblas berperan penting dalam proses pembentukan tulang.Osteosit tersusun dalam lapisan kon sentris yang disebut lamela. Lamela yang mengelilingi kapiler disebut saluran Havers.

Sementara. dan arteri. Jaringan tulang sejati juga berfungsiuntuk menghasilkan sel darah merah (eritrosit). Jaringan tulang sejati tersusun atas sel-sel tulang yang dinamakan osteosit.BAB II PEMBAHASAN JARINGAN TULANG SEJATI Jaringan ikat penyokong terdiri dari jaringan tulang rawan dan jaringan tulang sejati. Di dalam saluran Havers ditemukan kapiler. antar saluran Havers dihubungkan oleh sebuah saluran yang dinamakan saluran Volkman. vena. Osteoblas berasal dari fibroblas. Lamela yang mengelilingi kapiler disebut saluran Havers. Oleh karena itu. Di antara lamela terdapat ruang tempat osteosit yang disebut lakuna. Jaringan tulang sejati disebut pula dengan jaringan tulang dewasa. Osteon . osteoblas berperan penting dalam proses pembentukan tulang.Osteosit tersusun dalam lapisan kon sentris yang disebut lamela. Osteon (Jaringan Tulang Sejati) Gambar 9. Osteosit di bentuk oleh osteoblas.

Sedangkan perubahan tulang rawan menjadi tulang sejati disebut osifikasi (proses pengapuran). Tulang Spons (bunga karang) Matriksnya tersusun longgar.Berdasarkan kepadatan matriks ada atau tidak ada rongga di dalamnya . Unit dasar tulang disebut sistem Havers. Garam mineral berfungsi membuat tulang menjadi keras. Tulang selalu dirobak dan dibentuk (diperbaiki) secara aktif. Matriks tulang sejati mengandung protein serabut kolagen dan zat kapur (CaCO3) yang menyebabkan tulang menjadi keras. Osteoblas adalah sel yang berasl dari fibroblas dan ikut serta dalam pembentukan tulang. . tulang dibedakan menjadi dua. dan saluran Havers. Sel tulang disebut osteosit yang berasal dari osteoblast (sel darah muda). Lempeng-lempeng tulang disebut lamela. lacuna. 10 Lamela Lamela adalah lapisan konsentris matriks yang terdiri dari garam mineral dan serat kolagen. kanalikuli. Ditengah lamela konsentris terdapat saluran harvers. Jaringan tulang sejati (Osteon) Pembentukan tulang dari sel disebut osteogenesis. Sel tulang yang meresorpsi bagian tulang yang akan dihancurkan adalah sel osteoklast yang merupakan modifikasi dari monosit (salah satu leukosit). Osteosit dibentuk dari osteoblas. Jaringan tulang disusun oleh sel-sel tulang yang disebut osteosit. yaitu :      Tulang kompak (keras) Tersusun atas matriks yang rapat. Selaput pembungkus tulang disebut periosteum yang berfungsi memperbaiki tulang yang retak (fisura) atau tulang yang patah (fraktura). Sistem Havers tersusun dari lamella. Osteocyt dan osteoblast selalu dibentuk baru. Juga terdapat saluran-saluran kecil (kanalikuli) yang menghubungkan aluran Harvers dengan osteosit-osteosit.

yaitu saluran yang menghubungkan dua saluran Havers. Kanalikuli adalah saluran yang berfungsi menyalurkan makanan dan mengeluarkan zat sisa. dan melindungi organ-organ yang lunak. Tulang merupakan organ yang sangat keras. Saluran Havers Saluran Havers berisi pembuluh darah dan saraf.Serat kolagen berfungsi membuat tulang menjadi kuat. magnesium klorida (MgCl2). . penyokong tubuh. Senyawa penyusunnya adalah kalsium klorida (CaCl2). tempat melekatnya otot. kalsium fosfat (Ca2PO4). Tulang berfungsi sebagai alat gerak. dan barium sulfat (BaSO4). tulang dibagi menjadi dua kelompok. barium klorida (BaCl2). Tulang kompak adalah tulang yang tidak memiliki rongga. Mineralisasi merupakan proses perubahan penyusunan materi organik menjadi materi anorganik. Perbedaan sel-sel tulang dewasa dengan tulang rawan adalah tulang dewasa sudah mengalami mineralisasi. Lakuna adalah suatu ruang kecil di antara lamella yang di dalamnya mengandung osteosit. Mineral yang sangat tinggi konsentrasinya di dalam tulang adalah kalsium dan fosfat. Berdasarkan strukturnya. sedangkan tulang spongiosa (tulang spons) adalah tulang yang memiliki rongga. Di dalam saluran Havers terdapat saluran Volkman. yaitu tulang kompak dan tulang spongiosa.

Jaringan tulang sejati tersusun atas sel-sel tulang yang dinamakan osteosit. Osteoblas berasal dari fibroblas. Lamela yang mengelilingi kapiler disebut saluran Havers.BAB III PENUTUP KESIMPULAN Dari Pembahasan sebelumnya dapat diambil suatu kesimpulan yaitu Jaringan tulang sejati disebut pula dengan jaringan tulang dewasa. Oleh karena itu. osteoblas berperan penting dalam proses pembentukan tulang. . Osteosit tersusun dalam lapisan kon sentris yang disebut lamela. Osteosit di bentuk oleh osteoblas.

DAFTAR ISI http://ipa-biologi-kbsi«jaringan-tulang-sejati.blogspot.com .htm http://www.infokita.