P. 1
Pengertian Budi Pekerti

Pengertian Budi Pekerti

5.0

|Views: 16,940|Likes:

More info:

Published by: Deu Dinul Damai Sworo on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2013

pdf

text

original

Nama : Adis Dwi Rahmawati Kelas : XI IPA 3

Pengertian Budi Pekerti
Budi pekerti terdiri dari dua kata yakni budi dan pekerti. Budi yang berarti
sadar atau yang menyadarkan atau alat kesadaran. Pekerti berarti kelakuan. Secara terminologi, kata budi ialah yang ada pada manusia berhubungan dengan kesadaran, yang didorong oleh pemikiran. Pekerti adalah apa yang terlihat pada manusia, karena didorong oleh perasaan hati, yang disebut behavior. Kata budi pekerti dalam kamus Bahasa Indonesia adalah tingkah laku, perangai, akhlak. Budi pekerti mengandung makna perilaku yang baik, bijaksana dan manusiawi. Di dalam perkataan itu tercermin sifat, watak seseorang dalam perbuatan seharihari. Budi pekerti sendiri mengandung pengertian yang positif. Namun penggunaan atau pelaksanaannya yang mungkin negatif. Penerapannya tergantung pada manusia. Budi pekerti didorong oleh kekuatan rohani manusia yakni pemikiran, rasa dan karsa yang akhirnya muncul menjadi perilaku yang dapat terukur dan menjadi kenyataan dalam kehidupan. Pemikiran mempunyai tabiat kecenderungan kepada ingin tahu dan mau menerima yang logis, dan sebaliknya tidak mau menerima yang tidak masuk akal. Manusia diberi kesempatan berpikir dan mengembangkan, serta membimbing akal ke arah yang benar. Sedangkan rasa mempunyai tabiat kecenderungan pada keindahan. Letak keindahan adalah pada keharmonisan susunan sesuatu, harmonis antara unsur jasmani dengan rohani, harmonis antara mental dan tingkah laku, harmonis susunan keluarga. Keharmonisan akan menimbulkan rasa nyaman dalam kalbu dan tentram dalam hati. Jika tidak ada keharmonisan akan timbul gejolak dalam hati, timbul keresahan dan kegelisahan yang mengganggu kenyamanan hati. Manusia memiliki karsa yang berhubungan dengan pemikiran dan rasa. Karsa disebut kemauan atau kehendak, hal ini berbeda dengan keinginan. Keinginan lebih mendekati pada senang atau cinta yang terkadang berlawanan antara satu keinginan dengan keinginan yang lainnya dari seseorang pada suatu waktu yang sama. Kehendak

di rumah maupun masyarakat. pendidikan agama di sekolah memang memiliki kelemahan-kelemahan. Lebih dari itu anak-anak tersebut juga sering terlibat tawuran. Pandangan yang terlalu simple menganggap bahwa kemerosotan akhlak. Bukan Diajarkan BUDAYA kekerasan dan kemerosotan akhlak yang menimpa anak-anak usia sekolah belakangan ini semakin terasa. Budi pekerti lahir karena fakta. Pendidikan agama dituding telah gagal dan mandul membentuk akhlak dan kepribadian siswa. juga materi yang terlalu menekankan pada aspek teoritis dan kognitif semata. sejak dari jumlah jam pelajaran yang sangat minim. kasus obat-obatan terlarang dan tindakan negatif lainnya. etika. Pendidikan budi pekerti adalah suatu proses pembentukan perilaku atau watak seseorang.atau kemauan adalah keinginan yang dipilih antara keinginan-keinginan yang banyak untuk dilaksanakan. persepsi atau kepedulian untuk melakukan hubungan sosial secara harmonis melalui perilakunya. dan ajaran agama yang dianut suatu masyarakat. dalam batas tertentu. Beberapa waktu ke belakang ada wacana untuk menambahkan mata pelajaran pendidikan budi pekerti di sekolah dalam rangka menanggulangi perkembangan negatif anak didik tersebut. moral dan etika peserta didik tersebut disebabkan karena gagalnya pendidikan agama (Islam) di sekolah. sehingga dapat membedakan hal-hal yang baik dan yang buruk dan mampu menerapkannya dalam kehidupan. Budi Pekerti Harus Diteladankan. Harus diakui. Banyak oknum anak didik yang sering dinilai kurang memiliki sopan santun baik di sekolah. Dengan kata lain kehendak adalah keinginan yang dimenangkan di antara keinginan yang banyak setelah mengalami kebimbangan. Pendidikan budi pekerti pada hakikatnya merupakan konsekuensi tanggung jawab seseorang untuk memenuhi suatu kewajiban. . Parameter budi pekerti yang luhur adalah kesesuaiannya dengan norma.

maka guru berfungsi sebagai pengajar. Sehingga pendekatan yang kedua lah yang lebih tepat untuk menjalankan pendidikan budi pekerti ini. kini saya ingin membahas contohcontohnya. Semakin banyak masyarakat yang sadar dan tergerak untuk kembali pada karakter asli bangsa ini. 27 3 Contoh Budi Pekerti Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa pendidikan budi pekerti kini tengah didengungkan kembali. Budi pekerti merupakan perilaku (behaviour). 2000). Pertama. akan semakin banyak masyarakatnya yang sadar dan tergerakkan olehnya. imitasi atau keteladanan (uswah) yang dilakukan oleh guru. Dengan harapan. Setelah membahas tentang implementasi dari pendidikan budi pekerti. maka harus diteladankan bukan diajarkan. bukan pengetahuan sehingga untuk dapat diinternalisasi oleh anak didik. Kedua. sedangkan jika cara yang kedua yang digunakan maka guru berfungsi sebagai pendidik (Suwandi. melalui integrasi dengan pelajaran yang memiliki pokok bahasan yang sesuai seperti Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan cara menambah materi titipan.Pelaksanaan pendidikan budi pekerti di sekolah dapat dilakukan melalui dua pendekatan. . melalui pendekatan modeling. Jika guru menggunakan cara yang pertama.

mengapa kita tak membalas orang yang berbuat baik? Jangan sampai kata terimakasih yang telah orang lain ucapkan menguap begitu saja. Apa sajakah contoh-contoh itu? 1. Karena itu.. . Meminta izin juga bisa memupuk kepercayaan dan menghindari kecurigaan sosial. Meminta Izin Pernahkan anda mendapat permintaan izin dari komputer untuk menjalankan sesuatu? Lihat! Komputer saja meminta izin. Selain itu. Banyak bukan? Lalu. Entah disengaja atau karena tuntutan keadaan.. petugas kebersihan. Maaf Manusia adalah tempatnya salah. teman. Yang jelas. 3. Mengapa kita tidak? Padahal izin adalah pintu masuk menuju kesepahaman bersama. dll. pengamen. ialah sama-sama. Padahal ucapan terima kasih yang disertai senyum tulus adalah balas jasa terindah dan 'lebih berasa' dibandingkan uang dan materi lainnya. contohcontoh ini adalah refleksi dari kehidupan kita. 2. abang angkot. saya juga sering melihat sebagian orang yang meminta maaf tanpa mengetahui kesalahan yang telah perbuat. guru. Bahkan kita pun mungkin pernah melakukannya. penjual makanan.. Selain itu.Contoh-contoh ini sering kita lihat sehari-hari. Tapi mengapa? justru kebalikannya adalah fakta yang ada. Ikatlah kata itu di hati anda dengan sebuah balasan: samasama. berapa jumlah orang yang telah membantu anda hari ini? Orang tua anda. Lalu. kata terima kasih itu punya pasangan.. tukang asongan. Apakah ini akan berarti? Tidak! Kata maaf yang terlontar dari seorang yang tidak tahu apa kesalahannya hanyalah: hiasan bibir. Berapa terima kasih yang telah anda ucapkan? Saya rasa hanya sekian persen dari keseluruhan. seperti saat lebaran contohnya. Ya itulah yang harus kita lakukan untuk menghindari kesalahpahaman. Terima kasih dan Sama-sama Coba anda pikir. mengapa kita tak meminta maaf? Padahal kita disuruh untuk melupakan setiap kebaikan yang telah kita lakukan dan mengingat betul setiap kesalahan yang telah kita lakukakan. Jika kita sering ingin membalas orang yang berbuat jahat.

Apabila bertemu dengan tetangga menyapanya 2. jembatan dll 7. Ikut serta dalam gotong royong / kerja bakti 8. Bentuk dari kepercayaan adanya rasa saling membutuhkan dan dibutuhkan. Berusaha menjadi penengah dalam kehidupan bermasyarakat. bangsa Indonesia. pos kamling.. Minta ijin apabila tidak dapat mendatangi undangan pada acara yang sudah rutin 12. Budi pekerti sebagai sebuah karakter bangsa Indonesia mengajarkan kita untuk senantiasa berperilaku dengan hati dan perasaan. Melayat warga yang meninggal dan memberikan sumbangan 5. Menyadari kekurangan kita dan mudah memaafkan orang lain Mudah2an tulisan ini bermanfaat buat kita semua. Apabila ada undangan suatu acara yang bertentangan dengan syari⽌at islam.. spiritual. hendaknya minta ijin dengan alasan yang dapat di terima dan tidak menyakitkan hati 13. Mengikuti pertemuan RT dan aktif memberikan ide-ide yang baik 10. dan sosial saling bersinergi dalam karakter setiap diri. Apbila mempunyai rizqi yang lebih memberi santunan kepada tetangga 15. Berkesesuaian dengan perintah Tuhan. Jelas. Bentuk dari rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah menciptakan dunia beserta isinya. Di sini kecerdasan emosi. Apabila melewati sekelompok masyarakat menyapa dengan sopan dan permisi 3. tidak memihak / ngeblok salah satu golongan 14.Budi pekerti adalah sebuah bentuk penghargaan dan penghormatan kita terhadap orang lain. CONTOH SIKAP BUDI PEKERTI YANG LUHUR DALAM MASYARAKAT 1. Menjaga keamanan lingkungan ( misalnya ronda ) 11. Membantu warga yang terkena bencana alam 9. Apabila naik kendaraan di kampung dengan kecepatan rendah dan tidak menggebergeberkan gasnya 4. Menmbantu dan menjenguk warga yang sakit 6. Memberikan sumbangan untuk pembangunan / perbaikan rumah ibadah. Terutama dalam rangka kita membangun citra yang baik di mata masyarakat. jalan. Dan lebih penting dan mendasar lagi bahwa kita berbuat budi luhur ini tdk hanya sebatas untuk .

persepsi akal atau kesadaran. ilmu sosial dan sebagainya Sejarah Perkembangan Psikologi Di zaman Yunani Kuno para ahli falsafat mencoba mempelajari jiwa.atau kesadaran. Oleh karena itu cabang cabang psikologi bertambah dengan pesat. ilmu ekonomi. Di antara pendapat para ahli. jiwa bisa berarti ide. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa. tapi itu adalah merupakan implementasi dari keimanan kita masing2.citra saja. Aristoteles menyebut jiwa sebagai fungsi mengingat. maupun yang bersifat terapan (praktis). Sedangkan ilmuwan lain pada abad 18 mengaitkan jiwa dengan ilmu pengetahuan (faal). karakter atau fungsi mengingat. sedangkan John Locke (dari Inggris) beranggapan bahwa jiwa adalah kumpulan idea yang disatukan melalui asosiasi. sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan aktivitas kehidupan. Namun pengertian jiwa tidak pernah ada kesepakatan dari sejak dahulu. seperti Plato menyebut jiwa sebagai ide. Cabang cabang psikologi dapat digolongkan berdasarkan kekhususan bidang studinya. Penerapan psikologi berkembang ke berbagai aspek kehidupan manusia. yaitu pemrosesan . mereka berpendapat dengan jiwa yang dikaitkan dengan proses sensoris/motoris. Pada abad 17 filsuf Perancis Rene Descartes berpendapat bahwa jiwa adalah akal . misalnya dengan ilmu manajemen. ilmu perpustakaan. baik ilmu dasar (teoritis). psikologi berasal dari kata Yunani ¶psyche· yang berarti jiwa dan ogos· yang berarti ilmu. Pengertian Psikologi Menurut asal katanya. demikian juga titik singgung dengan ilmu ilmu lain juga semakin banyak. Psikologi adalah ilmu yang sedang berkembang dan pada hakikatnya psikologi dapat diterapkan pada setiap bidang dan segi kehidupan.

tetapi tulisan yang paling sering saya tulis adalah tentang kehidupan sehari-hari dalam bentuk cerpen. saya masuk ke sebuah TK yang bernama TK ANUGRAH di daerah Bogor. Pada saat umur saya 4 tahun. Saya dan keluarga saya merupakan keturunan Jawa Tengah. tepatnya tanggal 18 Juli 1990. Saya lahir di Bogor sembilan belas tahun yang lalu. Saya juga memiliki warna kesukaan. saya menyukai warna putih karena warna putih itu melambangkan kesucian. kasus dalam psikologi kepribadian BIOGRAFI Saya adalah seorang perempuan yang bernama lengkap Raden Roro Sonia Cinantya. Bogor Utara. dan saya lulus pada tahun 1996. dan keluarga biasa memanggil saya Ade atau Onya. saya menyukai warna putih dan pink. 13-15 Bogor. Namun rutinitas saya setiap hari terkadang menghalangi hobby saya itu. Tetapi orang biasa memanggil saya Sonia. Setelah menyelesaikan pendidikan dari TK sampai SMA di 1 Bogor. Saya memiliki kegemaran menulis. setelah lulus SD. saya melanjutkan di SMPN 5 di daerah jalan Dadali Bogor. Saya menyelesaikan pendidikan saya di SMP pada tahun 2005. Saya adalah seseorang yang beragama Islam. sedangkan warna pink melambangkan sisi kewanitaan seseorang. Tetapi saya jarang memperlihatkan hasil tulisan saya kepada orang lain karena saya merasa hasil tulisan saya sangat jauh dari sempurna. Ayah saya bernama Raden Hary Darmansjah Djojohadikusumo. Tinggi badan saya adalah 156 cm. sedangkan berat badan saya 46 kg.rangsangan yang diterima oleh syaraf-syaraf indera (sensoris) di otak sampai terjadinya reaksi berupa gerak otot-otot (motorik). kakak saya bernama Raden Sonny Riansyah. Kami sekeluarga tinggal di jalan Batara No. Ini adalah pertama kalinya saya melanjutkan pendidikan di luar kota Bogor. Lalu saya meneruskan pendidikan saya di SMAN 6 yang terletak di jalan Walet No. dan kemudian tamat SMA pada tahun 2008. Saya senang menulis apapun. . Saya merupakan anak kedua dari dua bersaudara. 1 Ciluar. kemudian saya melanjutkan pendidikan saya di SDN CIBULUH 1 Bogor dan lulus pada tahun 2002. sedangkan ibu saya bernama Amanda Ria. saya melanjutkan kuliah di Universitas Gunadarma yang terletak di daerah Depok. tepatnya Pekalongan. Kami juga merupakan warga Negara Indonesia.

3 PEMBAHASAN Beberapa kebiasaan saya itu merupakan kasus yang akan saya bahas saat ini. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan pengetahuan yang bertambah sekarang pada saat memasuki masa remaja akhir saya mulai menghilangkan kebiasaan buruk itu. Saya merasa jijik dan lebih baik menahan buang air bila tidak ada tempat yang bersih untuk buang air. pada saat remaja saya sering menggigit kuku. Tetapi saya bisa berubah 180 derajat ketika saya berada bersama orang-orang yang membuat saya merasa nyaman. atau siapa pun yang saya rasa membuat saya nyaman. saya mengambil fakultas psikologi dan jurusan psikologi. Disaat saya berada ditengah-tengah mereka. Selain itu. Ketika SMP saya juga mengikuti ekskul karate. Bisa dibilang saya adalah orang yang cerewet ketika saya berada ditengah-tengah keluarga. Pada saat SD saya pernah mengikuti ekskul marching band. Menurut teori Psikoanalisa Freud dalam buku Human Development. Karena saya sering melihat orang tua saya yang mudah bersosialisasi dan senang bergaul. Saya merasa kurang nyaman jika harus mulai bertanya lebih dulu.Saat ini di Universitas Gunadarma. Namun bisa dilihat toilet di tempat umum lebih banyak yang kotor. dan mengikuti kursus bahasa Inggris di KING·S College sampai saya SMP. jadi saya sering menahan buang air kecil sampai saya sampai di rumah. saya bisa terbuka dan menceritakan apapun yang saya alami dan terkadang bercerita dengan suara yang lantang. Saya juga termasuk orang yang tidak bisa menggunakan toilet yang kotor. sifat saya yang cerewet pada saat bersama orang-orang yang saya rasa nyaman itu kemungkinan ada hubungannya dengan tahap oral. teman-teman. Mungkin saya dan temanteman melakukan itu karena jenuh menunggu waktu kursus. Namun kami sering ditegur oleh guru les kami kalau kepergok sedang menggigit kuku. 2 KASUS Saya termasuk orang yang senang bergaul. Selama masa sekolah saya pernah mengikuti beberapa ekstra kulikuler (ekskul) dan beberapa kursus. Saya melakukan itu karena saya iseng dan meniru teman-teman di tempat kursus. dan akhirnya saya meniru atau mengimitasi . Namun saya merasa kesulitan jika saya harus memulai pembicaraan dengan orang lain yang tidak saya kenal sebelumnya.

Dan menurut teori Psikoanalisa Sigmund Freud. tetapi saya hanya menjadi seorang yang cerewet hanya disaat-saat tertentu saja.dari orang tua saya yang cerewet juga. kebiasaan saya yang tidak bisa buang air di tempat yang kotor ini kemungkinan karena adanya masalah pada saat tahap anal. atau perokok. Sedangkan kebiasaan buruk menggigit kuku saat masa remaja menurut teori Psikoanalisa Freud merupakan akibat menerima terlalu banyak atau terlalu sedikit kepuasan dalam tahap oral. tentunya ada faktor genital yang juga berperan. tentunya ada faktor imitasi yang sangat jelas terlihat karena saya meniru dari teman-teman saya. yaitu saat saya berada bersama orang yang membuat saya nyaman. Sepertinya itu juga terjadi kepada saya. Dan kebiasaan buang air kecil sebelum berpergian masih saya lakukan hingga saat ini. Salah satu contoh yang Freud katakana dalam tahap oral ini kemungkinan bayi yang keinginannya untuk makan tidak tercapai pada tahap oral mungkin akan tumbuh sebagai seorang penggigit kuku. yaitu tahap oral dan tahap anal. Kemungkinan ketika saya berumur satu hingga tiga tahun orang tua saya selalu mengajarkan dan membiasakan saya untuk bersih di kamar mandi. atau mengembangkan karakter kritis dab sengit. Karena orang tua yang juga cerewet. Namun selain itu. mungkin sifat itu menurun kepada saya. Ada kemungkinan adanya rasa tidak tercapai pada saat keinginan untuk makan timbul dan akhirnya saya menjadi seorang penggigit kuku pada saat remaja. Tahapan ini berlangsung selama 18 bulan pertama kehidupan. Pada kasus-kasus saya ini saya hanya membahas tentang beberapa tahapan saja. Pola pengasuhan orang tua pada tahap oral sangat penting dalam perkembangan kepribadian dan ciri karakter yang berkembang di kemudian hari. Namun selain karena ada hubungannya dengan tahap oral. karena mulut merupakan sumber . dan seingat saya sejak 4 kecil saya selalu dibiasakan untuk buang air kecil sebelum berpergian kemana pun sehingga ketika saya ingin buang air kecil di tempat umum dan melihat toilet yang kotor saya masih bisa menahan rasa ingin buang air kecil untuk beberapa waktu. 5 KESIMPULAN Beberapa tahapan perkembangan dari teori psikoanalisa menurut Sigmund Freud yang saya bahas dalam beberapa kasus pada diri saya ini sangat penting dalam perkembangan seseorang.

90.10 . inteligensi adalah kemampuan untuk bertindak secara terarah. walaupun mungkin mereka tidak pernah saling kenal. Faktor lingkungan Walaupun ada ciri-ciri yang pada dasarnya sudah dibawa sejak lahir. namun pola pengasuhan orang tua saya pada tahap anal sangat mempengaruhi saya sampai saat ini. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi inteligensi adalah : Faktor bawaan atau keturunan Penelitian membuktikan bahwa korelasi nilai tes IQ dari satu keluarga sekitar 0. Tahapan yang berlagsung saat anak berumur 12-18 bulan hingga 3 tahun dan memiliki puncak kenikmatan ke arah saluran pembuangan ternyata memungkinkan seseorang sangat obsesif dengan kebersihan dan keteraturan atau terikat dengan jadwal atau rutinitas secara kaku.50 dengan ayah dan ibu yang sebenarnya. Inteligensi . berpikir secara rasional. IQ mereka berkorelasi sekitar 0. Sedangkan di antara 2 anak kembar. dan hanya 0. ternyata lingkungan sanggup menimbulkan perubahan-perubahan yang berarti. Selanjutnya bukti pada anak kembar yang dibesarkan secara terpisah. korelasi nilai tes IQnya sangat tinggi. Inteligensi dan IQ Menurut David Wechsler.0.50. melainkan harus disimpulkan dari berbagai tindakan nyata yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional itu. IQ mereka tetap berkorelasi sangat tinggi. dan menghadapi lingkungannya secara efektif. Bukti lainnya adalah pada anak yang diadopsi.0. secara garis besar dapat disimpulkan bahwa inteligensi adalah suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional. Sebenarnya pola pengasuhan pada semua tahap perkembangan sangat penting bagi perkembangan seseorang.20 dengan ayah dan ibu angkatnya. inteligensi tidak dapat diamati secara langsung. sekitar 0. Oleh karena itu.40 .kenikmatan utama dan akan menjadi ciri karakter yang berkembang di kemudian hari.

maka akan diperoleh skor 1. Skor ini kemudian dikalikan 100 dan dipakai sebagai dasar perhitungan IQ. Pengukuran Inteligensi Pada tahun 1904. Inteligensi dan IQ Orang seringkali menyamakan arti inteligensi dengan IQ. Bila kemampuan individu dalam memecahkan persoalan-persoalan yang disajikan dalam tes kecerdasan (umur mental) tersebut sama dengan kemampuan yang seharusnya ada pada individu seumur dia pada saat itu (umur kronologis). bahkan pada titik tertentu akan terjadi penurunan kemampuan. seorang psikolog dari Amerika mengadakan banyak perbaikan dari tes Binet-Simon. Tetapi kemudian timbul masalah karena setelah otak mencapai kemasakan. padahal kedua istilah ini mempunyai perbedaan arti yang sangat mendasar. tidak terjadi perkembangan lagi. Tes Stanford-Binet ini banyak digunakan untuk mengukur kecerdasan anak-anak sampai usia 13 tahun. Perkembangan otak sangat dipengaruhi oleh gizi yang dikonsumsi. . adalah skor yang diperoleh dari sebuah alat tes kecerdasan. Arti inteligensi sudah dijelaskan di depan. Indeks seperti ini sebetulnya telah diperkenalkan oleh seorang psikolog Jerman yang bernama William Stern. IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan seseorang dan tidak menggambarkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan. rangsangan-rangsangan yang bersifat kognitif emosional dari lingkungan juga memegang peranan yang amat penting. yang kemudian dikenal dengan Intelligence Quotient atau IQ. Alat tes itu dinamakan Tes Binet-Simon. Alfred Binet dan Theodor Simon. Skor IQ mula-mula diperhitungkan dengan membandingkan umur mental (Mental Age) dengan umur kronologik (Chronological Age). Dengan demikian. Sumbangan utamanya adalah menetapkan indeks numerik yang menyatakan kecerdasan sebagai rasio (perbandingan) antara mental age dan chronological age. 2 orang psikolog asal Perancis merancang suatu alat evaluasi yang dapat dipakai untuk mengidentifikasi siswasiswa yang memerlukan kelas-kelas khusus (anak-anak yang kurang pandai). Selain gizi. Lewis Terman. Tes ini kemudian direvisi pada tahun 1911.tentunya tidak bisa terlepas dari otak. sedangkan IQ atau tingkatan dari Intelligence Quotient. Hasil perbaikan ini disebut Tes Stanford_Binet. Tahun 1916.

kecakapan. Charles Sperrman mengemukakan bahwa inteligensi tidak hanya terdiri dari satu faktor yang umum saja (general factor). banyak dikembangkan alat tes dengan tujuan yang lebih spesifik. tetapi juga terdiri dari faktor-faktor yang lebih spesifik. Karena suatu tes inteligensi tidak dirancang untuk menyingkap kemampuan-kemampuan khusus ini. Dalam kemampuan yang umum ini. Di samping alat-alat tes di atas. atau ketrampilan tertentu setelah melalui suatu latihan.Salah satu reaksi atas tes Binet-Simon atau tes Stanford-Binet adalah bahwa tes itu terlalu umum. tapi bukti-bukti yang diperoleh dari . Seorang tokoh dalam bidang ini. Alat tes yang dikembangkan menurut teori faktor ini adalah WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale) untuk orang dewasa. Walau ada anggapan bahwa kreativitas mempunyai hubungan yang bersifat kurva linear dengan inteligensi. Alat yang digunakan untuk menyingkap kemampuan khusus ini disebut tes bakat atau aptitude test. Contoh dari Scholastic Aptitude Test adalah tes Potensi Akademik (TPA) dan Graduate Record Examination (GRE). Meskipun demikian. Sedangkan contoh dari Vocational Aptitude Test atau Interest Inventory adalah Differential Aptitude Test (DAT) dan Kuder Occupational Interest Survey. Teori ini disebut Teori Faktor (Factor Theory of Intelligence). Inteligensi dan Bakat Inteligensi merupakan suatu konsep mengenai kemampuan umum individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kemampuan-kemampuan yang spesifik ini memberikan pada individu suatu kondisi yang memungkinkan tercapainya pengetahuan. Inteligensi dan Kreativitas Kreativitas merupakan salah satu ciri dari perilaku yang inteligen karena kreativitas juga merupakan manifestasi dari suatu proses kognitif. Inilah yang disebut Bakat atau Aptitude. sesuai dengan tujuan dan kultur di mana alat tes tersebut dibuat. dan WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) untuk anakanak. maka bakat tidak dapat segera diketahui lewat tes inteligensi. hubungan antara kreativitas dan inteligensi tidak selalu menunjukkan bukti-bukti yang memuaskan. terdapat kemampuan-kemampuan yang amat spesifik. Tes bakat yang dirancang untuk mengungkap prestasi belajar pada bidang tertentu dinamakan Scholastic Aptitude Test dan yang dipakai di bidang pekerjaan adalah Vocational Aptitude Test dan Interest Inventory.

Tetapi lebih tinggi lagi. ternyata tidak ditemukan adanya hubungan antara IQ dengan tingkat kreativitas. Skor IQ yang rendah memang diikuti oleh tingkat kreativitas yang rendah pula. tidak selalu diikuti tingkat kreativitas yang tinggi pula. yang agaknya semakin sulit didapatkan pada manusia modern. Intelligence Quotient (IQ) tidak dapat berkembang. Namun semakin tinggi skor IQ. Pada kenyataannya.berbagai penelitian tidak mendukung hal itu. Artinya. begitu pula sebaliknya. membuktikan bahwa tingkat emosional manusia lebih mampu memperlihatkan kesuksesan seseorang. maka orang tersebut memiliki peluang untuk meraih kesuksesan yang lebih besar di banding orang lain. Daniel Goleman. Tetapi. Pertumbuhan EQ dipengaruhi oleh lingkungan. yaitu: y y y y empati (memahami orang lain secara mendalam) mengungkapkan dan memahami perasaan mengendalikan amarah kemandirian . masih terdapat korelasi yang cukup berarti. dan contoh-contoh yang didapat seseorang sejak lahir dari orang tuanya. Kecerdasan Emosional Selama ini banyak orang menganggap bahwa jika seseorang memiliki tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi. keluarga. seorang profesor dari Universitas Harvard menjelaskan bahwa ada ukuran/patokan lain yang menentukan tingkat kesuksesan seseorang. jika seseorang terlahir dengan kecerdasan intelektual (IQ) yang cukup. Kecerdasan Emosional (EQ) tumbuh seiring pertumbuhan seseorang sejak lahir hingga meninggal dunia. Jika seseorang terlahir dengan kondisi IQ sedang. ada banyak kasus di mana seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan intelektual yang tinggi tersisih dari orang lain yang tingkat kecerdasan intelektualnya lebih rendah. Dalam bukunya yang terkenal. Sampai pada skor IQ tertentu. Emotional Quotient(EQ) dapat dikembangkan seumur hidup dengan belajar. maka IQ-nya tidak pernah bisa bertambah maupun berkurang. Emotional Intelligence. Kecerdasan Emosi menyangkut banyak aspek penting. percuma saja dia mencoba dengan segala cara untuk mendapatkan IQ yang superior (jenius). Ternyata IQ (Intelligence Quotient) yang tinggi tidak menjamin seseorang akan meraih kesuksesan.

. ditambah dengan EQ yang tinggi pula. Mengenal & Membimbing Anak Hiperaktif Apa sebenarnya yang disebut hiperaktif itu ? Gangguan hiperaktif sesungguhnya sudah dikenal sejak sekitar tahun 1900 di tengah dunia medis. orang tersebut akan lebih mampu menguasai keadaan. orang tua harus mengajar anaknya untuk : y y y y y y y y y y y y membina hubungan persahabatan yang hangat dan harmonis bekerja dalam kelompok secara harmonis berbicara dan mendengarkan secara efektif mencapai prestasi yang lebih tinggi sesuai aturan yang ada (sportif) mengatasi masalah dengan teman yang nakal berempati pada sesama memecahkan masalah mengatasi konflik membangkitkan rasa humor memotivasi diri bila menghadapi saat-saat yang sulit menghadapi situasi yang sulit dengan percaya diri menjalin keakraban Jika seseorang memiliki IQ yang tinggi. Agar anak memiliki kecerdasan emosi yang tinggi. Pada perkembangan selanjutnya mulai muncul istilah ADHD (Attention Deficit/Hyperactivity disorder).y y y y y y kemampuan menyesuaikan diri disukai kemampuan memecahkan masalah antar pribadi ketekunan kesetiakawanan keramahan sikap hormat Orang tua adalah seseorang yang pertama kali harus mengajarkan kecerdasan emosi kepada anaknya dengan memberikan teladan dan contoh yang baik. dan merebut setiap peluang yang ada tanpa membuat masalah yang baru.

sehingga mudah sekali beralih perhatian dari satu hal ke hal yang lain. Duduk dengan tenang merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. berjalan ke sana kemari. dan impulsif. Selain ketiga gejala di atas. Hiperaktif Gejala hiperaktif dapat dilihat dari perilaku anak yang tidak bisa diam. Sisi lain dari impulsivitas adalah anak berpotensi tinggi untuk melakukan aktivitas yang membahayakan. Gangguan di atas sudah menetap minimal 6 bulan. Anak juga tidak bisa untuk menunggu giliran.Untuk dapat disebut memiliki gangguan hiperaktif. Dorongan tersebut mendesak untuk diekspresikan dengan segera dan tanpa pertimbangan. harus ada tiga gejala utama yang nampak dalam perilaku seorang anak. untuk dapat diberikan diagnosis hiperaktif masih ada beberapa syarat lain. Ada semacam dorongan untuk mengatakan/melakukan sesuatu yang tidak terkendali. Gejala-gejala tersebut muncul setidaknya dalam 2 situasi. Contoh nyata dari gejala impulsif adalah perilaku tidak sabar. dan terjadi sebelum anak berusia 7 tahun. Konsentrasi yang mudah terganggu membuat anak tidak dapat menyerap materi pelajaran secara keseluruhan. ia cenderung banyak bicara dan menimbulkan suara berisik. bahkan memanjat-manjat. Rentang perhatian yang pendek . Inatensi Inatensi atau pemusatan perhatian yang kurang dapat dilihat dari kegagalan seorang anak dalam memberikan perhatian secara utuh terhadap sesuatu. yaitu inatensi. hiperaktif. Problem-problem yang biasa dialami oleh anak hiperaktif y Problem di sekolah Anak tidak mampu mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan baik. Impulsif Gejala impulsif ditandai dengan kesulitan anak untuk menunda respon. Di samping itu. Anak tidak mampu mempertahankan konsentrasinya terhadap sesuatu. Anak tidak akan sabar untuk menunggu orang menyelesaikan pembicaraan. Anak akan menyela pembicaraan atau buru-buru menjawab sebelum pertanyaan selesai diajukan. misalnya di rumah dan di sekolah. seperti antri misalnya. Ia akan bangkit dan berlarilari. baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain.

Selain itu. Anak dipandang nakal dan tidak jarang mengalami penolakan baik dari keluarga maupun teman-temannya. Karena sering dibuat jengkel. ia mudah mengalami gangguan psikosomatik (gangguan kesehatan yang disebabkan faktor psikologis) seperti sakit kepala dan sakit perut. menulis. Reaksi anakpun menolak dan berontak. Banyak dijumpai bahwa anak hiperaktif banyak mengalami kesulitan membaca. Kecenderungan berbicara yang tinggi akan mengganggu anak dan teman yang diajak berbicara sehingga guru akan menyangka bahwa anak tidak memperhatikan pelajaran. Hal ini berkaitan dengan rendahnya toleransi terhadap frustasi. tidak mampu. dan ditolak. Banyak anak hiperaktif yang sulit tidur dan sering terbangun pada malam hari. Anak akan merasa bahwa dirinya buruk. anak hiperaktif biasanya lebih mudah cemas dan kecil hati. Baik anak maupun orang tua menjadi stress. orang tua sering memperlakukan anak secara kurang hangat. Dia banyak berbicara. Beberapa gangguan seperti asma. dan infeksi tenggorokan sering dijumpai. sehingga bila mengalami kekecewaan. banyak mengkritik. alergi. Gangguan pemusatan perhatian membuat dia sulit melakukan komunikasi yang timbal balik. anak hiperaktif memiliki ketrampilan motorik halus yang secara umum tidak sebaik anak biasa Problem di rumah Dibandingkan dengan anak yang lain. Hambatan-hambatan tersbut membuat anak menjadi kurang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Problem berbicara Anak hiperaktif biasanya suka berbicara. ia gampang emosional. bahkan memberi hukuman. tingginya tingkat aktivitas fisik anak juga . Problem fisik Secara umum anak hiperaktif memiliki tingkat kesehatan fisik yang tidak sebaik anak lain. Orang tua kemudian banyak mengontrol anak. Pada saat tidur biasanya juga tidak setenang anak-anak lain. dan situasi rumahpun menjadi kurang nyaman. namun sesungguhnya kurang efisien dalam berkomunikasi. Selain itu anak hiperaktif cenderung keras kepala dan mudah marah bila keinginannya tidak segera dipenuhi.y y y membuat anak ingin cepat selesai bila mengerjakan tugas-tugas sekolah. bahasa. penuh pengawasan. Selain itu. Anak hiperaktif cenderung sibuk dengan diri sendiri dan kurang mampu merespon lawan bicara secara tepat. dan matematika. Akibatnya anak menjadi lebih mudah frustrasi. Khusus untuk menulis. Kegagalan bersosialisasi di mana-mana menumbuhkan konsep diri yang negatif. Akibatnya terjadi ketegangan antara orang tua dengan anak. selalu gagal.

segolongan ahli berusaha menggolong-golongkan manusia ke dalam tipe-tipe tertentu. karena mereka berpendapat bahwa cara itulah paling efektif untuk mengenal sesama manusia dengan baik. terkilir. sekelompok ahli berpendapat. persalinan dengan cara ekstraksi forcep.beresiko tinggi untuk mengalami kecelakaan seperti terjatuh. Di samping itu faktorfaktor seperti bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab hiperaktif pada anak : Faktor neurologik y y y Insiden hiperaktif yang lebih tinggi didapatkan pada bayi yang lahir dengan masalah-masalah prenatal seperti lamanya proses persalinan. Dopamin merupakan zat aktif yang berguna untuk memelihara proses konsentrasi Beberapa studi menunjukkan terjadinya gangguan perfusi darah di daerah tertentu pada anak hiperaktif. Pada sisi lain. mungkin sama banyaknya dengan banyaknya orang. distres fetal. khususnya sisi sebelah kana MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN (SIFAT-SIFAT KHAS KEPRIBADIAN MANUSIA) A. daerah orbitalprefrontal. ibu yang merokok dan minum alkohol juga meninggikan insiden hiperaktif Terjadinya perkembangan otak yang lambat. daerah orbital-limbik otak. yaitu di daerah striatum. toksimia gravidarum atau eklamsia dibandingkan dengan kehamilan dan persalinan normal. Faktor etiologi dalam bidang neuoralogi yang sampai kini banyak dianut adalah terjadinya disfungsi pada salah satu neurotransmiter di otak yang bernama dopamin. bahwa cara bekerja seperti . ibu yang terlalu muda. SIFAT-SIFAT KHAS KEPRIBADIAN MANUSIA Berpangkal pada kenyataan bahwa kepribadian manusia itu sangat bermacam-macam sekali. dan sebagainya.

bahwa cara bekerja seperti dikemukakan di atas itu tidak memenuhi tujuan psikologi kepribadian. menurut sifatsifatnya yang khas. yaitu mengenal sesama manusia menurut apa adanya. SIFAT-SIFAT KHAS KEPRIBADIAN MANUSIA Berpangkal pada kenyataan bahwa kepribadian manusia itu sangat bermacam-macam sekali. karena dengan penggolongan ke dalam tipe-tipe itu orang justru menyembunyikan kekhususan sifat-sifat seseorang MAKALAH PSIKOLOGI TENTANG SIFAT-SIFAT KEPRIBADIAN MANUSIA A. menurut sifat-sifatnya yang khas. Pada sisi lain. segolongan ahli berusaha menggolong-golongkan manusia ke dalam tipe-tipe tertentu.dikemukakan di atas itu tidak memenuhi tujuan psikologi kepribadian. yaitu mengenal sesama manusia menurut apa adanya. mungkin sama banyaknya dengan banyaknya orang. sekelompok ahli berpendapat. karena dengan penggolongan ke dalam tipe-tipe itu orang justru menyembunyikan kekhususan sifat-sifat seseorang Cibinong. 13 Agustus 2010 SISWA WALI KELAS ( ) ( ) . karena mereka berpendapat bahwa cara itulah paling efektif untuk mengenal sesama manusia dengan baik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->