P. 1
Ion

Ion

|Views: 202|Likes:

More info:

Published by: The'used Supper Cuuex on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2013

pdf

text

original

Nama : Fajar Cordova NIM : 5401410093 Kimia Dasar

ION atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur. Atom merupakan unit pembangunan dari segala macam materi. Molekul, dan ion terbentuk dari atom. Ion adalah atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik. Ion yang bermuatan positif disebut Kation, sedangkan yang bermuatan negatif disebut anion. Ion yang terdiri dari satu atom disebut ion tunggal, sedangkan ion yang terdiri dari dua atom atau lebih disebut ion poliatom. Contoh: Kation tunggal Anion tunggal Pembentukan Ion Kamu telah mengetahui pengelompokan unsur logam dan non logam. Salah satu perbedaan antara unsur logam dam non logam adalah kecenderungannya terhadap elektron. Unsur logam cenderung melepas elektron dan unsur non logam menyerap elektron. Proses pelepasan dan penyerapan elektron dapat terjadi ketika unsur logam direaksikan dengan unsur non logam. Pelepasan elektron menghasilkan ion positf dan penyerapan elektron menghasilkan ion negatif. Peristiwa terlepasnya atau masuknya elektron pada sebuah atom disebut ionisasi. Contoh: Pembentukan ion natrium (Na+) Pelepasan 1 elektron oleh atom natrium menghasilkan ion natrium yang bermuatan positif, Kita tahu bahwa atom natrium mempunyai 11 proton dan 11 elektron ketika satu elektronnya dilepas, maka jumlah elektronnya tinggal 10, sedangkan protonnya tetap 11. Karena itu atom natrium kelebihan 1 proton terhadap elektron, sehingga bermuatan +1. senyawa ionik dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu
1. Senyawa ionik sederhana, yaitu senyawa ionik yang mengandung ion-ion yang terdiri

: Na+, K+ , Mg2+ , Al 3+ : Cl- , Br -

Kation poliatom : NH+4 Anion poliatom : NO 3 - , SO 42-

dari satu atom. Misalnya: NaCl, MgCl2, Na2O dan MgO.
2. Senyawa ionik yang mengandung kation sederhana dan anion poliatomik. Misalnya

K2SO4, NaNO3 dan K2[HgI2].
3. Senyawa ionik yang mengandung kation poliatomik dan anion sederhana. Misalnya:

NH4Cl, N(CH3)4Br dan [Ag(NH3)2]Cl.
4. Senyawa ionik yang mengandung anion dan kation poliatomik. NH4NO3, (NH4)2SO4 dan

[Co(NH3)6][Cr(CN)6] Ion poliatomik adalah ion yang terdiri dari dua atau lebih atom dan dapat merupakan ion kompleks seperti [Co(NH3)6]3? dan [Cr(CN)6]3? atau ion bukan kompleks seperti NH4+, N(CH3)4+, NO3? dan SO42?. Senyawaan biner ionik dari unsur-unsur logam golongan IA dan IIA dengan halogen semuanya bersifat ionik kecuali beberapa senyawaan dari berilium. Senyawa ionik sederhana dapat dibentuk dari: 1. Golongan alkali (golongan 1 atau IA), kecuali H, dengan golongan halogen (VIIA) dan oksigen (VIA) dan nitrogen (VA). misalnya: LiH, LiBr, Li2O, Li2S, NaCl, Na2S, Na2O, KI, K2O, K2S, Rb2S, RbI, CsCl, CsTe.

sedang hasil gabungan dari kedua unsur itu adalah zat cair jernih. Contoh : H2O. Misalnya LaN. baik atom yang sejenis maupun atom yang berbeda. tidak berwarna. Golongan alkali tanah (golongan 2 atau IIA) kecuali berilium (berilium sering membentuk ikatan kovalen) dengan golongan halogen. TiC. 3. BaSe. CaF2. MgSe. CaO. SrO. Senyawa tersusun dari dua atau lebih unsur yang berbeda jenis dengan perbandingan yang tetap dan tertentu dengan penggabungan secara kimia. oksigen dan nitrogen. TiO2. CuCl. GeO2. Hal ini akan dibahas pada bab berikutnya tentang membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa. SrF2. CO2. berbeda dengan sifat unsur-unsur pembentuknya. Beberapa logam transisi yang bilangan oksidasinya rendah dengan golongan halogen.Nama : Fajar Cordova NIM : 5401410093 Kimia Dasar 2. CoF2. BeSe. Misalnya AlN. Nama Senyawa dan rumus senyawa NAMA SENYAWA Glukosa Sukrosa Garam Dapur Asam Cuka Urea Asam Sulfat Soda Kue Amoniak Aseton RUMUS SENYAWA C6H12O6 C11H22O11 NaCl CH3COOH CO(NH2)2 H2SO4 NaHCO3 NH3 CH3COCH3 . CuCl2. ZnS. FeF. CdSe MOLEKUL Molekul adalah partikel netral yang terdiri dari dua atom atau lebih. MgS. Setiap senyawa memiliki sifat yang khas. golongan IVA dengan golongan halogen. misalnya: BeS. Contoh Hidrogen dan Oksigen adalah gas. SnO2. Sebagian golongan IIIA. unsur nonlogam dengan unsur non logam yang lain atau unsur non logam dengan unsur logam. dan tidak ada rasa yang kita kenal sebagai air. GaN. BeTe. 4. Senyawa merupakan zat yang dapat terurai secara kimia biasa menjadi zat-zat yang lebih sederhana. BaO. oksigen dan nitrogen. H2SO4 Senyawa Senyawa adalah Zat-zat tunggal yang terbentuk dari dua atau lebih unsur melalui reaksi kimia. NiF2. Atom-atom dalam satu molekul dikukuhkan oleh suatu gaya yang disebut ikatan kovalen. Pembentukan molekul terjadi dari unsur-unsur nonlogam yang direaksikan dengan unsur nonlogam yang sejenis. PbO2. AlP. Molekul yang terdiri dari atom yang sejenis disebut molekul unsur sedangkan yang terdiri dari atom-atom yang berbeda disebut molekul senyawa. oksigen dan nitrogen.

Nama Unsur Lambang Unsur Rumus Molekul Hidrogen H H2 Nitrogen N N2 Oksigen O O2 Fluorin F F2 Klorin Cl Cl2 Bromin Br Br2 Iodin I I2 Fosforus P P4 Belerang S S8 Rumus melekol menyatakan susunan molekul. . Molekul terdiri dari molekul unsur dan molekul senyawa. seperti vitamin B2. Jika dipanaskan pada suhu tinggi. 1. 2. Contoh lain molekul amonia (NH3) dan molekul metana (CH4). Berbagai jenis molekul telah kita lihat dalam pembahasan diatas. dan DNA. Contohnya molekul air yang telah disebutkan pada bagian terdahulu. P4 berarti tiap melekul terdiri dari 4 Atom. O2 menyatakan bahwa tiap molekul terdiri dari 2 atom . terdiri dari dua atua tiga jenis unsur dan hanya terdiri dari beberapa atom saja. untuk membedakan molekul unsur dan molekul senyawa adalah sebagai berikut. Gas oksigen yang terdapat di udara terdiri dari molekul yaitu O2. Semua contoh yang diberikan merupakan molekul sederhana. Molekul Unsur Molekul unsur umumnya terbentuk dari unsur-unsur non logam. Beberapa unsur non logam terdapat secara alami sebagai molekul. Protein.Nama : Fajar Cordova NIM : 5401410093 Kimia Dasar Molekul merupakan partikel yang terdiri dari dua atau lebih atom. bukan sebagai atom-atom yang berdiri sendiri. Hal ini terjadi karena oksigen lebih stabil berupa molekul dari pada sebagai atom-atom yang berdiri sendiri. Banyak juga molekul yang sangat kompleks diantaranya adalah molekul senyawa yang terdapat dalam makhluk hidup. Molekul Senyawa Molekul senyawa terdiri dari dua atau lebih jenis atom. Salah satu contoh ialah oksigen. Banyak diantara molekul senyawa yang berperan dalam sistem kehidupan yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. maka molekul akan terurai menjadi atom-atom oksigen. baik atom sejenis maupun atom yang berbeda. Beberapa contoh unsur-unsur (non logam) yang terdapat sebagai molekul adalah sebagai berikut: Unsur-unsur yang terdapat sebagai molekul serta rumus molekulnya. termasuk rekayasa genetika.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->