Kelas/semester: VI/2 Standar Kompetensi: 7. Mempraktikan pola penggunaan dan perpidahan energi. Kompetensi Dasar: 7.

2 Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik. Rumusan Masalah: Bagaimanakah prinsip kerja elektroskop?

Elektroskop Sederhana Berikut ini akan disampaikan hal-hal penting yang berkaitan dengan media untuk Elektroskop Sederhana. Hal-hal tersebut meliputi cara pembuatan media, petunjuk cara penyampaian atau penggunaan media Elektroskop Sederhana, panduan diskusi dengan siswa berkaitan dengan penggunaan media dan konsep-konsep sains yang ingin ditanamkan kepada siswa berkaitan dengan penggunaan media. Alat dan Bahan: • Botol plastik air mineral 250 cc dengan tutupnya. • Kertas rokok/aluminium foil. • Kawat tembaga. • Koin logam dari tembaga. • Kertas gosok. • Gunting. • Korek api.

Cara Pembuatan
Media dibuat dengan cara merangkai alat dan bahan seperti pada gambar di atas. Botol yang digunakan dapat berupa botol kaca atau botol plastik yang bertutup. Tutup botol dilubangi sebesar paku seng. Masukkan paku seng pada tutup botol. Guntinglah kertas rokok untuk membuat 2 pita masing-masing dengan lebar ½ cm dan panjang 5 cm. Rekatkan masing-masing pita kertas rokok tersebut pada bagian ujung paku payung yang runcing (lihat gambar).

3. 1. Apa yang dapat menyebabkan terjadinya perpindahan muatan listrik?Adanya perbedaan jumlah elektron 3. rokok/daun elektroskop menguncup. Diskusikan bersama siswa Diskusi Konsep-konsep penting yang berkaitan dengan elektroskop.Cara Penyampaian/Penggunaan Media 1. kemudian mendekatkan penggaris yang sudah digosok pada kepala elektroskop. 6. 2. Informasikan kepada siswa saat penggaris yang bermuatan listrik di dekatkan pada kepala elektroskop. 2. Mintalah kepada siswa mengamati apa yang terjadi pada daun/pita elektroskop sebelum dan saat penggaris yang telah digosok didekatkan ke elektroskop. a. b. pita kertas rokok/daun elektroskop membuka atau kedua lembar pita saling menjauh. pita kertas Saat penggaris yang telah digosok didekatkan pada kepala elektroskop. Akibatnya kedua pita tersebut bermuatan listrik yang sejenis sehingga saling tolak menolak dan pita kertas/daun elektroskop tersebut menjauh/membuka. 4. muatan listrik pada kepala elektroskop menolaknya. Informasikan kepada siswa saat penggaris digosok terdapat muatan listrik yang berpindah dari rambut ke penggaris plastik sehingga penggaris plastik menjadi bermuatan listrik. 5. Sebelum penggaris di dekatkan pada kepala elektroskop. Perubahan energi apa yang terjadi pada percobaan elektroskop tersebut? Perubahan energi listrik menjadi energi gerak . Muatan listrik dari kepala elektroskop berpindah ke kedua pita kertas/daun elektroskop. Adapun hasil yang diharapkan adalah sebagai berikut. Bagaimana sifat benda yang bermuatan sejenis bila di dekatkan?Benda itu akan tolak menolak. Mintalah siswa menggosok penggaris plastik dengan rambut/kain wool.

3. Perpindahan energi listrik Perubahan energi listrik . Interaksi muatan listrik. 2.Konsep-konsep yang Ditanamkan 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful