P. 1
Definisi Suhu

Definisi Suhu

|Views: 5,873|Likes:
Published by Hujan Priahujan

More info:

Published by: Hujan Priahujan on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/15/2013

pdf

text

original

y

Definisi Suhu

Suhu udara adalah ukuran energi kinetik rata ± rata dari pergerakan molekul ± molekul. Suhu suatu benda ialah keadaan yang menentukan kemampuan benda tersebut, untuk memindahkan (transfer) panas ke benda ± benda lain atau menerima panas dari benda ± benda lain tersebut. Dalam sistem dua benda, benda yang kehilangan panas dikatakan benda yang bersuhu lebih tinggi. Pengertian Iklim dan Perubahan Iklim
Pada umumnya orang sering menyatakan kondisi iklim sama saja dengan kondisi cuaca, padahal kedua istilah tersebut adalah suatu kondisi yang tidak sama. Beberapa definisi cuaca adalah : y Keadaan atmosfer secara keseluruhan pada suatu saat termasuk perubahan, perkembangan dan menghilangnya suatu fenomena (World Climate Conference, 1979). Keadaan variable atmosfer secara keseluruhan disuatu tempat dalam selang waktu yang pendek (Glen T. Trewartha, 1980). Keadaan atmosfer yang dinyatakan dengan nilai berbagai parameter, antara lain suhu, tekanan, angin, kelembaban dan berbagai fenomena hujan, disuatu tempat atau wilayah selama kurun waktu yang pendek (menit, jam, hari, bulan, musim, tahun) (Gibbs, 1987).

y y

Ilmu yang mempelajari seluk beluk tentang cuaca disebut meteorologi. Sedangkan iklim didefinisikan sebagai berikut : y Sintesis kejadian cuaca selama kurun waktu yang panjang, yang secara statistik cukup dapat dipakai untuk menunjukkan nilai statistik yang berbeda dengan keadaan pada setiap saatnya (World Climate Conference, 1979). Konsep abstrak yang menyatakan kebiasaan cuaca dan unsur-unsur atmosfer disuatu daerah selama kurun waktu yang panjang (Glenn T. Trewartha, 1980). Peluang statistik berbagai keadaan atmosfer, antara lain suhu, tekanan, angin kelembaban, yang terjadi disuatu daerah selama kurun waktu yang panjang (Gibbs,1987).

y y

Ilmu yang mempelajari seluk beluk tentang iklim disebut klimatologi. Adapun definisi perubahan iklim adalah berubahnya kondisi fisik atmosfer bumi antara lain suhu dan distribusi curah hujan yang membawa dampak luas terhadap berbagai sektor kehidupan manusia (Kementerian Lingkungan Hidup, 2001). Perubahan fisik ini tidak terjadi hanya sesaat tetapi dalam kurun waktu yang panjang. LAPAN (2002) mendefinisikan perubahan iklim adalah perubahan rata-rata salah satu atau lebih elemen cuaca pada suatu daerah tertentu. Sedangkan istilah perubahan iklim skala global adalah perubahan iklim dengan acuan wilayah bumi secara keseluruhan. IPCC (2001) menyatakan bahwa perubahan iklim merujuk pada variasi rata-rata kondisi iklim suatu tempat atau pada variabilitasnya yang nyata secara statistik untuk jangka waktu yang panjang (biasanya dekade atau lebih). Selain itu juga diperjelas bahwa perubahan iklim mungkin karena

Ini artinya bahwa pemanasan global akan mengancam kehidupan manusia secara menyeluruh. Terdapat beberapa klasifikasi iklim di bumi ini yang ditentukan oleh letak geografis. Studi perubahan iklim melibatkan analisis iklim masa lalu. bagaimana dan dimana kita dapat menanam bahan makanan. Studi tentang iklim dipelajari dalam meteorologi. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca dalam waktu yang panjang. dan organisme apa yang dapat mengancam. Secara umum kita dapat menyebutnya sebagai iklim tropis. Hal tersebut karena perubahan temperatur akan memperikan dampak yang signifikan terhadap aktivitas manusia. yang dapat berkontribusi pada perubahan pola iklim global. kriosfer. . hidrofer (terutama lautan dan sungai). lintang menengah dan lintang tinggi. kondisi awan.proses alam internal maupun ada kekuatan eksternal. kondisi iklim saat ini. atau ulah manusia yang terus menerus merubah komposisi atmosfer dan tata guna lahan. maupun radiasi matahari. Perubahan temperatur bumi dapat mengubah kondisi lingkungan yang pada tahap selanjutkan akan berdampak pada tempat dimana kita dapat hidup. dan estimasi kemungkinan iklim di masa yang akan datang (beberapa dekade atau abad ke depan). Meskipun pemanasan global hanya merupakan 1 bagian dalam fenomena perubahan iklim. Pemanasan global terjadi sebagai akibat meningkatnya jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer. karena parameter iklim tidak hanya temperatur saja. 2000). padahal fenomena pemanasan global hanya merupakan bagian dari perubahan iklim. dan pedosfer. melainkan ada parameter lain yang terkait seperti presipitasi. namun pemanasan global menjadi hal yang penting untuk dikaji. angin. Dengan demikian. Pemanasan global merupakan peningkatan rata-rata temperatur atmosfer yang dekat dengan permukaan bumi dan di troposfer. Naiknya intensitas efek rumah kaca yang terjadi karena adanya gas dalam atmosfer yang menyerap sinar panas yaitu sinar infra merah yang dipancarkan oleh bumi menjadikan perubahan iklim global (Budianto. Iklim di bumi sangat dipengaruhi oleh posisi matahari terhadap bumi. dalam studi-studi mengenai perubahan iklim dibutuhkan penilaian yang terintegrasi terhadap sistem iklim atau sistem bumi. terestrial dan biosfer. Istilah perubahan iklim sering digunakan secara tertukar dengan istilah ¶pemanasan global¶. Hal ini tidak terlepas juga dari interaksi dinamis antara sejumlah komponen sistem iklim seperti atmosfer. Ilmu yang mempelajari tentang iklim adalah klimatologi. apa tumbuhan yang kita makan dapat tumbuh.

musim darurat karena banjir.Musim adalah salah satu pembagian utama tahun. musim gugur. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. biasanya berdasarkan bentuk iklim yang luas. Biasanya tahun dibagi menjadi 4 musim: musim semi. Mesir kuno membagi musim menjadi tiga musim: musim banjir. dan musim dingin. maka hanya dibagi menjadi dua musim saja: musim hujan dan kemarau. dan musim penunaian yang panas Hujan Dari Wikipedia bahasa Indonesia. musim panas. Tapi di Indonesia karena terletak di daerah tropis. cari .

dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula. Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. lalu turun kembali ke bumi. berubah menjadi awan.Hujan Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embun dan kabut). Lembaban dari laut menguap. terkumpul menjadi awan mendung. Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Hujan jenis ini disebut sebagai virga. .

Banyak orang juga lebih gemar tinggal di dalam rumah pada hari hujan. Satuan curah hujan menurut SI adalah milimeter. tetapi ini tidaklah tepat. Air hujan sering digambarkan sebagai berbentuk "lonjong". Air hujan yang besar jatuh lebih cepat berbanding air hujan yang lebih kecil. dan diukur kurang lebih 0. Ia dinyatakan sebagai kedalaman air yang terkumpul pada permukaan datar. Air hujan yang besar menjadi semakin leper. seperti roti hamburger. Air hujan dengan pH di bawah 5.6 dianggap hujan asam. Sumber dari bau ini adalah petrichor. Biasanya hujan memiliki kadar asam pH 6. lebar di bawah dan menciut di atas. yang merupakan penyingkatan dari liter per meter persegi.25mm. Banyak orang menganggap bahwa bau yang tercium pada saat hujan dianggap wangi atau menyenangkan. Beberapa kebudayaan telah membentuk kebencian kepada hujan dan telah menciptakan pelbagai peralatan seperti payung dan baju hujan. air hujan yang lebih besar berbentuk payung terjun.Pengukur hujan (ombrometer) standar Jumlah air hujan diukur menggunakan pengukur hujan atau ombrometer. minyak atsiri yang diproduksi oleh . Air hujan kecil hampir bulat.

yaitu hujan yang terjadi karena udara panas yang naik disertai dengan angin berputar. diameter butirannya kurang dari 0. suhu udara menjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. Kemudian angin tersebut naik dan membentuk gumpalan-gumpalan awan di sekitar ekuator yang berakibat awan menjadi jenuh dan turunlah hujan. Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semu tahunan Matahari antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. 20 . Di sekitar bidang front inilah sering terjadi hujan lebat yang disebut hujan frontal. yaitu hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horisontal. Hujan frontal. curahan air yang turun dari awan dengan suhu diatas 0° Celsius dengan diameter 7 mm. yaitu hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator.5 mm Hujan salju. Jenis-jenis hujan berdasarkan terjadinya y y y y y Hujan siklonal. atau curah hujannya. yaitu hujan yang terjadi apabila massa udara yang dingin bertemu dengan massa udara yang panas.50 mm per hari . Hujan zenithal. curahan batu es yang turun dalam cuaca panas dari awan yang suhunya dibawah 0° Celsius Hujan deras / rain. kemudian diserap oleh batuan dan tanah. Siklus muson inilah yang menyebabkan adanya musim penghujan dan musim kemarau. Angin tersebut naik menuju pegunungan. dan kemudian dilepas ke udara pada saat hujan. Hujan muson atau hujan musiman. Di Indonesia. Terjadilah hujan di sekitar pegunungan. Sementara di kawasan Asia Timur terjadi bulan Mei sampai Agustus. hujan dibedakan menurut terjadinya. yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson). Tempat pertemuan antara kedua massa itu disebut bidang front. Jenis-jenis hujan berdasarkan besarnya curah hujan (definisi BMKG) y hujan sedang. Jenis-jenis hujan berdasarkan ukuran butirnya y y y y Hujan gerimis / drizzle. terdiri dari kristal-kristal es yang suhunya berada dibawah 0° Celsius Hujan batu es. [sunting] Jenis-jenis hujan Untuk kepentingan kajian atau praktis. Hujan orografis. ukuran butirannya. akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara. Karena lebih berat massa udara dingin lebih berada di bawah.tumbuhan. hujan muson terjadi bulan Oktober sampai April.

biasanya tidak lebih dari beberapa hari panjangnya. Selain untuk meredam pancaran panas yang dihasilkan oleh perangkat. 50-100 mm per hari hujan sangat lebat. Embun ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan hubungan singkat listrik. Maka orang menciptakan suatu teknik untuk menambah curah hujan dengan memberikan perlakuan pada awan. Karena ada beberapa perangkat yang sensitip terhadap panas. Untuk menerapkan usaha hujan buatan diperlukan tersedianya awan yang mempunyai kandungan air yang cukup. Jadi jelas bahwa hujan buatan sebenarnya tidak menciptakan sesuatu dari yang tidak ada. Kelembaban udara menggambarkan kandungan uap air di udara yang dapat dinyatakan sebagai kelembaban mutlak. Seluruh perangkat ini tentu menghasilkan panas yang cukup tinggi. Cuaca adalah istilah yang digunakan untuk menghuraikan semua fenomena yang banyak dan pelbagai yang boleh berlaku dalam atmosfera planet. Istilah ini biasanya digunakan untuk memaksudkan aktiviti fenomena ini selama tempoh masa yang pendek. umumnya akan menaikkan nilai kelembaban. ata center adalah pusat penyimpanan seluruh perangkat TI. Kelembaban adalah persentasi jumlah air dalam udara. proses pembentukan es (ice nucleation). Menjaga di kondisi 0 celcius tentu hanya akan membuat datacenter menjadi sebuah freezer raksasa. sehingga jika mendeteksi panas sudah terlalu tinggi (overheat) akan menghentikan operasinya atau bahkan melakukan self-shutdown.y y hujan lebat. Kondisi terlalu dingin hanya akan menghasilkan embun di dalam perangkat. Perangkat jenis ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi panas peripheralnya. Kelembaban nisbi membandingkan antara kandungan/tekanan uap air aktual dengan keadaan jenuhnya atau apda kapasitas udara untuk menampung uap air. sehingga dapat terjadi hujan yang sampai ke tanah. Hujan buatan adalah usaha manusia untuk meningkatkan curah hujan yang turun secara alami dengan mengubah proses fisika yang terjadi di dalam awan. dari server besar sampai pusat komunikasi data perusahaan. Perlakuan ini dinamakan hujan buatan (rain-making). atau sering pula dinamakan penyemaian awan (cloudseeding). Bahan yang dipakai dalam hujan buatan dinamakan bahan semai. Karena itu ruang data center dikondisikan dingin. Proses fisika yang dapat diubah meliputi proses tumbukan dan penggabungan (collision dan coalescense). Semakin rendah suhu. Kelembaban ini terkait dengan suhu. kondisi dingin juga diciptakan agar perangkat tetap dalam kondisi dingin. Tapi kondisi yang terlalu dingin juga bukan sesuatu yang bagus. Purata keadaan atmosfera . di atas 100 mm per hari [sunting] Hujan buatan Sering kali kebutuhan air tidak dapat dipenuhi dari hujan alami. Perangkat perangkat ini bekerja secara terus menerus bahkan ada yang harus melayani 24x7x12 karena memang mission critical. kelembaban nisbi (relatif) maupun defisit tekanan uap air.

Selain itu pembagian iklim secara lebih detil berdasarkan sifat meteorologi dan sifat geofisika daerah tersebut. Pembagian iklim secara garis besar dengan melihat kedudukan daerah tersebut pada muka bumi. Cuaca adalah kondisi udara disuatu tempat pada saat yang relatif singkat. Meliputi kondisi temperatur. kelembaban dan tekanan. hal ini selain ditentukan oleh posisi terhadap gais katulistiwa juga ditentukan oleh tinggi rendahnya suatu daerah dan luas daerah. Penggunaan dua istilah ini selalu bertindih dan konsep ini jelas berhubungkait rapat. Dapt disimpulkan bahwa cuaca lebih bersifat temporal dan dalam lingkup yang kecil. .untuk tempoh yang lebih panjang dikenali sebagai iklim. tepatnya pada garis arah peredaran matahari (katulistiwa). Sedangkan iklim itentukan oleh sifat cuaca rata-rata. Iklim adalah kondisi udara disuatu wilayah pada periode waktu yang tertentu dan relatif lama.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->