P. 1
PENGKAJIAN KELUARGA

PENGKAJIAN KELUARGA

|Views: 208|Likes:
Published by emilia zumilda

More info:

Published by: emilia zumilda on Nov 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2015

pdf

text

original

PENGKAJIAN KELUARGA

PENJAJAKAN TAHAP I I. DATA UMUM

1. Nama kepala keluarga : Bapak A 2. Alamat : tidak ada dalam data 3. Komposisi keluarga : No. Nama 1. 2. 3. Bapak A Ibu A Anak C Umur (thn) 3 Status dalam Pendidikan Pekerjaan keluarga Suami Istri Anak Imunisasi -

4. Tipe keluarga : keluarga inti 5. Suku : tidak ada dalam data (apa suku keluarga bapak A?) 6. Agama : tidak ada dalam data (apa agama yang keluarga bapak A anut?) 7. Status sosial-ekonomi : menengah ke bawah 8. Aktivitas rekreasi : tidak ada dalam data (apakah keluarga bapak A memiliki kegiatan rekreasi setiap minggu?) (apa saja yang biasa keluarga bapak A lakukan bersama keluarga saat akhir pekan?)

II. RIWAYAT DAN TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA 9. Tahap perkembangan keluarga saat ini : keluarga dengan anak pra sekolah 10. Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi : tidak ada dalam data (apakah kebutuhan akan keamanan dan tempat tinggal yang layak

dan atap rumah bapak A?) 14. Mobilitas geografis keluarga : tidak ada dalam data (dimana bapak A bekerja setiap harinya?) 16.sudah terpenuhi?) (apakah bapak dan ibu A sudah mengajarkan anaknya untuk Bersosialisasi/berkenalan dengan anggota keluarga lainnya. Riwayat keluarga inti : perlu adanya pengkajian kembali mengenai riwayat dari Bapak A dan Ibu A (kapan bapak dan ibu A menikah?) (Bagaimana proses perkenalan bapak dan ibu sebelum akhirnya menikah?) (Apakah keluarga bapak dan ibu A menggunakan konsep keluarga berencana?) 12. Karakteristik rumah : tidak ada dalam data (seberapa luas rumah keluarga bapak A?) (terbuat dari apakah lantai. LINGKUNGAN 13. tetangganya dan lingkungan rumahnya?) 11. Karakteristik tetangga dan komunitas RW : tidak ada dalam data (apa pekerjaan atau profesi sebagian besar tetangga keluarga bapak A?) (bagaimana kondisi rumah tetangga keluarga bapak A?) (terdiri dari suku dan agama apa saja tetangga keluarga bapak A?) 15. Riwayat keluarga sebelumnya (pihak suami dan istri) : perlu adanya pengkajian kembali mengenai riwayat keluarga dari Bapak dan Ibu A (bagaimana riwayat keluarga bapak A sebelum menikah?) (bagaimana riwayat keluarga ibu A sebelum menikah?) III. dinding. Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat : tidak ada dalam data .

Struktur kekuatan keluarga : tidak ada dalam data (siapa yang menjadi pembuat keputusan dalam keluarga?) (bagaimana proses pembuatan keputusan dalam keluarga?) (adakah hukuman terhadap sikap-sikap tertentu dalam keluarga?) (adakah hadiah yang diberikan pada sikap tertentu dalam keluarga?) 20. Pola komunikasi keluarga : tidak ada dalam data (bagaimana sikap masing-masing anggota keluarga bapak A pada saat berbicara?) (apakah yang disampaikan oleh masing-masing anggota keluarga bapak A jelas dan baik?) (apakah setiap anggota keluarga bapak A dapat memberikan pendapatnya secara bebas?) (adakah salah persepsi dalam komunikasi pada keluarga bapak A?) 19. STRUKTUR KELUARGA 18. Struktur peran (formal dan informal) : tidak ada dalam data (apakah pekerjaan atau profesi bapak A dan ibu A?) (apakah bapak A sudah mampu menafkahi keluarga?) (bagaimana sikap keluarga bapak A dalam keluarga besar?) (bagaimana peran bapak dan ibu dalam memenuhi kebutuhan seksual masing-masing?) 21.(apakah keluarga bapak A mengadakan perkumpulan keluarga?) (adakah perkumpulan keluarga yang diadakan oleh masayarakat di lingkungan keluarga bapak A?) 17. Sistem pendukung keluarga : tidak ada dalam data (siapa saja yang tinggal satu rumah bersama bapak dan ibu A?) IV. Nilai dan norma keluarga : tidak ada dalam data (adakah nilai dan aturan tertentu yang ditetapkan dalam keluarga bapak A?) .

Perlu diadakan pemeriksaan laboratorium seperti : • Pemeriksaan tinja makroskopis dan mikroskopis . Fungsi sosialisasi : tidak ada dalam data (bagaimana sosialisasi keluarga bapak A dengan tetangga?) 24. Strategi koping yang digunakan : ibu A sudah melakukan perawatan sederhana yaitu dengan memberikan minuman rebusan daun jambu biji kepada anak C 28. Fungsi afektif : tidak ada dalam data (bagaimana keakraban antara masing-masing anggota keluarga?) 23. PEMERIKSAAN FISIK Berat badan anak C 12 kg. STRESS DAN KOPING KELUARGA 25. dan sedikit berbusa. Strategi adaptasi disfungsional : tidak ada dalam data (adakah mitos yang berlaku di dalam keluarga bapak A?) VII.V. FUNGSI KELUARGA 22. agak berlendir. Pada saat perawat berkunjung ke rumah. dan lemah. Fungsi perawatan keluarga : ibu A sudah melakukan perawatan sederhana yaitu dengan memberikan minuman rebusan daun jambu biji kepada anak C VI. anak C tampak pucat. Stressor jangka pendek dan panjang serta kekuatan keluarga : anak C terkena diare 26. Kemampuan keluarga berepons terhadap situasi atau stressor : ibu A mampu memberikan solusi sederhana terhadap penyakit anak C 27. lesu. Sejak pagi anak C buang-buang air sudah lima kali dengan konsistensi cair.

VIII. Mengenal masalah Keluarga hanya mengetahui sedikit informasi tentang diare. K.• Pemeriksaan elektrolit terutama kadar Na. Kalsium dan Posfat. Apa yang ibu ketahui mengenai penyakit anak ibu ini? Diare itu memang apa Bu? Penyebabnya biasanya apa Bu? Kalau diare itu tanda-tandanya bagaimana yang Ibu tahu? Mengambil keputusan . HARAPAN KELUARGA Perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut (apa saja harapan yang keluarga bapak A miliki?) PENJAJAKAN TAHAP II 1. Pertanyaan untuk keluarga : 2.

misalnya untuk membuat kondisi anak Ibu lebih baik atau untuk mencegah anggota keluarga yang lain terkena diare? Belum ada ya Bu.Keluarga sudah mampu melakukan pengambilan keputusan terhadap masalah dibuktikan dengan ibu A yang memberikan minuman rebusan daun jambu biji. Menggunakan fasilitas kesehatan Keluarga belum menggunakan fasilitas kesehatan. Pertanyaan untuk keluarga: Mengenai lingkungan sekitar sini Bu. ada hal yang Ibu lakukan tidak. Lalu apa yang Ibu lakukan untuk anak Ibu? Kalau bapak juga melakukan sesuatu atau tidak? Melakukan perawatan sederhana Ibu A telah memberikan minuman rebusan daun jambu biji tetapi sampai siang hari belum ada perubahan kondisi anak C. 5. misalnya lingkungan rumah. Pertanyaan untuk keluarga : 3. tetapi menurut ibu perlu tidak bu melakukan sesuatu di lingkungan rumah ini? Misalnya lebih sering membersihkan rumah. Pertanyaan untuk keluarga : Apa yang ibu lakukan atau berikan untuk anak ibu yang diare? Selain itu ada lagi tidak Bu? Apa ada perubahan pada kondisi anak Ibu? 4. Modifikasi lingkungan Tidak ada data terkait. Pertanyaan untuk keluarga : Apakah ibu membawa anak ibu ke puskesmas atau posyandu atau klinik terdekat? .

Data yang perlu di cari tahu: Alamat Suku Agama Aktivitas rekreasi keluarga Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi Riwayat keluarga inti Riwayat keluarga sebelumnya (pihak suami dan istri) Karakteristik rumah Karakteristik tetangga dan komunitas RW Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat Sistem pendukung keluarga Pola komunikasi keluarga Struktur kekuatan keluarga Struktur peran Nilai atau norma keluarga Fungsi sosialisasi keluarga Strategi adaptasi disfungsional .

.- Harapan keluarga Pemeriksaan laboratorium : • • Pemeriksaan tinja makroskopis dan mikroskopis Pemeriksaan elektrolit terutama kadar Na. Kalsium dan Posfat. K.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->